10 Potensi Industri Makanan dan Minuman dengan Location Intelligence

10 Potensi Industri Makanan dan Minuman dengan Location Intelligence

3 Juni 2021

Dengan pergeseran perilaku konsumen saat ini, juga adanya dorongan melalui pengiriman sesuai permintaan (delivery on demand), industri makanan dan minuman atau Food and Beverages memiliki potensi luar biasa untuk mendapatkan manfaat dari teknologi kecerdasan lokasi (location intelligence). Teknologi ini dapat menyediakan pelacakan yang tepat, insight data yang penting, dan connected experience, kecerdasan lokasi telah memungkinkan industri makanan dan minuman untuk terus meningkatkan hasil bisnisnya.

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan lokasi, industri makanan dan minuman tidak hanya dapat menurunkan biaya, tetapi juga dapat mengoptimalkan operasi bisnis, dengan tambahan manfaat lainnya yaitu; memberikan nilai lebih dan customer value.

kecerdasan-lokasi-untuk-makanan-dan-minuman
Source: @abillion (https://unsplash.com/photos/F0e3AdcwVbM)

Memanfaatkan kecerdasan lokasi untuk industri Makanan dan Minuman

Pada industri makanan dan minuman, Terralogiq telah bekerja dengan beberapa merek ternama untuk merampingkan biaya operasi pengiriman dan mendorong upaya dalam meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan. Pemanfaatan kecerdasan lokasi untuk perusahaan makanan dan minuman memungkinkan mereka membuat proses pengiriman menjadi lebih mulus dan bebas repot. Semua ini dilakukan sembari mempertahankan customer connections secara konsisten dengan menyediakan pembaruan terus menerus secara real-time dan estimated time of arrival (ETA) yang akurat, insight yang dihasilkan dari kecerdasan lokasi juga memberi perusahaan sebuah pandangan yang efisien dari operasi bisnis mereka.

Pentingnya Pemasaran Berbasis Data untuk Retail dan Restoran

Data memberi retail dan restoran kemampuan untuk membuat suatu keputusan bisnis yang solid yang pada akhirnya akan mendorong pendapatan, dan mempertahankan anggaran mereka. Kecerdasan lokasi adalah alat pemasaran yang perlu dimiliki oleh para pakar pemasaran retail dan restoran yang ingin menggunakan data wawasan dari sekitarnya untuk memenuhi tantangan saat ini.

Jelajahi sumber daya serta bagaimana retail dan restoran dapat mempelajari lebih lanjut tentang pentingnya kecerdasan lokasi untuk pemasaran pada industri makanan dan minuman. Mari melihat bagaimana sebuah teknologi kecerdasan lokasi dapat membantu para pemilik retail dan restoran untuk mendongkrak strategi pemasaran, berikut 10 manfaat dari penerapan kecerdasan lokasi untuk industri Retail, Food and Beverages dan Restaurant:

Meningkatkan Penjualan

Mendorong pendapatan bisnis dengan location-based insights serta menjadi lebih unggul dibandingkan para kompetitor di industri retail dan restoran. Dorong promosi dan iklankan situs e-commerce bisnis kepada para calon pelanggan potensial.

Bertumbuh dan memenangkan persaingan

Tentukan dimana bisnis akan berdiri melawan kompetitor lain di industri retail dan restoran. Lakukan analisa pesaing (competitive analysis) dan gunakan data untuk pengambilan keputusan.

Mendapatkan Insights dari konsumen

Pahami siapa yang sering mengunjungi toko retail Anda atau makan di restoran Anda. Temukan pelanggan baru yang tertarik untuk berbelanja dan berkunjung ke bisnis anda.

Memenuhi penawaran dan permintaan (Supply and Demand)

Gunakan data untuk memahami dari mana permintaan berasal dan sesuaikan inventaris produk (atau menu) Anda.

Tetap sesuai dengan anggaran dan budget

Sesuaikan staf atau sumber daya, dan terapkan praktik terbaik berdasarkan hasil data lokasi. Kurangi pemborosan biaya iklan dengan menjangkau audiens yang tepat, dengan pesan yang tepat.

Meningkatkan pengalaman pelanggan (Customer Experience

Perkaya data pelanggan untuk memberi pembeli dan pengunjung layanan contactless delivery terbaik, pick-up experience, and loyalty program. Petakan customer journey bisnis untuk menemukan kesempatan baru.

Tampilan lokasi pada depan toko adalah penentu terbesar kinerja penjualan ritel atau gerai makanan – faktor ini juga melebihi dari upaya strategi pemasaran, SDM, bahkan produk itu sendiri. Jika sebuah toko tidak mudah diakses oleh target sasaran, atau mungkin tenggelam dalam persaingan lokal di area tersebut, maka bisnis akan terpuruk.

Baca juga : 7 poin penting penerapan kecerdasan lokasi (Location Intelligences)

industri-makanan-minuman-kecerdasan-lokasi
Source: @breakslow (https://unsplash.com/photos/iGEivm-lkdQ)

10 Cara Kecerdasan Lokasi meningkatkan bisnis pada industri makanan dan minuman

Teknologi kecerdasan lokasi atau location intelligence dapat membantu gerai retail dan makanan untuk:

  • Mendeteksi dan mengkategorikan toko yang berkinerja buruk dan menilai strategi untuk dapat memperbaiki situasi.
  • Mendeteksi dan mengurangi persaingan yang tidak perlu antara sesama toko perusahaan.
  • Pantau penjualan barang-barang tertentu, dan lihat keberhasilan strategi spesifik di lokasi yang berbeda, untuk membantu membentuk perencanaan masa depan serta distribusi stok yang tepat.
  • Mengidentifikasi lokasi pelanggan, serta pelanggan potensial, dan targetkan mereka dengan pesan pemasaran khusus melalui media pemasaran khusus berbasis lokasi.
  • Perkirakan dan kembangkan anggaran dan ekspektasi toko khusus berdasarkan ukuran populasi sekitar serta informasi spesifik lokasi lainnya.
  • Pilih lokasi berdasarkan penyebaran geografis pelanggan Anda yang paling menguntungkan, pertimbangan jarak kedekatan dengan toko pesaing, dan lain-lain.
  • Segmentasikan pelanggan secara multidimensi, melalui kategori yang bisa dimulai dari riwayat pembelian, demografi serta lokasi, dengan tujuan untuk mengembangkan hubungan yang sangat efektif dan personal.
  • Mengidentifikasi market gap, opportunities, threat, dan penetration rate (dengan menambahkan time elements, juga memungkinkan bisnis untuk melacak dan memprediksi pertumbuhan serta perubahan preferensi pelanggan, perilaku, maupun demografi per wilayah.)
  • Memaksimalkan pangsa pasar dan kinerja toko masing-masing.
  • Menghubungan dots antara toko, produk, dan jenis pelanggan yang dapat mempengaruhi kinerja penjualan.

Restoran harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian menggunakan mitra pengiriman pihak ketiga. Teknologi kecerdasan lokasi atau location intelligence technology adalah alat dan sumber data yang berguna untuk membantu melukiskan gambaran lengkap dan berdasarkan data tentang pengaruh yang mereka alami di restoran. Wawasan ini membantu menginformasikan restoran untuk membuat keputusan terdidik untuk hasil terbaik untuk bisnis mereka. Kesimpulannya personal experience dari para konsumen terutama dalam industri makanan dan minuman serta konteks penerapan location intelligence sangatlah penting.

Baca juga : Info Google Maps Platform Mengenai Location Intelligence

Potensi pasar dan ekspansi yang belum dipetakan

Ketika konsep-konsep ini dapat terlihat dengan skala, tantangan selanjutnya adalah bagaimana mengetahui kemana bisnis harus pergi selanjutnya. Pengusaha kuliner atau food and beverages dapat membuka beberapa lokasi di kota tertentu, dan kemudian menargetkan daerah lain yang sedang berkembang. Banyak konsep yang dengan cepat mengembangkan kehadiran bisnis secara regional ataupun ke tingkat nasional, namun tidak sepenuhnya dioptimalkan di setiap pasar yang ada. 

Membuat keputusan tanpa informasi seperti ini tentu sangat beresiko. Apalagi jika bisnis dihadapkan tentang memperoleh potensi peluang disekitarnya. Mengetahui pasar mana yang dapat diisi dan memanfaatkan merek adalah kuncinya. Bagaimana menentukan geografi yang masuk akal untuk berkembang dan harus didasarkan bukan hanya ingin membuka gerai franchise.

Pendekatan tradisional untuk pertumbuhan industri makanan dan minuman

Pemilik restoran sering mengandalkan pengetahuan lokal dari franchise atau jaringan tertentu untuk mengukur dimana lokasi terbaik. Tanpa pengambilan keputusan yang hati-hati, peluang bisa jadi akan salah diperhitungkan, pasar di sekitar bisa jadi terlalu jenuh, atau wilayah waralaba tersebut sudah dibuat terlalu besar. Untuk membantu network strategy, kecerdasan lokasi hadir untuk diterapkan dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan kesuksesan bisnis. Kecerdasan lokasi bukanlah menjadi hal yang baru, tetapi menjadi perhatian utama agar bisnis dapat berkembang.

Mengindentifikasi tren industri makanan dan minuman

Dengan menggunakan location intelligence and location analysis, restoran dapat mengidentifikasi tren traffic pejalan kaki dari waktu ke waktu di restoran mereka serta restoran pesaingnya. Traffic yang terukur ini dapat membantu mengukur rata-rata lalu lintas pejalan kaki yang dilihat restoran setiap bulannya dan bagaimana variasinya dari bulan ke bulan. 

Dengan menggunakan metode ini, restoran dapat melihat apakah mereka mungkin kehilangan traffic atau mendapatkan perhatian dari para pejalan kaki. Dalam analisis baru-baru ini terhadap sampel representatif restoran menemukan bahwa 92% di antaranya bisnis mengalami penurunan traffic selama periode 7 bulan, yang mana hal ini disebabkan oleh lebih sedikitnya orang yang makan di luar dan lebih banyak orang yang suka memesan secara pesan antar.

Location analysis juga dapat digunakan untuk menentukan apakah pengiriman yang dilakukan dapat memperluas pasar yang dituju (trading area). Misalnya pelanggan hanya dapat berkendara 4 km untuk pergi ke restoran, tetapi dapat memesan pengiriman dari restoran tersebut lebih dari sejauh 10 km. Informasi ini dapat menjadi insight untuk membuka cabang restoran baru, hingga menemukan basis pelanggan yang lebih luas dan lebih banyak lagi.

Identifikasi aktivitas pengemudi di restoran terdekat

Lokasi tidak hanya dapat mengidentifikasi dampak pada bisnis Anda, tetapi juga pesaing. Jika pesaing di daerah Anda mulai bermitra dengan layanan pengiriman, restoran Anda bisa kehilangan pelanggan. Analisis lokasi membantu mengidentifikasi restoran terdekat yang memanfaatkan layanan pengiriman dan memahami pola pengemudi, seperti kapan dan seberapa sering pengemudi mengunjungi restoran ini. Dengan mempelajari pola kunjungan konsumen dan aktivitas pengemudi, Anda akan lebih memahami dinamika persaingan di setiap lokasi restoran.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara pemanfaat teknologi kecerdasan lokasi atau location intelligence pada industri Makanan dan Minuman atau bisnis Anda, segera hubungi pakar kami dan konsultasikan kebutuhan Anda dengan solusi dari Terralogiq, tulis pertanyaan anda ke halo@terralogiq.com

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments