Mengenal Lebih Jauh VMware Engine milik Google Cloud Platform

22 Oktober 2021

Seiring berkembangnya industri 4.0 yang begitu cepat terjadi di seluruh dunia, salah satu bentuk perkembangan yang paling menonjol saat ini adalah komputasi awan atau Cloud Computing. Komputasi awan ini begitu menjadi perhatian khusus untuk developer atau pengembang aplikasi terutama dalam menggunakan Google Cloud Platform.

Apa itu VMware Engine?

VMware Engine adalah sebuah layanan dari Google Cloud, dimana pengembang aplikasi dapat memindahkan aplikasi yang berbasis VMware ke Google Cloud dengan mudah tanpa perlu mengubah aplikasi, alat atau memengaruhi proses kerja aplikasi Anda. Google Cloud melalui VMware Engine menyediakan seluruh lisensi hardware dan VMware yang dibutuhkan untuk dijalankan di VMware SDDC khusus di Google Cloud.

Keunggulan VMware Engine

  1. Pengalaman VMware terintegrasi secara penuh

Tidak seperti solusi pada cloud computing lain, Google Cloud Platform menyederhanakan layanan dan alat VMware dengan identitas, manajemen, dukungan dan monitoring yang komprehensif sambil menyediakan seluruh lisensi, layanan cloud dan penagihan yang Anda butuhkan.

  1.  Ketersediaan dan penskalaan cepat

Memanfaatkan elastisitas dan penskalaan cloud—melalui ketersediaan cepat, Anda dapat menjalankan cloud pribadi baru dalam waktu sekitar 30 menit dengan manajemen sumber daya dinamis dan penskalaan otomatis.

  1. Gunakan 3rd Party aplikasi yang familiar di Cloud

Terus gunakan aplikasi perusahaan inti Anda di cloud, tanpa perubahan. Kami telah mengembangkan integrasi dengan database, penyimpanan, DR, dan ISV cadangan terkemuka sehingga Anda dapat terus menggunakan aplikasi yang Anda ketahui.

Google Cloud VMware Engine Ecosystem

Baca juga: Pengertian, Manfaat dan Cara memulai menggunakan Google Compute Engine.

Fitur kunci VMware

  1. Jaringan cepat dan ketersediaan tinggi

VMware Engine dibangun di atas infrastruktur Google Cloud yang berperforma tinggi dan dapat diskalakan dengan jaringan 100 Gbps yang sepenuhnya redundan dan berdedikasi, memberikan ketersediaan 99,99% untuk memenuhi kebutuhan beban kerja perusahaan Anda yang paling banyak permintaan atau demanding.

  1. Pengalaman terintegrasi Google Cloud

Manfaatkan akses penuh ke layanan Google Cloud yang inovatif. Jaringan Native VPC memberi Anda akses lapisan-3 pribadi antara lingkungan VMware dan layanan Google Cloud lainnya, memungkinkan Anda menggunakan mekanisme akses standar seperti Cloud VPN atau interconnect. Selain itu, billing, identity, dan access control terintegrasi untuk menyatukan pengalaman dengan layanan Google Cloud lainnya.

  1. Solusi ekosistem VMware yang tangguh

Terus memanfaatkan alat manajemen TI dan layanan pihak ketiga yang konsisten dengan lingkungan on-premise. Google Cloud Platform telah bermitra erat dengan penyedia storage, backup, dan disaster recovery terkemuka seperti NetApp, Actifio, Veeam, Zerto, Cohesity, dan Dell Technologies untuk memastikan dukungan untuk solusi pihak ketiga, memudahkan perjalanan migrasi, dan memungkinkan kelangsungan bisnis.

  1. Manfaatkan alat VMware yang sudah dikenal atau rangkaian operasi Google Cloud

Google Cloud Platform dapat mempermudah Anda untuk pindah ke cloud karena Anda dapat terus menggunakan alat, proses, dan kebijakan VMware yang sama dengan yang Anda kenal. Kelola beban kerja VMware on-premise Anda dan beban kerja di cloud dengan rangkaian alat yang sama untuk menyederhanakan migrasi Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan Google Cloud operations suite (sebelumnya Stackdriver) untuk memantau, memecahkan masalah, dan meningkatkan kinerja aplikasi di lingkungan Google Cloud Anda.

Baca juga: Solusi Web App and API Protection dari Google Cloud Platform

Usecase VMWare Google Cloud Platform

  1. Google Cloud VMware Engine reference architecture

Di bawah ini adalah arsitektur referensi representatif tentang bagaimana Anda dapat memigrasikan atau memperluas lingkungan VMware Anda ke Google Cloud sambil juga memanfaatkan layanan Google Cloud Platform.

Google Cloud VMware Engine structure
  1. Data center lift and shift and hybrid cloud

Berhentikan atau perluas pusat data Anda ke cloud. Penuhi kebutuhan bisnis Anda dengan cepat dengan memanfaatkan kapasitas burst sesuai permintaan. Bayar untuk apa yang Anda gunakan (Pay as You Go) dan manfaatkan pilihan konsumsi yang fleksibel.

  1. Disaster recovery

Bangun atau alihkan kemampuan disaster recovery  ke cloud, biaya yang rendah, dan hilangkan beban operasional. Manfaatkan layanan DR pihak ketiga untuk menjaga kontinuitas dengan lingkungan on-premise Anda.

  1. Virtual desktop infrastructure

Memungkinkan karyawan Anda bekerja dari mana saja dengan membangun dan menskalakan Virtual Desktop Infrastructure (VDI) Anda sesuai permintaan seperti VMware Horizon atau Citrix. VMware Engine dibangun dengan arsitektur berperforma tinggi, all-flash, hyper-converged yang dapat mendukung aplikasi Anda yang paling banyak permintaan atau demanding dan membantu pengguna mencapai kinerja yang konsisten.

  1. Application modernization

Migrasikan dan modernkan beban kerja Anda dengan berintegrasi dengan layanan cloud-native. Dapatkan wawasan bisnis dengan BigQuery, buat model prediksi cerdas dengan Cloud AI, modernkan aplikasi Anda dengan Anthos, dan satukan pengelolaan dengan rangkaian operasi Google Cloud.

  1. Vertical industry solutions

Tingkatkan kelincahan dan ketahanan di industri ritel. Migrasikan aplikasi VMware Anda ke cloud dan ubah aplikasi Anda dengan layanan Google untuk mendorong skala, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menjadi pengecer berbasis data.

Tingkatkan kelincahan dan keamanan dalam layanan keuangan. VMware Engine menyederhanakan migrasi cloud sehingga Anda dapat memodernisasi bisnis Anda dengan wawasan baru, mengoptimalkan operasi TI, dan mendorong pertumbuhan omnichannel.

Bagaіmana? Menarik bukan? Jika anda mengalami kesulitan atau kebingungan untuk implementasi VMware Engine, Terralogiq dapat membantu anda karena kami adalah Penyedia jasa layanan Google Cloud Platform dan penyedia jasa layanan Google Maps di Indonesia satu-satunya dengan status sebagai Premier Partner. Anda bisa menghubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Baca juga: Layanan yang ada pada Google Cloud Platform Indonesia

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments