6 Manfaat Menggunakan Google Maps Platform untuk Bisnis

6 Manfaat Menggunakan Google Maps Platform untuk Bisnis

19 Februari 2021

Tidak hanya berfungsi sebagai alat penunjuk peta atau rute, fitur yang dihadirkan di aplikasi Google Maps bisa melakukan lebih dari itu. Salah satunya adalah untuk mengembangkan bisnis melalui fitur Google My Business. Jangan heran jika ada banyak manfaat menggunakan Google Maps Platform untuk bisnis.

Google My Business untuk Optimasi Bisnis

Saat Anda mengetik nama toko online di laman pencarian Google, biasanya akan muncul detail informasi yang cukup lengkap. Mulai dari alamat lokasi, peta lokasi, situs website, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi, hingga gambar atau foto yang merepresentasikan toko tersebut. 

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana detail tersebut bisa langsung muncul saat mengetik kata kunci di laman pencarian. Itu semua bisa terjadi jika toko tersebut menggunakan Google My Business untuk mengoptimalkan toko atau bisnis yang dimiliki. 

Google Bisnisku merupakan fitur gratis dari Google yang mudah digunakan oleh para pebisnis untuk mengelola toko mereka agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Toko atau bisnis yang sudah muncul di Google pun sudah terverfikasi dan di-review oleh Google saat melakukan pendaftaran. 

Simak juga artikel berikut: Implementasi Google Maps Platform untuk Bisnis yang Menjanjikan

6 Manfaat Google Maps Platform untuk Bisnis
source: searchengineland.com

Manfaat Google Maps Untuk Bisnis

Dengan menggunakan Google Maps untuk keperluan bisnis, Anda akan semakin mudah mengoptimalkan pemasaran dengan budget seminim mungkin. Apa saja manfaat menggunakan Google Maps platform untuk bisnis?

1. Mengelola Informasi

Google adalah tempat tujuan para pencari informasi untuk menemukan apa yang sedang mereka cari dan butuhkan, termasuk dalam mencari toko online yang mereka inginkan. Sehingga penting bagi pebisnis untuk menyediakan informasi tersebut agar kredibilitas di mata konsumen meningkat.  

Informasi-informasi seperti detail alamat lokasi yang lengkap, kontak yang bisa dihubungi, situs website, deskripsi bisnis, hingga foto-foto toko dan produk dapat dihadirkan di Google Maps. Jika sudah muncul di Google Maps, reputasi toko Anda akan dianggap bagus oleh para pelanggan. 

2. Memperluas Keberadaan Bisnis

Ketika seorang pebisnis hanya mengandalkan pemasaran melalui offline, maka hanya orang-orang di sekitar tempat itu yang lalu lalang saja yang tahu akan toko atau bisnis Anda. Berbeda jika dipasarkan secara online, keberadaan bisnis Anda akan diketahui oleh orang lain di luar daerah. 

Dengan demikian, target pasar Anda pun akan semakin luas dan meningkat. Apalagi jika dicantumkan detail yang jelas mulai dari alamat serta kontak yang dihubungi. Jika calon konsumen sudah tertarik, mereka pun tak akan segan untuk melakukan pembelian secara online. 

3. Berinteraksi dengan para Pelanggan

Menunjukkan gambar foto atau video toko akan semakin meningkatkan kredibilitas dan reputasi bisnis Anda. Artinya bisnis Anda tidak main-main dan memang ada. Apalagi Google akan benar-benar meninjau ulang dan melakukan verifikasi ke semua pendaftar. 

Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk berinteraksi bersama para pelanggan melalui ulasan-ulasan atau pertanyaan yang mereka lontarkan di Google Maps. Ulasan yang bagus akan semakin meningkatkan citra positif bisnis, dan orang lain pun akan tertarik untuk menggunakan produk Anda. 

4. Dapat Menganalisa Klien

Database yang lengkap akan menjadi salah satu aset sumber yang berharga bagi perusahaan. Dengan adanya data tersebut, pebisnis dapat menganalisa perilaku konsumen mereka sehingga bisa melakukan perencanaan ke depan dengan meningkatkan strategi pemasaran atau inovasi produk. 

Melalui Google Bisnisku, Anda dapat melihat performa bisnis dan membandingkannya dengan bisnis lain karena tersedia fitur ‘insight’ yang bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut. Anda bisa melihat berapa banyak pelanggan yang menemukan toko hingga mengetahui darimana mereka berasal. 

5. Mendapatkan Promosi Gratis 

Untuk mendapatkan awareness di mata pelanggan, bisnis yang ingin berkembang akan melakukan iklan agar lebih banyak orang lain yang tahu tentang toko atau bisnis tersebut. Tentu saja untuk melakukannya Anda harus mengeluarkan budget lebih agar promosinya maksimal. 

Dengan hanya mendaftarkan toko Anda di Google My Business, promosi gratis dengan hasil maksimal pun bisa didapatkan. Kuncinya Anda harus mencantumkan data informasi lengkap yang dibutuhkan pelanggan, interaktif dengan mereka, serta mencantumkan kata kunci yang tepat. 

6. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Entri data dari Google My Business akan digunakan oleh laman pencarian untuk memunculkan data suatu toko atau bisnis ke halaman pencarian saat pengguna mengetik kata kunci yang berkaitan. Panel visibilitas biasanya akan diberikan di bagian atas halaman pencarian.

Nah, panel ini terdiri dari 3 bisnis lokal dan informasi mereka yang berhubungan dengan kta kunci yang diketik. Jika toko atau bisnis Anda sudah terdaftar di Google My Business, maka akan lebih mudah muncul di halaman paling atas saat pengguna mengetik keyword yang berkaitan. 

Cara Mendaftar Google My Business

Melihat begitu banyaknya peluang untuk optimasi secara maksimal melalui Google My Business, sudah saatnya Anda mendaftarkan toko atau bisnis ke aplikasi Google Maps ini. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk mendaftar Google My Business, yaitu:

  • Buat akun Google terlebih dahulu
  • Kunjungi halaman Google My Business melalui situs https://www.google.co.id/intl/id/business/ 
  • Klik menu Start Now/Mulai Sekarang
  • Anda akan diarahkan ke halaman login akun gmail
  • Lakukan login terlebih dahulu
  • Masukkan alamat email dan password
  • Isi formulir data bisnis yang diperlukan
  • Klik menu Next/Berikutnya
  • Isi alamat bisnis
  • Jika ingin menyembunyikan, centang Sembunyikan Alamat Saya
  • Pilih dan klik Saya Mengirim Barang dan Jasa ke pelanggan saya
  • Isi form data yang berhubungan dengan jasa kirim barang
  • Klik Berikutnya/Next
  • Pilih opsi Kategori Bisnis
  • Pilihlah opsi yang sesuai dengan bisnis Anda
  • Klik Berikutnya/Next
  • Isi form detail tentang kontak yang bisa dihubungi
  • Data seperti nomor telepon dan situs website sifatnya opsional/tidak wajib
  • Verifikasi dengan mengklik Lanjutkan/Selesai
  • Pilih opsi verifikasi apakah melalui email atau surat fisik
  • Tunggu hingga email masuk atau surat fisik sampai ke alamat Anda
  • Masukkan kode yang dicantumkan di dalam surat
  • Tunggu beberapa waktu hingga toko atau bisnis Anda ditampilkan

Bukan tidak mungkin fitur-fitur pada aplikasi Google Maps akan semakin ditingkatkan lagi khususnya untuk optimasi bisnis Anda. Tentu hal ini akan lebih menguntungkan karena Anda bisa memperluas target market yang nantinya dapat berpengaruh pada omzet penjualan. 

Mengetahui manfaat menggunakan Google Maps Platform untuk bisnis di atas, menjadi bukti bahwa perkembangan teknologi yang pesat sangat mungkin untuk dimanfaatkan demi bisnis. 

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments