Penyedia Layanan Google Maps Jakarta, Indonesia

Penyedia Layanan Google Maps Indonesia

2 Desember 2020

Google Maps adalah layanan pemetaan situs yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan dan panorama 360 derajat. Google juga memberikan data kondisi lalu lintas hingga perencanaan rute untuk bepergian dengan mobil, sepeda, angkutan umum, hingga pejalan kaki. Melihat berbagai kemampuannya, Google Maps menjadi salah satu aplikasi pencari yang sangat populer digunakan. Google Maps Platform sebagai pengembang teknologi dan fitur ini membantu untuk mencari lokasi tertentu. Informasi mengenai rute secara real time dan kondisi di lapangan. Pengguna Google Maps juga sangat banyak ditemukan, secara khusus ini berbanding lurus dengan berkembangnya market dan industri di Indonesia. Seperti penggunaan layanan transportasi online, industri e-commerce, logistik, banking, travel, transportasi dan lain-lain, sangat membutuhkan teknologi dan fitur maps. Mari telaah lebih lanjut bagaimana penyedia layanan Google Maps Indonesia untuk bisnis dapat mempermudah dan membantu kita.

penyedia layanan google maps terralogiq - pexels
Source: Google Maps, pexels.com

Data pada Google Maps

Fakta yang bisa diketahui pertama mengenai Google Maps atau Google Maps Platform adalah kekayaan datanya. Komitmen Google dalam memetakan dunia dimulai sejak tahun 2005, Google Maps Platform secara worldwide mengcover berbagai negara dan teritorialnya sebesar 99%. Cangkupan data pin point atau places pada Google Maps tersebut adalah sebanyak 200 miliar, dan telah merekam 40 miliar meter jarak jalan di dunia. Implementasi dan akurasi data Google juga digunakan secara aktif oleh 1 triliun lebih penggunanya setiap hari. Dalam kesehariannya juga para local guides atau kontributor lokal mengirim total 20 miliar edit atau update terhadap peta tersebut. Dengan jumlah update sebanyak 700 ribu data places tiap bulannya menjadikan Google Maps Platform sebagai peta yang paling diminati juga sering dipakai.

Google Maps Platform yang memiliki data hingga mencangkup 99% lokasi di Dunia, menyediakan kemudahan untuk keperluan akses mengenai data maps. Data layering ini dapat dimiliki atau dipergunakan dengan menerapkan fitur dan teknologi produk Google Maps Platform pada aplikasi kita. Data yang nampak ini merupakan gabungan dari data satelit yang ada juga direkam melalui street-level. Google Maps juga memiliki lebih dari 20 petabyte data yang setara dengan 21 juta Gigabyte ataupun 20.500 terabyte. Dimana data ini bukan hal yang sedikit untuk sebuah aplikasi ataupun server. Sehingga Google Maps dengan bobot yang cukup besar mampu menyimpan sangat banyak data dan juga penampang sebuah daerah dengan mendetail. 

Rangkuman mengenai kelengkapan dari Google maps adalah akses data ini bisa dipergunakan untuk keperluan bisnis dan industri dengan menghubungi lokal partner untuk penyedia layanan Google Maps. 

Baca juga : Optimasi bisnis bersama Terralogiq – Google Maps Premier Partner

Pembaharuan Data

Data peta selalu diperbarui, untuk intensitas pembaruan gambar Google Maps dipengaruhi oleh gambar air, dan citra satelit yang diperbaharui setiap dua minggu. Sedangkan tangkapan gambar melalui street view dapat diupdate secepatnya. Meskipun tidak ada waktu pasti karena tergantung dari kondisi cuaca dan juga lalu lintas. Secara tampilan pembaruan gambar di peta pada umunya adalah dua minggu. Namun, untuk tempat yang memiliki kualitas ataupun cuaca yang baik maka Google akan memperbaruinya setiap satu minggu sekali.

Kontributor lokal atau disebut juga dengan local guides juga berpengaruh dan berkontribusi baik untuk pembaruan data pada peta Google. Google mencatat setiap harinya terdapat 20 miliar edit untuk informasi yang terdapat pada Google Maps. Para pengguna sangat familiar dengan pemakaian Google Maps, baik secara interface serta akses yang bisa diperoleh sangat membantu para pengguna untuk bisnis hingga keperluan sehari-hari.

Layanan Google Maps

Layanan Google Maps tidak hanya bisa digunakan oleh para penggunanya saja. Tapi juga bisa digunakan untuk kebutuhan Bisnis. Apa kamu sering menggunakan aplikasi transportasi online? atau berbelanja di e-commerce? Aplikasi tersebut menggunakan fitur atau API dan SDK yang diperlukan untuk membaca data peta dalam prosesnya. Banyak juga aplikasi besutan Stratup Indonesia, dan juga korporasi yang mengembangkan aplikasinya dengan didukung basis keperluan maps menggunakan teknologi dari Google Maps Platform.

penyedia layanan google maps terralogiq unsplash
Source: Google Maps, unsplash.com

Untuk mendapat manfaat Google Maps terutama demi keperluan bisnis. Kita hanya tinggal menghubungi penyedia layanan Google Maps Indonesia, pastikan juga memlihi mitra yang telah terlisensi dan sertifikasi. Kembali untuk pemanfaatkan Google Maps secara umum, mari kita ulas berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan layanan dan fitur nya.

Dalam mencari jalan dan penunjuk arah setiap kali kita akan pergi ke suatu tempat untuk pertama kalinya, kita dapat menggunakan Google Maps. Kita akan mendapatkan petunjuk arah dan jalan yang dapat dilalui kesana. Praktik ini sangat umum digunakan di era digital ini. Turis tidak perlu kesulitan menemukan spot wisata, dan tempat makanan favorit di kota tujuannya. Informasi yang kaya akan data ini terdapat pada Google Maps dan user tinggal mencari interest apa yang ada disekitarnya. Serta melakukan navigasi melalui aplikasi kearah tempat tersebut menggunakan Google Maps. 

Melihat rute dan jalan

Pilihan dan opsi jalan pintas juga dapat tersedia. Selain arah jalan utama atau jalan protokol, Google Maps juga dapat memberikan petunjuk hingga jalan kecil. Jalan dipetakan sesuai arah belokan demi belokan yang ada dengan sesuai. Secara real time user atau pengguna dapat mengikuti otomatis pin point nya. Fitur navigasi juga tersedia untuk user yang sedang aktif  bergerak dan Google Maps dapat memberi tahu kapan tepatnya harus berbelok ke kiri, kanan, atau memutar balik.

Google Maps bahkan dapat memberi informasi lalu lintas di jalan yang sedang kita lalui, seperti estimasi jarak sampai, jarak tempuh, tingkat dan kemacetan. Jika diperlukan kita juga dapat memilih shortcut yang tersedia, dan Google akan menyarankan rute alternatif atau jalan pintas sesuai destinasinya.

Informasi tempat yang akurat

Mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Google Maps lebih dari sekadar alat untuk membantu menemukan arah jalan. Ada banyak informasi dan data tentang berbagai tempat yang dimasukkan ke dalam layanan peta ini. Misalnya, kita dapat mencari alamat kedai kopi lokal sekitar kita, atau langsung mengaksesnya dengan mengetik nama pada kolom search. Informasi umum mengenai tempat juga dapat kita temukan, ini sangat berguna jika user membutuhkan informasi mendetail dari tempat yang diperlukan.

Mengenai cangkupan yang luas dan tidak terbatas, Google Maps adalah alat yang sangat berguna. Layanan dan fitur yang dimiliki dapat membantu kita untuk mencapai tujuan, mempelajari apa yang perlu kita ketahui sebelum sampai di sana. Tidak seperti peta konvensional pada umumnya, Google Maps tidak terbatas pada satu negara bagian saja hingga cangkupan benua.

Faktanya, Google Maps menyediakan peta untuk hampir setiap negara yang ada di dunia. Dikombinasikan dengan tangkapan citra satelit, foto kiriman pengguna, local guides, dan fitur tampilan jalan Google yang canggih. Google Maps sekarang ini berkembang lebih dari sebuah sekadar peta digital. Ini merupakan platform dan atlas interaktif, dengan kemudahan akses atau cara untuk mempelajari berbagai tempat di seluruh dunia.

Terralogiq sebagai salah satu penyedia layanan Google Maps Indonesia, dan satu-satunya Premier Partner Google Maps Platform di Indonesia siap membantu. Mari berkonsultasi tentang pemanfaatan fitur dan teknologi Google Maps dan pengaplikasiannya pada bisnis. Untuk informasi dan support lebih lanjut bisa email ke info@terralogiq.com.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments