Apa itu Virtual machine dan fungsinya yang perlu Anda ketahui

28 Oktober 2021

Virtual machine biasanya disingkat menjadi VM adalah versi digital dari komputer fisik. Perangkat lunak mesin virtual dapat menjalankan program dan sistem operasi, menyimpan data, terhubung ke jaringan, dan melakukan fungsi komputasi lainnya, dan memerlukan pemeliharaan seperti pembaruan dan pemantauan sistem.

Beberapa VM dapat di-host pada satu mesin fisik, seringkali server, dan kemudian dikelola menggunakan perangkat lunak (software) mesin virtual. Ini dapat memberikan fleksibilitas untuk sumber daya komputasi secara lengkap (komputasi, penyimpanan, jaringan) untuk didistribusikan di antara VM sesuai kebutuhan, sehingga meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Arsitektur ini menyediakan blok-blok pembangun dasar untuk sumber daya ter-virtualisasi canggih yang bisa kita gunakan saat ini, termasuk komputasi cloud atau yang dikenal dengan cloud computing.

Apa itu Virtual machine (VM)?

Virtual machine tidak berbeda dengan komputer fisik lainnya seperti laptop, ponsel pintar atau (smartphone), atau server. VM ini memiliki CPU, memori, disk untuk menyimpan file Anda, dan dapat terhubung ke internet jika diperlukan. Sementara jika bagian-bagian yang membentuk komputer Anda (hardware) bersifat fisik dan nyata, VM sering dianggap sebagai komputer virtual atau komputer yang ditentukan perangkat lunak di dalam server fisik, yang hanya ada sebagai kode.

virtual machine overview img

Baca juga :

Kapan VM digunakan dan apa fungsinya?

VM adalah blok-blok pembangun dasar dari sumber daya komputasi tervirtualisasi dan memainkan peran utama dalam membuat sebuah aplikasi, alat, atau lingkungan apa pun dalam mesin virtual online dan lokal. Berikut adalah beberapa fungsi lebih umum dari mesin virtual:

  • Membangun dan menerapkan aplikasi ke dalam Cloud.
  • Mencoba sistem operasi (OS) baru, termasuk me-rilis beta.
  • Memutar lingkungan baru untuk membuatnya menjadi lebih sederhana dan lebih cepat bagi para pengembang (developers) untuk menjalankan skenario pengujian dan pengembangan.
  • Mencadangkan OS yang ada.
  • Mengakses data yang terinfeksi virus atau menjalankan aplikasi lama dengan menginstal OS yang lebih lama.
  • Menjalankan perangkat lunak atau aplikasi pada sistem operasi yang awalnya tidak dimaksudkan.

Apa manfaat dari Virtual machine?

Sementara mesin virtual berjalan seperti komputer individu dengan sistem operasi dan aplikasi individu, mereka memiliki keuntungan untuk tetap sepenuhnya independen satu sama lain dan mesin host fisik. Sepotong perangkat lunak yang disebut hypervisor, atau manajer mesin virtual, memungkinkan Anda menjalankan sistem operasi yang berbeda pada mesin virtual yang berbeda secara bersamaan. Hal ini memungkinkan untuk menjalankan VM Linux, misalnya, pada OS Windows, atau untuk menjalankan versi Windows yang lebih lama pada OS Windows yang lebih baru.

Dan, karena VM tidak tergantung satu sama lain, mereka juga sangat portabel. Anda dapat memindahkan VM pada hypervisor ke hypervisor lain pada mesin yang sama sekali berbeda hampir secara instan.

Karena fleksibilitas dan portabilitasnya Virtual machine memberikan banyak manfaat, seperti:

  • Penghematan biaya: menjalankan beberapa lingkungan virtual dari satu infrastruktur berarti Anda dapat secara drastis mengurangi jejak infrastruktur fisik Anda. Ini meningkatkan keuntungan Anda dengan mengurangi kebutuhan untuk memelihara hampir sebanyak mungkin server, juga menghemat biaya pemeliharaan serta listrik.
  • Kelincahan dan kecepatan: Memutar VM relatif mudah dan cepat dan jauh lebih sederhana dari pada menyediakan lingkungan baru untuk para developer Anda. Virtualisasi membuat proses menjalankan skenario dev-test dengan jauh lebih cepat.
  • Stopping time yang lebih rendah: VM sangat portabel dan mudah dipindahkan dari satu hypervisor ke hypervisor lainnya di mesin yang berbeda. Ini berarti VM adalah solusi yang bagus untuk tujuan pencadangan, jika tiba-tiba host mati secara tidak terduga.
  • Skalabilitas: VM memungkinkan Anda meng-skalakan aplikasi dengan lebih mudah serta menambahkan lebih banyak server fisik atau virtual untuk mendistribusikan beban kerja ke beberapa VM. Hasilnya, Anda dapat meningkatkan ketersediaan dan kinerja aplikasi Anda.
  • Manfaat keamanan: Karena Virtual machine berjalan di beberapa sistem operasi, menggunakan sistem operasi tamu pada Virtual machine memungkinkan Anda menjalankan sebuah aplikasi dengan keamanan yang meragukan tapi tetap melindungi sistem operasi host Anda. Dengan VM juga Anda memungkinkan untuk melakukan forensik keamanan yang lebih baik, dan praktek ini sering digunakan untuk mempelajari virus atau malware komputer secara aman, mengisolasi virus atau malware tersebut untuk menghindari risiko mengenai komputer host.

Pelajari tentang mesin virtual dan jenis keluarga VM yang tersedia dengan Compute Engine, infrastruktur komputasi berbasis cloud dari Google Cloud Platform.

Dalam banyak penggunaan atau prakteknya Virtual machine jika di Cloud computing ini paling cocok untuk menangani instance.

Setelah mengetahui apa itu Virtual machine Anda dapa lebih mudah untuk memahami cara kerjanya. Blog ini telah membahas poin-poin seperti definisi, fungsi, dan manfaatnya. Jika ada yang ingin di tanyakan lebih lanjut silahkan menghubungi konsultan cloud kami melalui halo@terralogiq.com atau kunjungi halaman kontak kami disini.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments