Mari Mengenal Tentang Google Meet

20 Oktober 2021

Di tengah virus Covid-19 yang mewabah saat ini, sejumlah perkantoran dan sekolah sudah menerapkan kebijakan untuk bekerja dan belajar dari rumah. Semua aktivitas tatap muka, diganti menggunakan media dengan basis online untuk sementara waktu. Google Meet merupakan salah satu software atau aplikasi yang bisa dimanfaatkan atau digunakan untuk tetap produktif di dalam bekerja maupun belajar walaupun harus dilakukan di rumah saja. 

Google Meet

Baca juga: Fasilitas Chromebook untuk Siswa Lebih Baik Daripada Laptop Biasa

Dilansir dari Software Advice, software atau aplikasi ini adalah aplikasi konferensi percakapan video online. Aplikasi satu ini yakni versi Google Hangouts yang lain, di mana merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk bisnis dari berbagai ukuran. Aplikasi ini memungkinkan untuk penggunanya lakukan panggilan video bersama 30 pengguna yang lain setiap pertemuan. Dengan begitu, ini bisa menjadi media alternatif dalam melakukan sosialisasi dengan rekan kerja, siswa, guru, maupun teman sekolah, bahkan bisa untuk rapat kerja. 

Google Meet Adalah

Seperti yang disebutkan di atas, Gmeet merupakan aplikasi atau software video conference yang bisa digunakan lewat aplikasi ponsel pintar serta browser. Sebelumnya, aplikasi ini memiliki nama Hangouts. Aplikasi ini tawarkan fitur tanpa bayar alias gratis yang lebih baik serta lebih menarik jika dibandingkan aplikasi serupa lainnya. 

Cara Menggunakan Google Meet Melalui PC

Menggunakan Google Meet bisa melalui PC ataupun smartphone yang Anda miliki. Tentunya untuk bisa menggunakannya ada beberapa langkah yang perlu diketahui. Berikut adalah cara menggunakan Google Meet dari PC.  

  1. Buka Google Meet di browser yang ada di komputer atau PC. 
  2. Login ke akun Google yang dimiliki, pastikan jika email serta password benar. 
  3. Pilih New Meeting untuk mulai konferensi video yang baru. 
  4. Masukkan link atau kode meeting untuk Anda bisa bergabung ke dalam konferensi video yang telah ada, lalu pilih Join
  5. Lakukanlah pengaturan pada mikrofon dan kamera. Klik pengaturan di bawah layar konferensi video. 

Keunggulan-Keunggulan dari Google Meet

Gmeet adalah aplikasi video conference yang saat ini paling populer di dunia dengan 100 lebih peserta pertemuan atau rapat setiap harinya. Pastinya, itu karena aplikasi ini mempunyai beberapa keunggulan yang sangat membantu bagi orang-orang. Berikut adalah beberapa keunggulan Google Meet yang membuatnya menjadi populer, dilansir dari Dewaweb

1. Integrasi Akun Google

Google merupakan akun utama bagi Android sekarang ini, sedangkan Android yang beroperasi di seluruh mencapai 2,5 milliar. Pastinya integrasi akun Google akan membuat pengalaman user lebih meningkat di dalam memakai ekosistem berbagai aplikasi Android, salah satunya Gmeet. 

Integrasi ini akan memudahkan para penggunanya untuk jadwalkan pertemuan atau meeting pada Google Calendar, kirimkan link undangan lewat Gmail, simpan rekaman pertemuan pada Google Drive, serta masih banyak hal lain. 

2. Satu Klik untuk Daftar

Pemakaian akun Google yang menjadi satu-satunya cara login ke Gmeet pun memudahkan sekali pengguna di dalam daftarkan diri serta ikuti pertemuan atau meeting lewat aplikasi. Anda bisa untuk memakai Gmeet di dalam waktu yang kurang dari satu menit, asalnya Anda sudah punya akun Google. 

3. Interaksi yang Langsung serta Sederhana

Ketika Anda masuk pada aplikasi ataupun halaman web Gmeet, Anda akan melihat 2 menu, yaitu Mulai Rapat ataupun Gabung ke Meeting. Hal ini membuat orang-orang lebih mudah untuk mengerti bagaimana cara untuk memakai Gmeet. 

4. Aplikasi Ringan

Sederhananya atau simpelnya Google Meet akan memungkinkan untuk ukuran aplikasi serta waktu muat web yang benar-benar optimal. Ukuran di Android untuk aplikasi Gmeet sendiri adalah 55.37 MB, sedangkan aplikasi yang lain mencapai 100 MB lebih. Tentunya dengan ukuran yang ringan, Gmeet juga tidak akan membuat ponsel cepat penuh penyimpanannya. 

5. Akses Meeting Mudah

Gmeet pun memudahkan sekali pengguna di dalam akses aplikasinya, baik itu di komputer, PC, maupun di smartphone Android serta iOS. Terutama di komputer atau PC, Anda bahkan tak perlu untuk unduh aplikasi tambahan, sehingga memudahkan sekali Anda untuk undang teman bergabung ataupun Anda sendiri bergabung ke dalam ruang rapat secara cepat. 

Google Meet

Kelebihan Google Meet untuk Pembelajaran Secara Online

Gmeet selama ini mungkin lebih dikenal oleh para pelaku bisnis karena menjadi perangkat yang dipakai untuk melakukan video conference secara online. Namun selain itu, sebenarnya Google Meet pun bisa dipakai untuk membantu dalam proses pembelajaran secara virtual atau online. 

Baca juga: Apa itu Google for Education – Sistem transformasi sistem pendidikan di masa depan

Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, masih cukup banyak sekolah yang masih adakan kegiatan belajar dan mengajar melalui daring, tidak dengan tatap muka. Hasilnya banyak pengajar dan pelajar yang beralih memakai Gmeet sebagai kelas atau tempat pertemuan mereka. Lalu apa saja sebenarnya kelebihan dari Gmeet di dalam mendukung proses pembelajaran secara online?

  • Belajar Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja

Seperti apa yang sudah diketahui sebelumnya, layanan utama dari Gmeet merupakan panggilan video. Lewat layanan ini proses belajar-mengajar atau pembelajaran online bisa untuk dilaksanakan. Lalu dikarenakan Gmeet yang terhubung dengan internet untuk beroperasi, maka waktu dan jarak tidak menjadi masalah. Meskipun guru dan pelajar tengah ada di berbagai tempat yang berbeda, tetap saja bisa untuk melangsungkan aktivitas belajar serta mengajar dengan virtual. 

Selain itu, kelebihan yang lainnya adalah pembelajar secara online pun terasa lebih optimal, apabila Anda berlangganan Google Workspace. Dengan Anda berlangganan, Anda bisa untuk adakan kelas online bersama lebih dari 100 peserta, tergantung pada tipe langganan yang dipilih.

Anda pun bisa rekam dan simpan video pembelajaran online di akun Google Drive untuk membantu para siswa dalam belajar materi. Dengan simpan di Google Drive, Anda bisa untuk bagikan secara mudah pada para siswa.  

  • Terdapat Fitur yang Dukung Pembelajaran Secara Interaktif. 

Kelebihan Gmeet selanjutnya bisa membantu Anda di dalam langsungkan sesi pembelajaran secara efektif lewat berbagai fitur pendukungnya. Salah satu fiturnya adalah hand raising yang akan mungkinkan siswa untuk ‘angkat tangan’ dengan virtual jika mereka ingin untuk sampaikan sesuatu ataupun bertanya. Tak ketinggalan pula fitur papan tulis digital, yang mana bisa dipakai apabila siswa ingin tulis atau jelaskan hal tertentu. Dengan begitu, diskusi di dalam kelas pun jadi lebih interaktif dan efektif.

  • Kemudahan Moderator dalam Kontrol

Guru tidak hanya mempunyai tanggung jawab di dalam sampaikan materi pada siswa, tapi biasanya juga mempunyai peran untuk menjadi moderator di setiap kelas online. Tidak perlu bingung untuk itu, berbagai macam fitur serta kelebihan Gmeet akan mudahkan peran itu untuk Anda. Selama berlangsungnya kelas online, Anda sebagai moderator mempunyai hal untuk melakukan pin, mute, ataupun hapus peserta. Untuk minimalkan distraksi, Anda sebagai moderator pun bisa untuk nonaktifkan fitur chat di dalam video dan lakukan block pada peserta tanpa diundang yang muncul di dalam sesi kelas online.  

Gmeet tak hanya mempunyai peran penting pada aktivitas video conference pada sektor bisnis saat ini, tapi juga pada bidang pendidikan. Meskipun sekarang belum bisa untuk tatap muka langsung, tapi aktivitas pembelajaran tetap dapat untuk dilaksanakan secara virtual atau online dengan memakai Gmeet. 

Nah, supaya pembelajaran online maupun pertemuan bisnis bisa menjadi lebih maksimal, Anda tentunya harus perbaharui atau upgrade layanan Google Meet pada versi premiumnya, yaitu Google Workspace for Education. Apalagi sekarang ini panggilan video secara gratis pada Gmeet hanya terbatas sampai 60 menit. Namun, jika Anda menggunakan Gmeet premium, sesi kelas online ataupun meeting bisnis bisa berlangsung dengan lebih lama. 

Baca juga: Manfaat, Keunggulan, dan Fitur Google Classroom, Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh

Cara langganan pun sekarang ini mudah, Anda hanya perlu untuk hubungi jasa resmi produk Google yang ada di Indonesia, salah satunya Terralogiq. Terralogiq merupakan sebuah perusahaan teknologi lokal yang terkemuka serta mitra premium dari Google Cloud yang sediakan solusi geospasial, kecerdasan lokasi serta mobilitas di Indonesia. Terraloqiq saat ini mendukung proses belajar-mengajar atau proses pembelajaran dari rumah baik home learning maupun home schooling lewat teknologi dengan basis cloud. Google Cloud Platform pastikan berbagai aplikasi yang dipakai untuk proses belajar-mengajar mampu untuk cakup semua segmen pendidikan ataupun pelajar. Maka dari itu, Terralogiq pun sudah bermitra dengan berbagai lembaga pendidikan untuk sediakan instrumen home learning dengan lebih terjangkau dan tentunya sukses. Terralogiq bekerjasama dengan Google dalam membantu bisnis, bahkan sekarang pembelajaran online, untuk dapatkan keuntungan yang maksimum.  

Untuk mengetahui dan mendapat informasi lebih banyak mengenai layanan dan fitur Terralogiq, Anda bisa kunjungi terralogiq.com atau jadwalkan untuk berkonsultasi langsung bersama kami dengan mengisi form dibawah ini:

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments