Teknologi mobility solutions dalam menjawab tantangan industri logistik

21 Januari 2022

E-commerce, mobile commerce, dan delivery on demand telah membuat kita menjadi manusia yang semakin menuntut kecepatan dan ketepatan. Dengan kata lain, pelanggan saat ini tidak menyukai jika pengiriman barang yang dibeli secara online bisa tertunda. Bahkan ada lebih banyak tekanan yang diberikan pada sistem manajemen supply chain akhir-akhir ini. Bisnis logistik harus bisa mempertimbangkan untuk menerapkan solusi mobilitas logistik dengan menerapkan teknologi mobility solutions untuk dapat menghadirkan keseimbangan yang tepat antara demand and supply.

Setiap kali ada pembicaraan tentang optimalisasi supply chain management system, operasional logistik memainkan peran paling penting. Logistik adalah tempat pengiriman dari satu titik ke titik lain dapat terjadi. Meliputi perencanaan dan koordinasi dalam pergerakan barang dari satu titik atau asal ke tujuan dengan aman dan efektif dalam waktu yang diinginkan.

teknologi mobility solutions

Belakangan ini, industri logistik dan supply chain mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, sektor ini menghadapi sejumlah tantangan baru. Komplikasi dalam proses manual, dukungan pelanggan yang buruk, perangkat analitik yang tidak memadai dan kurangnya akses ke data penting adalah beberapa tantangan yang menonjol. Namun, evolusi dari solusi mobilitas berfungsi sebagai solusi yang optimal untuk persaingan yang berkembang, kompleksitas dan permintaan pelanggan yang terus berubah.

Manfaat mobility solutions pada industri logistik

Mengapa bisnis logistik harus berinvestasi dalam mobility solutions?

  1. Mengelola dan mengoptimalkan operasi supply chain akan meningkatkan produktivitas armada dan mengurangi biaya.
  2. Aplikasi perangkat lunak atau software mobile logistik akan meningkatkan visibilitas secara keseluruhan, transparansi, manajemen inventaris cerdas dan revenue stream.
  3. Produktivitas dan kinerja staf juga akan meningkat.
  4. Platform instant dan efektif untuk mencatat semua entri, instruksi pengiriman dari pengangkut dan pialang.
  5. Analisis waktu dan data secara aktual bersama dengan laporan yang akan membantu dalam memantau kinerja dengan indikator berbasis kinerja utama dengan representasi grafis.
  6. Platform mobile langsung membawa pelanggan Anda dekat dengan Anda. Menyingkirkan proses manual dan memanfaatkan era mobilitas untuk dukungan pelanggan yang telah diperkaya.
  7. Akses ke data statistik yang penting bagi para eksekutif penjualan untukdapat menentukan strategi yang lebih baik kedepan.

Informasi real-time pada saat barang dikirimkan, serta situasi aset dan karyawan adalah aspek yang paling penting untuk menjaga kelancaran arus kerja di setiap organisasi transportasi. Inilah sebabnya mengapa peran teknologi informasi di sektor ini menjadi sangat vital untuk dapat mengefektifkan operasi dan memiliki keunggulan di atas yang lain.

Teknologi mobility solutions bersama Terralogiq

Kami bekerja sama dengan klien kami untuk memahami model bisnis mereka dan membantu mereka menciptakan ekosistem manajemen operasi terpusat. Kami memiliki pengalaman luas di industri transportasi dan logistik dengan klien mulai dari penyedia layanan ekspres, pos, distributor dan logistik. Aspek terpenting dari layanan mobility solutions kami adalah bahwa setiap project disesuaikan sesuai kebutuhan klien untuk mencapai profitabilitas yang maksimum. berikut beberapa case study nya:

Packages Tracking (Pelacakan paket)

Layanan ini membantu melacak kiriman Anda secara akurat, agar Anda memiliki informasi secara real-time dari pergerakan paket. Tidak diragukan lagi, industri supply chain selalu dalam perjalanan. Untuk perusahaan yang berjalan sepanjang hari, kendaraan akan selalu bergerak.

Gerakan yang ketat dan mobilitas tinggi seperti itu dapat menyebabkan sistem rusak, menghambat seluruh jalur pengiriman. Maka diperlukannya status pelacakan pengiriman secara real-time untuk memahami kondisi di lapangan, jika terjadi kendala dan estimasi paket akan sampai kepada customer.

Selain hal di atas, sistem dapat dirancang untuk memberikan wawasan waktu nyata tentang kendaraan, yang selanjutnya membantu menilai kinerja pengemudi dan pengiriman.

Routes Planning (Perencanaan Rute)

Tantangan terbesar yang dihadapi dalam industri transportasi adalah perencanaan rute atau routes planning. Dengan waktu dan bahan bakar, rintangan terbesar untuk menghasilkan keuntungan di industri ini menjadi penting untuk memiliki pengetahuan waktu secara akurat dengan rute terbaik.

Ini juga melibatkan penjadwalan pengambilan dan opsi pengiriman demi pengiriman. Dengan fitur seperti menavigasi armada melalui GPS, menemukan rute terbaik ke tujuan menjadi lebih mudah melalui analisis lalu lintas waktu secara akurat.

Dengan aplikasi mobile dan sistem pelacakan, supply chain dan logistic manager dapat memperoleh pandangan 360° dari proses pengiriman. Fakta bahwa kendaraan dilengkapi dengan GPS dan alat pelacak, manajer logistik dapat dengan mudah mengawasi pergerakan kendaraan dari menit ke menit. Ini memungkinkan mereka untuk tetap mendapat informasi tentang pengiriman keseluruhan yang juga memperbarui pelanggan tentang hal yang sama.

Customer Convinience (Kenyamanan Pelanggan)

Meskipun sebagian besar operasional di industri transportasi difokuskan pada manajemen logistik, satu aspek yang selalu diabaikan adalah pelayanan pelanggan. Kami menyediakan solusi penerapan aplikasi kenyamanan pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan pelanggan yang juga mempengaruhi operasional dan loyalitas.

Sistem manajemen supply chain saat ini bisa disesuaikan dan dirancang sedemikian rupa sehingga kendaraan memiliki perangkat IoT yang dapat melacak lokasi dan memberitahukan hal yang sama kepada vendor. Selain itu, perangkat ini dapat terhubung dengan aplikasi mobile yang melacak lokasi kendaraan secara real-time.

Anda tidak perlu lagi menelepon pengemudi atau kurir untuk mengetahui lokasi pasti dari kendaraan atau pengiriman. Aplikasi mobile memperhitungkan solusi pengiriman jarak jauh di mana aplikasi secara otomatis akan diperbarui tentang lokasi saat ini dan juga memfasilitasi keterlibatan antara pengemudi, pengirim, dan pelanggan Anda.

Tidak salah untuk menyatakan bahwa dengan aplikasi mobile untuk logistik dan supply chain, semua orang yang terlibat dalam proses tetap terhubung dan pada halaman yang sama dari awal hingga akhir.

Teknologi mobility solutions untuk Transportasi dan Logistik meliputi:

  • Analisis lengkap tentang investasi apa yang diperlukan untuk melakukan mobilitas pada bisnis.
  • Peluang bisnis potensial untuk B2C (Business to Customer) dan B2E (Business to Employee).
  • ROI yang diharapkan (Return on Investment) dan Analisis kasus bisnis untuk pemahaman yang lebih baik dan peluang bisnis.
  • Saran terhadap produk dan teknologi yang diperlukan untuk memaksimalkan fungsi dari mobility solutions.
  • Pemanfaatan sumber daya maksimum dengan biaya minimum laporan investasi. Dokumentasi proses mobilitas ke hasil yang diharapkan.

Konsultasi strategis, roadmap, pendekatan dan metodologi pengembangan aplikasi perangkat lunak di Terralogiq akan memberdayakan Anda dengan menyederhanakan kerumitan yang terjadi dalam operasi bisnis logistik Anda. Tim profesional bisnis dan teknologi kami akan memastikan untuk mempersonalisasi solusi perangkat lunak (software) untuk memenuhi setiap tujuan bisnis Anda melalui layanan pengembangan aplikasi mobile yang berpengalaman.

Hubungi pakar logistik kami sekarang melalui halo@terralogiq.com, kami ingin mendengar kebutuhan untuk bisnis logistik Anda, terutama pada penerapan teknologi mobility solutions yang diperlukan.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments