Simak 5 Manfaat TIK dalam Bidang Pendidikan

1 April 2022

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah merevolusi setiap aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Anak-anak telah tumbuh di dunia yang dikelilingi oleh internet. 

Dengan semakin banyak orang masuk ke media online, penting bagi dunia pendidikan untuk menggunakan internet dalam proses belajar mengajar. Internet memiliki potensi untuk membuat proses pendidikan menjadi lebih mudah dan berkembang dalam banyak hal. 

Simak 5 Manfaat TIK dalam Bidang Pendidikan

Apa Saja Manfaat TIK dalam Dunia Pendidikan?

Pengajar tentunya ingin mendukung kinerja murid, dan TIK dapat membantu mereka mencapai tujuan ini. Lembaga pendidikan harus membantu pengajar mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi murid melalui teknologi. 

Selain itu, TIK di kelas harus memudahkan pengajar tanpa menambah menambah pekerjaan mereka.

Berikut adalah beberapa manfaat TIK bagi bidang pendidikan.

1. Mendukung Kolaborasi dan Komunikasi

TIK dapat mendorong kolaborasi dalam pendidikan. Tidak hanya pengajar yang bisa terlibat dengan murid selama pelajaran, tetapi murid juga dapat berkomunikasi satu sama lain. 

Partisipasi yang Aktif

Melalui kegiatan kolaboratif online, murid dapat berbagi pemikiran, ide, dan saling mendukung. Pada saat yang sama, teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan interaksi one-on-one dengan pengajar. Murid dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan komentar terkait kelas. Selain itu, mereka bisa mencari bantuan tambahan tentang materi yang sulit dipahami. 

Di rumah, murid dapat mengunggah pekerjaan rumah mereka melalui e-learning, dan pengajar dapat mengakses serta melihat tugas yang telah diselesaikan menggunakan komputer mereka.

Baca juga: Fasilitas Chromebook untuk Siswa Lebih Baik Daripada Laptop Biasa

2. Kegiatan Belajar yang Dipersonalisasi

TIK memungkinkan akses 24/7 ke sumber daya pendidikan tanpa harus ke sekolah. Pembelajaran dapat berlangsung sepenuhnya secara online melalui komputer atau perangkat lainnya.

Versi pembelajaran hybrid juga bisa menggabungkan penggunaan internet dari mana saja dengan sesi pembelajaran tatap muka reguler. Dalam kedua skenario ini,  perencanaan belajar setiap murid dapat terjadi berkat penggunaan teknologi. Pendidik juga dapat membuat bahan ajaran berdasarkan minat dan kekuatan murid. 

Belajar Sesuai Kebutuhan Murid

Siswa dapat belajar dengan kecepatan mereka sendiri. Ketika mereka ingin meninjau kembali materi, mereka hanya perlu mengakses video yang ada dalam sistem e-learning. Semua ini tentunya mudah diakses mereka.

Data yang dihasilkan melalui aktivitas online ini memungkinkan pengajar untuk melihat murid mana yang kesulitan dengan mata pelajaran tertentu dan menawarkan bantuan tambahan.

3. Meningkatkan Rasa Keingintahuan dengan Konten yang Menarik

Berdasarkan hasil penelitian Perspectives on Psychological Science, rasa ingin tahu yang tinggi dapat memicu kesuksesan akademi. Oleh karena itu, pengajar perlu membuat konten yang menarik dan mendidik agar bisa memicu rasa ingin tahu pada muridnya 

Rasa ingin tahu akan membantu murid mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang matematika dan konsep membaca. Dalam membuat konten, pendidik dapat melibatkan pemakaian video, atau podcast. 

4. Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Guru / Pengajar

Pengajar dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung produktivitas. Mereka bisa menerapkan teknologi yang berguna untuk memperluas kesempatan belajar bagi murid, serta meningkatkan dukungan dan keterlibatan mereka. 

Otomatisasi dalam Pengajaran

Selain itu, teknologi dan internet juga memungkinkan otomatisasi. Misalnya, pendidik dapat mengunggah bahan belajar ke dalam e-learning. Dulu, pengajar harus melakukan penjelasan satu per satu di tiap kelas, sekarang ia hanya perlu membuat satu video pembelajaran dan membagikannya ke semua peserta didik.

Apa Saja Manfaat TIK dalam Dunia Pendidikan?

Baca juga: Manfaat, Keunggulan, dan Fitur Google Classroom, Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh

5. Mendukung Keterampilan Digital untuk Masa Depan

Menggunakan teknologi informasi di seluruh kurikulum dapat membantu siswa untuk memahami pada tingkat yang lebih dalam bagaimana menggunakan teknologi dengan tepat. 

Misalnya, dalam topik penelitian, pelajar dapat mengakses informasi dengan penggunaan mesin pencari. Dengan demikian, mereka dapat mempelajari plagiarisme dan pelanggaran hak cipta dalam mempelajari hasil penelitian orang.

Keterampilan Digital di Tempat Kerja

Lebih dari 89% pendidik percaya bahwa teknologi harus ada dalam bidang pendidikan karena ini merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Hal ini masuk akal karena teknologi informasi dalam pendidikan dapat membantu memajukan dan mempromosikan keterampilan digital yang bernilai di tempat kerja nanti. 

Siswa dapat mempelajari soft skill yang berguna seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis. Mereka juga dapat mengembangkan kepercayaan diri dalam membuat dokumen pengolah kata atau perangkat lunak basis data. Dengan menggunakan teknologi di seluruh kurikulum, siswa lebih siap untuk memasuki tempat kerja yang semakin bergantung pada teknologi informasi.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan

Tidak hanya memiliki banyak manfaat, pemakaian aplikasi dalam bidang pendidikan juga diperlukan dalam momen ini. Dengan adanya hal ini, proses pendidikan dapat menjadi lebih mudah.Pendidik hanya perlu menyiapkan video pembelajaran serta ruang diskusi, sedangkan, murid bisa mengaksesnya kapan pun. 

Google Workspace for Education sebagai Fasilitas Belajar Mengajar

Salah satu aplikasi yang bisa mendukung pembelajaran atau PJJ adalah Google Suite for Education. Google sudah mencakup semua produk yang dibutuhkan oleh pengajar dan pelajar, seperti Classroom, Meet, Gmail, Kalender, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan banyak lagi.

Selain menawarkan berbagai fitur, Google juga mudah digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan institusi di seluruh dunia, mulai dari TK hingga Universitas. 

Jika Anda mencari penyedia layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk bidang pendidikan, Anda bisa menggunakan Google Workspace for Education dari Terralogiq. Google Premier Partner ini menawarkan berbagai paket yang mendukung proses pembelajaran. Dengan Terralogiq, Anda bisa mengontrol seluruh proses kegiatan belajar, memudahkan komunikasi, dan masih banyak lagi.

Jadi, sudah terbukti bahwa Google Workspace for Education adalah fasilitas luar biasa yang akan mendukung kemajuan siswa dan pengajar. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Google Workspace for Education untuk pendidik, Terralogiq dapat membantu Anda, hubungi tim kami di sini untuk mempelajari layanan pendidikan TIK yang tepat untuk institusi Anda!

Baca juga: Google For Education, Transformasi Sistem Pendidikan Di Masa Depan

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments