Menulis dengan Pintar Menggunakan Fitur Smart Compose Google Docs

27 April 2022

Di era digital ini, hampir semua orang mengetahui dan familiar dengan Google. Google adalah alat pencarian online yang digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia. Tanpa kita sadari, pasti kita menggunakan Google dalam kehidupan sehari-hari kita.

Google sendiri menyediakan banyak sekali fitur bagi penggunanya, yang salah satunya adalah Google Workspace. 

Salah satu bagian dari Google Workspace adalah Google Docs yang sangat umum digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kolaborasi kerja antar tim. Seperti yang telah kita ketahui, Google Docs adalah platform yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen secara bersamaan. 

Menulis dengan Pintar Menggunakan Fitur Smart Compose Google Docs

Google Docs sendiri sudah banyak digunakan di seluruh dunia, terutama pada bidang bisnis dan edukasi. Sejak tahun 2020, Google telah menambahkan fitur Smart Compose yang dapat membantu pengguna untuk menulis dokumen dengan lebih efektif. 

Melalui blog ini, kami akan menjelaskan apa itu fitur Smart Compose dalam Google Docs, apa fungsinya, dan bagaimana cara mengaktifkan fitur ini. 

Bekerja secara Kolaboratif di Era Digital dengan Google Workspace

Dalam dunia kerja, Google Workspace yang sebelumnya dikenal sebagai G Suite, umum digunakan sebagai aplikasi komunikasi dan kolaborasi untuk orang-orang dalam suatu perusahaan. Google Workspace sendiri sudah dikenalkan sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. 

Anda pasti tidak asing dengan inovasi-inovasi dari Google, seperti Gmail dan Google Meet dalam kehidupan bekerja Anda. Kedua aplikasi ini adalah contoh dari aplikasi komunikasi inti dari Google Workspace yang telah banyak digunakan di seluruh dunia. 

Selain aplikasi komunikasi, Google juga melakukan inovasi terkait aplikasi kolaborasi seperti Google Documents, Google Drive, Google Calendar, dan lain-lain juga sangat sering digunakan dalam dunia kerja. Aplikasi kolaborasi ini dibuat untuk memungkinkan banyak orang untuk mengedit suatu dokumen, spreadsheet, atau presentasi secara bersamaan dan memberikan akses yang mudah untuk Anda dapat mengelola pekerjaan dengan lebih efisien. 

Google Workspace didesain menyesuaikan kebutuhan spesifik dari organisasi Anda, sehingga hasil yang diperoleh dapat tepat sasaran dan signifikan bagi perusahaan Anda. 

Baca Juga: Panduan Apa Itu Google Workspace Untuk Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa produk aplikasi yang disediakan Google Workspace. 

  • Gmail, layanan email nomor satu di dunia.
  • Google Drive, layanan penyimpanan cloud pribadi dan berbagi file antar pengguna.
  • Google Docs, layanan membuat dokumen kolaboratif. 
  • Google Calendar, layanan kalender online untuk membuat penjadwalan dengan detail dan modern. 
  • Google Forms, layanan membuat survei atau kuesioner yang dapat dikustomisasi sesuai keinginan Anda. 
  • Google Meet, layanan konferensi audio-visual.
  • Google Sheets, layanan spreadsheet kolaboratif.
  • Google Slides, layanan presentasi kolaboratif. 
  • Chat dan Spaces, layanan yang memberikan ruang percakapan dan diskusi antar anggota tim.
  • Keep, layanan notes dalam format yang mudah dipahami, seperti ceklis atau bullet list
  • Sites, layanan situs kolaboratif tanpa perlu ilmu programming atau web designing
  • Currents, layanan social networking dan interaksi antar anggota tim dalam Google Workspace. 

Membuat Dokumen secara Kolaboratif dengan Google Docs

Google Docs adalah bagian dari Google Workspace, bersama dengan Google Sheets, Google Slides, Google Drawings, dan lainnya. Google Docs adalah fitur yang disediakan oleh Google untuk penggunanya dapat membuat, mengelola, dan mengedit dokumen secara gratis. 

Google Docs sendiri memberikan kemudahan bagi Anda untuk dapat berkolaborasi bersama dalam membuat, mengedit, dan mengelola dokumen secara online dan real-time

Untuk menggunakan Google Docs, Anda juga tidak perlu aplikasi atau perangkat tertentu karena Google Docs sendiri adalah produk bawaan dari Google. Anda cukup menggunakan browser pilihan seperti Microsoft Edge, Google Chrome, Internet Explorer, dan lainnya untuk dapat menggunakan Google Docs. 

Apa itu Smart Compose dalam Google Docs?

Awalnya, Smart Compose adalah fitur yang ditambahkan oleh Google ke Gmail pada tahun 2018. Fitur ini memberikan saran frasa kontekstual yang relevan saat pengguna menulis email, sehingga mempermudah dan mempercepat proses penulisan email. 

Sejak tahun 2020, fitur ini juga sudah tersedia dalam komentar Google Docs, yang mempermudah pengguna dalam menulis komentar yang relevan secara kontekstual. Fitur ini menggunakan machine learning untuk menawarkan saran penulisan bagi pengguna. 

Saran dari Smart Compose akan muncul dalam warna abu muda saat mengetik. Jika Anda setuju dengan saran yang diberikan oleh Smart Compose, Anda cukup menekan tombol “tab” sehingga tulisan yang disarankan akan secara otomatis tertulis. 

Selain Google Docs, fitur Smart Compose ini juga telah tersedia untuk Google Slides, Sheets, dan Drawings. Fitur Smart Compose adalah salah satu benefit yang dapat diperoleh oleh pengguna dengan akun G Suite dan hanya tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, dan Perancis.

Apa saja Keuntungan yang Diperoleh dengan Menggunakan Smart Compose dalam Google Docs?

Apa saja Keuntungan yang Diperoleh dengan Menggunakan Smart Compose dalam Google Docs?

Fitur Smart Compose pada Google Docs dirancang untuk membantu pengguna mengurangi kesalahan-kesalahan yang umum terjadi saat menulis konten di platform Google mana pun. Beberapa kesalahan yang umum terjadi dan ingin dicegah dengan penggunaan fitur Smart Compose adalah penulisan berulang, kesalahan ejaan, dan kesalahan tata bahasa. 

Fitur Smart Compose sendiri mengaplikasikan sistem machine learning dengan menggunakan artificial intelligence (AI). Sistem AI memprediksi kata-kata yang mungkin akan diketik selanjutnya oleh pengguna dan membantu memperbaiki kesalahan yang dibuat oleh pengguna saat mengetik. 

Fitur Smart Compose akan memberikan saran frasa-frasa untuk ditulis pengguna. Saran yang diberikan akan membantu untuk tetap mempertahankan gaya penulisan Anda dengan disesuaikan dengan kebiasaan cara menulis. 

Selain itu, Anda juga tidak perlu takut karena Google akan menjamin keamanan dan privasi akun Anda agar selalu terjaga. Google tidak akan membiarkan siapapun dapat membaca tulisan Anda dan informasi pribadi Anda. Saran hasil personalisasi dari fitur Smart Compose hanya dapat dilihat oleh pengguna dan tidak ada pengguna lain yang dapat melihat saran tersebut saat meninjau dokumen Anda nanti. 

Baca juga: Google Docs vs Microsoft Word, Mana Lebih Unggul?

Cara Mengaktifkan Smart Compose pada Google Docs

Pertama-tama, Anda harus masuk ke akun bisnis atau edukasi Google untuk dapat mengakses fitur Smart Compose pada Google Docs. 

Berikut adalah 4 langkah untuk menyalakan atau mematikan fitur Smart Compose di Google Docs.

  1. Buka file
  2. Pada bagian atas, klik ToolsPreferences
  3. Klik Show Smart Compose suggestions untuk menyalakan atau mematikan Smart Compose. Jika fitur Smart Compose dimatikan, maka saran Smart Compose tidak akan muncul pada jendela pengeditan utama atau di komentar. 
  4. Klik Ok.

Untuk menerima saran dari Smart Compose, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Tekan tombol tab;
  • Tekan tombol panah arah kanan; atau
  • Untuk pengguna Android atau iOS, Anda dapat menggeser ke kanan di atas teks yang disarankan

Sedangkan untuk menolak saran yang diberikan Smart Compose, anda hanya perlu mengetik terus menerus.  

Terralogiq, Partner Google Workspace Handal di Indonesia

Ingin mencapai kesuksesan bisnis Anda dengan efisien dengan mengandalkan keunggulan-keunggulan dari Google Workspace di era digital ini? Bersama dengan Terralogiq, Anda dapat memenuhi kebutuhan kolaborasi bisnis dan memperoleh solusi untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda. 

Terralogiq adalah Google Cloud Premier Partner yang menawarkan berbagai solusi layanan Google yang terpercaya. Salah satu layanan yang disediakan Terralogiq adalah paket email bisnis yang khusus dan aman dengan penyimpanan Cloud 2TB hingga 5TB. 

Selain itu, email bisnis ini juga dapat digunakan untuk mengakses fitur Smart Compose dalam Google Docs yang pastinya akan sangat membantu Anda dalam membuat dan mengedit dokumen. 

Ingin menggunakan fitur Smart Compose untuk memudahkan penulisan dalam dokumen Anda pada Google Docs? Segera kunjungi Terralogiq untuk informasi lengkap terkait langganan paket akun Google Workspace yang disediakan oleh Terralogiq. 

Klik link ini untuk langsung terhubung dengan tim Terralogiq dan konsultasi bagaimana berbagai aplikasi Google Workspace seperti Google Docs, Gmeet, Calendar, dan Gmail dapat membantu bisnis dan perusahaan Anda untuk bertumbuh.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments