Deretan Fitur Terbaru Google Maps yang Makin Memudahkan Pengguna

July 9, 2020

penyedia layanan google map indonesia

Hadir sejak tahun 2005, Google Maps berinisiatif untuk mulai memetakan dunia dalam bentuk digital. Sejak itu, berbagai terobosan tentang fungsi peta terus dikembangkan Google.

Terralogiq sebagai salah satu penyedia layanan google maps di Indonesia dapat menjadi salah satu solusi bagi kamu dalam hal melakukan optimisasi bisnis kamu. Namun sebelumnya alangkah lebih baiknya jika kamu mengenal beberapa fitur terbaru google maps yang bisa memudahkan kamu dalam kegiatan sehari-hari.

Saat ini, Google Maps telah menjadi andalan lebih dari 1 miliar orang untuk melihat dan menelusuri tempat-tempat di seluruh dunia.

Hadir dengan wajah baru, tak ketinggalan fitur-fitur anyar pun terus disematkan untuk semakin menyempurnakan Google Maps.

Google Maps menjadi salah satu aplikasi smartphone yang penting bagi pengendara. Melalui aplikasi ini, Google menyediakan foto udara, citra satelit, peta jalan, kondisi lalu lintas, hingga perencanaan rute perjalanan secara real time.

Pertama kali dikembangkan, Google Maps mengandalkan satelit untuk mengetahui kondisi terkini daratan di muka bumi. Layanan Google ini pun terus mengalami perkembangan dan penambahan berbagai fitur yang berguna bagi traveller.

Sekarang ini, Google Maps tidak lagi hanya mengandalkan bantuan satelit tapi juga melibatkan pekerja di lapangan, pengguna Google, dan Navigasi di smartphone pengguna untuk semakin meningkatkan layanan yang mereka berikan.

Ada berbagai fitur baru yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna melalui lima tab, antara lain Jelajahi, Perjalanan, Tersimpan, Kontribusi, dan Terbaru.

Fitur Jelajahi memungkinkan Anda untuk mencari tempat-tempat makan siang, tempat hiburan, atau bermain game.

Di tab Jelajahi, Anda juga dapat menjumpai berbagai informasi, rating, atau ulasan tentang lebih dari 200 juta tempat yang ada di seluruh dunia, termasuk obyek wisata, restoran, dan bangunan menarik di sekitar Anda.

Selanjutnya dengan tab Perjalanan memungkinkan Anda untuk mengambil rute yang paling efisien selama perjalanan.

Anda juga bisa mengatur dan menyimpan rutinitas perjalanan harian untuk mendapatkan info terbaru tentang kondisi lalu lintas, waktu perjalanan, dan saran rute alternatif secara realtime.

Ikon Baru, Wajah Baru

Google Maps telah merilis ikon baru yang menjadi cerminan perkembangan aplikasi ini dalam memetakan dunia.

Ikon baru tersebut berbentuk pin, yang menjadi bagian penting dari Google Maps sejak awal peluncurannya. Ikon ini juga menunjukkan perluasan misi Google untuk memetakan dunia.

Tidak hanya membantu pengguna menuju ke suatu tempat, Google Maps juga memudahkan kita untuk menemukan tempat dan pengalaman baru di lokasi yang belum pernah didatangi sebelumnya.

Fitur Anyar Tersimpan, Kontribusi, dan Terbaru

Pada fitur Tersimpan, sudah ada lebih dari 6,5 miliart tempat di Google Maps yang disimpan oleh pengguna. Mulai dari Supermarket terdekat, hingga restoran di sekitar yang bisa Anda kunjungi.

Semua tempat menarik itu sekarang bisa Anda lihat dan diakses dengan mudah dalam satu halaman. Selain itu, Anda juga dapat menyusun rencana perjalanan serta berbagi tempat yang pernah Anda datangi dan merekomendasikannya kepada keluarga maupun teman.

Selanjutnya pada tab Kontribusi, Anda dapat membagikan informasi lokal tentang daerahmu dengan mudah. Mulai dari jalan dan alamat, tempat yang belum tercantum di Google Maps, ulasan tentang suatu bisnis, hingga foto-foto.

Fitur Kontribusi juga sangat bermanfaat untuk membantu orang lain mencari tahu tentang lokasi suatu tempat dan melakukan berbagai aktivitas baru.

Sedangkan fitur ‘Terbaru’ akan memberikan informasi tentang tempat yang lagi tren dan menjadi rekomendasi untuk Anda kunjungi.

Selain fitur mencari, menyimpan, dan berbagi rekomendasi kepada teman-temanmu, Anda juga dapat melakukan chat dengan rekan bisnis untuk bertukar informasi secara langsung dalam aplikasi.

Rencanakan Perjalananmu dengan Mudah

Beberapa waktu lalu, Google Maps telah memperkenalkan fitur prediksi kepadatan penumpang berdasarkan data perjalanan sebelumnya. Dengan fitur ini, pengguna dapat memperkirakan seberapa padat bus, kereta, maupun MRT yang mungkin akan Anda tumpangi.

Google juga telah menambahkan informasi baru dari penumpang sebelumnya yang melalui rute sama denganmu. Dengan begitu, Anda dapat segera melihat detail-detail penting tentang rute dalam perjalananmu.

Menarik bukan? Nah, bagaimana apakah Anda siap merencanakan perjalanan menjadi lebih menarik dengan Google Maps?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *