Mengenal Location Intelligence dan Pemanfaatannya

12 November 2021

Tentang Location Intelligence

Location intelligence atau kecerdasan lokasi adalah suatu proses mengumpulkan dan menganalisis data yang selanjutnya dapat diubah menjadi wawasan bisnis untuk dimanfaatkan atau ditindaklanjuti sesuai kebutuhan. Adapun data yang dimaksud merupakan data geospasial, GPS, dan data lokasi lainnya. 

Sejumlah perusahaan atau organisasi didapati menggunakan kecerdasan lokasi seperlu mengoptimalkan efisiensi operasional dan sekaligus menguatkan proses bisnis yang dijalankan. Hal ini karena analisis data geospasial dilakukan dengan menambahkan layer data geografis mencakup lalu lintas, cuaca, dan demografi yang mampu meningkatkan pemahaman, prediksi, dan wawasan. 

Mengenal Location Intelligence

Adapun pihak perusahaan atau organisasi selanjutnya dapat memanfaatkan informasi yang diperoleh untuk melakukan identifikasi, mengetahui alasan terjadinya suatu masalah atau kondisi, dan memahami faktor penyebabnya. 

Di era digital seperti sekarang sebenarnya banyak perusahaan yang bergantung dengan teknologi sistem informasi geografis untuk membangun kecerdasan lokasi. Hal ini sebagai bagian dari adanya transformasi digital.

Ini yang Bisa Dilakukan Location Intelligence

Apa yang bisa dilakukan location intelligence? Sebelumnya jutaan bahkan milyaran perangkat terkoneksi dengan IoT atau Internet of Things. Sebagai pihak yang memiliki peran penting terutama dalam pengambilan keputusan, pihak stakeholder dan eksekutif di perusahaan mempunyai akses menuju data bisnis. Akses tersebut termasuk akses masuk ke sejumlah data geospasial.

Kecerdasan lokasi ada dari hasil visualisasi dan analisis volume teknologi lokasi yang selanjutnya diberdayakan dalam perencanaan, menyusun prediksi, dan pemecahan masalah. Semuanya dapat dilakukan secara menyeluruh karena semua informasi memberi wawasan unik. Wawasan yang berasal dari teknologi lokasi bisa menampilkan adanya hubungan yang sebelumnya tidak terlihat, tren, atau pola yang dapat memberi keuntungan kompetitif.

Baca juga: 7 Poin penting dari penerapan kecerdasan Lokasi

Mereka yang Membutuhkan Location Intelligence

Siapa saja yang membutuhkan location Intelligence? Mereka adalah para eksekutif, manajer, dan operator yang menginginkan keberhasilan bisnis membutuhkan kecerdasan data lokasi untuk memenuhi bermacam rentang kebutuhan. Sebagai contoh sederhana, pengaplikasiannya sangat membantu dalam upaya menemukan lokasi strategis dan optimal untuk lokasi retail. 

Bukan hanya itu saja, penggunaannya juga dirasa nyata dalam pengelolaan aset secara real time, termasuk dalam upaya pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur bernilai vital. Adapun dari riset pasar diketahui sebanyak 2 dari 3 eksekutif bisnis telah mengaplikasikan kecerdasan lokasi dengan tujuan memperoleh keunggulan kompetitif.

Bagaimana Perusahaan Memanfaatkan Data Lokasi?

Sejumlah perusahaan dapat memanfaatkan data lokasi yang diperoleh dalam analitik data lokasi. Data lokasi dianalisis guna mengetahui adanya problem, solusi mengatasi masalah bisnis, dan sekaligus membuka peluang baru.

Sebuah perusahaan dalam memanfaatkan location intelligence bergantung dari kebutuhan masing-masing. Sehingga antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya bisa jadi berbeda. Berikut ini contoh pemanfaatan data lokasi oleh suatu perusahaan atau organisasi, diantaranya:

1. Pemanfaatan oleh Pelaku Toko Retail

Pelaku toko retail dapat memanfaatkan location Intelligence dalam perencanaan lokasi toko retail yang akan dibuka. Tidak hanya menentukan lokasi, selebihnya data lokasi yang berhasil dikumpulkan juga dapat digunakan untuk menganalisis dan memahami kebutuhan belanja pelanggan, sehingga di masa mendatang diharapkan selalu bisa menyediakan produk atau jasa yang dibutuhkan.  

Oleh toko retail data lokasi yang didapatkan juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi tren penjualan dan bahkan untuk melakukan pelacakan barang. Dengan mengetahui tren penjualan pihak toko retail dapat memasok produk yang digandrungi lebih banyak guna memenuhi kebutuhan pelanggan dan meraih omset lebih besar.

Baca lebih lanjut: Menjawab tantangan Retail dan e-commercen dengan Location Intelligence

2. Pemanfaatan oleh Pelaku Toko Online

Kegiatan online shop sangat bergantung dengan teknologi lokasi. Pasalnya seperti yang diketahui semua transaksi antara penjual dan pembeli mulai dari tahap awal hingga akhir dilakukan dari jarak jauh.

Kecerdasan lokasi dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk memberikan data secara akurat kepada pelanggan. Data yang diberikan pun harus bersifat real time, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Dimulai dari penemuan lokasi toko online oleh pelanggan. Untuk meyakinkan pelanggan dibutuhkan data akurat terkait lokasi nyata toko online, alamat, dan lebih baik jika disertai peta. Pemanfaatan location Intelligence seyogyanya juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong efisiensi operasional.

Tentunya dalam hal ini juga dibutuhkan jaminan akan kerahasiaan data pelanggan agar tidak bocor atau disalahgunakan oknum tidak bertanggung jawab. Karenanya wajar jika dalam kegiatan pemasaran pelanggan menjadi lebih waspada untuk menggunakan data pribadi mereka. Beruntungnya pemanfaatan teknologi ini secara proaktif memastikan data geospasial pelanggan terlindungi.

3. Pemanfaatan oleh Pelaku Dealer Mobil atau Motor

Data lokasi yang berhasil dihimpun dapat dimanfaatkan untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih cerdas. Misalnya pelaku dealer mobil atau motor dapat merencanakan lokasi dealer berdasar data lokasi.

Data lokasi yang didapatkan juga bisa digunakan untuk memahami seberapa jauh pelanggan rela melakukan perjalanan untuk membeli mobil atau motor yang diinginkan. Dengan demikian, pihak dealer akan mendapat bantuan lebih dalam mengambil keputusan yang pastinya menguntungkan.

4. Pemanfaatan Location Intelligence dalam Ekonomi Kreatif

Menggunakan aplikasi berbasis location intelligence dan pemetaan, para pelaku ekonomi kreatif nasional dapat dipetakan. Pemetaan bisa diketahui berdasar variabel tertentu, misalnya jumlah pelaku usaha ekonomi kreatif, jenis produk yang dihasilkan, hingga pemasaran produk ekonomi kreatif di area tertentu.

Dari data lokasi yang dihimpun ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Manfaat tersebut mulai dari pemulihan ekonomi yang dapat diupayakan lebih cepat. Lapangan pekerjaan dapat dibuka seluas-luasnya. Manfaat dalam skala yang lebih besar dapat membantu memperkuat dan akselerasi perekonomian di tanah air.

Location Intelligence dalam pengambilan keputusan

5. Pemanfaatan Location Intelligence dalam Geomarketing

Bagaimana pemanfaat location intelligence dalam geomarketing? Data lokasi juga dibutuhkan dalam geomarketing. Dimana dalam geomarketing sangat erat dengan kegiatan iklan dan promosi dengan basis lokasi guna merangkul pelanggan secara luas.  

Geomarketing juga tidak terlepas dari penemuan peta lokasi, toko terdekat dengan promosi dan penawaran menarik, tren merek yang disukai pelanggan, dan penawaran yang dapat ditautkan kepada pelanggan. Sehingga peluang pelanggan menemukan mereka akan lebih besar. 

Baca juga: Analisa consumer spending dan geomarketing membantu bisnis tumbuh

6. Pemanfaatan Location Intelligence di Masa Pandemi

Location intelligence menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi besar khususnya di masa pandemi sekarang ini. Sejumlah data besar bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pemerintah dan juga perusahaan. Dalam jangka panjang juga bisa membantu memulihkan kondisi ekonomi berbasis data, termasuk untuk sektor swasta.

Menggunakan kecerdasan lokasi, sekiranya Covid-19 menjadi lebih mudah dilacak secara efektif. Demikian pula dengan program vaksinasi juga bisa dikelola secara lebih efisien. Karenanya semua akses harus dipastikan mendukung dan mengarah pada pengelolaan sistem perawatan kesehatan yang lebih baik.

Tidak dipungkiri adanya pandemi Covid-19 kali ini mempercepat proses digitalisasi. Sehingga kondisi sekarang sebenarnya membuka peluang besar bagi teknologi untuk mengambil peran penting seperti dalam interface yang digunakan pelanggan dalam berbagai pengaturan. 

Pihak petinggi perusahaan pun harus memahami pentingnya penggunaan inovatif kecerdasan lokasi dengan memanfaatkan interaksi digital guna membangun hubungan personal. Sehingga bisa lebih ter-personalized dalam rangka memetakan ekspektasi pelanggan.

Baca lebih lengkap: bagaimana pemanfaatan location intelligence dalam layanan kesehatan dan healthcare Indonesia

Pemanfaatan Location Intelligence dari Terralogiq

Tentu pemanfaatan yang dipaparkan di atas hanya sedikit contoh kecil dari apa yang bisa didapatkan pelaku usaha atau perusahaan dari data lokasi. Apakah Anda menginginkan keuntungan kompetitif pada bisnis yang tengah dijalankan? Pastikan Anda menambahkan location intelligence pada alur kerja dengan layanan yang diberikan oleh Terralogiq. 

Kembangkan kekuatan lokasi pada aplikasi dan alur kerja perusahaan Anda. Lengkapi informasi dengan menambahkan peta, penelusuran, rute, dan kapabilitas yang dapat dikembangkan beriringan dengan tingkat kebutuhan. 

Location Intelligence Terralogiq menawarkan kelebihan untuk mengkompilasi dan memperkaya data set. Beberapa fitur yang ditawarkan diantaranya integrated system design, mengurangi risiko operasional, Automated Workflows, mengurangi kesalahan manual, dan mengumpulkan informasi yang relevan yang dapat diakses dalam satu sistem.

Baca juga: Mengenal Business Intelligence, Cara Kerja, dan Perannya untuk Analisis Bisnis

Selain itu, Terralogiq juga menawarkan solusi Geospatial Services. Menggunakan geospatial data Anda akan memperoleh banyak informasi yang berkaitan dengan geo data atau geographic aspect. Untuk data lokasi yang didapat bisa berasal dari data GPS (Global Positioning System), telematics devices, IoT, geotagging, atau geospatial satellite imagery.

Pastikan Anda hanya mendapat layanan terbaik dan terpercaya dari konsultan berpengalaman bersama Terralogiq. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda bisa mengakses terralogiq.com atau menghubungi halo@terralogiq.com guna melakukan konsultasi tentang penerapan location intelligence lebih detail, solusi yang diperlukan untuk bisnis Anda dan implementasinya, atau segera jadwalkan untuk berkonsultasi langsung bersama spesialist Terralogiq dengan mengisi form dibawah ini:

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments