Tips Memilih Perusahaan Software Development yang Tepat

22 Desember 2022

Memilih perusahaan software development yang tepat ketika ada ribuan perusahaan di sekitar bisa menjadi tugas yang menakutkan. Ini adalah pencarian untuk menemukan perusahaan yang sesuai dengan ide, persyaratan, dan anggaran Anda.

Memilih perusahaan software development yang tepat ketika ada ribuan perusahaan di sekitar bisa menjadi tugas yang menakutkan. Ini adalah pencarian untuk menemukan perusahaan yang sesuai dengan ide, persyaratan, dan anggaran Anda.

Alasan mengapa tugas ini menjadi sangat melelahkan adalah karena tidak semua orang memiliki standar layanan yang sama. Jadi, apa yang harus dicari di perusahaan software development? Untuk mengurangi beban Anda, kami telah menyusun daftar enam poin penting atau tips untuk memilih mitra software development yang tepat untuk proyek Anda.

Tips Memilih Perusahaan Software Development yang Tepat

Key Takeaways:

  • Software Development adalah serangkaian proses dalam menjalankan pengembangan produk, yang mana dalam hal ini produk berupa perangkat lunak, agar tetap memenuhi nilai kegunaan.  
  • Dalam mencari perusahaan software development, perlu dipelajari bagaimana portofolio, usia perusahaan, hingga testimoni klien.

Identifikasi Tujuan dan Persyaratan Anda Terlebih Dahulu

Hal pertama yang pertama. Sebelum Anda memulai pencarian Anda, penting bagi Anda untuk memiliki pemahaman menyeluruh tentang tujuan akhir dan persyaratan proyek Anda. Bisnis, terlepas dari apakah mereka teknis atau non-teknis, harus memiliki kejelasan tingkat tinggi tentang persyaratan mereka.

Misalnya, dalam kasus pengembangan aplikasi e-commerce, mereka harus jelas tentang semua elemen apa yang mereka butuhkan di situs web e-commerce mereka. Juga, tentukan tujuan Anda; masalah apa yang akan Anda atasi, siapa yang akan menjadi target audiens yang ideal, dan apa yang dapat diharapkan pengguna akhir dari software development ini. Tujuannya harus jelas sejak awal.

Baca Juga: Software Engineer: Mastermind Dibalik Kecanggihan Perangkat Lunak

Riset Referensi

Langkah pertama dalam menemukan perusahaan software development yang tepat adalah menyusun teknik riset Anda. Awalnya, Anda dapat melihat ke dalam jaringan Anda dan mencari referensi terkait pengembang software.

Ada beberapa tips mudah untuk mempersingkat pencarian pengembang software dan riset referensi, antara lain sebagai berikut:

1. Minta Referensi dari Teman

Jika ada seseorang yang sebelumnya memiliki pengalaman baik dalam bekerjasama dengan perusahaan software development, itu dapat menjadi salah satu referensi dan menghemat banyak waktu maupun tenaga. Jika itu tidak membantu, mulailah riset lebih lanjut.

2. Perluas Pencarian Terkait Software Development Life Cycle

Jangan hanya mencari perusahaan yang bergerak di bidang software development tetapi juga perusahaan yang memiliki seperangkat keterampilan dan keahlian yang tepat dalam software development life cycle and IT. Hanya mencari perusahaan software development and IT terbaik di Google tidak akan banyak membantu.

3. Manfaatkan Platform Khusus IT

Carilah platform di mana perusahaan software development and IT terdaftar. Ada beberapa situs web yang memiliki katalog perusahaan IT yang di dalamnya terdapat rekomendasi software development life cycle and the programmer.

Mereka memungkinkan Anda untuk memfilter perusahaan sesuai kekuatan mereka (mulai dari kecil hingga besar), peringkat dan ulasan, tarif per jam, dll. Salah satu hal terbaik tentang situs web semacam itu adalah bahwa ada umpan balik yang dapat diandalkan dan asli dari klien/pelanggan, dan tidak dipengaruhi.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Framework Hingga Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis!

Periksa Portofolio

Hal berikutnya yang harus dicari di perusahaan pengembang software for company adalah portofolionya. Setelah Anda memilih beberapa perusahaan setelah penelitian awal Anda, tinjau portofolio software for company mereka secara menyeluruh.

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk memeriksa portofolio sebuah perusahaan software development:

1. Lihat Portofolio dalam Proyek yang Sebelumnya Untuk Mengetahui Bagaimana Software Development Process yang dimiliki

Telusuri proyek-proyek yang telah mereka kerjakan di masa lalu, jumlah proyek yang telah berhasil mereka sampaikan sejauh ini, klien yang telah mereka kerjakan, dan berapa lama mereka telah berkecimpung dalam software development.

2. Periksa Sudah Berapa Lama Usia Perusahaan

Perusahaan yang telah lama berkecimpung dalam bisnis software ini memiliki metodologi yang telah dicoba dan teruji untuk berhasil menyelesaikan proyek. Sedangkan perusahaan yang memiliki pengalaman lebih sedikit atau masih dalam tahap pengembangan, mungkin masih perlu Anda kenali lebih jauh lagi.

Meskipun hal itu tidak selalu benar karena Anda mungkin menemukan perusahaan software development yang masih relatif baru tetapi memiliki portofolio yang mengesankan, sebaliknya juga mungkin terjadi. Sehingga tentu mempelajari portofolio perusahaan memang menjadi hal yang sangat penting.

3. Periksa Testimoni Klien Sebelumnya

Selain itu, lihat juga testimoni dan waktu pengiriman perusahaan. Untuk kepuasan Anda, Anda bisa mencoba menguji software yang telah mereka buat di masa lalu. Anda bahkan dapat meminta perusahaan yang dipilih untuk memberi Anda daftar klien mereka sebelumnya.

Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dan percaya diri tentang keterampilan mereka tidak akan ragu untuk berbagi rincian klien. Ini juga akan membantu Anda memahami etika kerja perusahaan dan bagaimana mereka mengelola quality assurance.

4. Pilih Perusahaan yang Sesuai Dengan Kriteria

Akhirnya, lanjutkan dengan perusahaan software development yang menurut Anda sangat cocok dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang disebutkan di atas. Langkah yang satu ini memang akan menjadi langkah yang memakan waktu yang panjang karena Anda harus betul-betul teliti.

Persempit Daftar Pilihan Perusahaan Software Development

Sekarang setelah Anda mempersempit daftar perusahaan yang menyediakan layanan software development khusus, hubungi mereka, tentukan tujuan & persyaratan Anda, dan nilai ketajaman bisnis mereka.

Persempit Daftar Pilihan Perusahaan Software Development

1. Periksa Secara Tuntas Teknis Perusahaan

Periksa uji tuntas teknis perusahaan yang akan memberi Anda wawasan tentang teknologi yang digunakan, arsitektur, dan proses pengembangan. Ini membantu Anda memastikan bahwa perusahaan software development yang Anda pilih memiliki seperangkat keterampilan yang tepat.

Anda perlu mengetahui keseluruhan teknis perusahaan, apa development life cycle sdlc yang digunakan, bagaimana perusahaan tersebut berkecimpung dalam software development life cycle, dan lain sebagainya.

2. Pilih Perusahaan dengan Metodologi Agile

Keterampilan dan kemampuan perusahaan software development harus terjamin demi untuk memenuhi kebutuhan Anda dan menyelesaikan proyek Anda tepat waktu. Selanjutnya, pilih perusahaan software development yang mengikuti metodologi agile sebagai development life cycle sdlc mereka.

Sebagian besar perusahaan mengikuti metodologi agile sebagai development life cycle sdlc akhir-akhir ini karena mereka sangat memahami bahwa perangkat lunak, yang benar-benar memenuhi harapan klien tidak dapat dibangun tanpa kerja sama. Ini juga memberi Anda kontrol yang lebih baik tentang bagaimana proyek dikelola dan bagaimana proyek itu dijalankan.

3. Pilih yang Memberikan Uji Coba Gratis

Perusahaan software development yang menggunakan kerangka kerja Agile dapat mengajukan sesuatu seperti uji coba gratis selama satu atau dua minggu, memungkinkan Anda untuk mengevaluasi proses kerja dan komunikasi mereka dalam fase pengembangan awal. Ini akan memberi Anda gambaran tentang model keterlibatan mereka sebagai software developer.

4. Pilih Pengembang yang Baik dalam Berkomunikasi

Sebagai klien, tentu Anda membutuhkan perusahaan software development yang baik dalam berkomunikasi. Pilihlah perusahaan software development yang mau mendengar seluruh kebutuhan yang perusahaan Anda butuhkan dan siap membantu membangun software yang sesuai.

Minta Dukungan Paska Pengembangan Software

Dukungan paska pengembangan mungkin tidak terlalu diperlukan untuk proyek skala kecil, tetapi menjadi faktor penting untuk proyek-proyek besar. Hal ini dikarenakan proyek-proyek seperti itu membutuhkan pemeliharaan konstan agar berjalan lancar dan tetap bebas bug.

Yang paling penting, Anda ingin memastikan bahwa software development yang dikerjakan mampu menunjukkan kinerja tinggi bahkan ketika lalu lintas berada pada puncaknya. Jadi pastikan untuk mendiskusikan layanan dukungan paska pengembangan dengan perusahaan software development yang telah Anda pilih. Ini dapat mencakup pemeliharaan perangkat lunak, kustomisasi, layanan cadangan, quality assurance, dll.

Baca Juga: Yuk, Kenali Lebih Jauh Apa Itu Programmer!

Jangan Terperangkap dan Tergiur Oleh Penawaran Murah

Jika anggaran bukan masalah utama, Anda tidak akan menghadapi banyak masalah saat melakukan outsourcing layanan software development. Dengan asumsi bahwa Anda memiliki rencana anggaran terbatas, itu bisa merepotkan.

Tapi, kami sangat menyarankan untuk tidak mudah tergiur pada penawaran yang murah. Anda mungkin menemukan software developer yang menjanjikan untuk memberikan layanan berkualitas tinggi dengan harga yang sangat murah.

Jauhi software developer dengan janji seperti itu karena pada umumnya yang dikatakan sebenarnya hanya pemanis. Kualitas ada harganya, ada alasan mengapa software developer yang top mengenakan biaya yang tinggi.

Carilah perusahaan yang sesuai dengan anggaran Anda. Anda mungkin harus merencanakan ulang modul software Anda, tetapi rencanakanlah dengan mitra pengembang software yang terpercaya dan tentu saja profesional. Kualitas tidak boleh dikompromikan dan produk software yang bagus akan berbicara sendiri.

Pertimbangkan layanan hemat biaya, bukan murah atau banyak potongan harga. Secara tidak wajar, layanan ekonomis nantinya bisa berubah menjadi yang paling mahal untuk bisnis Anda karena perusahaan software seperti itu nantinya berisiko meminta biaya tambahan di belakang yang tidak include dalam penawaran di awal.

Sangat penting bagi Anda untuk selalu mencari rincian biaya sehingga ada kejelasan tentang layanan software mana yang tercakup dalam estimasi biaya. Sebuah organisasi yang mampu memberikan rincian biaya modular dapat diasumsikan memiliki mata yang baik untuk proses pengembangan software.

Sebaliknya, jika perusahaan tersebut tidak transparan terkait apa saja layanan dan rincian biaya, tentu Anda harus berhati-hati. Apalagi apabila Anda sama sekali tidak mempunyai pengetahuan atau tim internal yang memahami pengembangan software.

Untuk itu, pastikan perusahaan pengembang yang dipilih adalah yang profesional dan transparan. Jangan segan untuk menanyakan serinci mungkin detail biaya dan cakupan layanan. Semakin rinci dan transparan, tentu akan semakin baik dan direkomendasikan untuk Anda pilih sebagai mitra pengembangan software untuk perusahaan Anda.

Kesimpulan

Memang tidak mudah dalam memilih perusahaan software development yang tepat yang melayani kebutuhan spesifik Anda. Ada faktor-faktor tertentu yang perlu Anda pertimbangkan dan perhatikan secara mendetail, namun, kami merasa bahwa enam tips yang disebutkan di atas akan bekerja paling baik untuk Anda dalam membuat pilihan yang tepat.

Selain itu, tips-tips di atas juga dapat membantu Anda menemukan perusahaan pengembangan software kustom terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Baca Juga: Yuk, Kenali Peran Penting Full Stack Developer Masa Kini!

Percayakan Kebutuhan Software Development Bersama Terralogiq

Ingin mencari perusahaan pengembang software yang terpercaya? Sudah kewalahan mencari referensi perusahaan mana yang cocok?

Tak perlu risau, Terralogiq adalah solusi yang tepat untuk berbagai persoalan terkait IT. Berdiri sejak 2013 dan telah dipercaya lebih dari 150 klien, Terralogiq adalah perusahaan berbasis teknologi yang menyediakan berbagai layanan untuk meningkatkan adaptabilitas perusahaan di era digital.

Lebih lanjut, Terralogiq juga merupakan Premier Partner dari Google Cloud yang menyediakan banyak layanan untuk kebutuhan bisnis Anda. Ingin menjadikan Terralogiq solusi ideal bagi digitalisasi bisnis Anda? Kunjungi website kami untuk mendapatkan wawasan serta informasi lebih lanjut.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article