Mari Mengenal OS Chromebook dan Kemampuannya

24 Mei 2022

Chrome OS adalah sistem operasi bawaan pada laptop Chromebook. Sebelum membahas tentang Chrome OS atau dikenal dengan OS Chromebook secara detail, tahukan Anda apa itu sistem operasi?

OS Chromebook

Sistem operasi atau disingkat OS adalah perangkat lunak sistem yang menjadi jembatan untuk software dan hardware, sehingga tanpa adanya OS maka sebuah perangkat tidak bisa digunakan untuk menjalankan sebuah operasi.

Definisi OS Chromebook

Chrome OS atau OS Chromebook adalah sistem operasi keluaran Google khusus untuk laptop Chromebook, yaitu sebuah perangkat baru yang dirancang untuk membantu para penggunanya untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan cepat dan mudah. Laptop Chromebook yang menjalankan OS Chromebook memiliki penyimpanan berbasis cloud, berbagai fitur terbaik dari Google serta keamanan berlapis sehingga tentunya sangat berbeda apabila dibandingkan dengan laptop pada umumnya.

Sistem operasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2012 dan memiliki kemiripan dengan Android karena memiliki kernel Linux, namun Chrome OS lebih mengandalkan aplikasi web dengan semua layanan Google.

Baca Juga: Mari Ketahui Apa itu Chromebook di Android

Spesifikasi yang diperlukan untuk menjalankan OS Chromebook

Chromebook tentunya memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan untuk penggunaannya. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai keunggulan dan kekurangan Chromebook, mari kita kupas dulu mengenai spesifikasi Chromebook:

Dilansir dari Telset, Chromebook umumnya memiliki spesifikasi yang lebih rendah daripada laptop pada umumnya. Hanya bermodalkan Chrome OS, Chromebook hanya memiliki spesifikasi minimum untuk digunakan yaitu:

  • Prosesor Intel Celeron Series atau MediaTek
  • RAM 2 GB atau 4 GB
  • Memori penyimpanan 64 GB
  • Layar HD (1.366 x 768 piksel)

Walaupun memiliki RAM minimal 2 GB hingga 4 GB, penggunaan Chromebook sudah terbilang maksimal dan dapat digunakan secara multi-tasking tanpa adanya gangguan atau lag yang berarti. Chrome OS sangatlah ringan sehingga tidak memerlukan banyak memori penyimpanan, umumnya Chromebook memiliki memori penyimpnanan hingga 32 GB, namun pengguna dpat penggunakan slot microSD untuk memperluas penyimpanan internal hingga 64 GB. 

Selain itu Google menyediakan penyimpanan gratis di Google Drive hingga 100 GB untuk setiap pembelian Chromebook hingga dua tahun. Tidak hanya itu saja, laptop Chromebook menawarkan tampilan layar beresolusi Full HD untuk beberapa series-nya. 

Tentunya perlu diingat spesifikasi Chromebook tersebut ditujukan untuk orang-orang yang sering menghabiskan waktunya di browser Chrome dan terhubung ke jaringan internet.

Kelebihan OS Chromebook

Chrome OS memiliki beberapa fitur menarik yang tidak akan Anda temui pada OS lainnya. Selain itu Chrome OS memiliki beberapa keunggulan menarik yang patut Anda ketahui. Berikut ini keunggulan dari OS Chromebook:

  1. Tampilan yang sederhana dan mudah digunakan: Chrome OS memiliki user interface (UI) yang mudah dipahami oleh penggunanya sehingga para penggunanya dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan lewat menu yang tersedia.
  2. Baterai tahan lebih lama: Chrome OS memiliki keunggulan baterai yang tahan lama yaitu tahan hingga 12 jam dalam sekali charge.
  3. Dapat diakses secara offline: Chrome OS tidak hanya dapat diakses secara online, namun bisa juga secara offline. Anda dapat mengakses dokumen dan menyelesaikan pekerjaan hingga membuka email secara offline. Untuk mengakses Chrome OS secara offline, pengguna harus mengaktifkan pre-download content dan memastikan offline access telah diaktifkan.
  4. Fitur backup secara otomatis: Tidak perlu khawatir apabila perangkat Anda rusak atau mati mendadak, Chrome OS akan melakukan backup secara otomatis dengan dokumen Anda saat Anda terhubung dengan jaringan internet.
  5. Terhindar dari malware: Chrome OS memiliki fitur Verified Boot yaitu sistem yang akan mengcek keamanan termasuk aplikasi yang berjalan di background demi mencegah malware masuk.
  6. Populer untuk edukasi: Chromebook sering digunakan untuk aktivitas pembelajaran dan pengajaran karena harga yang murah dan memiliki baterai yang tahan lama. Selain itu penyimpanan sistem cloud membuat sharing dokumen menjadi lebih mudah dan laptop siswa dapat dimonitor lebih mudah oleh guru (administrator)
  7. Sangat ringan dan mudah dibawa-bawa: Chromebook sangatlah ringan baik dari segi perangkat ataupun harganya. Untuk beratnya sendiri, Chromebook hanya mencapai 1,3kg untuk yang paling ringan dan harganya terjangkau yaitu mulai dari harga Rp 3 jutaan.

Baca Juga: Chromebook Vs Windows Mana Yang Lebih Baik?

Kekurangan OS Chromebook

Chromebook memiliki kekurangan pada kemampuan komputasinya yang terbatas sehingga tidak dapat menjalankan aplikasi dengan keperluan sumber daya yang intensif, seperti aplikasi pengeditan foto atau pengeditan video berbasis lengkap yang besar. 

Chromebook tidak memiliki ruang penyimpanan internal yang besar sehingga untuk fitur hiburan hanya bergantung pada layanan online streaming seperti Youtube atau Netflix dan aplikasi prodktivitas kantor dari Google juga yang merupakan aplikasi berbasis web.

Namun perlu diingat Chrome OS dikembangkan untuk komputer berbasis cloud sehingga penggunanya harus memastikan memiliki koneksi internet untuk menggunakan perangkat ini walaupun perangkat ini tetap bisa diakses secara offline untuk beberapa aplikasi tertentu. 

Terralogiq sebagai premier partner Google Cloud dapat menyediakan solusi Google for Education dan pengadaan Chromebook yang tepat untuk Anda, juga bagaimana menerapkan fungsi dan implementasi dari OS Chromebook secara tepat. Jika ada pertanyaan Anda dapat menghubungi tim Terralogiq melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Baca Juga: Berapa Harga Chromebook Saat ini?

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments