Studi Kasus Geomarketing Pada Industri Financial Services

24 Mei 2022

Sedikit demi sedikit aplikasi baru telah muncul dari pemetaan menggunakan berurusan dengan harga, merchandising, dan promosi (iklan, pemasaran langsung, promosi penjualan, manajemen tenaga penjualan). Lanskap dunia perbankan juga menghadapi pergolakan. Gerilya perbankan online dan mobile memaksa bank untuk memikirkan kembali struktur penjualan mereka. Ini berlaku terutama untuk penjualan melalui cabang fisik (branch). Mari kita pelajari studi kasus Geomarketing lebih lanjut dari Unicredit Bank Austria dilansir dari WIgeoGIS.

geomarketing_unicredit_austria

Perilaku konsumen spasial sekarang dianggap sangat penting baik di dalam atau di luar cabang karena persaingan terkadang tumbuh dengan sengit di pasar, di satu sisi juga para pelanggan semakin mobile. Tapi revolusi yang sebenarnya adalah kemunculan tiba-tiba smartphone dan touch pad yang memungkinkan untuk mengembangkan pemasaran mobile seluler menjadi nyata (m-marketing) dan pemasaran berbasis lokasi pun menjadi semakin diminati.

Baca Juga: Analisa Consumer Spending dan Geomarketing membantu Bisnis Tumbuh

Solusi Geomarketing pada Unicredit Bank Austria

Unicredit Bank Austria menerapkan Geomarketing untuk mengoptimalkan struktur penjualan pada perbankan ritel mereka. Perangkat lunak (software) Geomarketing memungkinkan jaringan cabang untuk mengoptimalkan fokus mereka pada klien dan bisnis potensial. Dengan perangkat ini, setiap konsumen dapat diposisikan di mana saja, kapan saja untuk mengirim pesan karena mereka dapat terus mendapat informasi tentang produk serta harga secara update, dan meningkatkan peluang pembelian; sedangkan konsumen ini dapat membeli dari mana saja atau kapan saja. Pemetaan dan data statis bukan lagi satu-satunya cara untuk mengelola pengambilan keputusan dalam konteks menggunakan data spasial dalam pemasaran saat ini.

Baca Juga: Pemanfaatan Google Maps Platform Untuk Meningkatkan Layanan Perbankan

UniCredit Bank Austria saat ini sedang dalam proses mengoptimalkan struktur penjualannya berdasarkan cabang fisik. Karena bank saat ini dipaksa untuk merelokasi atau menggabungkan cabang atau mengurangi jumlah mereka, fokus saat ini adalah pada optimalisasi struktur penjualan berbasis cabang fisik. Konsep cabangatau branch juga perlu diubah, karena perilaku nasabah juga telah berubah. Bisnis perbankan harian di cabang nampak menurun, dan mengoperasikan operasional cabang juga mahal. Namun, ada solusi yaitu mengganti cabang biasa dengan lokasi yang menawarkan konsep baru seperti terminal branches.

Analisis Geomarketing dapat menunjukkan di mana cabang terminal atau terminal branches ini. Managing Director WIGeoGIS, Wolf Graf, yakin: “Geomarketing dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi sektor perbankan ritel dengan menciptakan konsep yang berbeda untuk dan penempatan cabang”. Wolf Graf telah menjadi klien dari Bank Austria sejak 1997. Bank saat ini sedang mengembangkan konsep baru untuk penerapan cabang, berdasarkan perangkat lunak atau software geomarketing sebagai alat bantu.

Mengembangkan konsep cabang yang berbeda menggunakan Geomarketing

“Analisia geomarketing membantu kami memahami pergerakan pelanggan. Mereka menunjukkan kepada kita produk mana yang paling diminati dan di cabang yang mana”, kata Dr. Wolfgang Trumler, Head of Business Monitoring – Segments and Multichannel UniCredit Bank Austria.“Sementara, klien kami tidak lagi menjalankan bisnisnya terutama di cabang terdekat dari rumah. Mereka melakukan sebagian besar bisnis mereka di cabang dekat tempat kerja mereka atau di cabang pusat perbelanjaan. Analisis geografis dapat dengan jelas menunjukkan perilaku pelanggan seperti itu.” Analisis geografis membantu dalam menyesuaikan secara optimal struktur penjualan cabang fisik dengan pergerakan klien. “Sehingga lebih mudah bagi kami untuk memutuskan konsep cabang mana yang akan diterapkan di wilayah mana. Analisis geomarketing membantu penilaian kami atas potensi keberhasilan cabang unggulan, yaitu pusat konsultasi yang menawarkan berbagai layanan perbankan atau cabang dengan terminal atau cash recyclers.

studi kasus geomarketing unicredit ilustrasi

Pembukaan, relokasi dan penggabungan cabang berdasarkan analisis Geomarketing

Selain memberikan saran tentang konsep mendirikan cabang yang sesuai, analisa geografis juga memberikan jawaban atas pembukaan, relokasi, penggabungan dan penutupan suatu cabang. Data internal dan data kepadatan penduduk, daya beli, usia, infrastruktur, traffic, dan persaingan kembali menjadi dasar analisa di sini. “Analisa memberi tahu kami: di mana pelanggan potensial dan di mana persaingan berada. Peta digital menunjukkan hal ini secara mencolok dan langsung to the point”, Wolfgang Trumler menambahkan: “Mereka berguna untuk mengembangkan proposal kepada kepala manajer di lokasi, menunjukkan bagaimana perubahan yang berpotensi menguntungkan terjadi pada jaringan cabangnya. Contoh: Hasil analisa geomarketing akan menunjukkan salah satu dari dua cabang yang harus dipertahankan jika terjadi sebuah merger. Merger tidak boleh mengecewakan dari sisi klien dan potensi di daerah tersebut harus terus dilayani secara optimal. Mengetahui di mana traffic dan lokasi kompetitif yang menarik, sangat penting untuk menjadi pertimbangan semacam itu.”

Oleh karena itu, banyak konsep yang harus dipertimbangkan atau dipertimbangkan kembali: komoditas spasial, ubiquity, kedekatan, dan sebagainya. Dan metode baru muncul untuk mengontrol ruang yang lebih baik di pasar dan memastikan untuk tetap berhubungan dengan pelanggan meskipun tujuan terakhir ini harus dibatasi karena alasan privasi. Studi kasus geomarketing disini bisa menjadi contoh untuk penerapan nya di industri lain. Optimasi cabang di perbankan bisa menjadi percontohan bagaimana geomarketing digunakan untuk optimasi toko atau outlet pada industri Retail dan FnB.

Geomarketing harus diperluas menjadi langkah strategi pemasaran spasial yang dapat menemukan bagaimana solusi penerapannya ini dapat di implementasikan pada bisnis Anda. Temukan solusi Geomarketing seperti pada studi kasus geomarketing diatas untuk bisnis dan perusahaan Anda bersama Terralogiq. Anda juga bisa menghubungi kami melalui alamat e-mail halo@terralogiq.com.

Baca Juga: Studi Kasus Penerapan Geomarketing pada industri retail JYSK

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article