Location intelligence dalam layanan kesehatan Healthcare di Indonesia

Location intelligence dalam layanan kesehatan Healthcare di Indonesia

19 Juli 2021

Selama tahun-tahun mendatang, seperti yang kita lihat sudah lebih banyak bisnis di pasar yang mempercepat dan mentransformasi digital. Landscape persaingan untuk penyedia layanan kesehatan (healthcare) akan ditandai dengan volume yang semakin tinggi, tekanan kompetitif, perkembangan pasar dan konsumerisme. 

Menurut Forbes, revolusi digital ini diperkirakan mengurangi pengeluaran industri sebesar $300 miliar, dengan banyak tren meningkat sekarang ini seperti telemedicine, access cloud mobility, wearable device, Internet of Medical Things (IoMT), Artificial intelligence (AI), Big Data, dan Patient empowerment.

Kecerdasan lokasi untuk layanan kesehatan adalah alat vital bagi para penyedia jasa kesehatan baik publik dan swasta yang ingin mengoptimalkan proses perencanaan masa depan.

Meningkatkan pemahaman Anda tentang tren populasi yang muncul dan perkembangan infrastruktur di wilayah cakupan Anda adalah satu-satunya cara untuk memastikan penyebaran sumber daya yang sudah dilakukan dapat dilihat kefektifitasannya.

Banyaknya tren yang muncul untuk sektor ini adalah teknologi berbasis data atau data leverage dalam beberapa cara. Secara khusus, kebangkitan IoMT dan Healthcare Big Data dihasilkan dari semakin banyak perangkat mobile seluler dengann perangkat yang dapat dikenakan, serta jika terhubung akan memungkinkan integrasi yang lebih mudah dari perangkat seluler dengan data pasien. 

layanan-kesehatan-healthcare-di-farmasi
layanan-kesehatan-healthcare-di-farmasi

Data yang dikumpulkan telah melampaui bagaimana pelacakan kesehatan pasien dan pengelolaan catatan medis, semua ini disatukan ke dalam penyatuan dan analisis banyak kumpulan data beragam yang hubungan tersembunyinya sekarang mudah diekstraksi dan membantu memprediksi tren layanan kesehatan di lokasi tertentu untuk populasi serta demografis tertentu. 

Khususnya dengan meningkatnya teknologi layanan kesehatan pada aplikasi mobile, diperkirakan pada tahun 2018 kedepan, 65% dari interaksi dengan fasilitas kesehatan akan terjadi melalui perangkat seluler, dengan 80% dokter sudah menggunakan smartphone dan aplikasi medis. 

Saat pemberdayaan konsumen meningkat, pasar untuk aplikasi mobile healthcare diterjemahkan menjadi 50% pengguna smartphone yang memiliki aplikasi kesehatan seluler di ponsel mereka, pasar yang diperkirakan mencapai $26 miliar untuk tahun ini. Dengan demikian, pertumbuhan konsumen pemberdayaan juga akan terbukti relevan bagi para pemimpin industri dan pemain lain ketika mempertimbangkan pasar posisi dan penawaran.

Dengan layanan berbasis lokasi global untuk industri yang diperkirakan memiliki CAGR 33% hingga tahun 2021, dengan cakupan layanan kesehatan yang semakin luas seiring dengan meningkatnya ketersediaan penawaran digital dan seluler. Banyak penyedia layanan kesehatan mengandalkan kecerdasan lokasi atau location intelligence untuk memahami permintaan pasar yang berkembang, mengungkap preferensi konsumen, dan untuk melihat di mana posisi pesaing dalam hal perencanaan lokasi, antara lain.

Berikut beberapa point manfaat penerapan kecerdasan lokasi dan implementasinya dalam layanan kesehatan (healthcare)

1. Menggunakan analisis spasial untuk peluang pinpoint secara Geografis dan model skenario

Rumah sakit, penyedia layanan kesehatan, dan kelompok medis dokter utama memanfaatkan kecerdasan lokasi untuk memvisualisasikan dan memodelkan skenario, terutama untuk perencanaan lokasi dan peningkatan operasional efisiensi. Karena analitik spasial memungkinkan identifikasi geografis peluang potensial, mereka mengungkap wawasan untuk perencanaan lokasi mereka dengan menganalisis data demografis dan psikografis yang memungkinkan mereka melihat dengan jelas situs terbaik untuk membuka pusat baru, serta mengidentifikasi layanan mana mereka harus fokus dalam hal perawatan pasien.

2. Mencegah dan mengelola penipuan dengan analitik prediktif

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi industri perawatan kesehatan adalah kemampuan untuk mendeteksi penipuan asuransi. Komitmen ini telah memicu solusi inovatif yang bertujuan tidak hanya untuk mendeteksi, tetapi juga mencegah penipuan asuransi menggunakan data lokasi. Analis sedang membangun model prediktif dengan data klaim historis dan menjalankan berbagai jenis analisis spasial pada data ini untuk menentukan hubungan spasial yang mengidentifikasi aktivitas mencurigakan, yang telah membantu departemen klaim mendapatkan tambahan 20% di akun penipuan. Menurut laporan Juni 2014, Centers for Medicare and Medicaid Layanan dapat mengidentifikasi atau mencegah penipuan perawatan kesehatan senilai lebih dari $210,7 juta dalam satu tahun dengan membangun model analitik prediktif yang akurasinya, menurut para ahli, sangat penting.

3. Men- disruptive sistem kesehatan tradisional dengan telemedicine dan model bisnis digital lainnya

Apakah diperkirakan pada tahun 2018, 96% pengusaha akan menyediakan akses ke telemedicine kepada karyawannya? layanan, namun survei mengungkapkan bahwa pasien tetap bingung tentang manfaat yang akan diberikan oleh telehealth ke mereka. Penyedia telemedicine melonjak di seluruh AS, dengan beberapa bahkan melayani sekitar 25% dari rumah sakit. Keuntungan terbesar yang dapat diperkirakan bagi pasien adalah akses yang terjangkau dan cepat ke perawatan kesehatan, terutama untuk memeriksa gejala dan mendapatkan resep standar, tanpa terikat pada terkadang rencana kesehatan yang tidak terjangkau. 

layanan kesehatan oleh dokter
layanan kesehatan oleh dokter

Startup halodoc yang berbasis di Indonesia meluncurkan kesehatan digital aplikasi yang membantu mereka untuk berkonsultasi dengan dokter secara online, dan memungkinkan akses cepat ke resep untuk kondisi langsung. Layanan kesehatan memerlukan digital inovator, karenanya kita dapat mengambil manfaat dari analisis prediktif untuk menentukan di mana layanan yang ini paling banyak dibutuhkan, serta menentukan lokasi di mana mereka paling mungkin berhasil.

Baca juga bagaimana Google Maps Platform membantu mengoptimalkan dan menyederhanakan akses kesehatan Indonesia berbasis Teknologi Digital bersama Halodoc

Bagaimana best practice untuk menyelesaikan tantangan menggunakan location intelligence sebagai bagian dari business intelligence yang juga dapat meningkatkan daya saing

Dengan perusahaan teknologi besar seperti Apple, Google dan Samsung memasuki pasar kesehatan digital – dan menginvestasikan lebih dari $4,1 miliar selama tahun sebelumnya – sistem perawatan kesehatan tradisional sedang semakin terancam, yang bagaimanapun telah mendorong inovasi. Selain itu, berkembangnya layanan kesehatan (healthcare) dan preferensi konsumen menambahkan tekanan ekstra bagi mereka untuk memberikan layanan baru.

Saat ini diperkirakan lebih dari 75% data tidak terstruktur. Perusahaan kesehatan ingin memahami berbagai faktor yang mempengaruhi pasar perawatan kesehatan dan mengidentifikasi area khusus untuk produk baru mereka penawaran, di sebagian besar membutuhkannya dengan cara yang didorong oleh data. Dengan platform seperti CARTO, penyedia layanan kesehatan dapat untuk memvisualisasikan jutaan titik data secara real time, memungkinkan perusahaan perawatan kesehatan untuk memahami publik kesehatan di tingkat nasional dan internasional dengan mudah

Menggunakan kecerdasan lokasi untuk site planning

Dengan perencanaan lokasi menjadi prioritas utama bagi penyedia layanan kesehatan tradisional, berkembang menjadi yang baru wilayah berdasarkan layanan yang bergantung pada demografis dan mengoptimalkan aset yang ada adalah permulaan titik bagi perusahaan kesehatan untuk meningkatkan pemberian layanan mereka. Saat perusahaan perawatan kesehatan tumbuh dan mendiversifikasi penawaran mereka, mengumpulkan wawasan tentang data demografi dan sosial ekonomi untuk situs mereka perencanaan merupakan langkah penting.

Para pemimpin layanan kesehatan internasional seperti menggunakan kecerdasan lokasi untuk pengambilan keputusan semacam itu untuk jumlah outlet lokasi mereka, menghindari perkembangan di beberapa daerah yang berpotensi tidak menguntungkan sementara memperdalam investasi mereka di bidang yang menghasilkan pendapatan, serta mengidentifikasi situs atau outlet mana yang berkinerja buruk. Alat Location Intelligence juga dapat sangat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat laporan seputar penjualan dan data basis klien, memungkinkan kita dengan cepat untuk menentukan area mana diperlukan perbaikan.

Menggunakan data lokasi untuk pelacakan penyakit dan faktor analisis

Mari kita ambil contoh pada tahun 2016, organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mendeklarasikan virus Zika sebagai “International Public Health Emergency Concern” karena tingkat yang mengkhawatirkan dimana virus dapat menyebar ke wilayah baru. atau yang terjadi sekarang ini yaitu virus COVID-19 yang juga berstatus pandemi oleh WHO. Jika kita dapat menemukan aspek mengenai kapan insiden seperti ini terjadi, lalu dengan cepat menganalisis data secara real time untuk mengidentifikasi wabah dan area baru-baru yang paling terancam oleh jenis penyakit ini terbukti bermanfaat bagi organisasi kesehatan nasional baik pemerintah untuk merencanakan, menampung dan mengelola populasi yang terkena dampak.

Platform kecerdasan lokasi atau location intelligence bisa sangat berguna dalam situasi ini, memungkinkan kesehatan organisasi dan pemimpin untuk memahami dan memprediksi pola dari waktu ke waktu sambil juga mencapai sekilas gambaran akurat kedalam ancaman kritis yang dapat ditimbulkan. 

Dengan location intelligence memungkinkan kita untuk melakukan analisis secara granular, memungkinkan para profesional dari latar belakang apa pun untuk dapat mengakses, menganalisis, dan menyinkronkan data dari sumber eksternal seperti 

“Centers for Disease Control and Prevention” dan gunakan analisis prediktif untuk memvisualisasikan potensi skenario yang dapat terjadi.

Lokasi adalah kunci untuk setiap bisnis layanan kesehatan (Healthcare)

Banyak potensi yang bisa diraih dengan menggunakan peta dan data demografi untuk mengidentifikasi populasi rentan dan surveilans penyakit dengan data yang akurat, konsisten, dan terkini. Dengan demikian kita dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang mengarah pada kinerja dan hasil situs yang lebih baik lagi. Jika Anda ingin mengaplikasikan dan implementasi kecerdasan lokasi untuk bisnis anda mari konsultasikan bersama Terralogiq melalui alamat email disamping ini halo@terralogiq.com.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments