Lebih Detail Mengenai Google Street View Imagery

24 November 2021

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana kondisi sebenarnya dari sebuah lokasi atau tempat yang ingin Anda kunjungi? Anda ingin melakukan validasi terlebih dahulu mengenai kebenaran atau kredibilitas dari lokasi atau tempat yang ingin Anda sambangi. Google Maps punya solusinya, Google Maps memiliki fitur yang bernama Street View Imagery. Kemudian, apa itu Street View Imagery dan bagaimana tampilannya? Simak pada artikel berikut ini.

Pengertian Street View Imagery

Street View, oleh Google Maps, adalah representasi virtual dari lingkungan kita di Google Maps, yang terdiri dari jutaan gambar panorama. Konten Street View berasal dari dua sumber – Google dan kontributor. Melalui upaya kolektif kami, kami memungkinkan orang di mana saja untuk menjelajahi dunia secara virtual.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan perjalanan secara virtual dengan panorama 360 yang nyata. Anda dapat mencari lokasi sebenarnya dari tempat atau lokasi yang ingin Anda kunjungi. Jadi, sebelum Anda melakukan perjalanan menuju lokasi tersebut, alangkah baiknya bila mengetahui spesifik lokasi atau tempat yang akan Anda kunjungi dengan Street View Imagery.

Jenis Street View Imagery

Google Maps Platform menyediakan dua jenis Street View Imagery, yaitu Dynamic Street View dan Static Street View. Dynamic Street View memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan perjalan secara virtual dengan dinamis yang dapat di maju mundurkan, atau di zoom in dan zoom out. Pengguna juga dapat melihat dengan jelas bagaimana kondisi lingkungan di sekitar lokasi dengan mudah. Dynamic Street View menawarkan layanan imagery yang dinamis dan mudah digunakan.

Static Street View ini berlawanan dengan Dynamic Street View, Static Street View hanya menghasilkan gambar atau imagery yang statis, tidak bisa dilakukan zoom in atau zoom out secara langsung atau pun maju mundur seperti yang bisa dilakukan seperti Dynamic Street View.

Baca Juga: Penerapan Google Maps Platform dari Google I/O 2021

Google Street View Imagery
Source: Google Maps

Pemanfaatan Google Street View Imagery

Adapun Google Street View ini dapat dimanfaatkan untuk segala sektor industri, misalnya untuk industri perbankan, perusahaan dapat melakukan validasi lokasi tempat tinggal nasabah berdasarkan alamat atau titik koordinat rumah nasabah. Hal ini juga salah satu langkah pemanfaatan Geospasial data untuk mengurangi fraud di industri perbankan.

Di sektor industri perumahan atau properti, pemanfaatan Geospasial ini sangat berguna untuk pengguna dapat melakukan survei lokasi perumahan atau properti yang ingin dibeli pengguna. Pengguna dapat mengetahui bagaimana kondisi lingkungan perumahan atau properti, pengguna juga dapat melihat bagaimana progress pembangunan perumahan atau properti yang sedang berlangsung tanpa harus melakukan pengecekan secara langsung ke lokasi.

Last but not least, sektor perkebunan dan kehutanan juga dapat menggunakan Google Street View ini agar dapat melihat kondisi perkembangan penghijauan atau pertumbuhan pohon di kebun. Melihat kondisi lingkungan sekitar kebun dengan mudah tanpa harus melakukan survei secara langsung ke lokasi perkebunan dan kehutanan.

BagaŃ–mana? Menarik bukan? Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai Google Street View ini, Terralogiq dapat membantu anda karena kami adalah Penyedia jasa layanan Google Maps dan penyedia jasa layanan Google Maps di Indonesia satu-satunya dengan status sebagai Premier Partner. Anda bisa menghubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments