Pengaplikasian Google Maps Platform untuk industri keuangan lebih efisien

Pengaplikasian Google Maps Platform untuk industri keuangan lebih efisien

27 Juli 2021

Industri jasa keuangan sedang berubah dengan perkiraan $68 triliun dalam transfer kekayaan dari baby boomer ke milenium. Berdasarkan The data points to a primary characteristic of investors lebih dari 30% Generasi Milenial bersedia beralih bank dalam 90 hari ke depan untuk mendapatkan user experiences yang lebih baik. Ini berarti penyedia layanan keuangan harus memberikan kecepatan, kemudahan penggunaan, kecanggihan teknologi, dan layanan yang disesuaikan yang telah dimiliki oleh milenium mengharapkan. Pengaplikasian Google Maps Platform dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengakomodir kebutuhan tersebut.

Mari kita lihat lebih lanjut faktanya, setengah dari semua milenium atau para milenial bersedia untuk beralih ke lembaga lain atau pesaing (competitor) jika menawarkan pengalaman digital yang lebih baik.

Hal ini mendorong pengaplikasian Google Maps Platform dalam pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, seperti untuk meningkatkan pengalaman para penggunan mobile fintech di perbankan, pembayaran digital, manajemen keuangan, dan asuransi.

Source: unsplash.com (@techdailyca)

Solusi layanan keuangan dengan pengaplikasian Google Maps Platform

Untuk membantu menanggapi permintaan pelanggan yang berubah, dengan pengaplikasian Google Maps Platform dapat meluncurkan solusi layanan keuangan yang dapat membantu meningkatkan pengalaman, keamanan, dan operasi pelanggan Anda. 

Dalam pengaplikasian Google Maps Platform perlu panduan teknis dan API yang diperlukan untuk membangun tiga solusi layanan keuangan: 

  • Proses tracking transaksi, 
  • Pendaftaran yang lebih cepat dan terverifikasi
  • Mengetahui lokasi Cabang dan ATM Plus jauh lebih cepat.

Selain itu dengan pengaplikasian Google Maps pada solusi keuangan juga mampu menyoroti dua kasus penggunaan yang diselesaikan oleh pelanggan dengan API Google Maps: Pengalaman Kontekstual dan Deteksi Penipuan.

Klarifikasi laporan keuangan dengan solusi Enriched Transactions

Pernyataan transaksi seringkali sulit dipahami oleh pelanggan, menggunakan singkatan seperti “ACMEHCORP” alih-alih nama yang menghadap pelanggan seperti “Acme Houseware”. 

Solusi “Enriched Transactions” mengklarifikasi transaksi dan membuatnya langsung dikenali dengan menambahkan nama pedagang dan kategori bisnis, foto etalase, lokasinya di peta, dan info kontak lengkap dengan menggunakan Places Google Maps. 

Membuat transaksi lebih mudah dikenali tidak hanya meningkatkan kepercayaan konsumen (consumer trust), dengan peningkatan NPS yang dilaporkan sebesar 15% atau lebih tinggi, tetapi juga dapat menurunkan customer service support via telefon sekitar 67%.

Selain itu, dapat membantu pelanggan dengan mudah memvisualisasikan serangkaian transaksi dengan menambahkan nama pedagang ke jumlah dan tanggal transaksi, serta menampilkan transaksi di peta Google. 

Ini memungkinkan memberi pelanggan wawasan yang lebih banyak tentang di mana, dan bagaimana mereka membelanjakan uang mereka. Pengaplikasian Google Maps Platform dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan lebih tepat dan sederhana.

Sebelum: Ringkasan transaksi tradisional
Setelah: Perkaya informasi tampilan Transaksi

Aktifkan pendaftaran yang lebih cepat dengan solusi Pendaftaran Cepat dan Terverifikasi

Alamat yang dimasukkan secara manual dapat menyebabkan penurunan konversi, data pelanggan yang salah, dan kesalahan pengiriman yang mahal.

Solusi Pendaftaran Cepat dan Terverifikasi membuat pendaftaran lebih cepat, menyarankan alamat terdekat hanya dengan beberapa ketukan ibu jari hal ini dapat memotong waktu pendaftaran hingga 64% dan meningkatkan rasio konversi hingga 15%.

Solusi ini juga menyediakan satu tingkat verifikasi alamat tambahan yang membantu mengurangi risiko pendaftaran akun palsu dan perusahaan telah mengurangi penyiapan akun penipuan sekitar 30% melalui penggunaan data geospasial untuk memverifikasi identitas pelanggan.

Berikut contoh solusi pendaftaran yang cepat dan terverifikasi:

Formulir aplikasi memerlukan alamat
Pelengkapan otomatis (Autocomplete Places) dengan cepat menyarankan alamat
Pilih alamat dengan konfirmasi visual
Opsi verifikasi alamat disajikan
Izin lokasi diberikan oleh pengguna
Alamatnya diverifikasi

Bantu pelanggan untuk menemukan lokasi Cabang dan ATM Locator Plus

74% pelanggan sekarang mencari detail spesifik sebelum melakukan kunjungan, yang membuat profil terperinci dan akurat untuk setiap lokasi menjadi keharusan. 

Solusi Pencari Lokasi ATM dan Cabang menyempurnakan situs web dan aplikasi dengan informasi yang sama yang ditampilkan tentang cabang dan ATM di Google Maps. 

Sertakan jam operasional, layanan yang tersedia, ulasan pengguna, foto lokasi, petunjuk arah mengemudi, dan lainnya.

Perusahaan jasa keuangan yang menggunakan data geospasial untuk memberikan informasi tambahan (misalnya jam buka, layanan yang tersedia, dll.) pada layanan cabang dan ATM telah mengalami peningkatan 14% dalam Net Promoter Score (NPS), dan penurunan 7% dalam panggilan dukungan pelanggan.

Pelanggan dapat mengaktifkan izin lokasi, atau memasukkan alamat mereka
Masukkan alamat dengan cepat dengan Pelengkapan Otomatis (Autocomplete Places)
Daftar lokasi terdekat, diurutkan berdasarkan jarak dan ETA
Tampilan peta dan petunjuk arah

Memberikan informasi penawaran terbaik dan hadiah dengan Pengalaman Kontekstual (Geomarket)

Penawaran real-time yang ditargetkan secara geografis dapat mendukung penawaran, hadiah, dan program cash-back yang dapat divisualisasikan dengan Google Maps. 

Dengan menggabungkan riwayat pembelian dengan keikutsertaan pelanggan ke fitur berbasis lokasi, dapat menerapkan kasus penggunaan Pengalaman Kontekstual untuk mengaktifkan program penawaran dan penghargaan yang dipersonalisasi yang mendorong keterlibatan dengan merek sambil memasukkan uang ke digital payment pelanggan pada saat yang bersamaan.

Pengaplikasian Google Maps Platform ini menjadi adalah salah satu solusi untuk kemenangan bagi sektor bank dan pelanggan, divalidasi dengan mendorong metrik seperti peningkatan peringkat NPS sebesar 8% atau lebih tinggi, dan peningkatan 8% atau lebih waktu yang dihabiskan dalam aplikasi.

Berikan penawaran terdekat
Hubungkan pelanggan ke penawaran yang mereka inginkan

Deteksi transaksi mencurigakan dengan Fraud Detections (Penipuan)

Dengan kasus penggunaan Deteksi Penipuan, perusahaan dapat menggunakan lokasi perangkat seluler pilihan pelanggan untuk menandai aktivitas mencurigakan berdasarkan jarak geografis, seperti penarikan ATM yang jauh dari telepon pelanggan. 

Pengalikasian Google Maps Platform API juga dapat membantu perusahaan mengenali pola transaksi yang mencurigakan seperti pembelian yang dilakukan di lokasi yang secara fisik jauh dari transaksi terakhir.

Perusahaan jasa keuangan yang menggunakan data geospasial untuk memverifikasi identitas pelanggan telah mengurangi transaksi penipuan sekitar 70%, dan kesalahan positif dalam deteksi penipuan rata-rata sebesar 45%.

Pelajari cara Starling Bank menggunakan Google Maps Platform untuk mengaktifkan pemberitahuan real-time tentang transaksi dan lokasinya, serta meningkatkan pengambilan keputusan berdasarkan data.

Mulai tingkatkan pengalaman pelanggan, kurangi risiko, dan tingkatkan efisiensi hari ini dengan penawaran layanan keuangan kami. 

Demikian pembahasan mengenai solusi pPengaplikasian Google Maps Platform untuk membuat industri keuangan atau finance lebih bermanfaat, aman, dan efisien

Terralogiq sebagai satu-satunya Google Maps Premier Partner di Indonesia bertujuan membantu bisnis anda untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis dengan mengintegrasikan Google Maps Platform dan menyederhanakan penerapan Google Maps API dan SDK.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengimplementasikan atau pengaplikasian Google Maps Platform APIs untuk solusi bisnis aplikasi atau membutuhkan dukungan teknis dan informasi lainnya mengenai Google Maps Platform. Hubungi kami di halo@terralogiq.com 

Author Profile

Sada

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments