Eksistensi Digital Perusahaan: Mulai Rasakan Manfaat Website bagi Perusahaan

20 April 2022

Memasuki masa transformasi digital, banyak perusahaan mulai memiliki websitenya sendiri. Website menjadi salah satu kebutuhan utama perusahaan untuk memberikan informasi terkait perusahaan hingga mendekatkan diri pada pelanggan dan mitra. Mungkin beberapa tahun lalu masih banyak pengusaha yang berpikir bahwa memiliki website adalah sesuatu yang mahal. Tapi sejak masuk masa pandemi dan kegiatan online menjadi hal yang dilakukan banyak orang, mulai banyak pengusaha yang sadar manfaat website bagi perusahaan. 

Jika Anda melihat bisnis ritel baju misalnya, hampir semuanya memiliki website masing-masing dimana pelanggan bisa mendapatkan informasi terbaru seperti promo, melakukan kegiatan jual-beli, berinteraksi langsung dengan admin, dan sebagainya. Sekarang pun banyak konsultan IT yang menyediakan jasa pembuatan website sesuai dengan anggaran perusahaan dan lini bisnis yang dijalankan. 

Eksistensi Digital Perusahaan: Mulai Rasakan Manfaat Website bagi Perusahaan

Menggunakan website perusahaan berpotensi lebih mudah dalam mengatur manajemen internal dan eksternal. Misalkan seperti JNE, salah satu perusahaan jasa pengiriman di Indonesia. Bersama Terralogiq, JNE membuat sistem manajemen agar lebih terstruktur dengan membuat aplikasi internal dan website yang terdiri dari Dashboard dan CMS (Content Management System)

Apakah Anda semakin tertarik untuk memiliki website sendiri bagi perusahaan Anda? Untuk mengurangi keraguan Anda dalam membuat website khusus perusahaan, mari simak berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat website perusahaan.

Baca juga: Definisi, Manfaat dan Rekomendasi Cloud Hosting

Apa saja Manfaat Website bagi Perusahaan?

Membuat website adalah cara inovatif bagi Anda dan perusahaan untuk mengikuti perkembangan zaman dan mulai membuat eksistensi digital. Bukan hanya perusahaan besar, banyak UKM sekarang sudah memiliki website sendiri dan terbukti dapat menggaet pelanggan. Pembuatan website memungkinkan perusahaan Anda mengembangkan ekosistem digital perusahaan sehingga lebih terintegrasi, bahkan memangkas biaya operasional dan layanan. Berikut manfaat-manfaat yang dapat Anda rasakan ketika membuat website perusahaan. 

1. Meningkatkan Visibilitas dan Kredibilitas Perusahaan

Zaman ini banyak masyarakat berpatokan dengan informasi dari internet. Dengan bergulirnya informasi digital secara cepat dan masif, membuat website dapat menjadi solusi untuk membuat perusahaan Anda lebih mudah ditemukan, apalagi banyak masyarakat beranggapan bahwa perusahaan yang memiliki website lebih kredibel. 

Selain itu, perusahaan Anda bisa mempertahankan eksistensi digital serta meningkatkan kepercayaan pelanggan atau calon customer atau mitra. Tidak jarang banyak calon mitra atau pengguna yang mencari website perusahaan untuk melihat latar belakang, visi misi, projek, dan informasi lainnya. 

2. Menjadi Media Informasi Lengkap tentang Perusahaan

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, website dapat menjadi penyedia informasi lengkap dan akurat bagi pelanggan atau mitra Anda. Anda dapat menggunakannya sebagai company profile, mulai dari memberikan informasi tentang sejarah perusahaan, cabang perusahaan, visi misi, karir, layanan, hingga data-data khusus yang relevan dengan bisnis Anda. Juga memberikan informasi ketika ada yang ingin mengetahui lebih lanjut Anda dapat mengarahkannya ke website perusahaan. 

Website juga dapat menjadi sarana publikasi resmi perusahaan Anda, misalkan mengadakan acara, atau artikel terkait produk baru, event yang diadakan, berita penting, dan sebagainya. Semakin menarik website perusahaan Anda, semakin banyak traffic pengunjung di website yang dapat membuat website Anda muncul di fitur pencarian. 

3. Meningkatkan Kualitas Layanan Perusahaan Terhadap Pelanggan

Mungkin perusahaan Anda bergerak di bidang bisnis yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Website dapat menjadi perantara bagi Anda dan pelanggan untuk lebih dekat terhubung. Banyak website perusahaan sekarang memberikan fitur formulir atau Live Chat dengan Customer Service. Fitur ini umumnya memungkinan pelanggan berbicara langsung dengan customer service, atau bahkan terhubung ke sistem yang dapat memberikan jawaban akurat terhadap keluhan pelanggan. Tentu hal ini akan memudahkan perusahaan, dan dengan begitu, pelanggan akan merasa terlayani dan puas karena mendapatkan banyak opsi untuk menghubungi perusahaan Anda. Naiknya kepuasan pelanggan akan berdampak pada eksistensi digital perusahaan Anda yang tentu saja berpotensi meningkatkan profit perusahaan. 

4. Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis menjadi kunci utama perusahaan dapat berjalan dengan baik. Selain membuat website untuk kebutuhan eksternal perusahaan (berhubungan dengan pelanggan atau mitra), Anda juga dapat membuat website untuk kebutuhan internal, seperti membuat Executive Dashboard, CMS (Content Management System), dan Mobile Apps yang dapat menunjang kebutuhan ekosistem digital perusahaan Anda. 

Menurut Accurate, CMS adalah program untuk mengubah, mengelola, dan mempublikasikan suatu konten website, dengan begitu para pekerja dapat saling berkolaborasi dalam mengelola website. Apalagi jika perusahaan Anda memiliki berbagai cabang, dengan menghadirkan CMS untuk perusahaan, sinkronisasi data akan lebih mudah dilakukan dan integrasi antar cabang dan pekerja dapat dilakukan. 

Sedangkan Executive Dashboard diantaranya dapat digunakan untuk menampilkan laporan, pemberitahuan pada waktu nyata (real-time), menampilkan laporan statistik, grafik tren tentang kondisi aset, menampilkan data CCTV, dan kegunaan lainnya. Anda juga dapat menghubungkan dengan beragam jenis Cloud dan sistem pengaman, salah satunya Google.

Baca juga: Mengenal Apa itu Google Cloud dan Ragam Fungsinya

5. Integrasi Data

Seperti disebutkan dalam poin sebelumnya, salah satu fungsi utama website dapat menjadi alat integrasi perusahaan. Contohnya, seperti bisnis yang bekerja di bidang pembangunan. Melalui website atau aplikasi perusahaan, pekerja perusahaan dapat melakukan laporan secara real-time. Misalnya dari lapangan ke Headquarter, sehingga data tersebut dapat segera digunakan untuk analisis dan perencanaan, sehingga memangkas waktu kerja.

Apa saja Manfaat Website bagi Perusahaan?

6. Dibuat dan Di Update sesuai Kebutuhan

Mungkin ketika membuat website pertama kali, karena perusahaan menyesuaikan anggaran, Anda belum dapat memenuhi sepenuhnya fitur yang ingin perusahaan Anda masukkan. Tapi dengan sudah memiliki tahap website awal itu sendiri merupakan langkah awal yang baik. Anda dapat terus memperbaharuinya sesuai kebutuhan dan mengikuti perkembangan zaman, bahkan membuat platform lain seperti aplikasi khusus perusahaan Anda. 

7. Mengetahui Persona Market 

Jika dulu banyak perusahaan untuk mengetahui persona market perlu melakukannya secara manual, sekarang dengan membuat website, perusahaan dapat dengan mudah menghubungkannya ke berbagai jenis alat analitikal, salah satunya Google Analytics. Google Analytics menyediakan berbagai fitur untuk mengetahui data lokasi pengakses website, perkiraan umur, jenis kelamin dan bahkan bisa setting konversi. Hal ini akan membantu untuk memangkas proses dalam mengetahui persona market, sehingga perusahaan bisa fokus pada customer ideal bagi perusahaan.

Anda dapat lebih mudah memetakan persona dan melakukan strategi untuk meningkatkan profit perusahaan, karena website memberi peluang bagi Anda membuat pasar seluas-luasnya. Bahkan hingga ke ranah internasional, mungkin dimulai dengan memasuki pasar ASEAN.

8. Memangkas Biaya Layanan dan Operasional

Jika Anda adalah perusahaan yang bergerak di bisnis Online seperti menjual barang dan jasa, memiliki website dapat menjadi solusi untuk memangkas biaya operasional. Anda bahkan dapat dengan nyaman menerapkan sistem kerja Work from Home karena semua data sudah terintegrasi melalui website perusahaan Anda. 

Sedangkan untuk pelayanan pada pelanggan, mungkin Anda sudah memasukkan perusahaan ke website ketiga seperti marketplace. Dengan membuat website perusahaan sendiri, Anda bisa lebih bebas dalam mengatur flow penjualan, serta kemungkinan untuk mengembangkan website Anda dengan fitur yang lebih luas sesuai kebutuhan perusahaan. 

9. Dapat dibuat dengan berbagai Template

Sekarang banyak website yang menyediakan template untuk membuat website perusahaan Anda, seperti WordPress, Wix, Joomla, dan sebagainya. Anda dapat dengan mudah mengatur layout, konten, dan fitur lainnya sesuai kebutuhan website perusahaan Anda tanpa harus mengerti cara melakukan coding. 

Selain website penyedia template, ada cara lain yang praktis yaitu bekerjasama dengan berbagai konsultan IT, salah satunya Terralogiq. Dengan tim riset dan pengembangan dari konsultan IT, Anda cukup menyerahkan kriteria website yang ingin Anda miliki serta menyesuaikannya dengan anggaran dari perusahaan Anda. Banyak perusahaan dengan beragam lini bisnis seperti ritel, telekomunikasi, farmasi dan pelayanan kesehatan, dan lainnya sudah membuat website. 

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Kelebihan Google Cloud Hosting, Partner Bisnis di Era Digital

Cara Membuat Website

Itu dia beberapa manfaat website bagi perusahaan. Membuat website sudah menjadi hal lazim bagi perusahaan zaman sekarang, apalagi yang banyak melakukan kegiatan online atau ingin memulai eksistensi digital. Membuat website perusahaan dapat memangkas biaya operasional perusahaan jika dilakukan dan dimanfaatkan dengan efektif. Semakin berminat untuk mengetahui lebih lanjut cara pengembangan website perusahan yang dapat disesuaikan sesuai anggaran perusahaan Anda?

Banyak cara membuat website perusahaan, salah satunya bekerja sama dengan konsultan IT. Terralogiq sebagai Premier Google Partner di Indonesia dapat menjadi partner Anda dalam membuat website dan aplikasi, dengan kemampuan menyediakan website yang sudah terintegrasi dengan beragam program Google. Berbagai projek dan studi kasus pernah dilakukan oleh Terralogiq, selain pembuatan website JNE, ada pula Yakult, Bank BRI, dan berbagai jenis perusahaan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut Anda dapat segera terhubung dengan tim Terralogiq melalui halaman berikut.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments