Manfaat Google Maps Platform untuk Dukungan Bisnis

Manfaat Google Maps Platform untuk Dukungan Bisnis

10 Mei 2021

Mobilitas masyarakat yang semakin padat dan dituntut untuk selalu cepat namun tepat menjadikan perkembangan teknologi sebagai penunjang aktivitas tersebut salah satunya adalah memaksimalkan manfaat Google Maps Platform.

Google Maps Platform merupakan fitur dari Google yang berupa peta online, aplikasi peta ini semakin populer karena bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dan multi platform, baik di aplikasi mobile android dan iOS serta bisa juga digunakan pada platform web.

Penggunaan pada aktifitas sehari-hari

Maraknya aktivitas kegiatan masyarakat yang kebanyakan bisa dikerjakan pada semua smartphone, salah satu contohnya transportasi online yang dapat di integrasikan dengan Google Maps, yang dapat memberikan manfaat untuk memberikan informasi untuk mencari tempat, menemukan alamat serta arah navigasi.

Selain itu manfaat Google Maps Platform juga dapat digunakan untuk tracking lokasi aktifitas pengguna, mampu menampilkan informasi lalu lintas dan tempat publik yang sangat lengkap dan akurat karena didukung oleh tangkapan citra layer satelit, pemanfaatan sensor dan GPS dari perangkat ponsel pintar hingga kontribusi pengguna melalui platform Google Local Guides dan Google My Business

Dengan pemanfaatan keunggulan dari Google Maps Platform tersebut dapat membantu usaha dan bisnis berbagai industri, salah satu contoh nya adalah dengan Places Detail untuk menampilkan informasi penting bisnis seperti nama, alamat, titik koordinat lokasi, foto, nomor kontak, jam layanan bahkan testimoni dan rating pengguna.

Strategi bisnis dengan mengedepankan kepercayaan adalah hal yang sangat penting, dengan menambahkan direktori bisnis atau store locator lengkap di atas Google Maps adalah salah satu manfaat Google My Business.

Sekilas tentang Google Maps

Google Maps Platform adalah antarmuka peta kanvas untuk keterlibatan pelanggan, perencanaan bisnis, dan peningkatan produktivitas. Antarmuka pemrograman Aplikasi Google Maps (API) membawa layanan berbasis lokasi transformasional ke kehidupan. Salah satu manfaat Google Maps Platform adalah dapat menanamkan produk Google Maps ini di situs web perusahaan dan menentukan titik tertentu dengan mudah. Google Maps juga memang memiliki Route Planner, dan ini menciptakan petunjuk arah mengemudi ke beberapa lokasi. Pengguna dapat membuat peta dan petunjuk arah ke banyak lokasi.

Google menawarkan berbagai opsi peta dari dua dimensi: satelit, hibrida, medan, hingga petunjuk arah mengemudi. Google Maps Platform cocok untuk semua sektor industri dan semua ukuran bisnis mulai dari UKM hingga Enterprise.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna Google Maps, hal ini dapat membuka kemungkinan bagi bisnis untuk terhubung dengan pengguna yang sangat besar, dan dari Google Maps Platform siap melayani semua kebutuhan tersebut. 

Baca Juga: Lebih dari 250 Negara dicakup layanan Google Maps Platform

Data pengguna dari Google My Business memberikan informasi yang dapat diperbaharui dan komprehensif, memungkinkan Google Maps Platform menampilkan informasi bisnis secara lebih relevan kepada pengguna dan mendorong brand awareness yang dapat menghasilkan konversi. 

manfaat google maps platform api
Source: https://unsplash.com/photos/FlPc9_VocJ4 (@johnschno)

Selain manfaat Google Maps Platform dari fitur-fiturnya tersebut, dengan integrasi Google Maps juga memiliki keuntungan sebagai berikut:

1. Membantu orang menemukan bisnis

Lebih dari 30% pencarian di aplikasi baik mobile ataupun website berbasis lokasi, artinya manfaat Google Maps sebagai pendorong penting lalu lintas pencarian.

Google Maps yang bertindak sebagai mesin pencari untuk menemukan bisnis yang dicari pengguna, dan kemudian sebagai peta untuk mengarahkan pengguna ke lokasi itu.

Kemampuan pencarian lokal memungkinkan Google Maps Platform memasang pin atau marker dan mencantumkan bisnis yang terkait dengan pencarian pengguna. 

Pengguna kemudian dapat dengan mudah melihat opsi sebelum membuat keputusan untuk mengunjungi atau menghubungi bisnis, yang disederhanakan menjadi salah satu manfaat Google Maps yang pastinya menguntungkan bisnis dalam laman pencarian. 

2. Mempercepat membuat keputusan

Google Maps terkenal kaya akan data yang berasal dari Google My Business berupa informasi Places Details

Hal ini memberikan informasi indeks komprehensif yang mencakup informasi penting mengenai perusahaan yang memungkinkan pengunjung atau pengguna menghubungi bisnis dengan cepat. Sebagai contoh pengoptimalan rute peta menggunakan Google Maps dan alat navigasi rute lainnya dapat membantu Anda merencanakan rute dasar secara efisien. Pemanfaatan data lokasi diantaranya bisa dilakukan dengan penerapan kecerdasan lokasi dan konsep Geomarketing

Baca juga: Info Google Maps Platform Mengenai Location Intelligence

3. Meningkatkan kredibilitas dari bisnis

Tidak ada yang bisa membangun kepercayaan suatu produk dari Google Maps itu sendiri, salah satu yang bisa dilakukan adalah mendapat konfirmasi dari orang lain dan cara paling sukses untuk melakukannya adalah dengan mendapat ulasan serta penilaian (rating) dari pengguna. 

Google Maps Platform mengakomodir untuk para pelanggan dapat terhubung dengan bisnis dan dapat memberikan ulasan lengkap sehingga pengguna lain mendapat rekomendasi, serta dapat mengambil keputusan yang tepat. Anda juga bisa berkontribusi kepada suatu bisnis dengan memberinya rating dan ulasan di akun Google My Business nya.

4. Mengoptimalisasikan biaya

Saat menjalankan operasi logistik yang kompleks untuk bisnis sebagai contoh, sejumlah faktor penting lainnya harus dipertimbangkan. Anda memerlukan solusi cerdas yang dapat mengotomatiskan aktivitas logistik dari ujung ke ujung, menghemat biaya, dan mengurangi ketergantungan manusia.

Untuk industri logistik langkah itu bisa dilakukan dengan pemanfaatan dari Google Maps Platform untuk menghitung biaya operasional dapat dipertimbangkan. Dengan mengimplementasi dalam aplikasi untuk menentukan rute terbaik dan jarak tempuh tercepat yang akan dikunjungi. Hal tersebut dapat digunakan untuk mengetahui berapa perhitungan biaya yang diperlukan selama proses pengiriman. Bisnis di berbagai industri seperti ritel, FMCG, 3PL, dan e-Commerce kini menerapkan solusi perutean cerdas dan pelacakan armada, untuk mengoptimalisasi bisnis mereka.

5. Membantu research process

Hampir sekitar 82% konsumen menyatakan akan melihat secara online tempat yang ingin didatanginya sebelum mereka datang secara langsung ke tokonya. Berapa alasannya adalah untuk melihat seperti apa situasi dan tempatnya secara real, apakah tempat itu sesuai dengan harapan konsumen, dan rincian lain yang diperlukan secara keseluruhan.  

Tampilan jalan dari Google Maps yang juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan sebuah virtual tour, maka dari itu bisnis terutama offline harus sangat menampilkan yang terbaik. 

Google Maps tidak hanya membantu pelanggan dalam menemukan informasi tentang bisnis namun secara tidak langsung bisa meningkatkan kualitas bisnis.

Selain itu dengan pemanfaatan Google Maps yang juga dapat dijadikan sebagai acuan salah satu analisa, misalnya untuk marketing campaign, potential market, dan ekspansi (pelebaran bisnis).

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Google Maps Platform untuk dukungan bisnis. Terralogiq sebagai yang pertama dan satu-satunya Google Maps Premier Partner di Indonesia bertujuan membantu bisnis Anda untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis dengan mengintegrasikan Google Maps Platform serta menyederhanakan penerapan Google Maps API dan SDK.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengimplementasikan Google Maps Platform APIs untuk solusi bisnis, aplikasi atau membutuhkan dukungan teknis dan informasi lainnya mengenai Google Maps Platform. Hubungi kami segera melalui email di halo@terralogiq.com 

Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah membaca artikel kali ini, tunggu update terbaru pada artikel selanjutnya yaa..

Author Profile

Sada

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments