Apa itu Sovereign Control dan update yang perlu Anda ketahui

20 Juni 2022

Google pada bulan lalu mengumumkan penerapak Sovereign control untuk Google Workspace. Sovereign control berfungsi untuk mengatur penyebaran dan pembatasan data sesuai regulasi yang berlaku. Dikutip dari Blog Google Cloud dengan hadirnya sovereign control pada Google Workspace, akan memberikan kemampuan kedaulatan digital bagi organisasi, baik di sektor publik maupun swasta, untuk mengontrol, membatasi, dan memantau transfer data ke dan dari EU mulai akhir tahun 2022 , dengan proyeksi kemampuan tambahan yang diberikan sepanjang tahun 2023.

Sovereign control by Google cloud blog

Javier Soltero VP and GM Google Workspace mengatakan bahwa kontrol baru ini hadir sebagai tambahan dari enkripsi sisi Klien, Wilayah data, dan kemampuan Kontrol Akses yang sudah ada.

Apa yang berubah dengan adanya Sovereign control?

Melihat lebih jauh ke depan, Google telah memberikan rincian beberapa Kontrol Akses baru yang akan diimplementasikan pada tahun 2023 nanti yaitu:

  • Membatasi dan/atau menyetujui akses dukungan Google melalui Persetujuan Akses.
  • Dukungan pelanggan untuk staf dukungan yang berbasis di wilayah EU melalui Manajemen Akses.
  • Memastikan dukungan 24 jam dari staf Google Engineering, bila diperlukan, dengan infrastruktur desktop virtual jarak jauh (remote in virtual desktop).
  • Membuat laporan log yang komprehensif tentang akses data dan tindakan melalui Transparansi Akses, yang sudah tersedia di Google Analytics (GA).

Kontrol Pelanggan yang ditingkatkan, dan peng-enkripsian di sisi klien

Enkripsi adalah kontrol teknis penting yang membatasi akses penyedia cloud ke data pelanggan. Google Workspace telah menggunakan standar kriptografi terbaru untuk mengenkripsi semua data saat di istirahat kan dan dalam transit antar fasilitas Google. Sesuai dan mengikuti Rekomendasi dari Dewan Perlindungan Data Eropa memasukkan enkripsi sebagai bagian dari tindakan tambahan untuk melindungi data. Google Workspace memimpin langkah-langkah tersebut dengan fitur enkripsi di sisi klien yang memungkinkan pelanggan untuk terus mendapatkan manfaat dari inovasi dari Google Cloud sambil mempertahankan kerahasiaan dan tentunya kontrol penuh atas data mereka.

Pendekatan unik Google Workspace terhadap enkripsi pada sisi klien memberi pelanggan Google kontrol privasi otoritatif atas data mereka melalui kunci enkripsi yang dapat dipegang di situs, dalam batas negara, atau dalam batas lain yang ditetapkan. Google tidak pernah memiliki akses ke kunci atau pemegang kunci, yang berarti data tidak dapat kami pahami dan kami tidak memiliki kemampuan teknis untuk mengaksesnya. Kami memberikan tingkat enkripsi ini tanpa memerlukan klien desktop lawas, sambil mempertahankan pengalaman berkualitas tinggi yang sama untuk pengguna Anda seperti penulisan bersama online.

Organisasi dapat memilih untuk menggunakan enkripsi sisi klien secara menyeluruh di semua penggunanya, atau membuat aturan yang berlaku untuk pengguna, unit organisasi, atau drive bersama tertentu. Enkripsi sisi klien sekarang tersedia secara umum untuk Google Drive, Dokumen, Spreadsheet, dan Slide, dengan rencana untuk memperluas fungsionalitas ke Gmail, Google Kalender, dan Meet pada akhir tahun 2022.

Kontrol dan transparansi untuk akses administratif

Saat berpindah ke layanan berbasis cloud, organisasi memerlukan visibilitas dan kontrol yang lebih besar atas semua bentuk akses administratif ke sistem mereka, termasuk siapa yang memiliki akses, sifat dan keadaan akses tersebut, dan kemampuan untuk menentukan bahwa hanya personel tertentu di tempat yang ditunjuk negara atau wilayah memiliki akses. Kemampuan ini adalah inti dari pendekatan kami untuk memenuhi standar kedaulatan digital yang terus berkembang.

Sovereign control untuk Google Workspace akan memberikan kedaulatan digital melalui serangkaian kemampuan komprehensif untuk organisasi yang bekerja di dan di seluruh wilayah EU. Secara paralel, Google Cloud akan terus menyediakan mekanisme yang berbasis hukum untuk transfer data internasional kepada pelanggan, termasuk menyediakan perlindungan yang ditawarkan oleh kerangka transfer data yang baru setelah diterapkan.

Google berkomitmen untuk melengkapi pelanggan di Eropa dan di seluruh dunia dengan solusi teknis yang kuat yang membantu pengguna beradaptasi, dan tetap terdepan dengan lanskap peraturan yang berkembang pesat. Google merancang dan membangun Google Workspace untuk beroperasi di atas dasar yang aman, memberikan kemampuan untuk menjaga keamanan pengguna, keamanan data, dan tentunya tetap menjaga informasi pribadi mereka. Kedaulatan digital adalah inti dari misi berkelanjutan dari Google.

Memerlukan solusi kolaborasi dan Google Workspace pada perusahaan atau instansi Anda? Terralogiq sebagai premier partner Google Cloud Indonesia siap membantu Anda. Hubungi kami melalui email di sini halo@terralogiq.com.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments