Yuk, Kenali Pentingnya Point Of Interest Dalam Bisnis!

31 Agustus 2022

Point of Interest atau POI tengah menjadi kata kunci besar dalam mesin pencarian beberapa tahun terakhir. Di dunia serba digital saat ini, banyak orang ingin tahu tempat menarik apa saja yang ada di sekitar lingkungannya, kelebihan apa saja yang ada di lokasi tersebut, apa yang bisa mereka lakukan disana, dan bahkan bagaimana mereka bisa mencapai lokasi itu. Semua itu dapat dilakukan hanya melalui ponsel cerdas milik mereka.

Menariknya, bagaimanakan proses tersebut dilakukan? Proses tersebut berkaitan dengan istilah POI. Apa itu Point of interest atau POI? Bagaimana POI bisa dikaitkan dengan hal tersebut? Simak artikel berikut!

Yuk, Kenali Pentingnya Point Of Interest Dalam Bisnis!

Pengertian Point of Interest (POI)

Istilah Point of Interest berasal dari bahasa inggris yang berarti bagian yang mampu menarik perhatian. Point of Interest atau sering disingkat menjadi POI merupakan lokasi titik tertentu atau situs yang berguna. POI ditentukan oleh koordinat geografisnya (garis bujur dan lintang). POI mengacu pada tempat atau tujuan yang memiliki potensi menarik. Hal ini dapat berupa objek wisata, hotel, restoran, ATM, apotek, pusat kesehatan, toko, pom bensin, atau kategori lain yang digunakan dalam sistem navigasi mobil modern.

POI (Point of Interest) dalam fotografi memiliki arti bagian dari foto yang dijadikan sebagai objek utama. POI akan menjadi titik mulai dan berhenti bagi mata para penikmat pemandangan saat melihat foto. Objek ini bisa berupa batu, perahu, rumah, matahari, dan lain-lain.

Baca Juga: Apa itu Internet Of Things Kenali Manfaatnya

Point of Interest Data

Banyak data yang dapat dilampirkan ke dalam POI termasuk data umum seperti nama, alamat, kode pos. Beberapa perangkat lunak navigasi juga menawarkan POI dengan data seperti nomor telepon, jam buka, penawaran toko, rangkaian produk, kayanan, dan lain-lain. Informasi ini juga dapat diperkaya dengan gambar, logo, atau foto.

Data POI digunakan untuk mengidentifikasi tempat menarik, membantu organisasi mengidentifikasi aktivitas yang terjadi di sekitar lokasi tersebut. Untuk memudahkan analisis dan perencanaannya, data POI dapat digabungkan dengan informasi tambahan seperti mobilitas manusia, dinamika suatu wilayah, dan sebagainya.

Manfaat Database Point of Interest (POI)

Database Point of Interest menawarkan berbagai pandangan komprehensif tentang bisnis, landmark, dan fitur di seluruh dunia. Untuk organisasi, mereka tentu sangat berguna untuk mengembangkan rencana pemasaran berbasis lokasi. Contoh mereka dapat menemukan dan mengidentifikasi pesaing yang ada di semua pasar dan membantu perusahaan dalam membuat keputusan mengenai ukuran jaringan toko.

Tidak hanya itu, database POI juga menawarkan informasi berharga yang dapat diterapkan dalam pemilihan lokasi seperti profil risiko, akses ke layanan, atau fasilitas rekreasi. Mereka juga dapat membantu organisasi mengidentifikasi tren dan pola di suatu wilayah untuk membangun basis data yang komprehensif di lokasi yang relevan. Tujuan utama dilakukan hal tersebut adalah agar terhubung dengan pelanggan di dunia fisik.

Dalam alat pemetaan online, data Point of Interest juga memiliki fitur menarik yaitu fitur pencarian “Find the nearest”. Fitur ini dapat mempermudah pelanggan dalam mencari restoran, tempat umum, pom bensin, dan lain-lain terdekat dengan lokasinya saat ini. Selain itu POI Database juga dapat memperkaya aplikasi, proses bisnis, dan alur kerja melalui jutaan lokasi toko, tempat hiburan, dan lain-lain.

Baca juga: Lebih Detail Mengenai Google Street View Imagery

Metode Pengumpulan Data Point of Interest

Data untuk Point of Interest sendiri dapat dikumpulkan melalui berbagai metode yaitu :

1. Ekstraksi data dari sumber web

Cara yang paling sederhana dalam memperoleh data adalah melalui ekstraksi otomatis POI dari sumber web, seperti Google Maps, OpenStreetMap, dan lain-lain. Banyak perusahaan menggunakan alat pengumpul web untuk mengekspor informasi POI langsung ke dalam file atau sebuah database. Situs seperti OpenStreetMap memungkinkan perusahaan untuk melakukan ekstraksi titik data geospasial, sedangkan situs lain mencegah pengumpulan massal dengan melakukan pemblokiran IP. Secara keseluruhan metode ini dapat memakan waktu, tenaga, serta tidak ideal untuk proyek POI berskala besar. Data yang diperoleh melalui sumber-sumber tersebut memerlukan persiapan data yang insentif supaya dapat digunakan untuk proses analisis.

Aplikasi seperti Google Maps juga sangat bergantung pada bisnis dan tempat yang menyediakan informasi mereka sendiri. Jika mereka tidak memperbarui beberapa titik data, maka informasi tersebut dapat menjadi usang dan menimbulkan ketidakakuratan data. Hal ini terjadi karena setiap harinya data mengalami perubahan.

2. Buatan pengguna

Dalam beberapa dekade terakhir, telah terjadi lonjakan penggunaan media sosial dan konten. Konten yang dibuat oleh pengguna beragam jenisnya, salah satunya yaitu data lokasi. Banyak bisnis mengandalkan data lokasi yang dibuat pengguna atau data pembelian dari vendor yang menjalankan aplikasi pengumpulan data. Contohnya seperti ketika Anda sign-in ke akun media sosial, maka Anda secara tidak langsung menambahkan lokasi baru atau memverifikasi satu untuk pengumpul data lokasi. Pengumpul data lokasi ini akan merekam lokasi yang disematkan oleh pengguna. Kemudian mereka membuat catatan POI berdasarkan informasi tersebut. 

Namun, data geografis yang disediakan oleh pengguna tidak menjamin akurasi. Hal ini dikarenakan akurasi tersebut bergantung pada perangkat keras dan pengaturan presisi, atau bahkan kesalahan yang tidak disengaja.

3. Direktori pemerintah

Sebagian besar badan pemerintah mewajibkan berbagai entitas bisnis untuk menyediakan lokasi komersial mereka sebagai proses pendaftaran bisnis. Alamat ini dapat membentuk kumpulan data POI. Namun, data tersebut bisa menjadi usang dan tidak akurat selama jangka waktu tertentu jika tidak diperbarui secara berkala.

4. Verifikasi manual

Beberapa penyedia data POI mempekerjakan atau mengontrak pegawai untuk memelihara basis data POI milik perusahaan secara manual. Tugas yang diberikan kepada mereka seperti berjalan-jalan membawa ponsel cerdas dan menjalankan aplikasi yang dibuat khusus untuk menambahkan dan memverifikasi lokasi. Dibandingkan dengan metode lain, metode ini tentu lebih efektif karena menjamin akurasi dan dapat menciptakan aliran data POI yang bersih.

Metode pengumpulan dengan cara ini juga menghindari pelanggaran privasi pengguna dan penjualan data lokasi. Aplikasi yang dibuat khusus ini tidak menyimpan, mengumpulkan, atau membagikan data apapun selain lokasi fisik.

Metode Pengumpulan Data Point of Interest

Presentasi Data Point of Interest

Data Point of Interest sendiri dapat dipresentasikan dalam berbagai bentuk, antara lain :

  • Koordinat
  • Kode pos
  • Geohash
  • H3

Baca juga: Solusi Google Maps Integrasi di berbagai Platform

Manfaat POI dalam berbagai industri

Retailer

POI dapat memfasilitasi pemilihan lokasi untuk toko fisik. Selain itu POI juga berfungsi untuk:

  • Memantau lalu lintas di situs web perusahaan atau bahkan milik perusahaan pesaing
  • Mengevaluasi toko yang bersaing sebelum melakukan perluasan ke dalam lingkungan baru
  • Sistem navigasi untuk pengiriman dan perdagangan online

Baca Juga: Menggunakan White Space Analysis Untuk Menemukan Peluang

Telekomunikasi

Beberapa manfaat POI dalam industri telekomunikasi :

  • Memfasilitasi pemilihan lokasi untuk menara transmisi dan toko
  • Menghubungkan pelanggan dan penyedia layanan
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan dengan data alamat yang akurat
  • Membantu menentukan kebutuhan jangkauan jaringan

Perbankan

Manfaat POI dalam industri perbankan seperti :

  • Memfasilitasi pemilihan lokasi untuk cabang baru
  • Mengelola armada pengiriman uang agar lebih ketat

Perumahan

Dalam industri perumahan, POI juga bermanfaat untuk :

  • memfasilitasi pemilihan lokasi untuk agensi
  • merencanakan proyek sesuai dengan potensi pasar.

Pemerintah dan utilitas

Tidak hanya bagi masyarakat, data POI juga bermanfaat bagi para pemerintah seperti :

  • Menerapkan peraturan
  • Memantau kesehatan dan kesejahteraan penduduk
  • Merencanakan infrastruktur dan pelayanan publik
  • Meningkatkan transportasi umum, kesehatan, dan utilitas.

Kegunaan Point of Interest untuk Perangkat Seluler

Para pengguna perangkat seluler dapat memperoleh manfaat dari layanan POI baik berbasis waktu maupun geolokasi. POI nantinya akan merekomendasikan geolokasi terdekat dengan relevansi temporal. Sebagian besar pengguna akan menggunakan POI untuk menavigasi lingkungan, menemukan layanan darurat, transportasi, toko, restoran, hotel, parkir, dan lain-lain.

Baca juga: Apa Saja Penggunaan Google Maps Platform dalam Route Optimization

Terapkan Points of Interest Di Dalam Bisnismu bersama Terralogiq

Bagi Anda yang ingin menerapkan POI di dalam perusahaan, namun tidak mengetahui bagaimana caranya, jangan khawatir. Terralogiq dapat menjadi mitra dalam penemuan solusi yang tepat untuk Anda. Terralogiq merupakan perusahaan IT terpercaya yang mampu memberikan berbagai solusi dan konsultasi sesuai kebutuhan Anda mengenai transformasi bisnis perusahaan.

Tidak hanya itu, Terralogiq juga merupakan Google Cloud Premier Partner yang dapat memberikan berbagai solusi layanan yang berkaitan dengan Google. Terralogiq telah berpengalaman dalam bekerja sama dengan berbagai klien. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi. Berbagai solusi dan ide yang ideal, relevan, dan tentunya bermanfaat juga telah sukses disampaikan Terralogiq dalam perkembangan dan transformasi bisnis perusahaan. 

Tertarik menggunakan jasa kami? Hubungi kami di sini atau melalui email halo@terralogiq.com 

Baca Juga: Pentingnya Digitalisasi Bisnis di Era 4.0

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments