Site Planning: Konsep dan Implementasi

25 Agustus 2022

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah toko-toko retail menghadapi penutupan yang cukup banyak, terutama ketika pandemi masih menyerang hingga saat ini. Sektor retail pun mau tidak mau mengalami penutupan dengan disebut “kiamat ritel”. Fenomena ini tidak hanya mempengaruhi semua retail fisik (offline) tetapi juga online retail yang berencana untuk beralih dengan membuka toko fisik pertama mereka. Momen inilah waktunya Anda mengenal konsep site planning untuk menjawab tantangan tersebut. 

Site Planning

Apakah Anda pernah menjadi bagian dari perkembangan sebuah pembangunan project untuk sebuah toko atau gedung? Apakah Anda tahu berapa banyak faktor yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah keputusan untuk menentukan lokasi tersebut? Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih dalam mengenai site planning dan manfaatnya untuk sektor retail.

Definisi Site Planning pada bisnis retail

Ketika Anda berencana untuk membuka toko baru, mengkonsolidasikan toko, atau memutuskan lokasi yang optimal untuk situs distribusi, memahami konteks sekitar lokasi tersebut adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Anda memerlukan sebuah perencanaan yang mendalam mengenai lokasi yang tepat agar bisnis Anda mendapatkan keuntungan lebih. 

Pada dasarnya, site planning sendiri dalam definisi umum mengacu pada tahap organisasi dari proses membuat desain landscape dengan melibatkan organisasi zonasi, penggunaan lahan, akses, sirkulasi, privasi, keamanan, tempat tinggal, drainase lahan dan lain-lainnya. 

Dalam definisi dan konteks location intelligence, site planning adalah sebuah proses untuk menentukan lokasi yang tepat untuk pengembangan dengan menganalisa data lokasi dan memvisualisasikannya agar dapat menguntungkan dari sisi bisnis. 

Baca Juga: Outlet atau Site Performance? Ini yang perlu Anda Ketahui

Bagaimana merencanakan Site Planning untuk bisnis

Banyak ukuran populer yang digunakan para pembisnis, pedagang, mulai dari melihat analisa dari sisi jual, dan peneliti pasar untuk mengevaluasi aset outlet, site planning dalm hal ini perlu memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Performa penjualan per situs atau outlet yang kuat.
  • Rekam jejak keberhasilan baik di pasar tertentu atau lintas jejak historikal penjualan.
  • Kesediaan untuk menemukan dan memperbaiki kesenjangan dalam cakupan pasar yang ada.
  • Strategi bisnis yang dapat direplikasi dan ditingkatkan di kondisi dan target pasar yang berbeda.

Para pemilik bisnis, restoran, hotel ataupun industri lainnya harus mengetahui bagaimana membuat keputusan untuk membuat site planning dan bagaimana menentukan secara tepat pada waktu yang juga tepat. Hal ini akan membutuhkan bantuan dari aspek lokasi (location) dan intelegensi serta teknik lebih lanjut dari spatial analysis untuk memastikan Anda sudah membuat keputusan yang tepat berdasarkan data di lapangan. 

Sebagian besar dari kita sangat akrab dengan manfaat memanfaatkan data terutama dalam konteks analisisa pemasaran (marketing analytics) atau intelijen bisnis (business intelligence). Dengan menambahkan sumber data baru ke kumpulan data yang ada atau Anda miliki, Anda dapat memperoleh wawasan strategis yang lebih mendalam dan hemat biaya yang dapat membantu menciptakan gambaran yang lebih baik untuk perencanaan site planning Anda.

Anda akan memahami basis pelanggan potensial di suatu area, bukan hanya berapa banyak orang yang ada di sana, tetapi apakah mereka merupakan pelanggan ideal bagi bisnis dan perusahaan Anda.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Sebuah Territory Planning yang Tepat

Apa yang perlu diperhatikan pada Site Planning?

Sebagai contoh mari kita ambil satu study case mengenai bisnis farmasi yang ingin mengetahui lokasi terbaik untuk membuat 5 outlet retail farmasi baru yang direncanakan untuk dibuka pada daerah perkiraan Los Angeles.

Data dan studi kasus ini dihimpun dari Carto, langkah pertama adalah memetakan lokasi apotek mereka saat ini dan kemudian memperkaya data nya (dari observatorium data) dengan bentuk tarik garis poligon untuk saluran sensus, data demografi, pendapatan rumah tangga rata-rata, dan data kepemilikan mobil.

Dengan menggunakan analisis spasial pusat geometri, Carto dapat menemukan 5 lokasi terbaik untuk situs baru, berdasarkan berbagai faktor. Aplikasi location intelligence secara dinamis menyesuaikan saat retail chain menyesuaikan pendapatan rumah tangga rata-rata yang ideal dan pelanggan yang menggerakkan data di sisi backend, memberikan hasil jumlah “pelanggan senior yang dilayani” yang berada dalam radius 8 mil dari setiap lokasi dan “potensi senior yang bisa dilayani” yang menunjukkan jumlah total keseluruhan senior di dalam peta.

Retailer apotek sekarang dapat membawa visualisasi ini ke tingkat berikutnya dengan data lokasi mereka sendiri, memvalidasi rekomendasi dari platform Carto ini dengan data transaksi pelanggan mereka sendiri dari wilayah Los Angeles.

Dengan menggabungkan data dari data lokasi, data spasial dan transaksi online, Carto dapat menentukan tempat yang tepat untuk distribusi atau membuka cabang baru. Dengan memperhatikan rute, transportasi dan data rute maka Carto dapat membantu Anda untuk memberikan lokasi yang memudahkan perjalanan pelanggan Anda pada suatu tempat. 

Model Site Planning bersama Carto

Carto menggunakan berbagai data untuk melakukan analisa site planning agar perusahaan atau bisnis Anda mendapatkan keuntungan besar. Dengan menggabungkan data dari spatial data dan mobility data, Carto akan melakukan visualisasi data untuk memudahkan Anda menentukan lokasi yang tepat dan menguntungkan.

Selain itu, bagi Anda yang ingin membuka cabang bisnis baru, Carto juga menyediakan analisa white space yang akan membantu Anda untuk menentukan lokasi serta jenis produk yang lebih banyak terjual atau produk populer. Bersama Carto Anda akan memahami bagaimana data lokasi dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan analisa dan insight yang lebih mendalam pada peta dan memngabungkan nya dengan semua data yang diperlukan yang tentunya dapat berimplikasi pada bisnis. 

Manfaat menerapkan Site Planning untuk bisnis dan perusahaan

Menggunakan site planning akan sangat membantu Anda dan bisnis Anda untuk mendapatkan lokasi serta perencanaan matang untuk membuka cabang ataupun membuka bisnis secara fisik. Dengan site planning, Anda dapat menargetkan penjualan produk ataupun jasa Anda sesuai dengan kriteria pelanggan ideal yang Anda tuju dan berlaku sebaliknya memudahkan pelanggan Anda untuk mendatangi perusahaan atau lokasi bisnis Anda. 

Terralogiq dapat membantu dan menemukan solusi site planning yang cerdas dan tepat untuk bisnis Anda. Sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan location intelligence, Terralogiq dapat membantu membuatkan dashboard dan aplikasi untuk perencanaan site planning yang tepat guna dan memprediksi lokasi yang tepat untuk membantu Anda dalam memperoleh keputusan operasional dan ekspansi perusahaan.

Temukan solusi site planning yang tepat bersama Terralogiq, hubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com untuk berkonsultasi bersama spesialist kami yang siap membantu Anda.

Baca Juga: Bagaimana definisi dan penerapan dari Site Selection

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments

Agna Buana said:

" Tertarik untuk tau lebih dalam tentang site plan "