Optimalkan user experience dengan Place Autocomplete

Optimalkan user experience dengan Place Autocomplete

9 Agustus 2021

Familiarity Google Maps sudah bukan lagi sebuah rahasia publik, hampir setiap hari orang tidak akan lepas dari penggunaan handphone. Hampir semua aktivitas dipermudah dengan teknologi dan berhubungan dengan penentuan lokasi. Salah satu upaya dalam meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience adalah dengan menggunakan Place Autocomplete.

Salah satu fitur Google Maps dapat digunakan untuk membuat pencarian lokasi adalah dengan autocomplete. Inputan yang dimasukan oleh pengguna akan dimuat dan digunakan untuk mendapatkan saran lokasi yang dicari dengan layanan pelengkapan otomatis (Autocomplete places). 

Saat pengguna mengetik sesuatu di bidang masukan (kolom atau kotak searchbox), Google API akan mengembalikan alamat yang akan dicari. Alamat ini disarankan kepada pengguna menggunakan widget Google Place JavaScript API Place Autocomplete.

Layanan Google Maps Places yang digunakan untuk implementasi pencarian lokasi berbasis maps dengan autocomplete. 

Place Autocomplete adalah salah satu fitur terbaik yang dapat tambahkan ke aplikasi untuk pengalaman pengguna yang lebih sadar lokasi. Dengan beberapa baris kode, dapat menyesuaikan pengalaman dengan kebutuhan dan konteks pengguna untuk prediksi type-ahead yang menghemat waktu.

Penggunaan Place Autocomplete dapat meningkatkan user experience dan performa aplikasi lebih baik bagi pengguna, mengoptimalkan biaya, dan meningkatkan rasio konversi.

  • Places menyediakan akses terprogram ke basis data Google tentang tempat dan informasi bisnis lokal, serta tempat perangkat saat ini.
  • Autocomplete menyediakan widget yang sudah jadi untuk mengembalikan prediksi tempat sebagai respons terhadap permintaan pencarian pengguna.

Cara menggunakan Place Autocomplete untuk mengisi formulir alamat secara otomatis

Ubah bidang input formulir alamat menjadi inputan pelengkapan otomatis alamat dengan Places Autocomplete.

Place Autocomplete dapat membantu memberikan pengalaman pembayaran yang lebih baik bagi pelanggan. Menyiapkan pengisian otomatis untuk formulir alamat dapat membantu mengurangi pengabaian keranjang dan membuat entri alamat lebih mudah, lebih cepat, dan lebih akurat bagi pengguna.

Cara mendapatkan hasil yang lebih baik di Place Autocomplete

Saat pengguna mengetik tujuan ke Place Autocomplete, ingin mereka menemukan apa yang mereka cari dalam jumlah karakter sesedikit mungkin yang dapat menggunakan bias lokasi dan pembatasan lokasi, mana rekomendasi tersebut diperlukan untuk meningkatkan kualitas prediksi dan menyimpannya di area geografis yang tepat. 

Selain itu, jika situs web atau aplikasi hanya digunakan dalam daftar kecil negara, Anda dapat menyetel properti yang disebut ComponentRestrictions untuk menghilangkan prediksi di luar daftar negara tersebut dan menggunakan parameter bahasa untuk mengembalikan hasil dalam bahasa tertentu. 

Terakhir, dapat menggunakan pemfilteran jenis tempat untuk menyajikan prediksi yang lebih relevan. 

Cara mengurangi biaya Place Autocomplete

Masker bidang menyediakan cara bagi pemanggil API untuk menentukan bidang yang harus dikembalikan oleh permintaan dapat melakukannya dengan menyetel properti bidang saat menginisialisasi layanan Pelengkapan Otomatis atau dengan memanggil metode setFields nanti. 

Dokumentasi Google Maps Platform menjelaskan beberapa metode untuk menambahkan Place Autocomplete ke situs web menggunakan Maps JavaScript API, ke aplikasi Android dengan Places SDK for Android, dan ke aplikasi iOS dengan Places SDK for iOS. 

Ketiga SDK ini mendukung implementasi widget dan terprogram, dan juga dapat memanggil layanan Place Autocomplete secara langsung melalui Places API.

Demikian pembahasan mengenai mengoptimalkan user experience dengan Place Autocomplete baca juga

Terralogiq sebagai satu-satunya Google Maps Premier Partner di Indonesia bertujuan membantu bisnis anda untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis dengan mengintegrasikan Google Maps Platform dan menyederhanakan penerapan Google Maps API dan SDK.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengimplementasikan Google Maps Platform APIs untuk solusi bisnis aplikasi atau membutuhkan dukungan teknis dan informasi lainnya mengenai Google Maps Platform. Hubungi kami di halo@terralogiq.com 

Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah membaca artikel kali ini, tunggu update terbaru pembahasan artikel selanjutnya yaa..

Author Profile

Sada

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments