Solusi Google Maps Integrasi di berbagai Platform

Solusi Google Maps Integrasi di berbagai Platform

12 April 2021

Google Maps yang merupakan produk Google untuk memungkinkan kita melihat peta dari seluruh dunia. Namun tidak hanya peta, Google Maps juga menyediakan citra dari beberapa lokasi bangunan, jalan, satelit dan bahkan data point of interest (POI) yang berisi informasi tempat. Teknologi ini juga dapat disematkan pada Google Maps integrasi dengan web, apps, atau perangkat lain yang diperlukan.

Google Maps Platform terus menawarkan API, SDK, dan layanan web yang sama. Sifat teknis Google Maps integrasi tidak berubah, yang perlu dipastikan adalah sudah membuat API Key di Google Cloud Platform Console yang memungkinkan untuk menautkan domain atau aplikasi.

Baca Juga: Apa Itu Google Maps Platform?

Google Maps API tersedia untuk platform:

google-maps-integrasi-pada

Google Maps Platform terdiri dari Maps, Places, Routes. Untuk lebih mempermudah dalam memahami masing-masing fitur produk google maps tersebut, sederhananya 

  • Google Maps Platform biasanya menjadi dasar dari aplikasi peta apa pun untuk menampilkan data dengan referensi lokasi baik itu menggunakan alamat maupun titik koordinat berupa latitude dan longitude. Dengan pin markers, lines, colors, polygon dan image yang dapat di custom dengan mudah untuk mempermudah membuat tata letak yang disesuaikan dengan identitas perusahaan. 
  • Google Places memberikan data lokasi yang komprehensif untuk lebih dari 100 juta lokasi di seluruh dunia. Pengguna menerima panduan penting dan bantuan pengambilan keputusan dalam bentuk alamat, jam buka dan detail kontak ditambah peringkat dan ulasan.
  • Google Routes mempermudah mendapatkan data dan lalu lintas yang komprehensif dan real-time untuk menunjukkan kepada pengguna rute terpendek atau tercepat dari A ke B. Integrasi Google Maps dapat dilakukan untuk memperoleh data lokasi, terutama untuk penggunaannya.

Jika pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana implementasi Google Maps Platform untuk menampilkan peta interaktif dengan menggunakan Maps Javascript API

Baca Juga: Ini Dia Implementasi Google Maps Platform untuk Maps Javascript API

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai integrasi Google Maps Platform dari berbagai lini dengan masing-masing fitur produk Google Maps integrasi dapat digunakan untuk fitur Maps, Places dan Routes.

Pemanfaatan Google Maps Platform selain untuk menyematkan peta Google di aplikasi atau situs web yang membantu orang menemukan lokasi penting (seperti lokasi tempat usaha seperti cafe, restaurant, petshop dll) juga dapat digunakan untuk analisa bisnis.

Meskipun hanya dapat memiliki satu peta pada satu halaman, namun peta dapat menampilkan beberapa lokasi atau pinpoint pada peta yang sama. Setiap lokasi diidentifikasi di peta dengan penanda berwarna bersama dengan area teks berbentuk seperti balon yang mengidentifikasi lokasi dan tautan ke arah.

Selain itu dapat menyesuaikan elemen tertentu dari peta, seperti warna penanda lokasi, lebar dan tinggi peta, dan tingkat tampilan zoom.

Berikut beberapa pemanfaat integrasi Google Maps :

MAPS

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika fitur Maps berfungsi sebagai dasar dari aplikasi peta yang digunakan untuk menampilkan data dengan titik koordinat untuk dijadikan pin marker.

  • Pemanfaatan Google Maps integrasi pada Maps ini dapat digunakan untuk:
  • Pencarian toko dan cabang yang dapat di kostumisasi sesuai identitas perusahaan terkait. 
  • Peta interaktif untuk portal pemesanan perjalanan, hal ini untuk verifikasi apakah lokasi yang dimasukkan sesuai dengan lokasi sebenarnya. 
  • Lokalisasi mobil, sepeda, motor yang biasanya digunakan untuk tracking lokasi. Baik kendaraan, barang atau bahkan orang.
  • Tampilan ruang kosong di aplikasi tempat parkir. 
  • Optimalisasi wilayah penjualan.

ROUTE

Jika mendengar kata ruote yang terlintas pertama kali adalah tentang jarak, waktu dan rute perjalanan yang mempermudah mendapatkan data dan lalu lintas yang komprehensif dan real-time untuk menunjukkan kepada pengguna rute terpendek atau tercepat dari A ke B, dengan kemampuan tersebut integrasi Google Maps Platform dapat digunakan sebagai:

  • Resource planning untuk layanan pengiriman. 
  • Memprediksi waktu kedatangan (ETA) untuk logistik dan transportasi. 

Optimalisasi rute, Google Maps integrasi untuk perusahaan logistik bisa memperhitungkan Rute arah ke hotel dan restoran atau bahkan lokasi tujuan lainnya sesuai kebutuhan. Perencanaan jangkauan untuk kendaraan listrik kasus aplikasi ‘Travelling Salesman’.

PLACES

Places yang berarti tempat, merupakan data lokasi yang komprehensif lebih dari 100 juta lokasi di seluruh dunia yang dapat digunakan untuk:

  • Penentuan lokasi untuk kendaraan (Asset tracking).
  • Geocoding untuk layanan pos.
  • Analisis untuk pemilihan situs.
  • Optimalisasi wilayah penjualan. 
  • Point of interest (POI) di aplikasi. 

Integrasi Google Maps Platform juga bisa diaplikasikan pada industri-industri seperti logistik, e-commerce, healthcare serta farmasi, dan lain sebagainya.

Selain itu dengan integrasi Google Maps juga mampu menampilkan informasi lalu lintas dan tempat publik yang sangat lengkap dan akurat karena didukung oleh pencitraan satelit, pemanfaatan sensor dari perangkat ponsel pintar, dengan mengkombinasikan beberapa fitur yang ada di Google Maps hingga berkontribusi melalui platform Google Local Guides untuk Google Maps My Business.

Keunggulan tersebut dapat membantu usaha dan bisnis melalui fitur Places yang dapat menampilkan informasi-informasi penting seperti nama, alamat, titik koordinat lokasi di peta, foto produk, telepon, nomor kontak, jam layanan, situs web, penilaian, bahkan rating dan testimoni dari pelanggan. Google Maps My Business terIntegrasi Google Maps Platform, dengan mengaktifkan Places API dan memasukan field-field untuk menampilkan informasi lokasi tersebut.

Demikian pembahasan solusi integrasi Google Maps Platform di berbagai platform baik aplikasi mobile ataupun situs web. Pemanfaatan produk dan teknologi dari Google Maps integrasi dengan bisnis anda untuk mendapatkan insight yang lebih baik. Jika masih bingung mengenai penjelasan di atas mari konsultasi dengan Terralogiq mengenai bagaimana solusi Google Maps mampu memberikan wawasan untuk perkembangan bisnis disini, atau bisa kontak langsung ke email: sada@terralogiq.com dengan segera kami akan menghubungi Anda.

Author Profile

Sada

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments