9 Penyebab Google Maps Terhenti dan Cara Mengatasinya

Pahami Penyebab Google Maps Terhenti dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

28 Februari 2021

Selain kadang bisa error dan menampilkan hasil yang tidak akurat, aplikasi Google Maps juga bisa berhenti tiba-tiba. Mungkin Anda akan panik dan kesal ketika muncul sebuah notifikasi “Sayangnya, Maps telah berhenti.” Lalu apa saja penyebab Google Maps terhenti dan bagaimana cara mengatasinya?

Faktor Penyebab Google Maps Terhenti

Google Maps merupakan salah satu aplikasi yang wajib diunduh dalam perangkat Anda karena memiliki banyak manfaat, baik untuk penggunaan pribadi maupun bisnis. Anda akan terbantu untuk menemukan titik lokasi suatu tempat yang ingin dicari dengan mudah. 

Namun, tak jarang ada pengguna yang mengalami situasi di mana aplikasi Google Maps tidak bisa dibuka di perangkat Android. Biasanya ditandai dengan notifikasi, “Sayangnya Maps Telah Berhenti” meskipun Anda sedang tidak membuka aplikasi tersebut. 

cara mengatasi google maps terhenti source: https://android.gadgethacks.com/
Source: https://android.gadgethacks.com/

Cara Mengatasi Google Maps yang Terhenti

Tidak perlu langsung panik dan khawatir ketika mengalami situasi di mana Google Maps terhenti tiba-tiba karena masih ada solusi untuk mengatasinya. Setelah mengetahui penyebab Google Maps terhenti dan cara mengatasinya, Anda bisa sedikit lega karena masalah tersebut akan selesai. 

1. Restart Smartphone

Jika Anda mengalami situasi yang ditandai dengan notifikasi bahwa Maps telah berhenti, coba restart smartphone. Bisa saja salah satu penyebabnya adalah karena RAM pada perangkat HP sedang penuh karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan sehingga Maps berjalan kurang maksimal.  

Meskipun bukan solusi terbaik, cara ini tidak ada salahnya untuk dicoba agar aplikasi Google Maps bisa kembali normal seperti semula. Namun, jika masih belum berhasil dan aplikasi tetap bermasalah, coba lakukan metode lainnya. 

2. Tutup beberapa aplikasi yang sedang berjalan

Terlalu banyaknya aplikasi yang sedang berjalan di background akan membuat aplikasi lainnya menjadi eror dan berhenti. Anda bisa melihat pada bagian “Recent Apps” berapa banyak aplikasi yang dibuka dan masih berjalan di background. Biasanya masalah sering terjadi pada RAM 2GB ke bawah.

Tutup aplikasi lainnya terlebih dahulu dan coba buka lagi aplikasi Google Maps di perangkat Anda. Pahami manajemen smartphone yang baik sesuai dengan spesifikasi masing-masing merek dan tipe HP. Karena tidak semua perangkat bisa melakukan aktivitas yang sama tergantung spesifikasinya. 

3. Cek perizinan aplikasi

Masalah memori memang bukan satu-satunya faktor penyebab Google Maps menjadi terhenti tiba-tiba. Ada juga bagian perizinan aplikasi khususnya untuk akses lokasi yang perlu Anda cek. Untuk update sistem biasanya dibutuhkan izin pengguna.

Apalagi jika aplikasi tersebut membutuhkan data informasi tentang kontak, data diri, lokasi, kamera, dan lainnya. Pastikan opsi lokasi dan penyimpanan aktif pada bagian “manajemen aplikasi”. Anda dapat menemukan menu ini pada bagian “Settings/Setelan”. 

4. Update aplikasi Google Maps

Dengan meng-update aplikasi Google Maps melalui PlayStore, maka aplikasi Anda pada perangkat akan mengalami perbaikan dan pembaharuan. Jika Google sudah membuat tampilan dan fitur baru, Anda akan langsung mendapatkannya setelah aplikasi di-update. 

Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Google Play Store
  • Buka Aplikasi & Game Saya
  • Buka Maps
  • Tap Update untuk pembaruan

5. Hapus file cache

Menghapus file cache perlu dilakukan secara berkala apalagi jika perangkat Anda sudah mulai kepenuhan memori penyimpanan. Cache yang penuh akan menyebabkan sistem menjadi error dan memperlambat saat membuka atau menjalankan aplikasi. 

Membersihkan cache secara rutin dapat menjadi solusi untuk mengatasi Google Maps yang tiba-tiba terhenti. Caranya bisa dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti CM Security, Clean Master, dan lain sebagainya. Bisa juga secara manual melalui menu penyimpanan di setelan perangkat. 

6. Hapus data aplikasi Google Maps

Jika cara-cara di atas masih belum ampuh juga untuk mengatasi Google Maps yang tiba-tiba terhenti, Anda bisa menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data-data di dalamnya. Semua data yang sifatnya sementara seperti basis data, login, cache, history akan hilang permanen. 

Langkah-langkah yang harus diikuti adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan/Setelan
  • Pilih Setelan Tambahan
  • Pilih dan klik Manajemen Aplikasi
  • Cari Maps
  • Tap Paksa Berhenti 
  • Hapus Data

7. Mematikan smartphone

Cobalah shut down atau matikan smartphone Anda untuk sementara jika cara-cara di atas masih juga gagal. Jangan lupa untuk mencabut SIM Card sekaligus SD Card dari perangkat. Tunggu beberapa saat sampai smartphone benar-benar dalam keadaan mati. 

Coba untuk memasang kembali SIM Card dan juga SD Card, lalu aktifkan smartphone Android Anda. Dengan cara seperti ini sistem pun akan me-reset dan semoga aplikasi Google Maps pada perangkat smartphone Anda dapat kembali normal. 

8. Factory Reset Android

Jika cara mengatasi Google Maps terhenti di atas masih juga belum membuahkan hasil, maka sudah saatnya Anda untuk me-reset smartphone. Meskipun mungkin cara ini cukup membantu, namun usahakan untuk menjadikan cara ini sebagai opsi terakhir karena sudah tidak ada pilihan lagi. 

Hal ini dikarenakan semua data pada perangkat akan hilang dan semua akan kembali ke posisi default. Sebelum melakukan factory reset, backup terlebih dahulu semua data yang ada lalu lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan/Setelan
  • Buka Setelan Tambahan
  • Pilih Buat Cadangan dan Reset
  • Tap Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi yang dapat dibongkar

9. Gunakan aplikasi maps lainnya

Ketika sudah mencoba segala cara namun tetap belum berhasil, mungkin Anda harus menyerah dengan aplikasi Google Maps. Namun, perlu diingat bahwa Google Maps bukan satu-satunya aplikasi penunjuk peta karena masih ada aplikasi-aplikasi serupa lainnya. 

Jika Anda tidak ingin kehilangan semua data setelah factory reset, mungkin bisa dengan mencoba aplikasi Maps lainnya yang banyak tersedia di PlayStore. Pilih aplikasi dengan fitur yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak pilihan yang biasanya tersedia baik gratis atau berbayar. 

Baca juga : 3 Cara Memperbaiki Aplikasi Google Maps yang Tidak Akurat

Smartphone merupakan alat elektronik yang cukup sensitif karena jika ada satu bagian saja yang eror maka akan berpengaruh pada bagian lainnya. Sehingga penting untuk merawat smartphone dengan cara yang baik dan benar. Bersihkanlah data secara berkala agar tidak menumpuk. 

Setelah mengetahui penyebab Google Maps terhenti dan cara mengatasinya di atas, Anda bisa langsung coba mempraktekkannya jika mengalami situasi di mana aplikasi Google Maps benar-benar terhenti. 

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments