Memahami Persyaratan Layanan Produk Google Maps Platform

Memahami Persyaratan Layanan Produk Google Maps Platform

7 Juni 2021

Sebagai alat yang tidak tergantikan di kehidupan kita sehari-hari, Google Maps memetakan lebih dari 220 negara, memberikan informasi tentang 200 juta lebih lokasi dan bisnis, dan kegunaannya semakin meluas seiring waktu hingga saat ini. Produk Google Maps Platform yang digunakan lebih dari satu miliar orang per bulan. Mendukung lebih dari 2 miliar situs dan aplikasi, Google Maps API dapat mengaktifkan lokasi dan data pemetaan di mana saja.

Seperti yang sudah dijelaskan jika dalam peta Google yang sudah memetakan lebih dari 220 negara dan wilayah, pengguna akan memperoleh peta yang diinginkan, gambar-gambar jalan, “rute” ke arah yang dituju, dan memanfaatkannya untuk bermacam-macam tujuan.

Studi mengenai mobilitas penduduk selalu menarik untuk dikaji lebih kompleks, hal ini dikarenakan semakin berkembangnya faktor demografi maupun non-demografi di peradaban modern ini.

Hal tersebut memberikan peluang untuk bisnis layanan berbasis lokasi atau Location Based Service (LBS). Layanan berbasis lokasi tidak jauh dari GPS, karena kebanyakan layanan mendeteksi keberadaan pengguna dengan menggunakan GPS. 

GPS dapat mendeteksi lokasi dengan tepat sekitar 97% (McKenzie et al, 2009). Akurasi GPS mencapai 4-40 meter, sementara penentuan lokasi yang menggunakan jaringan telepon seluler hanya mempunyai akurasi 2-20 kilometer.

Beberapa aplikasi tidak membutuhkan akurasi yang tinggi, misalnya cukup dengan toleransi 30 meter. Tetapi aplikasi lain bisa saja memerlukan layanan informasi posisi yang harus akurat.

Salah satu layanan produk Google Maps Platform yaitu Geolocation yang memungkinkan untuk mengidentifikasi lokasi fisik dari sebuah perangkat seluler dengan mengidentifikasi data seluler, GPS, atau RFID dari perangkat tersebut.

Ketika mendapatkan titik koordinat lokasi pengguna dapat ditampilkan di atas peta (maps) dengan menggunakan Dynamic Maps untuk aplikasi website dan Mobile Native Dynamic Maps untuk aplikasi mobile pada iOS/Android dengan penambahan SDK untuk masing-masing aplikasi iOS/Android.

Baca juga: Cara cepat menggunakan Google Maps Platform places autocomplete

pembayaran-produk-google-maps-platform
Source: unsplash.com/@markuswinkler (https://unsplash.com/photos/TtJ0CLjLi6w)

Lalu apa saja persyaratan layanan untuk dapat menggunakan produk Google Maps Platform?

Penyediaan Layanan

  • Google Maps Platform License Agreement

Penggunaan Layanan dalam Aplikasi Pelanggan. Menurut Penggunaan Layanan dalam Aplikasi Pelanggan yang menggunakan produk Google Maps Platfom, Google akan memberikan Layanan kepada Pelanggan sesuai dengan Perjanjian, dan Pelanggan dapat menggunakan Layanan dalam Aplikasi Pelanggan sesuai dengan Pasal 3 (Lisensi).

Perjanjian Lisensi Produk Google Maps Platform (“Perjanjian”) ini dibuat dan disepakati antara Google (sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 21 (Definisi) dan entitas atau orang yang menyetujui persyaratan ini (“Pelanggan”).

Perjanjian ini berlaku sejak tanggal Pelanggan mengklik untuk menerima Perjanjian, atau menyepakati Perjanjian Partner jika membeli melalui Partner (“Tanggal Efektif”). Jika menerima atas nama Pelanggan harus menyatakan dan menjamin bahwa: 

  1. Memiliki kewenangan hukum penuh untuk mengikat Pelanggan pada Perjanjian ini; 
  2. Telah membaca dan memahami Perjanjian ini; dan
  3. Menyetujui, atas nama Pelanggan, Perjanjian. Jika tidak memiliki wewenang hukum untuk mengikat Pelanggan, mohon jangan klik untuk menerima. Perjanjian ini mengatur akses dan penggunaan Layanan oleh Pelanggan.
  • Admin Console

Admin console adalah memungkinkan membantu untuk membuat, menggunakan, menerapkan, menskalakan, dan mendiagnosis masalah produksi dalam antarmuka berbasis web yang sederhana.

Pelanggan akan mengelola Layanan melalui Konsol Admin online. Untuk mengakses Layanan, Pelanggan harus membuat Proyek dan menggunakan kunci API-nya sesuai dengan Dokumentasi.

  • Account

Akun digunakan untuk mengakses admin console.

  • Customer Domains and Applications

Pelanggan harus mencantumkan di Konsol Admin setiap domain dan aplikasi resmi yang menggunakan Layanan. Pelanggan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hanya domain dan aplikasi resmi yang menggunakan Layanan.

Syarat Pembayaran

  • Online Billing

Pada akhir Periode akrual biaya yang berlaku, Google akan menerbitkan tagihan elektronik kepada Pelanggan untuk semua biaya yang timbul di atas Ambang Biaya berdasarkan penggunaan Layanan oleh Pelanggan selama Periode akrual biaya sebelumnya.

Jika pelanggan memilih untuk membayar dengan kartu kredit, kartu debit, atau bentuk pembayaran tanpa faktur lainnya, Google akan menagih (dan pelanggan akan membayar) semua biaya segera di akhir Periode akrual biaya

Terralogiq Google Maps Premier Partner pertama dan satu-satunya di Indonesia, siap membantu dalam berbagai hal terutama optimasi bisnis dengan penggunaan berbagai solusi yaitu: Geospatial, Location Intelligence, dan Routes optimization

Dengan produk Google Maps Platform, banyak fitur seperti Maps, Places, dan Routes yang dapat diimplementasikan ke dalam bisnis, teknologi yang memberikan dasar ideal untuk pengaplikasian maps untuk aplikasi. 

Setiap layanan produk Google Maps ini mencakup sekumpulan API dan SDK. Fitur Produk Google Maps Platform dapat diimplementasikan ke berbagai jenis perusahaan baik perusahaan kecil, menengah maupun besar. Anda hanya tinggal membutuhkan Google Maps Premier Partner untuk membantu anda mengimplementasi best practice nya.

Baca juga: Penerapan Google Maps Platform dari Google I/O 2021

Jika perusahaan baru mencoba Produk Google Maps Platform untuk menjelajahi penggunaan industri yang sesuai dengan bisnis, disarankan agar menggunakan service dari Google Maps Partner. 

Memilih Mitra Google Maps Premier Partner seperti Terralogiq dapat membantu dalam banyak hal termasuk penerapan teknologi Google Maps. 

Terralogiq juga memberi solusi untuk penggunaannya dalam upaya untuk pengoptimalan biaya, perpanjangan periode kredit, dan dukungan penagihan.

Sebagai Google Maps premier partner pertama dan satu-satunya di Indonesia. Terralogiq bertujuan untuk membantu industri dan perusahaan dalam menyederhanakan penerapan Google Maps API dan SDK. 

Terralogiq juga memberikan layanan dukungan terbaik di kelasnya, dan pelayanan ini akan terus diperbarui. Google Maps dapat mengakomodir kebutuhan perusahaan untuk membaca data yang ada dalam peta, secara akurat, tepat dan optimal.

Jika memerlukan bantuan dalam memahami persyaratan  layanan produk Google Maps Platform dan bagaimana menerapkan API Platform Google Maps untuk aplikasi atau memerlukan dukungan teknis lain maupun penagihan, bisa menghubungi Terralogiq di halo@terralogiq.com.

Author Profile

Sada

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments