Mengenal lebih dekat Google Maps dan Maps Javascript API

Mengenal lebih dekat Google Maps dan Maps Javascript API

October 23, 2020

Pada Era digital, kebutuhan akan peta atau Maps merupakan salah satu fitur yang harus dimiliki oleh banyak platform diluar sana. Bisa dijadikan salah satu contoh sebagian besar web – web perusahaan dan yang memiliki kantor fisik pasti menggunakan fitur peta. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut dan menambah kepercayaan para pengunjung website terhadap perusahaan yang menaruh lokasi fisiknya pada maps. Google Maps API yang memiliki salah satu fitur terbaik untuk melaksanakan hal tersebut. Fitur ini dapat membantu viewers atau penjelajah website dalam usahanya mencari lokasi asli perusahaan secara langsung.

Setiap layanan terutama jika berhubungan dengan kebutuhan sebuah aplikasi yang menggunakan data realtime selalu ada yang dinamakan dengan API. API artinya adalah Application Programming Interface. Memiliki fungsi pelaksanaan dimana sistem memungkinkan dapat menjalankan hal yang sama terjadi pada dua aplikasi sekaligus atau lebih secara bersamaan.

Lalu apa tugas API itu sendiri? Application Programming Interface (API) adalah kumpulan komponen yang dibuat dalam kelas-kelas yang menjalankan peran atau fungsi khusus. Maka dari itu kesimpulannya Google Maps merupakan serangkaian fitur atau komponen untuk melaksanakan berbagai fungsi-fungsi yang berhubungan dengan aplikasi pemetaan. Google Maps API dibuat dengan Javascript, sehingga API ini juga akan lebih mudah dipahami bagi orang yang sudah mengenal Javascript, terlebih lagi yang sudah berpengalaman dengan berbagai pemrograman berorientasi objek.

Sejarah Google Maps

Source : Terralogiq Indonesia’s first and only Google Premier Partner

Mari kilas balik bagaimana Google Maps lahir, produk ini pada awalnya dirancang oleh Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen di perusahaan yang bernama Where 2 Technologies sebagai sebuah program desktop C++. Cikal bakal Google Maps pertama kali didesain dan dibuat oleh dua programmer Denmark tersebut di kota Sydney, Australia.

Singkat cerita perusahaan ini diakuisisi oleh Google pada bulan Oktober 2004 dan diubah menjadi sebuah aplikasi web. Lalu setelah itu, Google Maps kembali diluncurkan kepada publik pada bulan Februari 2005 setelah penambahan akuisisi dari perusahaan visualisasi data geospasial, serta analisis lalu lintas. Google secara resmi kemudian mengumumkan Google Maps pada tahun 2005 melalui halaman blog Google. Sedangkan Google Maps API sendiri baru di release pada bulan Juni 2005.

Setelah perkembangannya Google Maps kemudian hadir untuk mobile seluler, dan dirilis pada bulan September 2008. Kemudian, Pada Agustus 2013, Google berniat untuk menjadikan aplikasi ini semakin populer di dunia terutama untuk pengguna smartphone. dengan target market atau sasaran penggunanya lebih dari 54% pemilik smartphone di seluruh dunia, atau setidaknya telah memakai sekali. Dalam masa rilis Google Maps merupakan produk dengan pencapaian penggunaan yang semakin meningkat, meskipun masih ditemukan ada beberapa kelemahan pada Google Maps,

Produk Google Maps

Google Maps merupakan salah satu produk berbasis geospatial dari Google. Adapun ciptaan yang serupa seperti Google Earth Engine dan Google Earth KML. Google Maps merupakan produk buatan Google yang memungkinkan kita melihat peta dari seluruh dunia. Dengan kekayaan data yang dimiliki, dan tingkat akurasi yang cukup baik, tidak mengherankan jika Jumlah pengguna bulanannya bisa mencapai 1 miliar orang. Ini menunjukkan bahwa Google Maps merupakan salah satu produk unggulan dan salah satu yang terbaik dari Google.

Bahkan tidak hanya tampilan peta yang bisa dinikmati, Google Maps mengembangkan produknya dengan menyediakan tampilan atau citra dari beberapa lokasi langsung secara real, seperti bangunan, jalan, dan lain-lain.Kabar baiknya banyak orang tahu Google Maps adalah layanan gratis dari Google dan cukup populer, kita dapat memakai produk atau menambahkan fitur Google Maps ini ke dalam website kita sendiri tentunya dengan menggunakan Maps Javascript.

Sebelumnya baca juga artikel : Deretan Fitur Terbaru Google Maps yang Makin Memudahkan Pengguna

Penggunaan Google Maps API

Google Maps API merupakan serangkaian data yang adalah kumpulan library JavaScript. Untuk menggunakan fitur atau memprogram Maps Javascript API tersebut cukup mudah. Yang kita butuhkan adalah pengetahuan seputar HTML dan JavaScript, lalu koneksi Internet. Dengan menggunakan Google Maps API sendiri kita dapat menghemat waktu serta biaya. Bayangkan jika kita dapat mempergunakan atau mengaplikasikan peta digital yang handal, sehingga kita bisa fokus membangun pada data-data yang diperlukan untuk kepentingan bisnis atau khalayak banyak. Google telah merangkum semua data peta-peta tersebut dengan jangkauan yang sangat luas hingga 92% di Dunia.

Google juga menyediakan Google Maps API yang memungkinkan kita membangun aplikasi dengan memanfaatkan fitur Google Maps.Google Maps API merupakan sebuah API yang disediakan oleh Google untuk menggunakan peta Google (Google Map) dalam aplikasi yang kita bangun. Salah satu produk unggulan Google ini memungkinkan kita memodifikasi peta dan informasi yang ada di dalamnya.

KIta bisa lihat untuk Google Maps API tersedia untuk berbagai platform, seperti:

  • Web adalah Maps API yang dapat digunakan pada Web.
  • Android adalah Maps API yang digunakan pada aplikasi Android.
  • iOS adalah Maps API yang digunakan pada aplikasi iOS.
  • Web Service adalah penggunaan Google Maps melalui Web Service.

Untuk kebutuhan dalam menerapkan fungsi peta pada sebuah website kita bisa mempergunakan Maps Javascript API. API memungkinkan kita menyematkan peta di situs web atau aplikasi dengan Google Maps. Kemampuan yang didapat seperti untuk mencari lokasi sebuah bisnis atau toponim, membangun rute, dan melihat panorama. Kita juga dapat mempergunakan JavaScript API dalam project analitik yang berbasis lokasi dan memerlukan visualisasi data.

Penerapan Google Maps Javascript

Google Maps Javascript memungkinkan kita untuk menyesuaikan peta dengan konten dan styling sendiri, baik jika ingin menampilkan halaman website ataupun perangkat mobile seluler. Maps Javascript API memiliki empat tipe peta dasar (peta jalan, satelit, hibrida, dan medan) yang dapat Anda modifikasi menggunakan lapisan dan gaya, kontrol dan kejadian, serta berbagai layanan dan pustaka yang dimiliki Google.

Javascript API memungkinkan kita untuk menyematkan peta di situs web atau aplikasi sehingga pengguna dapat mencari bisnis atau tempat, membangun rute, melihat panorama, dan menggunakan fitur lain yang tersedia pada Google Maps. Peta pada Google memiliki data yang selalu diupdate, sehingga peta yang kita miliki dan lihat selalu menampilkan data real dan terbaru.

Ada beberapa kemudahan yang bisa didapat dengan menerapkan Maps Javascript API yaitu:

Konfigurasi maps yang fleksibel

Kita dapat menggunakan Maps Javascript API untuk mengkonfigurasi bagaimana pengguna dapat berinteraksi di dalamnya. Dengan keluwesan mengatur peta tersebut dan menentukan bagaimana tampilan peta tersebut. Lebih jauh untuk mensetting gaya maupun objek pada peta. Kita dapat memilih mulai dari elemen standar saja atau mencoba untuk membuat tata letak khusus. Peta tersebut akan memiliki fungsi yang sama di berbagai jenis perangkat.

Visualisasi serta Analisa data

Maps JavaScript API dapat membantu kita dalam memvisualisasikan sejumlah besar data maupun informasi yang muncul. Hal ini kemudian dapat menjadi pertimbangan dalam membuat keputusan berdasarkan analisis geo yang ada. Fitur yang bisa digunakan antara lain bisa dengan menggunakan pengelompokan dan pengelolaan objek untuk menampilkan sejumlah besar objek di peta tanpa mengorbankan kinerjanya.

Pada berbagai praktek Google Maps merupakan salah satu pendekatan dengan menggunakan metode tambahan untuk menemukan objek geografis secara cepat pada peta. Mencari bagaimana menentukan lokasinya relatif satu sama lain, dan melakukan operasi lain dengannya. Fitur ini lebih jauh menciptakan peta khusus yang diperlukan, terutama jika ingin mengubah proyeksi peta tersebut atau menampilkan panorama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *