Teknologi Satellite Imagery Dalam Google Maps Platform untuk Bisnis

5 November 2021

Satellite imagery adalah gambar bumi yang dikumpulkan oleh imaging satellites yang dioperasikan oleh pemerintah dan para pemangku bisnis di seluruh dunia. Salah satu satellite imaging yang cukup familiar yaitu Google Maps.

Google Maps merupakan layanan satellite imaging pemetaan web yang dikembangkan Google. Beberapa macam layanan yang diberikan diantaranya citra satelit, perencanaan rute berpergian, kondisi lalu lintas, peta jalan, panorama 3600, dan angkutan umum.

Baca juga: Mengenal apa itu Geographic Information System atau GIS

Satellite Imagery

Mengenal Fitur-Fitur Google Maps

Sebagai satellite imagery sekaligus aplikasi navigasi, Google Maps mempunyai sejumlah fitur guna memandu perjalanan Anda. Bahkan belum lama ini Google Maps menghadirkan fitur baru yang menawarkan kemudahan lebih. Akan tetapi, diketahui banyak pengguna belum memanfaatkan setiap fitur secara optimal.

Selama ini Google Maps sekedar digunakan untuk satellite imaging menavigasi ke suatu lokasi menggunakan ponsel, mencari alamat, atau mencari restoran. Selain fungsi navigasi berikut fitur-fitur lain dan termasuk fitur baru Google Maps yang wajib Anda tahu, diantaranya:

1. Fitur New Routing Updates

Fitur canggih ini dapat Anda gunakan untuk memilih jalur lain dengan mempertimbangkan perkiraan emisi bahan bakar. Satellite imagery Google Maps akan menampilkan rute prioritas guna menghindari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

2. Fitur Live View

Fitur ini dapat Anda andalkan seperlu menjelajahi tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi. Fitur Live View hadir dengan mengusung AR atau penanda Augmented Reality yang membantu melihat tempat yang tengah dikunjungi secara real. Fitur satellite imaging ini dapat digunakan untuk outdoor dan indoor area, sehingga memudahkan kebutuhan menemukan keberadaan toilet, ATM, lift atau fasilitas umum lainnya di dalam bangunan.

Baca juga: Lebih Detail Mengenai Street View Imagery

3. Fitur Highlighting Access

Fitur lainnya Fitur Highlighting Access ini berfungsi memberikan rekomendasi pencarian kepada Anda sesuai dengan lokasi dan waktu Anda mengakses aplikasi. Contohnya Anda membuka satellite imagery Google Maps pagi hari, maka Anda akan mendapat rekomendasi tempat sarapan terdekat.

4. Fitur Area Business

Menyikapi masa pandemi Google Maps juga merilis fitur baru yakni Area Busyness. Fitur ini membantu Anda menghindari area yang ramai pengunjung dengan menampilkan seberapa ramai tempat yang akan Anda kunjungi. 

5. Fitur Google Assistant

Fitur ini siap diandalkan untuk memandu Anda menavigasi tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan. Sehingga Anda bisa lebih leluasa menyetir tanpa harus melihat ke arah ponsel terus-menerus. Google Assistant akan memberikan arahan melalui suara. Cukup dengan mengucapkan Ok Google Anda pun bisa menanyakan terkait navigasi yang Anda ingin ketahui.

6. Fitur Offline Maps

Google Maps dapat diakses tanpa kuota internet menggunakan fitur Offline Maps. Untuk mengakses fitur ini Anda hanya perlu menuju menu, lanjutkan dengan memilih Offline Maps kemudian memilih opsi download offline maps.

7. Fitur Add Stop

Fitur Add Stop dengan satellite imaging memberikan informasi nama jalan, lokasi pom bensin, restoran, atau tempat lain yang ingin Anda temukan pada jalur yang sama dengan arah perjalanan. Fitur ini dapat Anda nikmati dengan mencari apa yang dibutuhkan pada ikon kaca pembesar di samping kanan.

8. Fitur Your Place

Menggunakan fitur Your Place ini Anda bisa menyimpan beberapa alamat pribadi, seperti alamat rumah dan kantor. Fitur ini bisa Anda gunakan dengan membuka ikon tiga baris kemudian memilih opsi Your Place. Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan alamat rumah dan kantor yang ingin disimpan. Sehingga di kemudian hari saat menuju lokasi yang sudah tersimpan Anda hanya perlu memanfaatkan fitur ini.

9. Fitur Reservasi Restoran

Fitur reservasi restoran bisa diandalkan untuk memesan restoran tanpa harus mengantri. Misalnya Anda mencari lokasi restoran terdekat menggunakan tab Explore di satellite imagery Google Maps. Saat memilih restoran, Anda akan diberikan opsi memesan meja atau menaruh nama pada daftar tunggu. 

Namun sebelumnya penting memantau kondisi keramaian pengunjung di restoran yang diinginkan di masa pandemi sekarang ini, bila didapati tidak terlalu ramai Anda bisa melakukan reservasi dengan menelepon pihak restoran. Sayangnya belum banyak restoran yang terdaftar dalam fitur ini.

Lihat Layanan Terralogiq dalam Solusi Geospatial.

Satellite Imagery

Keuntungan Menggunakan Google Maps

Adapun berikut ini keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penggunaan satellite imagery Google Maps, yaitu:

1. Mendapat Informasi Sarana Umum Terdekat

Saat dalam perjalanan, tidak jarang Anda membutuhkan informasi tentang SPBU, masjid, restoran, atau rest area terdekat untuk beristirahat. Keuntungan ini bisa Anda dapatkan menggunakan fitur Add Stop.

2. Mengetahui Lokasi Kemacetan

Dalam perjalanan, kemacetan termasuk satu hal yang ingin dihindari. Menggunakan satellite imagery Google Maps Anda akan mendapat informasi terkini lokasi titik kemacetan yang terjadi. Sehingga Anda bisa menghindari kemacetan, terlebih di waktu genting.

3. Mengetahui Estimasi Lama Perjalanan

Keuntungan lainnya dengan satellite imaging Google Maps Anda bisa mengetahui estimasi lama perjalanan. Sehingga Anda bisa memperkirakan waktu sampai di lokasi tujuan. Hal ini karena Google Maps memberikan rute terdekat dan tercepat bebas macet yang bisa Anda lalui.

4. Membagikan Lokasi 

Saat membuat janji temu dengan sahabat, penemuan lokasi bisa jadi lebih mudah. Karena menggunakan satellite imagery Google Maps Anda juga bisa berbagai lokasi terkini kepada teman atau ke media sosial.

5. Mendapat Panduan Menggunakan Sarana Umum

Satu lagi keuntungan menggunakan Google Maps yaitu mendapat panduan menggunakan sarana umum seperti angkutan. Bagi yang tidak biasa naik angkutan umum mungkin mendapati kebingungan. Pada Google Maps terdapat opsi memesan transportasi yang akan membantu Anda melakukan perjalanan kemana saja.

6. Menemukan Lokasi Vaksin

Untuk mendukung program pemerintah, menggunakan satellite imagery Google Maps Anda juga bisa menemukan lokasi vaksin secara mudah. Caranya cukup dengan mengetikkan kata kunci atau keyword Vaccine near me di kolom pencarian Google Maps.

Tanpa harus menunggu lama selanjutnya Anda akan disuguhi beberapa daftar hasil pencarian. Terdapat informasi lokasi vaksin terdekat dengan lokasi Anda lengkap dengan keterangan dibutuhkan janji atau tidak.

Baca juga: Visualisasi Data, Solusi Terkini Menyajikan Data Agar Mudah Dipahami

Google Maps Platform Untuk Bisnis

Kegiatan pemasaran bisnis kini juga semakin mudah dengan mengoptimalkan satellite imaging Google Maps Platform. Anda dapat memanfaatkan budget seminim mungkin untuk memanen omset besar. Hal ini karena Google Maps Platform memberi kemudahan dalam mengelola informasi. 

Anda dapat menyediakan informasi terkait bisnis yang dijalankan mengenai alamat detail, kontak yang bisa dihubungi, dan web yang bisa dikunjungi. Jika informasi tentang bisnis Anda juga muncul di Google Maps, maka reputasi bisnis Anda akan mendapat nilai tambah dari kacamata pelanggan

Pemasaran secara online diakui juga membantu memperluas pangsa pasar. Sehingga pelanggan Anda tidak hanya berasal dari satu daerah yang sama, tetapi bisa lebih luas lagi. 

Sekarang ini Google Maps juga memungkinkan untuk adanya interaksi antara pemilik bisnis dengan pelanggan. Yakni melalui ulasan dan juga pertanyaan yang diberikan di kolom Google Maps. Jika Anda mendapat ulasan positif tentang bisnis yang dijalankan tentu dapat meningkatkan citra baik di masyarakat yang berdampak pada perkembangan bisnis ke arah menguntungkan.

Dimana Mendapatkan Layanan Google Maps Platform Terbaik?

Google Maps Platform merupakan generasi penerus dari Google Maps developer platform. Menawarkan kemudahan dan inovasi terbaru untuk keberlangsungan bisnis Anda. Salah satu produk satellite imagery Google Maps Platform disuguhkan oleh Terralogiq. Ada banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan diantaranya Maps, Routes, dan Places.

Selain itu, Terralogiq juga memiliki solusi Mobility Solutions. Solusi untuk perusahaan besar yang sedang Anda jalankan sekarang ini. Mobility Solutions dapat diintegrasikan untuk melacak secara mudah dan akurat posisi pekerja, aset, atau bahkan hal apapun terkait bisnis Anda secara real time dengan satellite imaging. Bisa juga digunakan untuk melacak posisi keberadaan suatu paket.

Baca juga: Manfaat Google Maps Platform untuk Dukungan Bisnis

Tentunya solusi ini menjadi apa yang dibutuhkan di era digital. Di mana semua hal mulai beralih ke sistem online. Sehingga membutuhkan sistem tracking terpercaya. Mobility Solutions dari Terralogiq juga menawarkan kemudahan membantu pelanggan dalam pengolahan data secara akurat karena menerapkan satellite imagery, mendukung peningkatan cepat dengan teknologi mengurangi data redundancy, mengefisiensikan manajemen data, dan manajemen SDA potensial.

Sekian ulasan kali ini, semoga memberikan gambaran tentang satellite imagery, produk Google Maps Platform, dan Mobility Solutions yang bermanfaat. Pastikan Anda mendapat produk dan layanan terbaik bersama terralogiq.com jika ada yang ingin ditanyakan atau Anda ingin menjadwalkan untuk berkonsultasi langsung bersama kami. Silahkan isi form dibawah ini:

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments