Mengenal Lebih Jauh Mengenai VPS Hosting Di Google Cloud Platform

8 April 2022

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat banyak pelaku industri harus mulai beradaptasi dengan keadaan. Begitu juga dengan menghadirkan teknologi terbaru dalam bisnis Anda itu sendiri. Anda dapat memulai untuk memulai branding bisnis Anda dengan membangun sebuah website company profile. Agar website yang Anda miliki dapat dilihat dan diketahui oleh banyak orang, Anda harus melakukan hosting website Anda terlebih dahulu. Dari sekian banyak hosting yang tersedia, dalam artikel ini Anda akan mengenal lebih jauh mengenai VPS Hosting di Google Cloud Platform. Apa sih VPS Hosting itu dan bagaimana cara menggunakannya di Google Cloud Platform?

Apa itu VPS Google Hosting?

Pada dasarnya, hosting jenis ini hampir mirip dengan shared hosting, yakni Anda harus berbagi server dengan pengguna lain. Hanya saja, sumber dayanya bersifat dedicated, sehingga Anda tak perlu khawatir pada performa website Anda ketika website lain overload. 

Kendati demikian, jenis hosting ini membutuhkan keahlian khusus, sehingga tidak sembarang orang bisa mengoperasikannya. Anda memerlukan keahlian khusus untuk membangun sebuah server dari awal hingga dapat dioperasikan berfungsi dengan baik.

VPS Google Hosting di Google Cloud Platform sama dengan membuat sebuah VM Instances di Google Compute Engine, sebuah layanan berbasis Infrastructure as a service (IaaS) yang memungkinkan pengguna dapat membangun infrastrukturnya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Pengguna dapat memilih sistem operasi, jumlah persistent disk, server mana yang digunakan, jenis machine type dan masih banyak lagi.

VPS Google

Mengapa Anda perlu menggunakan VPS Google Hosting di Google Cloud Platform?

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan VPS Google Hosting sendiri di Google Cloud Platform.

  1. Data Center Location

Google Cloud Platform saat ini hadir di 29 region dengan 88 zone di dalamnya dengan cakupan lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Google Cloud Platform merupakan cloud provider pertama yang memiliki data center dedicated di Indonesia. Dengan nama region asia-southeast2 dan memiliki 3 zone yang merepresentasikan jumlah data center di Indonesia.

Pertimbangan menggunakan VPS Google hosting di Google Cloud Platform didasarkan pada lokasi data centernya yang berada di Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir soal lalu lintas data keluar dari Indonesia dan juga memastikan bahwa website yang akan Anda bangun dapat terus aktif dan diakses dengan cepat karena lokasi servernya dekat dengan Anda.

  1. Compliance & Security​

Seluruh data yang terdapat dalam persistent disk di VPS Google hosting secara otomatis terenkripsi terutama untuk read dan write data didalamnya. Compute Engine milik Google Cloud Platform sudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001, SSAE-16, SOC 1, SOC 2, dan SOC 3, hal ini menunjukkan keseriusan Google Cloud Platform untuk senantiasa menjaga keamanan dan kenyamanan privasi pengguna.

  1. Operation System Support

Dengan menggunakan VPS Google Hosting di Google Cloud Platform, Anda dapat menentukan sendiri sistem operasi yang cocok dengan Anda. Anda dapat memilih Linux server dengan basis Debian, CentOS, SUSE, Ubuntu, dll atau Windows Server seperti Windows 2008 R2, 2012 R2 atau 2016. Kelebihan lainnya Anda dapat menggunakan operasi sistem yang sudah Anda miliki dan hanya perlu mengunggahnya ke dalam Compute Engine.

  1. Custom Machine Type

Dengan menggunakan Google Cloud Platform untuk VPS Google Hosting, Anda dapat memilih jenis mesin (machine type) yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Google memberikan 2 pilihan machine type yaitu predefined dan custom. Predefined berarti Anda memilih machine type yang sudah tersedia di Google Cloud Platform. Namun, custom berarti Anda memilih sendiri jumlah vCPU dan RAM yang akan digunakan dalam server VPS Google Hosting Anda nantinya.

  1. Global Load Balancing

VPS Google Hosting di Google Cloud Platform mendukung teknologi Global Load Balancing yang berarti Google membantu Anda untuk mendistribusikan seluruh request yang masuk dari berbagai region ke VM Anda.

  1. Reliable Infrastructure

Google Cloud Platform yang dibangun di atas infrastruktur Global yang menjalankan Google Search, Gmail, YouTube, dan layanan lainnya.

Bagaimana langkah membuat VPS Google Hosting di Google Cloud Platform?

Anda sudah mengetahui apa itu VPS Google Hosting dan apa saja alasan yang mengharuskan Anda menggunakannya. Saatnya Anda untuk mengetahui langkah-langkah membuat VPS Google Hosting di Google Cloud Platform.

halaman-awal-google-cloud-platform
  • Kemudian, pergi ke navigasi menu, pilih menu Compute Engine > VM Instances
navigasi-menu-vps-google-hosting
  • Saat sudah masuk ke dalam halaman utama dari VM Instances, lalu klik “Create Instance”.
  • Anda akan diarahkan ke dalam halaman pembuatan instance baru, disini Anda perlu mengisi beberapa kolom seperti nama, region dan zone, machine type dan lain sebagainya. Anda bisa melihat capture dibawah untuk detailnya. Kemudian, klik “create” untuk membuat VPS Google hostingnya.
membuat-vps-google-hosting-indonesia
membuat-vps-google-hosting-indonesia-2
  • Saat sudah selesai dibuat, maka akan muncul centang hijau di sebelah kiri nama Instance yang Anda buat.
sukses-membuat-vps-google-hosting
  • Saat ini Anda sudah berhasil membuat VPS Google Hosting, Anda dapat langsung melakukan hosting website yang Anda tampilkan kepada pengguna sebagai branding Anda.

Bagaіmana? Menarik bukan? Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana VPS Google hosting di Google Cloud Platform dan manfaatnya untuk bisnis Anda, Terralogiq dapat membantu anda karena kami adalah Penyedia jasa layanan Google Cloud. Anda bisa menghubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments