Mudahnya Menggunakan Online Appointment Booking di Google Workspace

21 Juni 2022

Anda pasti sudah mengetahui kemampuan Google Workspace. Ya, produk besutan Google ini memiliki banyak keunggulan untuk menjaga alur kerja dan produktifitas. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya menggunakan salah satu fitur yang tidak kalah menarik yaitu. Penggunaan fitur Online Appointment Booking pada Google Workspace menggunakan Appointment Schedule.

Online Appointment Booking

Fitur Appointment schedule ini memungkinkan user untuk lebih mudah menata aktivitas dan menghindari penumpukan jadwal. Untuk sekarang, fitur ini baru tersedia pada paket langganan Google Workspace Business Standar ke atas.

Google Workspace baru-baru ini memperkenalkan fitur baru di platformnya yang memungkinkan pengguna melihat kapan Anda tersedia melalui halaman khusus yang dimaksudkan untuk pemesanan. Dengan menggunakan fitur baru ini seseorang dapat menjadwalkan pertemuan mereka pada waktu terbaik bahkan dengan seseorang yang tidak memiliki akses ke akun Google.

Namun, fitur luar biasa baru ini tidak gratis, seseorang harus memiliki langganan bisnis standar atau langganan Google Workspace untuk mengakses fitur baru ini. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang fitur Appointment schedule Google Workspace baru ini:

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Baru Online Appointment Booking?

Untuk menggunakan fitur baru ini, Anda harus berlangganan setidaknya pada paket tingkat standar Google Workspace untuk bisnis terlebih dahulu dengan biaya berlangganannya adalah $12,99. Jika Anda sudah memiliki akun premium Google Workspace maka Anda dapat beralih antara versi baru dan lama dengan mudah dengan menggunakan pengaturan alat atau settings. Versi lamanya bernama “Appointment Slots” dan versi barunya bernama “Appointment Schedule”. “Meetings” yang sudah ada (schedule rapat lama) yang Anda buat menggunakan versi lama tidak akan terpengaruh dengan beralih ke versi baru.

Setelah fitur Appointment Schedule baru Anda aktif dan berjalan, mari ikuti pendekatan langkah demi langkah disiini untuk mengatur Online Appointment Booking Anda:

  1. Pertama-tama buka calendar.google.com menggunakan browser internet Anda atau ketuk pada aplikasi Google Calendar di smartphone Anda.
  2. Sekarang pergi ke pengaturan (settings) dan kemudian (general) atau umum dan kemudian Appointment Schedules. (Settings > General > Appointment Schedules)
  3. Sekarang aktifkan jadwal janji dengan mengklik kotak yang ada di sebelah “Create Appointment Schedules”. Dalam versi yang lebih lama, kotak ini diberi nama “Appointment Slots”.
  4. Anda sekarang dapat menggunakan fitur baru ini untuk penjadwalan dan pemesanan janji temu.

Sekarang fitur ini sudah dapat di aktifkan pada Google Calendar Anda. Saat nya Anda membuat jadwal Online Appointment Booking Anda.

Bagaimana Cara Mengatur menggunakan Fitur Online Appointment Booking dari Google Workspace Baru?

Agar orang lain dapat memesan waktu pada kalender (Google Calendar) Anda, Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Anda harus Berlangganan ke Google Workspace terlebih dahulu karena ini adalah fitur premium. Setelah Anda berlangganan ke Google Workspace, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat janji temu:

  1. Kembali buka calendar.google.com menggunakan browser internet Anda.
  2. Klik “Create” atau “Buat” atau “+” yang akan terlihat di Google Calendar Anda.
  3. Setelah mengklik “Create” jendela baru akan muncul. Di jendela baru klik “Appointment Schedule”.
  4. Buat judul untuk janji temu Anda. Kami menyarankan untuk membuat judul yang secara tepat menggambarkan tujuan janji temu Anda. Ingatlah bahwa judul rapat dapat dilihat oleh semua orang yang memiliki akses ke halaman booking page.
  5. Sekarang atur durasi Appointment Schedule Anda. Total durasi rapat tidak boleh kurang dari 15 menit.
  6. Setelah slot dan durasi diatur, sekarang atur tanggal janji temu Anda. Anda dapat mengatur janji temu secara berulang dengan jadwal yang sama atau membuat janji temu yang hanya satu kali.
  7. Untuk mengatur seberapa awal seseorang dapat memesan janji temu pada Google Calendar atau kalender Anda, buka “Scheduling Window” dan klik panah ke arah bawah. Opsi waktu minimum adalah 12 jam dan opsi waktu maksimum untuk membuat janji temu adalah 60 hari. Dari daftar drop-down, Anda dapat mengatur waktu pemesanan menjadi satu hari, 2 hari, 12 jam, atau 60 hari sesuka Anda. Pelajari lebih lanjut tentang cara menyesuaikan ketersediaan janji temu Anda disini.
  8. Jika Anda melewatkan detail penting, Anda dapat mengedit Appointment schedule lagi nantinya. Anda dapat mengubah lokasi rapat, foto Anda, dan banyak lagi setelah Appointment schedule. Klik “save” atau simpan setelah Anda mengedit jadwal janji temu Anda.
Online Appointment Booking examples

Bagaimana mudah bukan untuk menggunakan Appointment schedule untuk memfasilitasi kebutuhan produktifitas Anda bersama Tim. Tertarik untuk menggunakan Appointment schedule?

Terralogiq sebagai premier partner Google Cloud dapat menyediakan paket langganan Google Workspace Business yang tepat untuk solusi perusahaan atau institusi Anda. Dengan lisensi resmi dari Google tersedia berbagai paket dan setting yang dapat Anda gunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk Informasi mengenai Google Workspace anda dapat menghubungi kami melalui halo@terralogiq.com.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments