Site Selection: Bagaimana Definisi dan Penerapannya?

11 Agustus 2022

Dalam merencanakan sebuah pembangunan gedung atau tempat baru, umumnya akan dilakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan lokasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya bisnis Anda yang bergerak dibidang industri kecantikan ingin membuka cabang baru, maka Anda memerlukan pemilihan lokasi yang tepat agar pelanggan Anda bisa mencapai lokasi cabang Anda nantinya dan Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari pemilihan lokasi yang tepat. Hal inilah yang dinamakan site selection.

site selection ilustrasi bersama konsultan

Pada artikel berikut ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai site selection dan penerapannya pada berbagai industri. Mari kita bahas satu persatu.

Apa itu site selection?

Site selection memiliki arti sebuah proses pemilihan beberapa opsi lokasi dengan menilai keuntungan dan kerugian secara relatif. Site selection ini dilakukan setelah Anda sudah menilai kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk pembangunan baru. Hal ini diperlukan agar Anda bisa mengatur desain bangunan yang diinginkan sesuai dengan ketersediaan lokasi yang ada di lapangan. 

Site selection ini tidak berhenti pada pemilihan lokasi saja, ada juga proses mempertimbangan sifat berkelanjutan dari lokasi yang akan dibangun tersebut seperti: 

  • Apakah bisa bertahan lama? 
  • Apakah memiliki fasilitas yang cukup memadai? 
  • Apakah ada moda transportasi alternatif untuk menuju lokasi?
  • Bagaimana dampaknya pada lingkungan sekitar terutama sungai atau anak sungai?
  • Bagaimana dampak pembangunan dengan lahan hijau yang ada?
  • Dan lain sebagainya.

Untuk itu site selection memerlukan riset dan waktu yang mendalam sebelum memutuskan untuk mengambil keputusan besar dan dapat berdampak pada bisnis Anda baik untuk jangka pendek dan jangka panjang. Sebelum melakukan site selection, ada dua pertanyaan yang perlu dijawab yaitu:

  1. Dimana lokasi untuk setiap merek paling meningkat dari waktu ke waktu?
  2. Strategi perencanaan apa yang dapat dilihat berdasarkan brand yang memiliki lokasi yang tepat?

Pada bagian berikutnya akan dijelaskan lebih lanjut mengenai penerapan serta manfaat site selection bagi bisnis dan perusahaan Anda.

Bagaimana menerapkan site selection?

Site selection dapat diterapkan pada berbagai industri mulai dari retail, pelayanan,bisnis besar maupun pabrik.  Namun perlu diingat setiap industri memiliki pertimbangan dan tujuan yang berbeda ketika melakukan site selection. Mari kita ambil satu contoh dari Site Selection yang dulakukan oleh Starbucks dan Dunkin Donuts. 

Sebagai industri bisnis FnB, dapat dipastikan salah satu tujuan yang diinginkan site selection adalah mendapatkan keuntungan lebih banyak dan memperluas brand mereka agar lebih bersaing dari kompetitor.

Carto menggunakan data dari Points of Interest (POI) dari Dunkin’ Donuts dan Starbucks di New York dan melakukan visualisasi data dengan melihat penggunaan kartu kredit Mastercard yang banyak digunakan oleh konsumen pada lokasi yang berbeda. Dari hasil ini dapat diketahui lokasi mana saja yang memiliki konsumen paling banyak dan memiliki kemungkinan untuk meningkatkan hasil penjualan.

Dengan CARTO VL kita dapat menata dengan memperbesar sehingga simbologi proporsional, dalam hal ini lingkaran gradien, membuat perbedaan antara lokasi toko dan skor transaksi median terlihat pada tingkat yang berbeda.

Tahapan dalam menentukan site selection

Proses site selection cukup kompleks dan perusahaan harus mampu menemukan lokasi optimal bagi bisnisnya untuk memperluas jaringan. Untuk itu diperlukan beberapa tahapan agar memudahkan proses site selection mulai dari awal hingga akhir, yaitu sebagai berikut:

  1. Membentuk tim project site selection: Tim ini biasanya berisi perwakilan dari tim eksekutif, divisi bisnis, divisi real estate, divisi logistik, divisi pajak, divisi HRD dan konsultan dari site selection diluar perusahaan. 
  2. Mengetahui kebutuhan project: Ketahui kebutuhan untuk project site selection ini agar tim dapat bekerja sama untuk mengidentifikasi kebutuhan perusahaan dan menyesuaikan dengan lokasi yang ada di lapangan.
  3. Lakukan proses penyaringan geografis berdasarkan kriteria proyek
  4. Lakukan analisis mendalam terhadap daftar panjang untuk mengidentifikasi para finalis lokasi: Untuk mengidentifikasi lokasi finalis, tim pemilihan lokasi perlu melakukan tenaga kerja yang ketat, infrastruktur, logistik, iklim bisnis, insentif ekonomi, dan analisis pasar real estat dari lima hingga 10 lokasi kandidat. Penelitian ini akan mencakup pengumpulan data demografis yang terperinci serta penelitian utama yang akan dianalisis dalam berbagai model pemilihan lokasi yang perlu dikembangkan.
  5. Lakukan kunjungan ke lokasi yang sudah difinalisasi: Anda perlu mengunjungi lokasi secara nyata untuk mengetahui lebih jelas bagaimana keadaan dilapangan dan mengetahui apakah ada keluhan atau masukan dari penduduk sekitar lokasi pembangunan
  6. Negosiasi
  7. Proses pembangunan
  8. Patuhi peraturan agar tidak mengalami kerugian yang tidak diperlukan

Tentunya dalam melakukan proses yang cukup panjang dan kompleks ini, kita tidak menginginkan adanya masalah. Untuk itu Anda perlu menghindari kesalahan krusial ini ketika dalam proses site selection sebagai berikut:

  1. Tidak mempersiapkan tim site selection dengan baik
  2. Kurangnya konsensus eksekutif
  3. Salah mencari lokasi
  4. Mempersempit area pencarian terlalu cepat
  5. Gagal mempertimbangan berbagai masalah yang mungkin terjadi
  6. Tidak menyelesaikan analisa laporan pemasaran 
  7. Tidak mempertimbangkan komunitas sekitar lokasi
  8. Kurangnya review lapangan secara teknis
  9. Pelanggaran kerahasiaan
  10. Kegagalan untuk mendapatkan insentif yang dapat dinegosiasikan
  11. Penerimaan insentif yang dinilai terlalu tinggi
  12. Implementasi insentif yang buruk

Manfaat menerapkan site selection untuk bisnis dan perusahaan

Implementasi site selection sangatlah membantu untuk seluruh industri bisnis dan perusahaan untuk mengembangkan barangnya kepada masyarakat luas. Tidak hanya keuntungan besar yang didapatkan, site selection pun memiliki manfaat lain bagi bisnis dan perusahaan yaitu sebagai berikut: 

  1. Biaya Transportasi Lebih Rendah
  2. Percepat Waktu Pengiriman Anda
  3. Rencana yang Jelas untuk Pertumbuhan dan Ekspansi di Masa Depan
  4. Aliran Peluang Pasar Tenaga Kerja Masa Depan yang Konstan
  5. Memanfaatkan Keringanan Pajak Daerah dan Negara Bagian
  6. Keputusan Tim yang Kohesif yang Menghilangkan Bias
  7. Dampak Positif Bagi Masyarakat Lokal

Terralogiq dapat membantu dan menemukan site selection terbaik untuk bisnis Anda. Sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan location intelligence, Terralogiq dapat membantu membuatkan dashboard dan aplikasi untuk membuat site selection untuk outlet, tempat bisnis, lokasi kantor, cabang baru atau hal lain yang dapat Anda perlukan untuk menambah wawasan keputusan operasional perusahaan Anda.

Temukan site selection solutions yang tepat bersama Terralogiq, hubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com untuk berkonsultasi bersama spesialist kami yang siap membantu Anda.

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments