Setup Google Maps Untuk Bisnis - Terralogiq Google Maps Partner

Setup Google Maps Untuk Bisnis

31 Januari 2021

Informasi terkini menunjukan bahwa ada lebih dari satu miliar orang menggunakan Google Maps untuk menemukan bisnis lokal setiap harinya. Lebih dari 46% semua penelusuran yang ada pada Google Maps, digunakan untuk mencari sebuah bisnis. Baik mencari tahu informasi tentang keberadaan perusahaan maupun kantor fisik nya tersebut. Tidak mengherankan jika 72% orang yang melakukan penelusuran tersebut, secara offline akan mengunjungi sebuah bisnis secara langsung. Pebisnis perlu memahami bagaimana memaksimalkan manfaat setup Google Maps untuk bisnis mereka.

Google Maps Platform adalah salah satu produk Google yang paling banyak melakukan upgrade baik untuk menyempurnakan, dan meningkatkan kualitas pemetaannya. Bahkan hasilnya bisa kita lihat sekarang. Salah satu contohnya adalah teknologi penelusuran di Google Maps dapat menghasilkan sebagian besar kunjungan situs web. Google Maps juga merupakan pendorong klik secara organic search dan direct, langkah yang baik untuk pemilik bisnis kecil hingga menengah, apalagi yang memiliki lokasi bisnisnya secara fisik, seperti properti, toko, cafe, atau restoran.

Banyak pengguna mobile mencari bisnis di dekat mereka, dan ini bisa dicapai berkat fitur Google Maps Platform, terutama saat menelusuri dari perangkat seluler mereka. Bergantung pada sejumlah variabel, beberapa penelusur mungkin menemukan bahwa hasil prediksi “di dekat saya” bahkan lebih menonjol. Seolah-olah Google ingin kita menggunakan Maps untuk menemukan bisnis lokal, menarik bukan? Jadi apa artinya bagi anda, para pemilik bisnis? Artinya, anda akan kehilangan banyak pelanggan dengan tidak menampilkan bisnis anda dengan Google Maps dan menggunakan teknologi nya secara optimal.

Google Maps Vector Flat Image
Source: Google – https://2672686a4cf38e8c2458-2712e00ea34e3076747650c92426bbb5.ssl.cf1.rackcdn.com/2020-02-06-07-46-01.png

Ini menjadikan fitur di Google Maps Platform sangat penting untuk bisnis mana pun. Tapi bagaimana anda menambahkan bisnis lokal anda ke Google Maps? Jawabannya anda bisa menggunakan Google My Business.

Google Maps untuk Bisnis Lokal

Setup Google Maps untuk bisnis anda di Google My Business. Google My Business adalah aspek terpenting dari setiap kampanye bisnis lokal, karena diperlukan untuk mendapatkan peringkat dalam hasil pencarian lokal. Ini menjadikan pembuatan akun sebagai langkah pertama yang harus dilakukan para pebisnis lokal, atau kecil untuk meningkatkan pencarian bisnis mereka.

Yang lebih menarik adalah tren seputar apa yang ditelusuri orang dalam mesin pencari Google. Dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan sebesar 900% dalam penelusuran termasuk istilah “near me” dan “Today/Tonight”. Dengan kueri penelusuran yang dilokalkan, bisnis anda akan mudah untuk muncul di hasil penelusuran jika terdaftar di Google Maps. Jadi, jika anda tidak ada di Google Maps bahkan tidak menggunakan produk dari Google Maps Platform, tetapi pesaing bisnis anda mengimplementasikannya, bayangkan semua pelanggan yang mungkin terlewatkan.

Anda dapat dengan mudah menambahkan bisnis anda sendiri ke Google Maps untuk Google My Business,  sehingga anda tidak melewatkan kesempatan untuk mempergunakan produk dan teknologi Google Maps ini. Dalam kebutuhan setup Google Maps untuk bisnis pada skala menengah atas hingga enterprise Terralogiq dapat membantu anda.

Baca Juga: Optimasi bisnis bersama Terralogiq – Google Maps Premier Partner

Jika bisnis ingin berkembang, maka sangat penting untuk memahami apa yang konsumen inginkan, termasuk memudahkannya dalam menikmati produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk membuatnya terjadi sangatlah mudah, cukup menciptakan pengalaman yang baik pada perangkat atau bisnis anda. Baik secara online saat mereka mengeluarkan smartphone mereka untuk mencari tahu apa yang di jual dan mempergunakannya.

Menampilkan bisnis anda di Google Maps dapat membantu mengarahkan pelanggan, melalui pencarian yang dilakukan di Google Maps dan pencarian Google. Ini juga memberikan informasi tambahan kepada para pelanggan, seperti waktu buka dan detail layanan yang anda tawarkan, bersamaan dengan ulasan pengguna untuk membantu menanamkan kepercayaan, membuat mereka lebih mungkin menghasilkan lebih banyak penjualan.

Poin implementasi pada Bisnis

Berikut adalah tujuh poin yang dapat menjelaskan mengapa anda harus mengimplementasi dan setup Google Maps terutama untuk bisnis yang berkecimpung di dunia seluler serta fisik:

  1. Sekitar 90% dari semua penjualan global akan terjadi di toko-toko, bukan di online.
  2. Hampir sepertiga dari penelusuran seluler terkait dengan aspek lokasi.
  3. Penelusuran terkait lokasi telah berkembang 50% lebih cepat daripada penelusuran seluler secara keseluruhan pada tahun lalu.
  4. Lebih dari satu miliar orang sekarang menggunakan Maps.
  5. Pencarian Google (di Google.com dan Google Maps) memandu konsumen ke 1,5 miliar tujuan setiap tahun.
  6. Sebanyak 84% konsumen melakukan pencarian lokal.
  7. Tiga dari setiap empat orang yang menelusuri sesuatu di sekitar anda menggunakan smartphone mereka dan akhirnya mengunjungi toko dalam sehari, serta 28% persen dari penelusuran tersebut menghasilkan pembelian.

Manfaat menerapkan bisnis anda dengan Google Maps

Dari sini, calon pelanggan dapat dengan mudah untuk melihat daftar informasi yang terus berkembang, mulai dari informasi umum seputar bisnis, hingga detail produk dan layanan yang ditawarkan. Tangkapan Google Maps juga bisa menghasilkan gambar yang relevan dari kantor, rumah, dan tempat umum. Lebih dari itu, menampilkan data yang dapat di layering dan digunakan dengan operasi bisnis anda. Jadi data anda dapat diintegrasikan dengan penggunaan data internal, dan data demografi.

Seperti yang penjelasan sebelumnya Google Maps membantu dalam setiap skenario ini. Itulah mengapa memperbarui bisnis dan aplikasi anda sangatlah penting. Semakin banyak informasi yang didapat, semakin mudah bagi bisnis untuk memberi para penggunanya menemukan apa yang mereka cari, dan semakin mungkin perusahaan akan memberikan kontribusi signifikan bagi para pelanggan.

Google Maps UI
Source: Google – https://dribbble.com/tags/google_map

Setup untuk target market B2B

Pengoptimalan dengan produk dan teknologi Google Maps Platform mendorong efisiensi bisnis, hal ini juga dapat berlaku secara signifikan untuk para pengguna dan pelanggan anda. Berikut ini pandangan tentang bagaimana pengguna dengan target market bisnis anda, dapat memanfaatkan informasi yang diterapkan Google Maps pada bisnis, yaitu:

  1. Informasi: Penting untuk bisnis mengetahui software apa yang dibutuhkan, karena dampak ini berkaitan dengan pengalaman pengguna. Bisnis membutuhkan hubungan kerja yang erat dengan local support dan dukungan teknis di tempat, terutama saat sangat diperlukan.
  2. Navigasi: Misalkan sebuah bisnis ingin membuka kantor pertamanya di wilayah target baru, dan memastikan karyawan, mitra bisnis, serta prospek memiliki akses perjalanan tanpa hambatan ke dan dari lokasi tersebut. Hal ini penting terutama bagi penempatan staf, dan peluang pertumbuhan untuk mempertimbangkan tiap aspek-aspek tersebut.
  3. Transaksional: Pencarian yang bagus dapat dimulai dengan ringkasan layanan singkat. Memunculkan rekomendasi lokasi sesuai dengan permintaan para pengguna, apalagi jika dapat dilaksanakan secara tepat. Input ini bisa saja ada pada titik awal hingga rekomendasi akhir yang diberikan.

Seperti upaya pengoptimalan bisnis lainnya, meningkatkan visibilitas dalam penggunaan Google Maps kemungkinan besar membutuhkan waktu. Ini berarti tidak akan ada jalan pintas, tidak ada cara mudah untuk menjadi yang terdepan. Setup Google Maps untuk bisnis menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan potensi yang ada, dan Terralogiq siap membantu anda untuk kebutuhan tersebut.

Itulah cara dan langkah menuju pengoptimalan bisnis anda, mungkin masih perlu beberapa saat untuk meningkatkan visibilitas bisnis menggunakan Google Maps, terutama integrasi dan implementasinya. Namun, jangan putus asa, upayakan selalu pengoptimalan pada bisnis anda. Hubungi Terralogiq jika membutuhkan bantuan terkait Setup Google Maps untuk bisnis. Selalu perbarui informasi dan profil serta fokus pada hal yang benar-benar penting, yaitu menjaga pelanggan anda.

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments