Teknologi Geolocation dan Location intelligence pada industri financial services

Teknologi Geolocation dan Location intelligence pada industri financial services

7 Juli 2021

Teknologi adalah pendorong utama perkembangan bisnis. Terutama pada industri financial services seperti bank fintech asuransi, teknologi menjadi faktor yang membantu bank dan lembaga keuangan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, mengatur keterlibatan dan kepuasan pelanggan dalam multi channel yang terpersonalisasi. Lalu bagaimana dengan penerapan teknologi Geolocation dan Location intelligence pada industri financial services?

Layanan perbankan dan keuangan berfokus pada inovasi untuk mempersiapkan masa depan yang didorong oleh pemanfaatan teknologi. Teknologi Geolokasi (Geolocation) dan kecerdasan lokasi (location intelligence) adalah tren pendorong utama untuk transformasi digital yang sedang berlangsung. Bersama dengan penerapan produk dan implementasi teknologi lainnya, ini merupakan parameter penting bagi industri financial services yang membantu menganalisis data secara spasial untuk dapat memberikan wawasan yang lebih baik lagi dalam penemuan pasar potensialnya.

penerapan-teknologi-geolocation
Source: freepic.com (@snowing)

Lalu apa itu Geolocation?

Geolokasi atau Geolocation adalah praktik menemukan lokasi geografis dari suatu objek. Sebagian besar waktu smartphone atau komputer pribadi (Personal computer) digunakan untuk melacak lokasi objek atau orang yang bersangkutan. Menariknya, tidak seperti banyak sistem penentuan posisi geografis yang sebagian besar digunakan untuk menyediakan koordinat geografis (koordinat horizontal dan vertikal), informasi yang dikumpulkan oleh teknologi geolokasi atau teknologi Geolocation ini lebih dalam lagi, dan lebih dapat ditindaklanjuti.

Selain informasi geografis, layanan Geolokasi memberikan informasi tentang negara, zona waktu, kode pos, kode area, alamat, informasi proxy, dan informasi jaringan. Geolokasi mengumpulkan berbagai data untuk menentukan informasi ini melalui sumber data termasuk alamat OP, alamat Wi-Fi, identifikasi frekuensi radio, Global Positioning System, dan ID sel GSM/CDMA.

Dengan menggabungkan teknologi presisi dengan database alamat global yang paling lengkap, akurat, apik dan mudah diintegrasikan. Kita dapat membantu bisnis apa pun di dunia  terutama Indonesia untuk menjangkau pelanggannya di mana pun mereka tinggal. Terralogiq dan Google Maps Platform memungkinkan bisnis Anda memanfaatkan pengetahuan global dan wawasan lokal yang dapat terus ditingkatkan, memungkinkan organisasi mana pun terlepas dari ukuran, lokasi, atau sektornya untuk sukses, meningkatkan konversi dan menghasilkan lebih banyak bisnis, serta mempertahankan lebih banyak pelanggan.

Berikut artikel mengenai pengaplikasian Google Maps Platform untuk industri keuangan lebih efisien

Pemanfaatan Geolocation serta Location intelligence

Salah satu pemanfaatan data lokasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan pengalaman check out yang akurat dan lancar. Dengan mengurangi jumlah upaya yang diperlukan para pelanggan selama proses offer atau cart, mereka kemungkinan besar akan menyelesaikannya. 

Dengan menggunakan kecerdasan lokasi, kita dapat menerapkan verifikasi alamat untuk memungkinkan pelanggan memasukkan detail alamat mereka dengan cepat dan mudah. Pada industri financial services verifikasi alamat tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga memastikan bahwa bisnis akan hanya menangkap data alamat yang bersih dan akurat. Itu menghasilkan lebih sedikit kesalahan dan lebih sedikit pengiriman yang gagal, oleh karena itu, akan lebih banyak mendatangkan keuntungan.

Data lokasi yang akurat sangat penting di berbagai sektor dan area bisnis. Saat Anda ingin mengajukan akun baru menggunakan aplikasi bank, alamat yang ter akurat yang digabungkan dengan verifikasi identitas biometrik instan, akan mempercepat Anda melalui prosedur know your customers (KYC) dan Anti-Money Laundering (AML) bank. 

Di kemudian hari pemilik akun mungkin menggunakan aplikasi penyedia Insurance technology terbaru untuk mendapatkan penawaran asuransi rumah hanya dengan berdiri di properti dan menangkap geolokasi dari smartphone mereka. Geocode akan dicocokkan dengan alamat yang benar, meng-generate beberapa atribut properti yang dikumpulkan secara real-time dan diteruskan ke perusahaan asuransi untuk penawaran terindikasi hanya dalam hitungan detik. Proses adaptasi dan implementasi teknologi ini mungkin dengan beberapa point implementasinya seperti:

Data collection

Mengumpulkan data yang diperlukan juga dalam cangkupan koordinat geografis. Pengumpulan data ini adalah proses mengumpulkan dan memastikan informasi pada interest, dengan cara yang tersaji dan tersistematis secara baik.

Optimum Device

Teroptimasi pada pemakaian di perangkat ataupun aplikasi. Solusi yang dapat bekerja lebih baik lagi di ponsel cerdas atau smartphone karena teknologi GPS, maupun kebutuhan pada perangkat PC (dashboard).

Secured devices

Untuk meninjau dan menyesuaikan pengaturan keamanan Anda dan mendapatkan rekomendasi untuk membantu Anda menjaga keamanan akun Anda. teknologi bisa diterapkan dengan sempurna untuk pencegahan penipuan dan menindak kepatuhan terhadap peraturan.

Fokusnya adalah bagaimana menentukan faktor teknologi Geolocation dan Location intelligence sebagai pendorong  pertumbuhan, meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi biaya sektor industri financial services untuk memaksimalkan keuntungan bisnis.

implementasi-KYC-industri-financial-services
Source: freepic.com (@pch.vector)

Bagaimana Geolocation dan Location intelligence membantu di KYC?

Verifikasi KYC telah berkembang jauh dari sekadar mengautentikasi dokumen identitas resmi dari pengguna. Kebutuhan untuk memverifikasi pelanggan yang ditempatkan di lokasi terpencil mengharuskan penyedia layanan KYC dan layanan verifikasi ID untuk mengadopsi teknologi yang dapat dengan mudah melacak lokasi geografis – atau geolokasi – pengguna akhir bahkan sebelum pemeriksaan KYC dimulai. 

Verifikasi KYC memiliki banyak manfaat dari teknologi Geolokasi karena dapat membantu perangkat lunak KYC untuk tidak hanya melacak lokasi verifikasi pengguna akhir tetapi menambahkan lapisan keamanan tambahan dalam pencegahan penipuan. Geolokasi membantu verifikasi identitas dan dapat diintegrasikan ke dalam solusi KYC.

Baca Juga: 7 poin penting penerapan kecerdasan lokasi (Location Intelligences)

Dalam penerapan KYC dengan menggunakan teknologi geolokasi, dapat membantu pelanggannya dalam menyediakan serangkaian layanan verifikasi identitas tertentu, selain mengidentifikasi apakah mereka berasal dari negara atau lokasi yang sama dengan yang mereka klaim. KYC compliance menjadi lebih baik dan KYC solutions lebih mudah diproses karena teknologi geolokasi. Perlindungan pencurian identitas lebih diperkuat sementara pencegahan penipuan menjadi lebih gampang dengan bantuan teknologi geolokasi.

Cegah penipuan dengan penerapan teknologi Geolocation

Pencegahan penipuan online dapat menjadi lebih mudah ditemukan jika seller dan vendor online dapat mengidentifikasi lokasi orang tersebut. Bahkan jika orang sungguhan mencoba mengakses portal layanan dari lokasi baru untuk sesaat, sistem secara otomatis mendeteksi perubahan lokasi dan mengharuskan pengguna online untuk memverifikasi identitas mereka.

Dengan verifikasi ID dan banyak layanan KYC lainnya yang tersedia untuk para pelanggan, penerapan KYC dapat memverifikasi identitas penggunanya yang masuk dengan bebas repot.

Penerapan KYC menjadi mudah

Di banyak bisnis online dan layanan web, pengguna yang masuk harus berada di lokasi tertentu, untuk mendapatkan dan memenuhi syarat pendaftaran. Baik itu proses pendaftaran pada situs web komersial dan non-komersial, atau bahkan platform permainan sekalipun. Dari beberapa penegakan peraturan yang berlaku mengharuskan penyedia untuk tidak mengizinkan warga atau asal penggunanya yang berada dari wilayah tertentu.

Selain itu, dalam beberapa kasus, keamanan suatu bisnis juga penting untuk tidak mengizinkan pengguna dari negara tertentu. Perangkat lunak KYC yang didukung geolokasi dapat membantu menavigasi dalam kebutuhan ini untuk menghindari masuknya pengguna asing dari negara dan wilayah terlarang tersebut.

Baca Juga: Digital Transformation Financial Services Indonesia

Terralogiq merupakan pertama dan satu-satunya premier partner Google Maps di Indonesia dengan kemampuan penerapan teknologi Geolocation dan Location intelligence dengan local supports yang berpengalaman untuk bisnis dari berbagai sektor dan industri. 

Solusi kami juga dapat diimplementasikan dengan cepat dan aman untuk memastikan pengalaman pengguna dan prosedur pengiriman berjalan lancar, sementara bisnis Anda menghemat waktu dan uang. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut terutama mengenai bisnis anda jika ingin melakukan penerapan teknologi Geolocation dan Location intelligences. Hubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments