Mengenal Lebih dekat dengan Geospasial Data dan Manfaatnya

23 Desember 2021

Penggunaan Geospasial data dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk berbisnis makin banyak digunakan pada saat ini. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan Geospasial data, seperti untuk pemetaan, analisa, dan lain sebagainya. Menurut Undang-Undang No 4 Tahun 2011 mengemukakan bahwa Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu. Namun, tahukah Anda apa itu Geospasial data dan manfaat memilikinya? Simak penjelasannya pada artikel ini, ya.

geospatial data visualization

Pengertian Geospasial Data

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa geospasial adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu. Lantas Geospasial data itu apa? 

Geospasial data adalah sekumpulan informasi terkait Geospasial yang berupa titik koordinat suatu lokasi/tempat tertentu. Adapun informasi yang bisa didapatkan selain titik koordinat adalah waku, alamat lokasi, kode pos, dll. Geospasial data memiliki banyak jenis data, seperti consumer spending, demographic, foot print, dan lain sebagainya. Masing-masing dari data tersebut dapat digunakan untuk berbagai macam analisa, seperti site selection untuk industri ritel, urban planning untuk sektor pemerintahan dan publik, dan lainnya.

mengenal-lebih-dekat-dengan-geospasial-data-dan-manfaatnya-ilustrasi

Sumber Data dari Geospasial

Ada banyak sumber data Geospasial yang ada di seluruh dunia, data Geospasial didapatkan melalui pengukuran secara langsung maupun tak langsung. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi geospasial, saat ini sumber data Geospasial terbesar adalah data GPS (Global Positioning System) yang berasal dari Negara Amerika. Sebenarnya penyebutan yang tepat adalah GNSS atau Global Navigation Satellite System sementara GPS adalah produk dari GNSS itu sendiri.

Tetapi memang, GPS merupakan yang paling banyak digunakan sehingga dikenal luas di masyarakat. Untuk itu, pada tulisan ini, kita gunakan istilah GPS saja untuk menyebut GNSS. GPS didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan dalam tiga dimensi serta informasi mengenai waktu secara kontinyu.

Data GPS, telah memiliki informasi spasial dan tinggal memindah dan menyimpannya ke dalam format yang dapat dibaca oleh software GIS. Pemanfaatan data GPS paling familiar untuk sekarang mungkin adalah penggunaan data GPS pada aplikasi Smartphone. Yang paling sering digunakan adalah Google Maps, atau fitur Share Location pada Whatsapp.

Baca Juga: 5 Contoh Penerapan dari Data Geospasial

Manfaat Data dari Geospasial

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan memiliki data Geospasial. Sekarang, semakin banyak data yang dimiliki, maka akan lebih akurat hasil data yang diperoleh nantinya. Data Geospasial biasanya lebih banyak dimanfaatkan untuk Geospasial Analysis. Analisis Geospasial digunakan untuk pengambilan data untuk memahami apa pun mulai dari pemodelan cuaca, peramalan populasi hingga tren penjualan.

Berikut ini adalah manfaat dari Data Geospasial yang Ada miliki:

  1. Engaging insights — Melihat data dalam konteks peta visual memudahkan untuk memahami bagaimana peristiwa berlangsung dan bagaimana bereaksi terhadap peristiwa tersebut.
  2. Better foresight — Melihat bagaimana kondisi spasial berubah secara real time dapat membantu organisasi lebih mempersiapkan diri untuk perubahan dan menentukan tindakan di masa depan.
  3. Targeted solutions  — Melihat data berbasis lokasi membantu organisasi memahami mengapa beberapa lokasi dan negara, seperti Amerika Serikat, lebih berhasil untuk bisnis daripada yang lain.

Bagaіmana? Menarik bukan? Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa dan bagaimana Geospasial data untuk bisnis Anda, Terralogiq dapat membantu anda karena kami adalah Penyedia jasa layanan Google Maps dan penyedia jasa layanan Google Maps di Indonesia satu-satunya dengan status sebagai Premier Partner. Anda bisa menghubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Anda perlu solusi penerapan solusi geospasial? Hubungi kami.

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments