Webinar #TerraTalks: Kelas Belajar Tangguh Bersama Chromebook dan Google Workspace for Education

21 Juli 2022

Pembelajaran kini bisa dilakukan darimana saja menggunakan platform digital baik oleh para guru ataupun peserta didik, salah satu platform digital yang paling direkomendasikan adalah Google Workspace for Education. 

Google Workspace for Education

Secara umum Google For Education memiliki beberapa manfaat utama yaitu memudahkan para pengguna untuk berkolaborasi dimana pun, memudahkan komunikasi dalam berbagai format, mengatur kelas daring dengan mudah, memudahkan manajemen tugas bagi pendidik dan peserta didik, dan menyederhanakan berbagai kebutuhan administratif. Google Workspace For Education yang dapat di eksplorasi melalui Chromebook.

Melalui perangkat Chromebook terbaru, Kita dapat mengakses berbagai aplikasi Android, termasuk aplikasi-aplikasi populer seperti Adobe dan game berbasis cloud.

Dengan kata lain, perangkat Chromebook tidak hanya membantu mendukung produktivitas siswa-siswi, tapi juga menjadi perangkat untuk mengakses konten edukasi dan hiburan.

Salah satu  upaya untuk mendukung pembelajaran yang tangguh adalah memanfaatkan penerapan Google Workspace for Education bersama Chromebook. Update bagaimana kemampuan perangkat Chromebook dapat membantu siswa-siswi.

Pada Webinar #TerraTalks: Kelas Belajar Tangguh bersama Chromebook dan Google Workspace for Education,  Tiffany Santosa (Sales Program Manager Google for Education Indonesia), Adeline Pannadhika (Google Certified Trainer) dan Ardianto Putra (PMO Terralogiq) memberikan penjelasan lebih mendalam mengenai Chromebook dan Google Workspace For Education kepada para peserta webinar yang dihadiri lebih dari 100 orang ini. 

Google Workspace for Education Membantu Pembelajaran Siswa-Siswi

Google Workspace for Education adalah salah satu produk yang diciptakan oleh Google dengan basis sistem cloud yang dapat mendukung pembelajaran dan ditujukan untuk lembaga-lembaga pendidikan. Google menciptakan platform pendidikan digital yang memiliki keunggulan dalam Learning Management System (LMS) dan sangat mendukung instansi pendidikan Indonesia selama pandemi menyerang. Pada webinar TerraTalks Kelas Belajar Tangguh, Tiffany Santosa dan Adeline Pannadhika menjelaskan lebih detail mengenai keunggulan Google Workspace for Education. 

Webinar TerraTalks

Google Workspace for Education memiliki beragam keunggulan sehingga sangat direkomendasikan sebagai platform pembelajaran digital, salah satunya adalah kolaboratif. Seperti yang diucapkan oleh Tiffany Santosa, “Di Google Workspace for Education siswa-siswi bisa berkolaborasi darimana saja “

Bersama Google Workspace for Education, para guru dapat terbantu untuk membuat kurikulum pembelajaran, mengubah dokumen dan berbagi dokumen secara real-time. Tentunya hal ini akan membuat para guru makin mudah mengelola kurikulum pembelajaran yang sesuai untuk para siswa. Selain itu tampilan Google Workspace for Education yang mobile friendly dan dapat digunakan pada perangkat apapun, membuat para guru bisa mengajar darimana saja.

Webinar TerraTalks

Adeline Pannadhika dari Google Educator Group (GEG) sebagai salah satu komunitas pengajar bersertifikasi Google untuk inovasi dan solusi digital yang bisa dilakukan, memberikan insight mengenai penerapan Google Workspace for Education kepada kegiatan belajar dan mengajar turut menegaskan hal ini, “Google Workspace for Education perangkat digital pembelajarannya membuat kita bisa mengajar, belajar, membuat pengajaran itu dimana saja.”

Chromebook dan Keunggulannya

Penggunaan Google Workspace for Education paling ideal adalah bersamaan dengan perangkat Chromebook. Chromebook adalah laptop  yang dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur bawaan terbaik dari Google, serta keamanan berlapis.

Walaupun disebut laptop, Chromebook memiliki perbedaan dengan laptop kovensional. Hal ini dijelaskan oleh Ardianto Putra, “Apa yang membedakan Chromebook dengan laptop konvensional? Yang pasti kolaboratif dimana siswa dapat mengakses aplikasi, setting dan lain sebagainya hanya dalam satu perangkat.”

Menurut Tiffany, Chromebook adalah perangkat yang membuatnya jatuh hati karena Chromebook tidak pernah terkena virus sepeti layaknya laptop konvensional. “Ini adalah salah satu keunggulan Chromebook, tidak pernah terbobol oleh virus yang bisa menembus dinding Chrome OS.” pungkasnya.

Chromebook sendiri telah digunakan oleh lebih dari 50 juta para guru dan siswa di seluruh manca negara dan telah mendapatkan penghargaan Top Device K-12 Education pada tahun 2021 karena keunggulannya tersebut. 

“Tidak hanya itu saja, yang paling menarik dari Chromebook adalah dapat digunakan oleh teman-teman disabilitas dengan fitur Screen Reading support.  Dimana screen itu bisa dibacaan oleh sistem.” sebut Tiffany. 

Tidak heran dengan berbagai fitur dan keunggulan tersebut, peminat Chromebook di Indonesia semakin meningkat dan dilirik oleh instansi pendidikan untuk menunjang sekolah online. 

Webinar TerraTalks

Semakin tertarik untuk mengelola lembaga pendidikan Anda dengan kemudahan yang diberikan oleh Google serta terintegrasi satu sama lain serta aman digunakan? Terralogiq sebagai Premier Google Partner di Indonesia menyediakan berbagai paket Google for Education mulai dari yang tidak berbayar hingga berbayar dengan beragam benefit yang bisa Anda dapatkan.

Program yang Anda gunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan lembaga. Versi tidak berbayar memberikan Anda pengalaman menggunakan G Suite for Education, yang sudah termasuk Google Office (Google Docs, Google Slide, Spreadsheet, Drives, Forms, JamBoard), Program komunikasi (Gmeet, Chat, Gmail), Google Classroom dan Assignments, serta Google Calendar dan Google Keep. Ingin mengetahui lebih lanjut cara berlangganan G Suite for Education dengan Terralogiq? Klik di sini untuk segera terhubung dan berdiskusi dengan tim Terralogiq.

.

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments