Manfaat EdTech dalam Kegiatan Pembelajaran Selama Masa Pandemi

14 Juni 2022

Pandemi COVID-19 tidak hanya mempengaruhi lingkungan kantor yang dialihkan menjadi WFH (Work From Home), tetapi juga mempengaruhi lingkungan pendidikan, dimana kegiatan pembelajaran dialihkan menjadi daring. Namun kenyataannya, menurut Kemdikbud, teknologi digital dalam pendidikan masih menjadi salah satu isu utama dalam penyelenggaraan pembelajaran daring. 

EdTech sendiri telah menjadi kunci dalam menjaga keberlangsungan pembelajaran meskipun sekolah mengalami lockdown. EdTech membuka peluang baru untuk memberikan pendidikan dalam skala besar dan dengan cara yang fresh dan kreatif. 

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan EdTech? Simak artikel ini untuk mengetahui pengertian EdTech dan keuntungan yang dibawanya. 

Manfaat EdTech dalam Kegiatan Pembelajaran Selama Masa Pandemi

Apa itu EdTech?

Ruang kelas pada masa ini sudah bergerak melampaui komputer desktop berkembang menjadi teknologi tablet, kursus online interaktif, dan bahkan robot yang dapat mencatat dan merekam kuliah. Alat-alat atau perangkat ini adalah bentuk praktik EdTech. 

EdTech atau singkatan dari Education Technology merupakan kombinasi dari edukasi dan teknologi (Education Technology). Istilah EdTech mengacu pada implementasi teknologi baru di dalam kelas.

Teknologi ini melibatkan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk meningkatkan pembelajaran yang dipimpin guru di kelas dan meningkatkan hasil pendidikan siswa. 

Berdasarkan tujuannya, EdTech dapat berupa berbagai bentuk di dalam atau di luar kelas. Misalnya, aplikasi dan game pendidikan, podcast, sistem manajemen pembelajaran, perangkat lunak video conferencing seperti Google Meet, dan forum diskusi online. Platform media sosial juga merupakan salah satu contoh EdTech, dimana mereka juga dapat digunakan untuk melayani tujuan pendidikan, misalnya grup khusus kursus di Facebook. 

Manfaat EdTech bagi Siswa

Ketika digunakan dengan tepat, EdTech dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, mudah diingat dan diakses. EdTech dapat mengarah pada keterlibatan siswa yang lebih baik, serta meningkatkan kesiapan siswa dalam berkarir.

Berikut adalah beberapa manfaat dari aplikasi EdTech untuk siswa. 

1. Membalik ruang kelas

Perangkat EdTech membalik gagasan tradisional tentang ruang kelas dan pendidikan. Secara tradisional, siswa harus mendengarkan ceramah atau membaca di kelas, lalu mengerjakan proyek dan pekerjaan rumah di rumah. 

Dengan perangkat EdTech, seperti kuliah video dan aplikasi pembelajaran, siswa sekarang dapat menonton pelajaran di rumah dengan kecepatan mereka sendiri, menggunakan waktu kelas untuk mengerjakan proyek secara kolaboratif secara kelompok. 

Gaya belajar yang diperkenalkan oleh EdTech dapat membantu siswa untuk menumbuhkan kebiasaan belajar mandiri, kreativitas, dan rasa kolaborasi di antara siswa. 

2. Pelajaran yang menarik perhatian

Anda pasti mengingat hari-hari dimana Anda harus duduk di kelas, setengah mendengarkan, dan setengah melamun. Hal ini menunjukkan bahwa sangat penting untuk menyusun rencana pelajaran yang dapat menarik perhatian siswa namun tetap mendidik. 

EdTech memungkinkan siswa untuk menggunakan teknologi demi meningkatkan partisipasi kelas. 

Beberapa inovasi yang dapat dilakukan siswa demi meningkatkan partisipasi mereka antara lain dengan meminta siswa mengumpulkan tugas pekerjaan rumah dalam bentuk video atau podcast, dan bahkan menyelesaikan masalah dengan permainan. 

3. Meningkatkan kolaborasi

Perangkat dan tablet yang mendukung cloud mendorong kolaborasi di kelas. Tablet dengan permainan belajar dan pelajaran online memberi siswa alat untuk memecahkan masalah bersama. 

Aplikasi berbasis cloud memungkinkan siswa untuk mengunggah pekerjaan rumah mereka dan berkomunikasi secara digital tentang proses berpikir mereka dan untuk bantuan apa pun yang mungkin mereka butuhkan. 

4. Akses pembelajaran kapan saja

Perangkat IoT memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengakses secara penuh ruang kelas mereka dalam lingkungan digital. Perangkat yang terhubung memberi siswa akses Wi-Fi dan cloud dimanapun mereka berada untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kecepatan dan jadwal mereka sendiri tanpa dibatasi oleh kehadiran secara fisik di kelas. 

Aplikasi edukasi tertentu juga dapat membantu siswa dan guru tetap berkomunikasi jika siswa memiliki pertanyaan atau perlu mengingatkan guru tentang keadaan darurat. 

5. Pengalaman pendidikan yang dipersonalisasi

EdTech membuka peluang bagi para pendidik untuk menyusun rencana pembelajaran yang dipersonalisasi untuk setiap siswa mereka. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kekuatan, keterampilan, dan minat siswa. 

Alih-alih mengandalkan pengujian yang memicu stres untuk mengukur keberhasilan akademis, para pendidik kini beralih ke aplikasi yang secara konsisten mengukur bakat secara keseluruhan. Pengukuran konstan menampilkan tren pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk menyusun rencana pembelajaran khusus berdasarkan kekuatan dan kelemahan setiap siswa, atau bahkan menemukan tren negatif yang dapat digagalkan secara proaktif dengan intervensi. 

Alat seperti konten video dapat membantu siswa belajar dengan kecepatan mereka sendiri. Alat ini memungkinkan siswa untuk menjeda dan memundurkan pelajaran, sehingga siswa dapat memahami pelajaran sepenuhnya. 

Dengan menggunakan analitik, guru dapat melihat siswa mana yang mengalami masalah dengan pelajaran tertentu dan menawarkan bantuan lebih lanjut kepada siswa-siswa tersebut. 

Baca juga: Simak 5 Manfaat TIK dalam Bidang Pendidikan

Manfaat EdTech Bagi Pengajar

Selain itu, EdTech juga memberikan manfaat bagi guru, keluarga, dan administrator. 

1. Penilaian otomatis

Perangkat AI membantu para pengajar untuk melakukan penilaian dengan lebih mudah. Aplikasi ini menggunakan machine learning untuk menganalisis dan menilai jawaban berdasarkan spesifikasi tugas. 

Dengan perangkat AI, guru dapat mengurangi waktu yang biasa mereka habiskan untuk menilai tugas, seperti penilaian benar/salah atau isian. Waktu luang ekstra yang diperoleh ini kemudian dapat memberikan pengajar lebih banyak fleksibilitas untuk preparasi yang lebih sedikit dan waktu one-on-one dengan siswa yang kesulitan dan siswa yang berbakat. 

2. Alat manajemen kelas

Sebagai seorang guru, mencoba membuat sekelompok besar anak-anak untuk melakukan apa saja pasti menjadi tantangan sehari-hari. EdTech berpotensi membuat semuanya menjadi sedikit lebih mudah, mulai dari cara guru berkomunikasi dengan siswa, hingga perilaku siswa. 

Sekarang sudah tersedia aplikasi yang membantu mengirimkan pengingat kepada orang tua dan siswa tentang proyek atau pekerjaan rumah, serta alat yang memungkinkan siswa untuk memantau sendiri tingkat kebisingan di kelas. Adanya alat manajemen di kelas menciptakan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif. 

3. Ruang kelas tanpa kertas

Ruang kelas yang telah mengalami transformasi digital menghadirkan cara yang lebih mudah untuk menilai tugas. Selain itu, teknologi ini juga membantu mengurangi beban untuk mengamankan ratusan file pekerjaan rumah, serta mempromosikan kebijakan yang lebih ramah lingkungan secara keseluruhan di kelas. 

Dengan EdTech, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada anggaran pencetakan, pemborosan kertas, dan waktu yang Anda habiskan di tempat fotokopi. 

4. Menghilangkan tebakan

Guru menghabiskan waktu berjam-jam mencoba untuk menilai keterampilan atau area perkembangan (areas of improvement) siswa mereka. Namun saat ini, sudah tersedia banyak sekali alat, platform data, dan aplikasi yang terus-menerus menilai keterampilan dan kebutuhan siswa. Data ini kemudian dapat diteruskan kepada guru. 

Beberapa alat yang menggunakan data real-time dapat membantu pengajar untuk menemukan kekuatan, kelemahan, dan bahkan tanda-tanda ketidakmampuan belajar siswa, menggerakkan rencana proaktif untuk membantu. 

Mengenal G Suite for Education, Teknologi Edukasi yang Terpercaya Aman dan Unggul

Mengenal G Suite for Education, Teknologi Edukasi yang Terpercaya Aman dan Unggul

Semakin banyaknya aplikasi atau perangkat yang dikembangkan untuk EdTech memang memudahkan, namun hal ini juga dapat menyebabkan kendala dalam memilih aplikasi manakah yang paling tepat untuk digunakan dalam lembaga pendidikan Anda. 

Google menawarkan fitur Google Suite for Education, yang sudah terbukti bermanfaat menurut Kemdikbud. Google Suite for Education menyediakan banyak program yang dapat memfasilitasi pembelajaran siswa, diantaranya:

  • Google Admin Console – sistem yang mengelola lebih dari 500 perangkat yang memungkinkan pengelolaan dan pembelajaran jarak jauh di sekolah maupun di rumah
  • Gmail – membuat email khusus untuk lembaga Anda dengan format nama@sekolahanda.com 
  • Google Office – paket layanan Google, seperti Google Docs, Spreadsheet, Slides, dan lain-lain
  • Google Calendar – mengatur jadwal untuk kegiatan, seperti jadwal kelas, jadwal meeting staff, jadwal pertemuan dengan orang tua murid, dan lain-lain
  • Google Drive – tempat penyimpanan file yang terjamin aman dengan kapasitas penyimpanan yang besar
  • Google Meet – fitur untuk mengadakan pertemuan secara daring
  • Google Cloud – fitur yang memungkinkan kolaborasi dalam membuat, mengubah, dan berbagi data secara real-time
  • Google Classroom – fitur bagi guru dan murid untuk melakukan kegiatan kelas, seperti membuat kelas, upload materi, membuat kuis, mengumpulkan tugas, membuat sesi tanya-jawab, dan lain-lain dengan akses 24/7
  • Google Form – fitur untuk membuat formulir yang dapat digunakan untuk membuat tugas bagi murid atau membuat penilaian
  • Google JamBoard – papan tulis untuk guru yang memungkinkan guru untuk mengubah background, memasukkan gambar atau foto, menggunakan beragam spidol, berkolaborasi dengan guru lain atau murid, dan menambah halaman 
  • Google Drawing – fitur yang memungkinkan guru dan siswa untuk menggambar secara digital
  • A Google A Day – game online yang disediakan oleh Google yang dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai Ice breaking di kelas, seperti teka-teki atau kuis

Baca juga: Manfaat, Keunggulan, dan Fitur Google Classroom, Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh

Tertarik untuk mengelola lembaga pendidikan Anda dengan Google Suite for Education? Terralogiq adalah Premier Google Partner di Indonesia yang menyediakan langganan paket G Suite for Education mulai dari yang tidak berbayar hingga berbayar dengan beragam benefit yang bisa Anda dapatkan. 

Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut atau hubungi email halo@terralogiq.com untuk terhubung langsung dengan tim Terralogiq. 

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments