Sukseskan Bisnis dengan Melakukan Market Opportunity Analysis

14 Mei 2023

Seiring pertumbuhan bisnis, penting untuk melakukan analisis peluang pasar atau market opportunity analysis (MOA) secara berkala. Ini membantu Anda memahami posisi bisnis Anda di pasar, audiens target Anda, dan produk atau layanan baru apa yang dapat Anda perkenalkan untuk mengembangkan bisnis.

Market opportunity analysis juga dapat membantu Anda mengidentifikasi potensi ancaman terhadap bisnis Anda dan mengembangkan strategi untuk mengatasinya. 

Sukseskan Bisnis dengan Melakukan Market Opportunity Analysis

Key Takeaways

  • Market opportunity analysis adalah proses analisis untuk menemukan pesaing, memahami klien, serta menemukan potensi risiko agar bisnis dapat memprioritaskan ide bisnis baru.
  • Analisis peluang pasar harus dilakukan oleh tim lintas fungsi yang terdiri dari orang-orang yang terlibat dalam semua bagian proses.
  • Analisis peluang pasar membantu bisnis untuk membuat keputusan strategis, menciptakan keunggulan kompetitif, membuat perubahan internal, dan lainnya

Apa itu Analisis Peluang Pasar (Market Opportunity Analysis)?

Analisis peluang pasar, juga dikenal sebagai penilaian peluang, mengacu pada proses meneliti bagaimana dan di mana Anda dapat terhubung dengan lebih banyak klien potensial dan meningkatkan revenue

Proses analisis Ini termasuk menemukan pesaing, memahami audiens, dan menemukan potensi risiko. Dengan melakukan market opportunity analysis, Anda dapat memprioritaskan ide bisnis baru Anda berdasarkan seberapa menguntungkan dan berisikonya.

Analisis ini dapat membantu Anda memperluas bisnis yang ada dengan pengembangan produk baru, beralih ke peluang dan pasar baru, atau menjangkau aspek baru dari pasar Anda saat ini.

Siapa yang Harus Melakukan Market Opportunity Analysis?

Analisis peluang pasar harus dilakukan oleh tim lintas fungsi yang terdiri dari orang-orang yang terlibat dalam semua bagian proses.

Misalnya, tim pengembangan bisnis cenderung sangat terlibat dalam mengidentifikasi peluang yang mungkin mengarah pada penetrasi pasar baru atau peningkatan aliran pendapatan. 

Namun, tim juga harus menyertakan anggota dari akuntansi dan keuangan. Jika proyek membutuhkan dana tambahan, orang-orang inilah yang dapat menentukan kelayakan mendapatkan dana tersebut.

Jika project masa depan diharapkan akan dibiayai menggunakan kas yang dihasilkan secara internal, anggota dari perbendaharaan atau manajemen risiko juga dapat menjadi bagian dari tim analisis.

Keuntungan Melakukan Market Opportunity Analysis

Market opportunity analysis membantu memastikan keputusan investasi didasarkan pada data yang akurat dan terkini. 

Ini juga membantu mengidentifikasi potensi risiko sebelum melakukan aksi, serta mengurangi kemungkinan berinvestasi dalam proyek dan inisiatif yang gagal atau tidak menguntungkan.

Analisis peluang pasar membantu bisnis untuk:

1. Buat keputusan strategis jangka panjang yang lebih baik

Dengan menyadari kebutuhan pelanggan saat ini dan mengetahui market mana yang memiliki potensi ekspansi terbesar, bisnis dapat memenuhi permintaan secara menguntungkan. Ini adalah strategi untuk kepentingan masa depan yang penting.

2. Menciptakan keunggulan kompetitif yang kuat

Memahami peluang pasar dapat membantu perusahaan membedakan produk mereka dari pesaing. Ini memungkinkan mereka untuk maju di pasar dengan menawarkan sesuatu yang unik.

3. Buat perubahan internal

Bisnis dapat menggunakan market opportunity analysis  untuk mengidentifikasi area di mana sumber daya mereka saat ini berlebihan atau kurang dimanfaatkan. 

Analisis dapat mengarahkan mereka untuk mengalokasi sumber daya internal, meningkatkan keberhasilan proyek secara keseluruhan. 

Analisis peluang pasar juga dapat membantu perusahaan mengidentifikasi masalah dalam rantai pasokan. Mereka kemudian dapat menerapkan rencana untuk menyelesaikan masalah ini.

4. Mengidentifikasi peluang bisnis baru

Analisis peluang pasar dapat membantu bisnis mengembangkan mindset berkembang. Informasi yang mereka temukan dapat mengarahkan mereka untuk menciptakan produk atau layanan inovatif yang memenuhi permintaan konsumen, meningkatkan pendapatan, dan merebut pangsa pasar yang lebih besar.

5. Mengevaluasi demand produk atau layanan

Market opportunity analysis dapat membantu perusahaan memutuskan apakah akan memperluas ke pasar baru atau tidak. 

Dengan mengetahui produk atau layanan mana yang banyak diminati, mereka dapat membawanya ke pasar terlebih dahulu dan merebut porsi pasar yang lebih besar. 

6. Buat outline potensi risiko

Analisis membantu bisnis mengidentifikasi kemungkinan risiko sebelum mereka berinvestasi. Hal ini memungkinkan mereka untuk merencanakan potensi kemunduran dan hanya berinvestasi pada proyek-proyek yang bermanfaat.

7. Mengidentifikasi strategi pemasaran potensial

Analisis peluang pasar dapat membantu perusahaan mengidentifikasi strategi mana yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka juga, berdasarkan permintaan pasar yang berbeda. 

Misalnya, mereka dapat mencoba saluran pemasaran yang saat ini kurang dimanfaatkan di sektor tertentu, tetapi populer di sektor lain. Hal ini memungkinkan mereka untuk memperluas ke pasar sasaran lebih cepat dan efisien.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Market Trends Analysis

Bagaimana Melakukan Analisis Peluang Pasar Anda Sendiri

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melakukan market opportunity analysis.

1. Mengidentifikasi peluang potensial

Identifikasi project mana yang memiliki potensi keuntungan paling besar. Ini adalah investasi yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Segmen apa yang ingin Anda kembangkan? Pelanggan seperti apa yang ingin Anda tarik? Apakah Anda ingin mengakuisisi bisnis lain atau bermitra dengan bisnis lain? Apakah peristiwa saat ini menciptakan peluang potensial?

Mengetahui apakah Anda ingin melakukan pivot, memperluas, membuat, berinvestasi, atau memposisikan ulang yang Anda tawarkan membantu menginformasikan langkah selanjutnya dari riset pasar Anda.

2. Memahami pelanggan

Lihatlah pasar dan basis pelanggan perusahaan saat ini. Ini mungkin berbasis online atau di media sosial atau mereka mungkin sering mengunjungi toko offline Anda. 

Berapa banyak yang mereka habiskan? Jenis produk apa yang mereka gunakan? Seperti apa kompetisinya dan apa yang dapat Anda tawarkan yang tidak ditawarkan oleh pesaing Anda?

Pada tahap ini, Anda berusaha untuk memahami secara mendalam pelanggan potensial Anda dan apa yang mereka butuhkan. Anda bisa memahami mereka dengan melakukan:

  • Wawancara 
  • Survei
  • Informasi demografis
  • Customer journey maps

3. Riset kompetitor

Riset kompetitor

Cari tahu bagaimana pesaing menawarkan produk atau layanan serupa dengan yang ingin Anda tawarkan. 

Bagaimana mereka menentukan harga produk mereka dan seberapa sering pelanggan potensial membeli dari mereka? Informasi pesaing dapat memastikan perusahaan Anda berfokus pada proyek yang paling menguntungkan.

Cari siapa pemain (kompetitor) utama, sehingga Anda dapat mengembangkan rencana untuk bersaing dengan mereka begitu Anda memasuki pasar.

Anda bisa mencoba menganalisis mereka dari pertanyaan berikut.

  • Bagaimana penawaran produk mereka berbeda dari apa yang kami bawa ke pasar?
  • Siapa partner mereka?
  • Apa review tentang produk dan layanan yang mereka tawarkan?
  • Apa kata orang di media sosial?
  • Kesenjangan apa yang bisa kita isi?
  • Seberapa besar kemungkinan pesaing baru juga memasuki pasar?

4. Pertimbangkan faktor eksternal

Faktor eksternal seperti tren ekonomi dapat memengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan investasi. Misalnya, penurunan ekonomi dapat mengurangi pengeluaran konsumen dan membatasi jumlah pelanggan potensial. 

Bisnis harus memeriksa peristiwa industri atau pasar yang mungkin memengaruhi estimasi laba, kebutuhan kas, atau durasi proyek.

Untuk langkah ini, Anda dapat menggunakan akronim STEEP untuk membantu Anda mengingat lima kekuatan utama untuk dipertimbangkan saat Anda membuat rencana.

Sosial

Faktor sosial meneliti bagaimana budaya mengubah pasar saat ini. Misalnya, akibat pandemi, semakin banyak karyawan yang bekerja dari rumah. Ini membuka sektor pasar yang sebelumnya tidak ada. Mengikuti tren mungkin merupakan strategi yang menguntungkan kecuali jika tren tersebut dapat menghilang dengan cepat.

Teknis

Faktor teknis memeriksa inovasi baru apa yang telah mempengaruhi pasar. Apakah ada teknologi atau kemajuan baru yang dapat Anda terapkan atau cara baru untuk menerapkan teknologi tersebut?

Ekonomis

Faktor ekonomi mengkaji seperti apa situasi ekonomi saat ini. Apakah Anda bisa mendapatkan pinjaman jika Anda membutuhkannya? Apakah pelanggan target Anda memiliki pendapatan sekali pakai? Seperti apa potensi pasar 12 bulan ke depan? Lima tahun ke depan? 

Faktor ekonomi dapat berdampak negatif pada rantai pasokan, seperti yang telah kita lihat pada pandemi. Bagaimana pertumbuhan bisnis Anda akan terpengaruh jika rantai pasokan Anda terputus-putus?

Environmental

Aspek lingkungan dari analisis STEEP sangat penting bagi perusahaan yang bekerja dengan sumber daya alam dan agen biologis lainnya. 

Elemen lingkungan yang penting untuk dipantau adalah makanan, tanah, air, angin, energi, polusi, pembuangan limbah, sumber daya alam, pemanasan global, dan peraturan lingkungan. 

Politik

Keadaan politik dapat memengaruhi ide bisnis Anda secara positif atau negatif. Misalnya, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa pemerintah setempat Anda menawarkan keringanan pajak, hibah, atau insentif lain untuk bisnis di industri Anda. 

Di sisi lain, Anda mungkin menemukan bahwa masalah regulasi mereka perlu Anda perhitungkan dalam analisis Anda.

5. Waspadai faktor internal

Kinerja internal perusahaan Anda juga dapat memengaruhi analisis peluang pasar Anda. Misalnya, perputaran karyawan yang tinggi dapat berarti karyawan baru yang bertanggung jawab atas proyek yang akan datang mungkin tidak memiliki banyak pengalaman dengan sumber daya dan proses Anda, sehingga meningkatkan risiko kegagalan. Kelemahan dalam sistem Anda saat ini juga dapat meningkatkan biaya atau memperlambat project.

Jadi, Anda harus mencermati kemampuan bisnis Anda sendiri. Apakah Anda memiliki teknologi, sumber daya keuangan, tenaga kerja, dan keterampilan untuk berinvestasi dalam produk atau layanan baru? Atau jika Anda meluncurkan sesuatu yang inovatif, apakah Anda dapat mempekerjakan orang dengan keterampilan yang diperlukan?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu dapat membantu Anda mewaspadai hal-hal yang terjadi secara internal.

6. Tentukan nilai peluang

Setelah Anda melakukan market opportunity analysis, Anda akan dapat menentukan apakah suatu investasi akan menguntungkan atau tidak. Anda harus menguraikan manfaat dan risikonya. Semakin banyak detail yang Anda miliki, semakin baik informasi keputusan Anda.

7. Buat keputusan akhir

Apakah analisis Anda menunjukkan bahwa berinvestasi dalam suatu proyek atau perluasan dapat dilakukan dan akan memberikan hasil yang positif? Jika demikian, selamat! Anda baru saja membuat keputusan cerdas.

Setelah Anda memiliki analisis yang menunjukkan bahwa sebuah ide layak untuk diikuti, lanjutkan dengan membuat rencana bisnis.

Baca juga: Perluas Customer Insights demi Perkembangan Bisnis yang Pesat

Kembangkan Bisnis yang Sukses dengan Terralogiq

Sejak 2013, Terralogiq Integrasi Solusi telah memimpin perusahaan teknologi Indonesia yang menghadirkan solusi untuk Startup, Badan Usaha Milik Negara dan Swasta, serta badan dan lembaga Pemerintah.

Kami adalah perusahaan teknologi lokal terkemuka dan Google Cloud Premier Partner yang menyediakan Solusi Geospasial, Kecerdasan Lokasi, dan Mobilitas di Indonesia.

Dengan Terralogiq, Anda dapat memahami lebih dalam tentang pelanggan untuk melakukan market opportunity analysis.

Kami menawarkan solusi Geomarketing sehingga Anda dapat membuat profil klien yang sangat lengkap: siapa mereka, tingkat sosial ekonomi apa yang mereka miliki, di mana mereka tinggal, bagaimana mereka melakukan perjalanan untuk sampai ke bisnis Anda, kebiasaan membeli. 

Anda juga dapat menemukan pola perilaku berdasarkan kriteria tertentu yang akan membantu Anda menawarkan dengan tepat apa yang mereka cari.

Dalam hal membuka beberapa perusahaan di lokasi geografis yang berbeda, Geomarketing menyediakan serangkaian data dan informasi tentang kinerja ekonomi mereka dan pangsa pasar yang dicapai masing-masing perusahaan.

Anda juga bisa melakukan mengidentifikasi peluang bisnis baru dengan Geomarketing. Tertarik untuk menggunakan jasa Terralogiq? Kunjungi situs resmi kami di sini dan dapatkan informasi lebih lanjut.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article