Menentukan Smart Profiling untuk Bisnis dan Market Anda

22 Agustus 2022

Dunia marketing modern saat ini tidak hanya berpusat pada hasil penjualan saja melainkan juga mengoptimalkan dan menanamkan pengalaman positif pelanggan saat menggunakan produk dari perusahaan Anda. Untuk memberikan pengalaman positif terbaik kepada pelanggan, tentunya perusahaan diharuskan mengenal pelanggannya terlebih dahulu. Inilah dimana konsep dan metode smart profiling hadir sebagai bagian dari integral pemasaran untuk membantu perusahaan memahami konsumen menjadi lebih baik.

smart profiling

Mari kita bahas mengenai smart profiling untuk bisnis dan makert Anda pada artikel ini secara lebih lanjut mulai dari definisi, konsep, langkah dan manfaatnya.

Apa itu smart profiling?

Smart profiling adalah cara untuk mengumpulkan wawasan atau insight yang diperlukan untuk mengidentifikasi, mengsegmentasikan dan menentukan audiens dari target market Anda. Dengan mendapatkan data yang melampaui demografi dasar, itu berarti Anda telah berada sedekat mungkin dengan konsumen, sehingga Anda dapat menjangkau audien Anda dengan cara yang benar.

Pembuatan profil konsumen adalah tentang menciptakan nilai atau value dari data untuk memahami segala sesuatu yang perlu diketahui tentang target konsumen Anda dan pasar yang tersedia dan sekitar sekeliling mereka.

Brand-brand terkemuka menempatkan survey dan data untuk menempatkan konsumen di jantung kampanye periklanan dan pesan mereka, sebagai panduan perencanaan kampanye besar pemasaran hingga penentuan posisi sebuah merek.

Proses ini bisa dimulai dengan berfokus pada pelanggan Anda saat ini, lalu diikuti oleh audiens target dan target pasar yang Anda inginkan untuk mendapatkan validasi yang Anda butuhkan dalam memproyeksi serta melihat orang yang tepat.

Baca Juga: Data Spasial: Model Prediksi Pendapatan dan Lokasi Retail

Kapan metode smart profiling digunakan?

Setiap bisnis pastinya menginginkan konsumen mengingat nama brand dan mencari-cari produk Anda sesuai kebutuhan konsumen. Tetapi bagaimana kalau produk yang perusahaan Anda sediakan ternyata tidak dapat menjawab keinginan pelanggan atau tidak ditargetkan kepada pelanggan yang tepat?

Apabila Anda memikirkan untuk menyebarkan informasi mengenai produk Anda melalui sebuah iklan, tentunya hal ini akan cukup berhasil. Karena pada dasarnya iklan berfungsi untuk menyebarkan informasi dasar dari produk atau mereka Anda (awareness). Namun hal ini juga tidak menjamin target konsumen yang Anda inginkan akan menerima iklan yang Anda sebarkan secara utuh. Selain itu memakai iklan tanpa memperhatikan consumer profile atau profil konsumen tentunya hanya akan memakan banyak biaya secara cuma-cuma. 

Bagaimana 4 langkah membuat smart profiling?

Saat ini konsumen tidak lagi menerima pesan promosi secara meluas dan terbuka. Baik melalui cara direct mail ataupun email blast, konsumen berharap brand-brand tersebut langsung menargetkan promosinya kepada konsumen yang sesuai berdasarkan kebiasaannya, kesukaannya, maupun kebutuhannya. Untuk itu, perusahaan perlu memperhatikan hal-hal seperti dibawah ini:

  1. Setengah dari konsumen online telah memblokir iklan pada smartphone dan komputernya menggunakan adblock.
  2. Rata-rata pengguna internet menggunakan 8 akun sosial media yang berbeda-beda.
  3. Rata-rata penggunaan internet menghabiskan waktunya lebih dari 2 jam perhari di sosial media. 

Dari data-data tersebut maka dapat terlihat bagaimana konsumen menjadi sangat terpisah-pisah dan kenapa mereka cukup sulit menerima informasi mengenai produk Anda. Apabila perusahaan Anda masih menggunakan email marketing yang tidak tertarget atau tidak memperlihatkan pembeda antara pelanggan penting maupun umum, hal ini sama saja dengan iklan general secara online yang berpotensi untuk di blokir oleh pelanggan. 

Baca Juga: Bagaimana Membuat Sebuah Territory Planning yang Tepat

Untuk menghindari hal tersebut dan agar iklan Anda dapat tersampaikan dengan baik pada pelanggan yang tepat, ini dia 3 langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Mengumpulkan data yang tepat

Kumpulkan data penting tentang siapa pelanggan Anda, bagaimana mereka berperilaku, dan apa preferensi mereka. Berikut adalah beberapa kategori data yang harus Anda miliki adalah: Aspek Demografi, Geografis, Kebutuhan (needs), Perilaku (behavior), Persepsi (preception), Psikografis, Minat (wants), dan Sikap.

  1. Menciptakan Persona

Persona adalah snapshot dari “tipe” pelanggan ideal Anda. Ambil contoh lulusan perguruan tinggi baru-baru ini. Terlepas dari di mana mereka tinggal, jenis kelamin mereka, atau etnis mereka, lulusan perguruan tinggi baru-baru ini menghadapi tantangan yang sama. Mereka memulai pekerjaan pertama mereka, melengkapi apartemen pertama mereka, dan membuat pilihan tentang di mana mereka akan berbelanja dan merek apa yang akan mereka beli. Akibatnya, mereka berbagi sikap, preferensi, dan pemicu yang sama yang membantu pemasar menyusun pesan yang sesuai dengan mereka.

  1. Melakukan micro-target

Penting untuk memahami perilaku dan pola kelompok pelanggan secara luas, tetapi penting juga untuk menggali lebih dalam mengenai dinamika dari subkategori target Anda. Misalnya ibu baru, lebih spesifik lagi adalah Ibu baru yang berusia 18–25 tahun memiliki preferensi, kekhawatiran, dan kebiasaan berbelanja yang berbeda dengan ibu baru berusia 26–35 tahun.

  1. Membuat Data Personalisasi

Setelah Anda memiliki segmen target dan profil pelanggan untuk membuat dasar sebuah pesan, sekarang Anda dapat melapisi nya dengan personalisasi. Jual silang dan jual produk tertentu berdasarkan riwayat pembelian mereka.

Manfaat menerapkan smart profiling untuk menentukan target

Smart profiling memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk perusahaan, yaitu: Smart profiling mampu menyesuaikan upaya pemasaran dengan audiens yang relevan, mampu memberikan personalisasi pengalaman pelanggan untuk meningkatkan loyalitas merek, memberikan pandangan yang lebih holistik lagi mengenai potensi pasar, meningkatkan kepuasan pelanggan, adanya peningkatan respons terhadap produk, dapat membuat lebih banyak pelanggan potensial dan jenis pelanggan baru serta mampu meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan.

Terralogiq dapat membantu dan menemukan solusi smart profiling untuk bisnis Anda, semua untuk mendorong tujuan untuk menciptakan prediksi pada bisnis Anda secara lebih cerdas dan tepat. Sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan location intelligence, Terralogiq dapat membantu membuatkan dashboard dan aplikasi untuk membuat smart profiling untuk perusahaan dan perusahaan Anda.

Temukan solusi smart profiling model yang tepat bersama Terralogiq, hubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com untuk berkonsultasi bersama spesialist kami yang siap membantu Anda.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments