Location Analytics: Panduan Lengkap, Manfaat dan Implementasi

20 Juli 2022

Database adalah salah satu aset terpenting bagi perusahaan yang berisi informasi mengenai data lokasi seperti data penjualan, transaksi, persebaran aset ataupun konsumen. Data lokasi sangatlah berharga sebab dengan data tersebut, perusahaan bisa mendapatkan insight bisnis baru untuk perkembangan perusahaannya. 

Location Analytics on table with illustration

Mengenal Location Analytics

Namun sayangnya tidak semua perusahaan memahami hal tersebut dan hanya menyimpannya dalam database tanpa bisa mengelola datanya secara baik dan tepat. Disinilah peran Location Analytics muncul untuk membantu Anda mengelola data tersebut. 

Sebelum pembahasan lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal Location Analytics terlebih dahulu. Location Analytics adalah sebuah proses analisis data berbasis data lokasi dari perangkat jaringan untuk memberikan pandangan baru mengenai produktivitas dan bisnis. Data-data yang digunakan oleh location analytics adalah data spatial yaitu penggabungan antara data geografis pada infrastruktur, transportasi, dan lokasi aset dengan data yang dimiliki perusahaan seperti data operasi bisnis dan konsumen. 

Industri Yang Menggunakan Location Analytics

Location Analytics dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan sebab dapat membantu perusahaan untuk memahami perspektif lokasi untuk membuat visualisasi, analisis sehingga prediksi sekaligus optimasi proses bisnis perusahaan Anda. Dengan data tersebut, Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat berdasarkan data aktual yang terjadi di lapangan. 

Setiap industri bisnis mulai dari corporate, kesehatan, retail, hingga pendidikan akan mendapatkan manfaat yang berbeda-beda pada penggunaan location analytics. Mari kita bahas satu persatu:

  • Perusahaan: Location analytics dapat mendukung onboarding dan handoffs yang penting bagi karyawan untuk tetap terhubung dalam pelaporan pekerjaannya walaupun tidak berada di kantor, selain itu location analytics dapat digunakan untuk manajemen identitas karyawan dan multi-factor authentication untuk monitoring karyawan. Jasa: Location Analytics memberikan pengalaman dan transaksi tanpa kontak, memberikan keamanan bertransaksi bagi pelanggan. Misalnya untuk mengelola hunian, akses pembersihan dan kontrol HVAC. 
  • Kesehatan: Dengan location analytics, rumah sakit bisa mendapatkan data serta pola pergerakan real-time yang sangat bermanfaat bagi pasien, perawat dan pengunjung rumah sakit. Selain itu location analytics dapat digunakan untuk memonitor aset-aset rumah sakit yang berharga seperti X-Ray ataupun obat-obatan yang tersedia di farmasi. 
  • Retail: Pada industri retail, location analytics memberikan pengalaman belanja yang sangat baik bagi pelanggan dan menghasilkan pelanggan yang memiliki loyalitas yang dinamis, kontekstual dan saling terhubung. Dengan location analytics pun, pemilik retail bisa mendapatkan insight yang berharga sebelum memperluas bisnisnya dengan melihat lokasi, desain toko, merchandising dan penempatan produk terbaik. 
  • Pendidikan: Location Analytics dapat digunakan pada industri pendidikan untuk menganalisa data kinerja siswa dan mendapatkan visualisasi data untuk meningkatkan lingkungan belajar yang baik untuk siswa. 
  • Manufaktur: Umumnya pabrik-pabrik yang sudah menggunakan teknologi IoT dapat menggunakan location analytics untuk mendapatkan insight mengenai sinergi yang belum dimanfaatkan pada sistem dan menggunakan data tersebut untuk meningkatkan kontrol proses, monitor jalur perakitan, manajemen inventaris dan keselamatan pekerja pabrik. 

Implementasi Location Analytics Berdasarkan Jenis

Location analytics memiliki dua jenis hasil data yang berbeda tergantung dengan tujuan dan kebutuhan industrinya. Pada umumnya terdapat 2 jenis hasil location analytics yaitu:

1. Analisis Lokasi Berdasarkan Data Bisnis

Analisis lokasi berbasis data bisnis mencakup pemetaan, visualisasi, dan penambangan data lokasi untuk mengungkapkan pola, tren, dan hubungan yang tersembunyi dalam data bisnis. Ini dapat memetakan dan menangkap sejumlah besar data geo-spesifik yang memberikan informasi berguna berdasarkan lokasi pelanggan. Analisis lokasi berbasis data bisnis memiliki beberapa kegunaan sebagai berikut.

  • Powerful Intelligence: Peta sederhana telah banyak digunakan; namun, mereka dibatasi kemampuannya untuk memberikan informasi yang berguna. Pengelompokan, agregasi data, dan pemetaan kode warna adalah beberapa teknik pemetaan yang digunakan untuk menyediakan intelijen bisnis yang berharga.
  • Geo-Enrichment: Data pelanggan, seperti demografi, pengeluaran konsumen, gaya hidup, dan lokasi, dapat ditambah dengan peta data sederhana, memberikan lebih banyak wawasan untuk bisnis. Misalnya, di mana pelanggan setia menghabiskan sebagian besar waktu mereka?
  • Collaboration and Sharing: Peta mudah dipahami dan digunakan; mereka juga dapat menjadi alat yang hebat untuk komunikasi dan kolaborasi. Data bisnis dapat dipetakan menggunakan analisis lokasi untuk kolaborasi lintas organisasi. Hal ini juga dapat digunakan untuk bertukar informasi dengan pelanggan.

2. Analisis Lokasi Berdasarkan Data Media Sosial

Analisis berbasis data media sosial mencakup penambangan dan pemetaan lokasi pengguna media sosial, konten, dan data menggunakan data lokasi media sosial. GPS dan alamat IP adalah sumber utama data lokasi media sosial. Analisis lokasi berbasis data media sosial memiliki beberapa kegunaan sebagai berikut.

  • Recommendation Purposes: Saat orang mendekati area tertentu, bisnis dapat mengumpulkan data lokasi untuk menawarkan produk, layanan, dan acara kepada calon klien secara real time. Tinder, misalnya, menyarankan hubungan sosial potensial berdasarkan lokasi pengguna, sementara Yelp juga menawarkan rekomendasi lokasi dan tempat kepada pelanggannya.
  • Customer Segmentation: Pelanggan dapat disegmentasikan tergantung pada lokasi geografis mereka menggunakan data lokasi media sosial. Misalnya, Tweepsmap (https://tweepsmap.com) dapat membantu Anda menemukan pengikut Twitter menurut negara, negara bagian, atau kota.
  • Advertising: Iklan berbasis lokasi memungkinkan kampanye pemasaran dan promosi yang ditargetkan untuk menjangkau pelanggan target tertentu. Keakuratan dan opsi untuk penargetan geografis telah meningkat, dan platform media sosial sekarang memiliki alat periklanan yang kaya yang dapat menargetkan pelanggan potensial dalam jarak satu mil dari bisnis.

Kapan Perusahaan Butuh Location Analytics?

Apabila perusahaan Anda sudah menghabiskan banyak dana untuk marketing baik dalam bentuk konten organik maupun iklan berbayar tetapi Anda tidak mengetahui bagaimana promosi berjalan selama ini atau apakah promosi Anda sudah tersampaikan pada konsumen yang tepat, maka Anda membutuhkan location analytics untuk mengolah data-data konsumen Anda. 

Dengan location analytics, anda dapat mengetahui berbagai informasi yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis. Mulai dari lokasi, demografi konsumen, ROI (return of investment), rute pengiriman barang terbaik, ataupun insight bisnis secara real time sesuai kebutuhan bisnis Anda. Untuk itu location analytics tengah menjadi tren yang sangat diminati oleh hampir seluruh industri bisnis agar tidak berjalan ditempat saja. 

Mengapa Harus Location Analytics?

Sebelum memakai location analytics ada baiknya Anda mengetahui manfaat location analytics bagi bisnis Anda yaitu sebagai berikut: 

Hyper-local Intelligence: Perusahaan dapat menggunakan location analytics untuk mengubah data menjadi wawasan berbasis lokasi untuk Sistem Informasi Geografis (GIS) dan berkomunikasi dengan pengguna bisnis, analis, ilmuwan, dan pengembang untuk membuat keputusan yang lebih tepat.

Real-World Context: Sebuah peta menghubungkan data ke dunia nyata yang dengan jelas menunjukkan bagaimana lokasi berhubungan dengan aspek data lainnya. Hal ini akan memperkuat wawasan yang diperoleh saat tim analitik dan pengguna akhir mempelajari visualisasi untuk menemukan peluang baru dan meningkatkan operasi.

Actionable Insights: Pengguna dapat membuat analisis geografis yang mendalam secara instan tanpa kurva pembelajaran alat GIS lainnya dengan analisis lokasi. Ini juga masih memiliki kedalaman kemampuan analitis yang diperlukan untuk analisis prediktif dan pengoptimalan berbasis lokasi lainnya.

Dengan menggunakan tren data historis dan real-time, analitik lokasi bisa sangat berharga dalam membuat prediksi tentang perusahaan masa depan dan tren pasar. Hasilnya, perusahaan dapat memantau, menganalisis, dan mengambil keputusan dengan tepat.

Dari manfaat tersebutlah menjadi alasan mengapa banyak perusahaan dibidang teknologi informasi kemudian menambahkan fitur location analytics pada platform-nya demi kepentingan bisnis. 

Kembangkan Bisnis Anda Dengan Location Analytics Bersama Terralogiq 

Kedepannya seluruh bisnis ataupun usaha akan menggunakan location analytics untuk membantu perusahaan berkembang lebih luas. Padahal apabila kita melihat perusahaan-perusahaan yang saat ini tengah maju melesat, semuanya telah menggunakan data lokasi sebagai backbone-nya. Untuk itu tren location analytics tentunya akan semakin maju dan mendatangkan lebih banyak insight menarik untuk perkembangan bisnis Anda. 

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pemanfaatan Location Analytics  untuk institusi atau bisnis Anda? Tim konsultan dari Terralogiq siap membantu, untuk pertanyaan Anda dapat menghubungi kami melalui alamat email di halo@terralogiq.com. 

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments