Penerapan Studi Kasus mengenai Mobility Solution Terralogiq

24 Januari 2022

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat banyak pelaku industri harus mulai beradaptasi dengan keadaan. Dampak dari beradaptasi tersebut dapat membuat perusahaan lebih up-to-date sehingga mempengaruhi proses bisnis yang sudah berjalan sebelumnya. Penerapan Mobility Solution sendiri dapat digunakan oleh beberapa industri seperti e-commerce, logistik, serta delivery on demand

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas secara detail apa saja studi kasus yang bisa digunakan dalam menerapkan mobility solution dari Terralogiq. Selanjutnya apa saja penerapan studi kasus yang lebih dalam mengenai Mobility Solution Terralogiq? Simak artikel berikut.

teknologi mobility solutions

Studi Kasus 1: Packages Tracking (Pelacakan Paket)

Studi kasus pelacakan paket ini dapat sangat berguna bagi pengguna yang melakukan pemesanan barang melalui E-Commerce. Pengguna dapat melihat rute perjalanan dan estimasi waktu tempuh yang dilalui oleh driver atau kurir dalam perjalanan menuju rumah pengguna.

Google Maps Platform dapat mengakomodir kebutuhan pengguna ini dengan baik menggunakan Direction API dan Distance Matrix API. Direction digunakan untuk menampilkan rute perjalanan kurir dari titik awal hingga ke rumah pengguna di atas peta Google Maps Platform. Distance Matrix API biasanya digunakan untuk mengetahui estimasi waktu tempuh dari titik awal ke rumah pengguna. 

Kedua API tersebut secara general dapat memberikan informasi jarak dan waktu tempuh serta dapat juga mengetahui informasi rute perjalanan, jarak dan waktu tempuh secara real-time traffic dengan fitur advanced.

Lebih Detail Mengenai Penerapan Teknologi Mobility Solutions dalam Industri Logistik

Studi Kasus 2: Routes Planning (Perencanaan Rute) 

Studi kasus berikutnya adalah perencanaan rute atau routes planning. Kalau sebelumnya studi kasus pelacakan paket digunakan di sisi pengguna. Studi kasus kedua ini ditujukkan untuk driver/kurir yang bertugas mengantarkan barang atau paket ke rumah pelanggan.

Dengan Google Maps Platform, driver atau kurir tidak perlu keluar dari aplikasi khusus untuk driver atau kurir tersebut karena semua informasi yang dibutuhkan oleh driver atau kurir sudah ada dalam aplikasi, seperti titik-titik persebaran lokasi pengguna, rute perjalanan antar lokasi, jarak dan waktu tempuh.Selain tidak perlu keluar dari aplikasi, dari sisi perusahaan pun dapat menentukan SLA yang tepat bagi driver atau kurir dalam melakukan pengantaran paket dengan perencanaan rute yang optimal. Kemudian, dapat menghindari driver atau kurir diam (idle) ketika dalam proses pengantaran paket.

Studi Kasus 3: Customer Convenience (Kenyamanan Pelanggan)

Tidak jarang ada pengguna yang melakukan panggilan telepon untuk dapat mengetahui lokasi driver atau kurir berada. Terkadang juga terdapat perbedaan window time antara yang tertera dalam aplikasi dengan kenyataannya saat barang tiba. Hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan pelanggan dalam melakukan transaksi serta pelacakan barang.

Google Maps Platform dapat dikombinasikan dengan sensor IoT yang bisa melacak dan mengetahui lokasi driver atau kurir secara tepat dan akurat. Distance Matrix API juga dapat memberikan informasi kepada pengguna secara dinamis berkat informasi real-time traffic, apabila tiba-tiba ada kemacetan yang menghampiri driver atau kurir, Google akan merubah rute perjalanan dari sisi driver atau kurir dan merubah estimasi waktu kedatangan yang sudah ditentukan untuk pengguna.

Penggunaan infrastruktur cloud atau awan juga dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang Anda miliki. Infrastruktur cloud dapat Anda lakukan scaling up atau down berdasarkan traffic yang masuk ke dalam aplikasi. Kalau saat ini aplikasi sedang ramai, maka Google Cloud Platform dapat melakukan scaling up untuk server yang dibutuhkan, begitu pun sebaliknya bila sedang tidak ramai pengguna, Google Cloud Platform dalam menurunkan jumlah server yang dibutuhkan.

Bagaіmana? Menarik bukan? Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai studi kasus yang lebih dalam mengenai Mobility Solution untuk bisnis Anda, Terralogiq dapat membantu anda karena kami adalah Penyedia jasa layanan Google Maps dan penyedia jasa layanan Google Maps di Indonesia satu-satunya dengan status sebagai Premier Partner. Anda bisa menghubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Baca Juga: Lebih Detail Mengenai Asset Tracking System dan Manfaatnya

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments