Outlet atau Site Performance? Ini yang perlu Anda ketahui

24 Agustus 2022

Mari kita mengenal apa itu konsep site performance untuk bisnis retail yang di mana-mana berjuang untuk mempertahankan pendapatan apalagi meningkatkan kinerja selama masa Pandemi ini. Lebih jauh lagi untuk berhasil di pasar yang kompetitif saat ini, sebagian besar merek mengakui bahwa mereka perlu mencari cara untuk meningkatkan kinerja kampanye yang ada dengan sedikit usaha dan cost.

site performance

Kedengarannya seperti sebuah pencapaian yang mustahil, tetapi untuk sektor dan industri retail yang tumbuh cepat serta yang selalui peduli dengan personalisasi kepada pelanggan, hal ini bisa diraih oleh Anda. Terobosan ini dimulai dengan penerapan teknologi yang dibuat khusus untuk sektor dan industri ritel, terpersonalisasi, dengan skala dan pengukuran. Meskipun ada banyak karakteristik dari teknologi yang tepat ydan dapat memungkinkan hal ini terjadi, tetapi yang paling penting dan esensial adalah model data yang mendasarinya.

Apa Itu Definisi Site Performance di Industri?

Site performance adalah proses menggunakan informasi untuk mencapai kinerja otlet maupun cabang perusahaan yang unggul. Bagi sektor dan industri retail, ini berarti memiliki informasi yang cukup dan memadai untuk memantau kinerja perusahaan secara keseluruhan dan toko secara lebih spesifik, mengambil tindakan dengan keputusan yang cepat dan meningkatkan efisiensi operasional secara signifikan. 

Industri Ritel merupakan salah satu industri yang berkembang pesat setelah era globalisasi dan memberikan banyak peluang bagi para pemain dan kandidat baru untuk masuk dan berpengalaman untuk mempertahankan bisnisnya ditengah gempuran persaingan.

Dengan menggunakan site performance pada bisnis atau perusahaan Anda, secara otomatis Anda dapat mengetahui bagaimana produk Anda dapat berhasil terjual dan apakah strategi pemasaran yang dijalankan sebelumnya berhasil atau tidak.  

Baca Juga: Mengenal Site Planning – Konsep dan Implementasi

5 Metode Site Performance Untuk Retail

Sudah di ketahui menemukan site performance atau outlet dan ritel performance secara jelas adalah wajib. Untuk menentukan metode site performance yang sesuai dengan kebutuhan sektor dan industri retail, anda perlu memperhatikan 5 hal penting berikut ini:

  1. Jumlah Pelanggan

Jumlah pelanggan adalah cara paling cepat untuk mengetahui perkembangan retail Anda. Bagi bisnis retail, semakin banyak pelanggan potensial yang memasuki toko Anda, maka akan semakin banyak pendapatan yang akan Anda hasilkan. Anda perlu memperhatikan jumlah pengunjung dan pelanggan yang masuk ke toko Anda dengan melihat hasil penjualannya. Anda bisa menggunakan loyalty program agar pelanggan potensial anda akan semakin banyak dan loyal. 

  1. Efektivitas (Retail Conversion Rate)

Dalam dunia bisnis retail, Anda akan berbicara mengenai rasio rata-rata pengunjung. Dengan melihat data ini, Anda akan mengetahui seberapa banyak pengunjung toko yang berpotensi menjadi seorang pelanggan. Cara paling mudah untuk menghitungnya adalah dengan mengetahui waktu terbaik saat toko Anda ramai dikunjungi. Dengan mengambil data transaksi dan membaginya dengan jumlah orang yang mengunjungi toko Anda. Apabila anda ingin mendapatkan hasil persenan, maka Anda bisa mengalikannya dengan 100. Efektivitasnya ini sangat bergantung pada jenis bisnis ritel yang Anda jalani. Jika Anda menjual pakaian dan pakaian jadi di toko ritel fisik, kemungkinan efektivitas transaksi pelanggan Anda adalah 18-25%.

Baca Juga: Menjawab Tantangan Retail dan E-Commerce dengan Location Intelligence

  1. Rata-Rata Penjualan

Apabila toko Anda sudah ramai, selanjutnya saatnya Anda memperhatikan rata-rata penjualan Anda untuk mengetahui perkembangan bisnis Anda. Perhitungan ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui seberapa efektif produktivitas pemasaran yang sedang berjalan dengan implikasi nya pada bisnis.

  1. Item per pembelian (Jumlah dari rata-rata pembelian)

Dalam bisnis retail, barang yang berhasil dijual secara masif ditambahkan ke dalam pendapatan bisnis. Hal ini juga membawa serta biaya penanganan seperti biaya penyimpanan persediaan, waktu transaksi dan gaji rekanan penjualan (mitra/reseller), kebutuhan akan ruang ritel. Secara umum, jika pembelian rata-rata Anda naik, jumlah item juga naik. Tetapi akan lebih baik jika jumlah item lebih lambat naik dari nilai penjualan rata-ratanya. Pada akhirnya, Anda ingin mendapatka lebih banyak uang, bukan hanya kuantitas menjual yang lebih banyak.

  1. Gross Margin

Margin kotor adalah perbedaan antara pendapatan dan biaya sebelum memperhitungkan biaya-biaya tertentu lainnya. Umumnya, ini dihitung sebagai harga jual suatu barang, dikurangi harga pokok penjualan. Ini adalah matematika dasar bagi bisnis untuk mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan untuk memperoleh atau memproduksi barang yang Anda jual.

Margin kotor adalah tempat hidup bisnis dan harus menutupi semua biaya penjualan dan produksi, termasuk gaji, pajak, sewa, transportasi, dan biaya lainnya. Jika bisnis Anda memiliki hutang yang harus dibayar, ini juga harus ditutup dengan margin, jika tidak, tidak mungkin bisnis untuk dapat bertahan hidup.

Baca Juga: Data Spasial – Model Prediksi Pendapatan dan Lokasi Retail

Model Site Performance Lainnya

Yang dibutuhkan oleh bisnis untuk memberikan pengalaman yang benar-benar dipersonalisasi yang mendorong kinerja dan melakukannya dengan sedikit usaha — adalah model data khusus ritel yang menyatukan data perilaku, pelanggan, dan produk.

Dengan mengetahui ketiga hal penting untuk model data ini, anda bisa melakukan kombinasi dan menentukan tindakan yang akan Anda lakukan untuk data-data yang Anda miliki. Cara ini akan lebih efektif dan akan tersampaikan kepada pelanggan yang tepat serta hemat waktu apabila dibandingkan dengan memberikan model katalog dan memberikannya pada pelanggan untuk menentukan barang yang diinginkan.

Manfaat Menerapkan Site Performance Untuk Bisnis dan Perusahaan

Model data pada tiga bagian khusus ritel seperti yang dijelaskan di sini tidak hanya menangkap pandangan berwawasan ke depan itu, tetapi juga menghasilkan rekomendasi produk di tingkat pelanggan individu. Penyiapan ini berarti bahwa setiap kueri yang mungkin Anda buat dapat diskalakan ke ratusan ribu individu dalam daftar aktif Anda. Dan begitu Anda memilikinya, Anda dapat memberikan komunikasi yang benar-benar individual dalam skala besar sambil tetap selaras dengan sasaran bisnis seputar pendapatan, retensi, dan penjualan.

Terralogiq dapat membantu dan menemukan poin-poin diatas untuk keperluan bisnis dalam upaya membantu Anda membuat prediksi yang cerdas dan tepat. Sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan location intelligence, Terralogiq dapat membantu membuatkan dashboard dan aplikasi untuk penerapan site performance di perusahaan Anda.

Temukan solusi site performance model yang tepat bersama Terralogiq, hubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com untuk berkonsultasi bersama spesialist kami yang siap membantu Anda.

Baca Juga: Bagaimana Definisi dan Penerapan dari Site Selection

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments