Layanan Yang Ada Pada Google Cloud Platform Indonesia

Layanan Yang Ada Pada Google Cloud Platform Indonesia

3 September 2021

Apakah anda sudah pernah mendengar istilah Google Cloud Platform Indonesia? Apabila belum, pasti anda akan bertanya-tanya mengenai apa itu Google Cloud Platform. Nah, Google Cloud Platform adalah istilah pelayanan umum yang diberikan oleh Google yang bisa dibayar sesuai dengan penggunaan. Tidak hanya itu saja, layanan dari Google Cloud Platform atu GCP ini juga memiliki banyak layanan yang sifatnya fleksibel, memiliki analisis data tingkat tinggi dan lain-lain. Lantas, apa sajakah layanan-layanan yang disediakan oleh Google Cloud Platform? Yuk, simak daftar selengkapnya di bawah ini!

Google Cloud Indonesia

KOMPUTASI

Engine App

Layanan komputasi dari GCP yang bisa anda nikmati adalah layanan engine app. Dengan layanan ini anda bisa membuat sekaligus menghos aplikasi pada sistem yang sama dengan sistem yang menggerakkan aplikasi Google. Selain itu, layanan yang satu ini juga menawarkan penggunaan serta pengembangan yang cepat, memiliki sistem administrasi yang simpel sehingga anda tidak perlu khawatir dengan hardware, patches atau cadangannya. Disamping itu, layanan engine app ini juga memiliki keterukuran yang mudah dan tepat.

Compute Engine

Layanan GCP selanjutnya yang bisa anda coba adalah Compute Engine. Layanan yang satu ini bisa memfasilitasi kemampuan komputasi mesin virtual yang memiliki akurasi tinggi serta fleksibel dalam Cloud. Tidak hanya itu saja, dengan layanan compute engine ini anda juga bisa diberikan opsi untuk menggunakan CPU, GPU, atau bisa juga Cloud TPU khusus. Apabila anda ingin menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan pemrosesan dan juga analisis dalam skala yang besar, memiliki masalah tentang penyimpanan serta infrastruktur dari jaringan Google, maka Compute Engine ini adalah salah satu layanan yang tepat bagi anda.

Google Cloud VMware Engine (GCVE)

Satu lagi jenis layanan komputasi Google Cloud Platform yang bisa anda nikmati adalah Google Cloud VMware Engine (GCVE). Layanan ini merupakan layanan khusus yang dirancang oleh Google untuk menjalankan beban kerja VMware yang ada pada Google Cloud Platform. Apabila anda menggunakan layanan komputasi ini, maka anda bisa mengoperasikan mesin virtual VMware yang terasa seperti aslinya di dalam pusat data yang berbasis software yang memang sudah secara khusus didedikasikan untuk tujuan tersebut.

google cloud

Baca Juga: Keunggulan dan Cara Memanfaatkan Google Cloud

PENYIMPANAN

Cloud Storage

Bagi anda yang membutuhkan banyak ruang untuk penyimpanan virtual anda, maka anda bisa mengandalkan Cloud Storage dari GCP. Dengan layanan ini anda bisa menyimpan sekaligus mengakses data anda dari aplikasi Google. Layanan ini memiliki kinerja yang bagus serta memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi, jadi anda tidak perlu takut data yang anda simpan di sini hilang atau bocor pada pihak lain. Dengan layanan ini anda juga bisa memanfaatkan fitur berbagi telah disediakan.

Persistent Disk

Google Cloud Platform juga menyediakan layanan penyimpanan blok yang memiliki daya tahan serta kinerja yang tinggi dan bagus. Tidak hanya itu saja, layanan ini juga menyediakan penyimpanan dalam bentuk SSD dan juga HDD yang bisa dihubungkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan Compute Engine atau yang bisa juga disebut dengan Google Kubernetes Engine.

Cloud Fire Store

Layanan penyimpanan Google Cloud Platform yang bisa anda coba selanjutnya adalah Cloud Filestore. Layanan penyimpanan yang satu ini memungkinkan anda untuk menyimpan data dalam jumlah banyak dan langsung di kelola secara penuh oleh Google. Layanan penyimpanan yang satu ini bisa memberikan anda media penyimpanan yang tetap dan ideal untuk beban pekerjaan yang ingin anda bagikan. Tidak hanya itu saja, layanan yang satu ini juga sangat cocok digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan fasilitas penyimpanan data tetap dan juga bisa dibagi. Cloud Filestore ini juga memiliki daya tahan yang tinggi yang bisa anda akses dengan NFS atau sistem file yang selaras dengan POSIX.

Cloud Storage for Firebase

Satu lagi layanan penyimpanan yang bisa anda nikmati pada GCP yaitu Google Storage for Firebase. Layanan yang satu ini memiliki sistem keamanan dari Google yang bisa anda sesuaikan dengan Firebase Security Rules for Cloud Storage sehingga anda bisa menyimpan data yang telah anda upload atau download melalui aplikasi Firebse dan juga aplikasi Firebase SDK anda tanpa harus terpengaruh oleh kualitas jaringan. Disamping itu, layanan yang satu ini juga telah didukung oleh Cloud Storage, sehingga anda bisa melakukan penyimpanan data sekaligus mengakses data tersebut dari berbagai aplikasi infrastruktur Google.

Baca Juga: Mendapatkan Sertifikasi Google Cloud Secara Online

DATABASES

Cloud Bigtable

Selain layanan komputasi serta penyimpanan, Google Cloud Platform Indonesia juga menyediakan layanan lainnya yaitu layanan Databases. Layanan database pertama yang bisa anda coba adalah layanan Cloud Bigtable. Layanan yang satu ini merupakan sebuah layanan database yang berbasis data NoSQL yang cepat, yang bisa dikelola sepenuhnya serta memiliki nilai keakuratan yang tinggi. Dengan aplikasi ini anda bisa menyimpan data yang sangat besar yaitu mulai dari satu TB hingga ratusan PB.

Datastore

Apabila anda ingin menyimpan data anda yang bisa anda kelola sendiri sepenuhnya tanpa adanya skema atau keterkaitan dari aplikasi lain, maka anda bisa mencoba menggunakan layanan penyimpanan Datastore. Dengan layanan yang satu ini anda bisa membuat kueri, membuat transaksi atomik dukungan dan juga skala otomatis naik dan turun sebagai respon dari beban yang kerja yang diberikan. Layanan Datastore ini bisa digunakan oleh sebuah aplikasi uang memiliki jumlah pengguna seribu bahkan hingga sepuluh juta pengguna tanpa harus melakukan perubahan kode.

Cloud SQL

Layanan database Google Cloud Platform selanjutnya yang bisa anda nikmati adalah layanan Cloud SQL. Layanan yang satu ini berupa layanan web yang memungkinkan anda untuk membuat, mengonfigurasi, serta serta menggunakan basis data yang terkait dan terhubung dengan yang ada di Google Cloud. Dengan menggunakan layanan Cloud SQL ini anda bisa lebih fokus pada aplikasi serta layanan yang anda miliki, karena Cloud SQL ini bisa memelihara, mengelola, sekaligus mengadministrasikan basis data yang anda miliki.

DEVELOPER TOOLS

Cloud SDK

Google Cloud Platform juga menyediakan layanan developer tools salah satunya adalah Cloud SDK. Fungsi layanan Google cloud platform yang satu ini adalah untuk mengelola sumber daya dan juga aplikasi yang dihosting pada GCP. Yang termasuk dalam developer tool ini adalah alat bari’s gcloud, bq, dan juga gsutil. Alat baris perintah gcloud menyediakan sistem interface baris perintah utama ke GCP.

Cloud Build

Sesuai dengan namanya, layanan GCP yang satu ini di desain untuk mengoperasikan build anda yang ada pada semua infrastruktur Google Cloud Platform. Layanan yang satu ini memungkinkan anda untuk mengimpor kode sumber dari berbagai sumber data seperti Cloud Storage, GitHub, Bitbucket dan lain sebagainya. Dengan layanan yang satu ini anda juga bisa menjalankan build yang selaras dengan spesifikasi yang anda mau sehingga anda bisa menghasilkan artefak seperti arsip java atau container docker.

ANALISIS DATA

BigQuery

Google Cloud Platform juga menyediakan layanan analisis data yang bisa anda nikmati. Salah satu layanan yang bisa anda coba adalah Bigquery. Layanan analisis data yang satu ini merupakan layanan analisis data yang sepenuhnya dikelola oleh GCP yang memungkinkan usaha anda dianalisis oleh BigQuery. Layanan yang satu ini mempunyai penyimpanan data yang sangat akurat dan luas sehingga anda bisa menampung puluhan bahkan ratusan TB data. Selain itu, layanan yang satu ini juga mempunyai kemampuan untuk melaksanakan kueri ad hoc pada kumpulan-kumpulan data multi-terabyte. Tidak hanya itu saja, BigQuery ini ternyata juga memiliki kemampuan untuk berbagi wawasan data melalui website.

Cloud Composer

Layanan analisis data dari GCP lainnya yang bisa anda gunakan adalah Cloud Composer. Dengan layanan analisis data yang satu ini anda bisa membuat, mengatur jadwal, serta mengawasi aliran yang meng-cover seluruh cloud sekaligus pusat data lokal. Dengan layanan Cloud Composer ini anda juga bisa menggunakan Apache Airflow tanpa harus bersusah payah membuat dan mengelola infrastructure Airflow yang rumit dan membingungkan.

Demikianlah beberapa layanan Google Cloud Platform yang bisa anda gunakan. Sebenarnya masih ada banyak lagi layanan dari GCP tersebut. Namun, beberapa layanan di atas adalah beberapa layanan GCP yang banyak digunakan. Namun, anda bisa memilih sendiri sekiranya layanan GCP mana yang paling cocok dan anda butuhkan untuk mengembangkan usaha anda. Oleh karena itu, sebelum memilih layanan Google Cloud Platform Indonesia pastikan anda tahu layanan mana yang pasti akan cocok dan bisa membantu anda. Jadi, uang yang anda keluarkan juga tidak akan sia-sia.

Apabila saat ini anda membutuhkan layanan dari Google Cloud Platform, anda dapat menghubungi PT. Terralogiq Integrasi Solusi sebagai partner resmi dari Google di Indonesia. Dengan dukungan support lokal tentunya akan membantu kemudahan untuk proses solusi kebutuhan anda.

Baca Juga: Kehadiran Google Data Center di Indonesia Meningkatkan Geliat Ekonomi Digital

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments