Keunggulan & Cara Memanfaatkan Google Cloud yang Wajib Diketahui

Keunggulan & Cara Memanfaatkan Google Cloud yang Wajib Diketahui

15 September 2021

Bagi Anda yang sering menggunakan layanan dari Google seperti Google Drive, Google Docs. Gmail, atau yang lainnya, memanfaatkan Google Cloud adalah pilihan terbaik untuk mendukung kelancaran pekerjaan masa kini yang semuanya serba online. Semua produk Google tersebut begitu diminati karena menawarkan kemudahan dan fleksibilitas yang tinggi.

Memanfaatkan google cloud

Semua kemudahan yang tersebut juga tidak dapat dipisahkan dari infrastruktur pendukung yang mumpuni. Namun apakah Anda tahu bahwa saat ini para developer dapat mengembangkan produk dengan digital dengan infrastruktur yang sama seperti produk yang dirilis oleh Google? Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memanfaatkan Google Cloud.

Pengertian Google Cloud

Google Cloud Platform (GCP) merupakan kumpulan produk cloud computing dari Google untuk memungkinkan siapa saja membuat, membagikan, dan meningkatkan skala aplikasi, web, situs, atau layanan di infrastruktur yang sama dengan layanan dari Google.

Saat ini, Google Cloud telah menyediakan layanan yang beragam dengan fungsi yang berbeda-beda seperti database, cloud, machine learning, dan AI (Artificial Intelligence). Saat ini, Google Cloud juga banyak digunakan perusahaan-perusahaan kenamaan dunia, sebut saja Spotify, Twitter, dan Unilever.

Hal ini karena Google Cloud adalah salah satu pelopor dalam Gartner’s Magic Quadrant untuk layanan platform dan infrastruktur berbasis cloud (awan). Saat ini di Indonesia, GCP cukup banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan digital minded, termasuk di bidang perbankan

Keunggulan Google Cloud

Ada beberapa keunggulan yang membuat banyak orang semakin ingin merasakan manfaat Google Cloud, yaitu sebagai berikut

1. Memiliki Data Center di Indonesia

Ini menjadi salah satu hal penting yang menjadi perhatian para pengguna, khususnya dari Indonesia karena Google sudah memiliki banyak data center, salah satunya berada di Indonesia. Hal ini biasanya berlaku untuk dunia perbankan yang biasanya mewajibkan mencari layanan dengan data center dari Indonesia. Alasannya adalah untuk menghindari resiko kemacetan akses informasi.

2. Performa Cepat

Google Cloud memungkinkan siapa pun menyiapkan infrastruktur dengan cepat tanpa harus repot-repot mengatur konfigurasi berbelit-belit. Contohnya jika sebelumnya harus mempersiapkan dan mengatur arsitektur jaringan dengan cara manual, maka dengan Google Cloud Anda tidak perlu lagi melakukannya karena Google telah mengelolanya secara otomatis. Jadi Anda dapat focus pada aktivitas lainnya yang lebih penting,

3. Layanan Lengkap

Google Cloud hadir dengan berbagai layanan untuk membantu mendukung pengembangan produk digital. Layanan tersebut juga mudah digunakan sehingga siapapun dapat bekerja dengan efektif, cepat, dan efisien.

Apa Saja Manfaat Google Cloud?

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan penggunaan Google Cloud platform di antaranya adalah sebagai berikut

  • Mengembangkan berbagai produk digital misalnya aplikasi pengelolaan manajemen, aplikasi pembayaran, platform online, dan masih banyak lagi.
  • Menghemat Waktu Persiapan Infrastruktur. Jika sebelumnya diperlukan waktu berjam-jam untuk replikasi database, dengan Google Cloud semuanya dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit. 
  • Lebih cepat membangun berbagai produk digital. 

Baca juga: Cara untuk mendapatkan sertifikasi Google Cloud Secara Online

Jenis Layanan Google Cloud dan Manfaatnya

Ada beberapa jenis layanan dari Google Cloud yang dapat digunakan untuk memudahkan para pengguna dalam mendapatkan manfaat Google Cloud

1. GKE (Google Kubernetes Engine)

GKE merupakan layanan dari Google Cloud yang berfungsi untuk mengatur Kubernetes. Kubernetes adalah container orchestrator untuk mengelola container di cluster VM (Virtual Machine), mengelola siklus hidup VM, dan memantau kondisi container.

Tanpa GKE biasanya semua hal tersebut dilakukan secara on premise seperti mengecek setiap server dan melakukan maintenance. Jadi. Anda tidak perlu lagi melakukan maintenance dan langsung bias deploy aplikasi di Kubernetes.

2. BigQuery

Ini merupakan layanan data warehouse milik Google Cloud yang tidak perlu server. Layanan ini memungkinkan query data dengan skala petabyte. Anda dapat langsung menarik insight yang dibutuhkan tanpa harus disibukkan dengan infrastruktur database

Layanan ini menawarkan keleluasaan bagi perusahaan untuk menggunakan data warehouse dalam jumlah yang besar. termasuk menyimpan dan mengolah data dalam jumlah yang besar. Anda akan mendapatkan storage maupun query.

Dengan layanan ini, hasil analisis data dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Keunggulan lainnya adalah data yang dikelola juga lebih aman dan sesuai dengan pengaturan default yang diinginkan. 

Data hasil analisis insight tersebut juga dapat diakses dengan mudah dan juga lebih mudah dipahami berkat tools yang tersedia. Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh BigQuerry antara lain adalah BigQuery GIS, BigQuery ML, Connected Sheets, BigQuery Engine, and masih banyak lagi.

Memanfaatkan google cloud

3. Google Cloud Storage

Ini adalah salah satu layanan dari Google Cloud Platform berupa tempat penyimpanan berbasis awan yang hadir dalam berbagai ukuran sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu penyimpanan tersebut juga dapat diakses dari berbagai tempat, termasuk di Indonesia. 

Google Cloud Storage hadir dengan beragam fitur unggulan seperti mudah dipindahkan ke storage yang lebih terjangkau, pengaturan data yang mudah untuk disimpan di cloud (jika memiliki lebih dari 1 lokasi cloud), proses transfer data mudah dilakukan, dan tersedia banyak pilihan kelas storage yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Google menyediakan penyimpanan kelas standar untuk data sedang seperti video streaming, website, atau aplikasi mobile.

4. Google Cloud Functions

Cloud Functions milik Google adalah Faas (Function as a Service). Jadi Anda dapat menjalankan kode cloud tanpa harus mengelola server. Pemakaian cloud juga akan lebih mudah untuk developer karena developer hanya perlu membuat kode. Selanjutnya Google Cloud akan menangani infrastruktur operasional.

5. Layanan GCP: Dataflow

Dataflow memungkinkan pemrosesan data streaming sepenuhnya terkelola. Layanan ini juga dilakukan tanpa server sehingga prosesnya lebih cepat sekaligus hemat biaya. Proses yang cepat ini termasuk saat melakukan streaming analisis data. Data flow juga memberi keuntungan skalabilitas otomatis.

6. Layanan Operations

Operations merupakan salah satu bagian yang ditawarkan dalam produk Google cloud server. Operations sebelumnay dikenal dengan sebutan Stackdriver. Cloud operations digunakan untuk melakukan pengawasan, menyelesaikan permasalahan, dan meningkatkan performa aplikasi di lingkungan Google Cloud.

Operations dapat digunakan untuk mengumpulkan daftar log, metrics, dan histori pemakaian di Google Cloud. Berdasarkan hasil monitor ini, Operations juga dapat melakukan query sesuai dengan kebutuhan dan juga analisis serta menetapkan pemberitahuan mengenai hasil monitoring secara real time.


7. Layanan Cloud CDN

Dengan layanan, Anda dapat mengirimkan konten web dan video secara cepat. Jaringan ini juga memiliki jangkauan yang luas, bahkan global. Dengan demikian, Anda dapat memberikan pengalaman untuk web atau video yang memuaskan. Web dan video ini akan terkirim secara konsisten dan dapat diakses dari mana saja. Hal lain yang tidak kalah penting adalah privasi dan keamanan data.

8. Cloud Run

Layanan cloud run memungkinkan aplikasi dapat di-deploy atau di-develop secara containerized dan dapat diskalabel. Aplikasi ini juga ada di platform yang dapat di-managed sepenuhnya dan juga serverless. Hasilnya deployment and development dengan Cloud Run akan lebih cepat dan simple.

9. GCP Service: Cloud SQL

Ini merupakan layanan fully managed database yang berfungsi untuk mengelola dan menyimpan Postgre, My SQL, dan SQL Server. Dengan layanan ini, Anda juga tidak perlu maintenance server VW karena semua sudah dikelola Google.

Layanan Cloud SQL merupakan salah satu produk Google Cloud Platform. Layanan ini memastikan bahwa database Anda secara otomatis mampu bekerja sepenuhnya. Salah satunya adalah skalabel otomatis mengikuti kebutuhan volume data.

Selain itu, cloud SQL juga membuat cadangan secara otomatis jika diperlukan. Dengan ini biaya pemeliharaan layanan berbasis data relasional pun menjadi lebih murah dan hemat karena pemeliharaan cloud yang lebih terjaga serta otomatis. Selain itu, layanan cloud SQL juga lebih mudah diintegrasikan bersama produk lain seperti Compute Engine dan BigQuerry.

10. App Engine

Dengan bantuan layanan AppEngine, Anda saat ini dapat membuat dan menjalankan aplikasi berbasis web. Anda dapat menggunakan baik versi gratis maupun berbayar. Layanan ini mengalami perkembangan yang pesat sampai akhirnya dapat melakukan tugas yang lebih rumit seperti menyimpan data berukuran besar.

Demikian sedikit informasi tentang keunggulan dan cara memanfaatkan Google Cloud. Kehadiran Google Cloud tentu sangat membantu kelancaran bisnis maupun personal agar lebih efisien. Apabila anda membutuhkan bantuan dalam pengembangan menggunakan Google Cloud Platform, anda dapat menghubungi PT. Terralogiq Integrasi Solusi.

Terralogiq adalah partner lokal Google di Indonesia, dan merupakan satu-satunya Google Maps Premier Partner di Indonesia.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments