Penyedia Jasa Google for Education untuk Instansi dan Institusi Anda

28 Juli 2022

Google for Education memberikan serangkaian alat berbasis cloud bagi institusi dan lembaga pendidikan dasar dan menengah (K–12), pendidikan tinggi (univesitas), serta homeschool. Alat dan layanan tersebut meliputi aplikasi pesan (messaging) dan kolaborasi, seperti: Gmail, Google Drive, Google Kalender, Google Classroom, dan sebagainya. Mari kita bahas lebih lanjut bagaimana penyedia jasa Google for Education Indonesia Terralogiq dapat membantu Anda.

Penyedia Jasa Google for Education ilustrasi siswi dengan chromebook nya

Jika sekolah Anda membutuhkan layanan IT yang canggih, pertimbangkan untuk menggunakan Google Workspace for Education Plus. Layanan tersebut memiliki kemampuan tambahan untuk tingkat perusahaan, seperti kontrol lanjutan untuk administrator dan alat analisis (dashboard) yang telah disempurnakan. Juga untuk mendukung aksesbilitas tenaga pengajar dalam kolaborasi bersama siswa-siswi gunakan juga solusi Chromebook untuk instansi dan lembaga Anda.

Kemapuan Chromebook untuk institusi pendidikan

Chromebook adalah jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur bawaan terbaik dari Google, serta tingkat keamanan yang berlapis.

Google bekerja sama dengan produsen agar Chromebook tetap terjangkau, dan Anda tidak perlu khawatir dengan harga sebagian besar software nya. Bahkan Anda dapat memilih ribuan aplikasi tanpa biaya untuk bermain dan bekerja dari Chrome Web Store.

Lalu Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang siap digunakan saat offline untuk terus menggunakan Chromebook saat tidak ada koneksi internet. Ya, Chromebook bisa digunakan saat offline, berikut beberapa contoh penerapannya:

  • Membaca dan menulis email dengan Gmail Offline.
  • Menulis catatan atau membuat daftar dengan Google Keep.
  • Membuat dan mengedit dokumen, slide, atau spreadsheet menggunakan berbagai aplikasi Google Drive (Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide).
  • Melihat dan mengonfirmasi kehadiran di acara dengan Google Kalender.
  • Melihat dan mengedit foto yang tersimpan dengan editor foto.
  • Menikmati musik atau film dengan pemutar media.

Kualifikasi untuk menggunakan Google Workspace for Education

Google Workspace for Education adalah serangkaian alat dan layanan Google yang disesuaikan untuk sekolah tingkat apapun hingga homeschool. Google Workspace for Education tersedia secara global untuk semua institusi pendidikan yang memenuhi syarat. Google berhak menentukan kelayakan organisasi untuk menggunakan Google Workspace for Education. Namu jika Anda bekerja bersama penyedia jasa Google for Education di Indonesia, Anda dengan mudah berkonsultasi dan mendapatkan paket serta solusi yang tepat untuk institusi dan lembaga Anda.

Agar memenuhi syarat untuk menggunakan Google Workspace for Education

Sekolah dasar dan menengah, lembaga pendidikan tinggi (universitas) memenuhi syarat untuk menggunakan Google Workspace for Education jika memenuhi kriteria tertentu. Sekolah dasar dan menengah serta institusi pendidikan tinggi harus merupakan institusi pendidikan yang diakui pemerintah dan terakreditasi secara resmi, serta memiliki sertifikasi yang diterima secara nasional dan internasional di tingkat pertama, kedua, atau ketiga. Institusi yang ingin menggunakan Google Workspace for Education harus mengajukan permohonan bisa direct melalui portal atau website Google for Education, atau melalui premier partner nya di Indonesia seperti Terralogiq.

Paket Google Workspace for Education

Google Workspace for Education adalah serangkaian alat dan layanan Google yang disesuaikan bagi sekolah untuk berkolaborasi, menyederhanakan instruksi, dan menjaga kegiatan pembelajaran tetap aman dan nyaman. Google Workspace for Education menawarkan berbagai opsi untuk memenuhi kebutuhan institusi dan lembaga Anda:

  • Google Workspace for Education Fundamentals: Menyediakan alat untuk membantu proses belajar dan mengajar, seperti Google Classroom, Google Meet, Google Dokumen, Google Formulir, serta Google Chat.
  • Google Workspace for Education Standard: Menyediakan alat yang sama seperti Education Fundamentals, tetapi versi ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih dan kontrol administrasi yang juga ditingkatkan.
  • Teaching and Learning Upgrade: Menambahkan kemampuan komunikasi video (video conferences) yang ditingkatkan, penambahan add-on Classroom, serta berbagai tambahan fitur dan alat lainnya untuk edisi Education Fundamentals atau Education Standard yang sedang Anda gunakan.
  • Google Workspace for Education Plus: Mencakup semua fitur dalam Education Standard dan Teaching and Learning Upgrade dengan fitur tambahan untuk layanan tertentu, seperti pelacakan kehadiran pada Google Meet.

Education Fundamentals gratis untuk semua institusi yang memenuhi syarat. Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, dan Education Plus didapatkan dengan sistem berlangganan dan berbayar. Anda dapat memilih edisi Education Fundamentals, Education Standard, atau Education Plus untuk memenuhi kebutuhan institusi dan lembaga Anda. Teaching and Learning Upgrade dapat ditambahkan ke Education Fundamentals atau Education Standard untuk meningkatkan fungsionalitas edisi Anda, seperti fitur komunikasi video yang disempurnakan. 

Untuk institusi dan lembaga dengan kebutuhan yang lengkap seperti video conferences reguler video meeting dan kolaborasi tools dalam Google Workspace for Education disarankan untuk menggunakan gabungan beberapa paket diatas, yang dapat menyesuaikan antara kebutuhan tenaga pengajar yang tersedia dengan siswa-siswi nya.

Siap Mendaftar untuk Jasa Google for Education?

Anda bisa mendapatkan uji coba 60 hari dari 50 lisensi untuk Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, atau Education Plus. Untuk mengetahui detailnya, hubungi partner resmi Google Workspace Terralogiq. Jika Anda membutuhkan solusi dan implementasi untuk penyedia Jasa Google for Education di Indonesia, Terralogiq siap membantu Anda. Hubungi kami disini untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai kebutuhan institusi atau lembaga Anda.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments