Update dan Tumbuh Bersama Terralogiq di Tahun 2021

Update dan Tumbuh Bersama Terralogiq di Tahun 2021

11 Januari 2021

Banyak harapan di tahun 2021 terlebih dalam upaya melepaskan diri dari pandemi Covid-19. Kita dapat melihat banyak peluang yang mulai terbuka di industri tanah air, antara lain mulai terjadinya pemulihan ekonomi, baik pada skala global, maupun dalam negeri. Geliat perekonomian di Indonesia pun sudah mulai bangkit. Ini ditandai dengan semakin banyaknya investasi pada awal tahun 2021. Semua peluang tersebut juga membutuhkan kesiapan masyarakat di berbagai bidang. Khususnya dibutuhkan partisipasi dan kolaborasi yang lebih baik lagi untuk bangkit dalam situasi ini. Mari tumbuh bersama Terralogiq dan bersiap untuk tahun ini.

kota Jakarta 2021 blog Terralogiq
Source: https://www.pexels.com/photo/aerial-view-of-cityscape-2116719/ (@tom-fisk)

Melansir data yang dirilis Google terkait dengan ekonomi Asean pada tahun 2020 dan tren teknologi pada tahun 2021. Tantangan teknologi ke depan akan terjadi dimana “Teknologi tidak akan menggantikan orang, tetapi orang yang menggunakan teknologi akan menggantikan orang yang tidak menggunakan teknologi.” Dalam kondisi yang saat ini masih dalam keadaan pandemik seperti sekarang ini, ada dua sektor baru yang tumbuh pesat dalam pemanfaatan teknologi yaitu; kesehatan dan pendidikan. Sebelum terjadinya pandemik ada lima sektor yang pertumbuhannya sangat pesat dalam memanfaatkan teknologi yaitu: perdagangan, transportasi, makanan, travel online, media online, dan layanan keuangan.

Namun, dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung kelima sektor tersebut tidak dapat tumbuh dengan baik, ada pula akibat dari pandemik ini muncul pertumbuhan pesat pada beberapa industri seperti: e-commerce, media online, dan digital financial service. Lalu beberapa industri ada pula yang malah mengalami kemunduran seperti: online travel, dan online transport. Menurut rilis Google kondisi perdagangan online Indonesia saat ini tumbuh lima kali lipat, kondisi tersebut juga dialami oleh negara-negara Asean lainya di mana pertumbuhan yang dialami industri e-commerce dan online media melampaui penyusutan pada sektor transportasi, makanan, dan online travel.

Google supporting Not-for-profit Tumbuh bersama Terralogiq
Source : https://www.instagram.com/p/CJcqtlmgUu5/ (@terralogiq)

Google sebagai pengembang Google Maps Platform dan Google Cloud Platform turut melakukan upaya dan mendukung pergerakan industri agar dapat kembali bangkit lagi. Beberapa produk dan teknologi bisa diterapkan untuk mendukung dan mengoptimasi kebutuhan bisnis dan proses industri. Maps platform contohnya memiliki tiga produk utama seperti maps, places, routes. Lalu google cloud dengan basis data cloud platform nya yang mumpuni. Bisnis juga bisa menerapkan berbagai optimasi dan credit dari Google mari tumbuh bersama Terralogiq.

Tren strategi teknologi di tahun 2021 yang dirilis oleh Gartner menyatakan tren teknologi mendatang dibagi menjadi 3 bagian besar yaitu:

  1. People centricity: meskipun pandemi mengubah bagaimana banyak orang bekerja dan berinteraksi dengan organisasi, akan tetapi orang masih tetap di pusat bisnis –dan mereka membutuhkan proses digital untuk kehidupan sehari-hari seperti: internet of behavior, total experience strategy, dan privacy-enhancing computing.
  2. Location independence: Covid-19 telah mengubah masyarakat pada umum nya, baik para karyawan, pelanggan, pemasok, dan ekosistem fisik organisasi. Sekarang untuk melakukan pekerjaan dan mengoperasikan organisasi dapat dilakukan di manapun atau dikenal juga dengan istilah “Work from Anywhere”. Hal tersebut membutuhkan peralihan teknologi untuk mendukung versi baru bisnis ini, seperti: distributed cloud, anywhere operations, dan cyber security mesh. Menerapkan teknologi peta yang bisa digunakan salah satunya adalah dengan Google Maps Platform.
  3. Resilient delivery: meskipun terjadi pandemi atau resesi, volatilitas pelanggan terhadap suatu brand dan produk masih tetap ada di dunia, hal ini harus didukung dengan intelligent composable business, AI engineering, dan hyper automation.

Sedangkan tiga top resiko IT di tahun 2021 menurut Gartner adalah IT Governance, Data Governance, dan Cyber Vulnerabilities. Akibat tuntutan adaptasi teknologi yang semakin pesat seringkali dapat terhambat dan bahkan gagal akibat tata kelola IT yang tidak siap; kesalahan yang paling umum dan sering terjadi menyebabkan kegagalan pada penerapan big data. Konsep yang bisa diterapkan adalah percaya bahwa berbekal data yang banyak maka dapat menjadi sumber informasi yang baik. Salah satu cara yang bisa dicapai adalah dengan menggunakan Google Cloud Platform. Semua hal tersebut juga harus dapat didukung dengan IT Master Plan dan IT Audit yang baik.

Baca juga : Manfaat Lokal support dari Lokal Partner Google

Penyangkut perubahan dan perkembangan teknologi kebutuhan data dan penggunaan yang pesat harus didukung dengan support yang baik. Bersama dengan semangat menyongsong tahun 2021, Terralogiq akan terus memberikan layanan dan solusi terbaik, industri dan bisnis dapat memanfaatkan Google Maps Platform secara maksimal. Dengan senang hati Terralogiq akan memberikan  informasikan bahwa:

  1. Terralogiq memperbaiki situs website di mana mitra dan klien dapat menemukan informasi serta wawasan tentang Google Maps Platform dan layanan lainnya dengan tampilan baru dan informasi yang lebih lengkap.
  2. Terralogiq sedang mengembangkan portal layanan mitra dan klien yang dapat digunakan untuk mengajukan permintaan dukungan teknis non-kritis. Portal ini akan siap menjelang akhir Q1 2021. Saluran Terralogiq biasa seperti: e-mail, telepon, dan nomor WhatsApp akan tetap terbuka untuk kenyamanan para mitra dan klien.
  3. Sepanjang tahun 2021, Terralogiq akan mengadakan lima webinar yang memungkinkan kami memberikan wawasan dan praktik terbaik khusus industri. Terralogiq mengundang khalayak banyak untuk ikut pada webinar tersebut.
  4. Tahun ini Terralogiq juga akan mempersiapkan sumber daya dan kemampuan teknis untuk menyediakan produk Google Cloud Platform lainnya.
  5. Tahun ini kami juga meluncurkan buletin khusus sendiri, memberikan info kepada para subscriber kami mengenai informasi terbaru tentang Google Maps dan Google Cloud Platform, pengetahuan, wawasan real case, dan masih banyak lagi. Para mitra dan klien bisa mengikuti buletin terkini (newsletter) dengan subscribe pada halaman website Terralogiq disini.

Mari tumbuh bersama Terralogiq dan menyentuh level kesuksesan baru di tahun 2021.

Share this post on

Leave a Reply

Name

Email

Comments