Kenapa Asset Tracking Penting untuk Dijalankan ke Berbagai Perusahaan?

14 Januari 2022

Menjalankan bisnis era milenial yang serba berbasis online tentunya mendapatkan sebuah tantangan dan keuntungan tersendiri. Setiap perjalanan bisnis dengan dasar platform akan terus bertambah jumlah data selama bisnis yang Anda jalankan semakin berkembang. Mengingat hal itu maka Anda perlu sebuah asset tracking yang nantinya bisa mengelola penuh aset perusahaan.

Pengertian Asset tracking

Kenapa Asset Tracking Penting untuk Dijalankan ke Berbagai Perusahaan?

Asset tracking merupakan sebuah cara untuk mengelola data perusahaan berupa foto, video, dokumen, atau kinerja aplikasi yang selama ini digunakan berbisnis. Sebagai gambaran, sebuah perusahaan tentu memiliki banyak data penting yang tercakup setiap harinya, dari tahun pertama pendirian hingga saat ini. Data tersebut disimpan dan dikelola oleh perangkat lunak, perangkat keras serta bantuan cloud sebagai penyimpanan terbesar aset penting perusahaan.

Dengan bantuan asset tracking, maka semua data tersebut bisa dimunculkan kembali, direvisi, didaur ulang kembali saat Anda butuhkan. Selain itu, asset tracking bisa melindungi semua data penting perusahaan yang memang tidak boleh dibocorkan. Saat ini, ada asset tracking yang membantu perusahaan Anda mengelola semua aset baik data riil atau non riil. Bantuan asset tracking tersebut yakni Terralogiq yang bisa Anda ajukan. Perusahaan Terralogiq adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan menekankan pada sistem Google maps partner.

Banyak klien dari perusahaan kami yang telah sukses melebarkan sayapnya untuk mendapatkan pengunjung hingga jutaan orang. Platform yang telah kami bantu seperti halodoc, sayurbox dan sebagainya. Kami tidak hanya mengatasi kendala aset perusahaan yang datanya bermasalah sehingga semua aset perusahaan tidak hilang dalam waktu tertentu kendati telah lama tidak dicari serta mencari kembali data aset tersebut lebih cepat dan mudah. 

Tujuan Asset tracking 

Tujuan asset tracking dalam sebuah perusahaan yang Anda dirikan adalah mengelola atau mengatur semua sirkulasi data seperti video, dokumen, foto atau aplikasi yang dimiliki. Setiap data lama akan bisa muncul kembali, jika data rusak bisa kami perbaiki, jika data kurang maksimal bisa kami kelola dengan bantuan hosting terjangkau dan berkualitas. Perusahaan Terralogiq menerapkan sistem Google maps partner yang membantu platform bisnis untuk mendapatkan jangkauan area lebih akurat hingga 2 meter. Sistem tracking atau pelacakan tersebut nantinya akan membuat pengunjung bisa lebih percaya, pemilik platform tidak kebingungan dalam mencari letak konsumen. 

Tidak heran jika banyak perusahaan nasional hingga internasional masih terus eksis dicari oleh pengunjung baik konsumen atau bukan karena mereka telah sukses menempatkan asset tracking dengan baik. Data muncul dengan cepat membuat waktu kerja lebih efektif. 

Baca Juga: Studi Kasus dari Mobility Solutions dari Terralogiq

Jenis dari sistem Asset tracking 

Terdapat 4 jenis sistem asset tracking, yaitu:

1. Sistem pengelolaan merek (brand)

Merupakan sistem pengelolaan yang berhubungan dengan pemasaran atau penjualan. Dalam setiap penjualan, Anda tentunya memiliki banyak data seperti foto, video, logo, katalog, iklan, bentuk huruf dan sebagainya. Dengan adanya pendekatan pengelompokkan merek maka semua akan mudah Anda temukan untuk keperluan iklan penjualan.

Pihak Terralogiq akan membantu Anda menata semua data yang telah lalu agar bisa ditemukan cepat untuk menghemat waktu, biasanya untuk mencari data tertentu perusahaan akan menggunakan cara manual dengan klik satu per satu folder atau media simpanan dari perangkat tetapi dengan bantuan sistem dari Terralogiq Anda akan lebih cepat bekerja. 

2. Sistem pengelolaan perpustakaan 

Merupakan sistem pengelolaan khusus untuk video dan foto dalam jumlah besar atau massal. Dengan demikian, perusahaan akan mudah menemukan katalog data tersebut. Umumnya Kenapa Asset tracking penting dalam bentuk video dan foto mungkin tidak mengalami perubahan, tetapi jika mengalami kerusakan maka bisa direvisi kembali.

3. Sistem pengelolaan produksi 

Perusahaan dunia hiburan tentunya sangat sering sekali bersinggungan dengan produksi yang berhubungan dengan dunia teknologi. Sebagai contoh, perusahaan perfilman banyak memproduksi berbagai tayangan terlama hingga terbaru, mungkin jika diinginkan untuk ditampilkan kembali dalam sebuah platform khusus hiburan (Youtube misalnya) maka dengan asset tracking Terralogiq akan terbantu secara maksimal. 

4. Sistem pengelolaan pengiriman konten 

Merupakan sistem pengelolaan khusus pengiriman konten seperti game, musik, film, video, artikel dan sebagainya. Jadi, setiap konten baik lama hingga terbaru yang diminta oleh pengguna bisa dengan cepat dan mudah ditemukan hanya dengan klasifikasi khusus dari sistem asset tracking konten. 

Alasan Kenapa Asset tracking penting?

1. Menjaga nilai kualitas aset 

Dengan bantuan perangkat lunak asset tracking, aset perusahaan Anda akan lebih terjaga karena terjamin keutuhan kondisinya. Ada banyak jutaan data yang tersimpan, tak luput dari sebuah kerusakan baik ringan atau berat. Untuk menjaga kondisinya tetap sama seperti saat awal pembuatan maka Terralogiq bisa menambahkan sistem penjagaan kualitas aset. Contoh, jika perusahaan yang bergerak dalam bidang hiburan pernah membuat film tahun 2000 dan ternyata ingin ditayangkan kembali di sebuah acara maka kualitasnya jangan sampai turun agar nilai jual acara tersebut tidak turun.

2. Meminimalkan biaya operasional 

Jika banyak data aset perusahaan yang perusahaan Anda buat tentunya ada beberapa yang telah usang. Jika ingin dihadirkan kembali tentu butuh sebuah perawatan ekstra agar aset tersebut bisa dinikmati secara baik. Butuh biaya tambahan untuk merekondisi aset tersebut. Namun, jika perusahaan Anda menggunakan asset tracking Terralogiq akan menghemat biaya karena sekaligus menjaga aset dengan perlindungan sistem tinggi. Sebagai contoh, file video penjualan yang dibuat tahun 1998 akan dimunculkan kembali sebagai bentuk promosi di masa lalu tetapi file tersebut mengalami kerusakan bagian akhir tayangan, dengan bantuan Terralogiq file bisa direkomendasikan agar bekerja lebih bagus. 

3. Menghemat waktu 

Ketika aset Anda mengalami sebuah hidden atau tersembunyi tentunya butuh waktu lama untuk menampilkan kembali. Bantuan perangkat lunak asset tracking bisa menjadikan Anda lebih cepat mencari sebuah data yang sebenarnya tersembunyi sehingga menghemat waktu yang dibutuhkan. Sisa waktu bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya. 

4. Bisa meng-audit aset  

Sistem audit sangat wajib digunakan di semua perusahaan, data lama yang telah rusak bisa membuat kerugian sejumlah tertentu. Audit nantinya berhubungan dengan besarnya biaya pengeluaran, solusi untuk memperbaiki aset tersebut tidaklah mudah, meminimalkan resiko hukum dan menaikkan kualitas aset. 

Aset yang telah usang tentunya memiliki daya jual rendah tidak sama seperti awal pembuatan aset yang butuh modal besar. Misalnya, perusahaan membuat konten musik dengan modal Rp. 200 juta pertama kali, setelah 10 tahun musik tersebut sedikit rusak dan nilai jualnya diusahakan tidak 50% lebih rendah. 

5. Membantu peningkatan keamanan aset

Sistem yang terdapat pada perangkat lunak asset tracking juga bekerja dengan keamanan tinggi. Keamanan dari virus, gesekan data lainnya yang menumpuk atau pengambilan paksa seringkali membuat file rusak permanen. 

6. Bisa terbentuk manajemen resiko 

Diperlukan mitigasi atau cara memanajemen resiko secara baik, fungsi asset tracking bisa digunakan untuk menganalisa masa daur ulang aset juga melihat nilai liability nya. Manajemen resiko memerlukan analisa lebih lanjut terhadap aset maka dengan asset tracking tersebut antara lain perusahaan dapat menilai risiko ekonomis atau nilai aset secara lebih lengkap.

Kenapa Asset tracking penting?

Kenapa Asset tracking penting?

Tracking yang baik tentu akan membuat rangsangan resiko artinya jika Anda membuat aset A dengan waktu dengan kualitas A bisa tahan selama 10 tahun maka jika aset A tersebut masih bisa bertahan hingga 15 tahun kemungkinan eror aset bisa saja terjadi. Sehingga, perusahaan bisa membuat langkah pencegahan agar aset bisa tetap dalam kondisi baik. 

Baca Juga: Mengenai Asset Tracking System

Bagaimana Asset tracking bekerja?

Jika Anda masih bingung dengan sistem kerja asset tracking, berikut penjelasan pada langkah-langkahnya:

  • Perusahaan Terralogiq membuat sebuah aplikasi atau dashboard perangkat lunak (software) yang membantu segala kebutuhan penjagaan dan manajemen aset perusahaan khususnya dalam produk-produk di bidang teknologi. 
  • Terralogiq kemudian membuat cadangan dan memperkaya informasi aset dengan menambahkan informasi mengenai persebarannya menggunakan API dari Google Maps untuk memaksimalkan layanan.
  • Setelah semua terdokumentasi dengan baik perusahaan tinggal mengelola aset sesuai dengan jenisnya. Untuk jenis data barang inventaris atau penjualan cabang atau outlet maka tinggal diatur sesuai penempatannya. 
  • Setelah selesai, aplikasi ini tinggal diintegrasikan dengan sistem lainnya agar semakin baik dan maksimal.

Telah banyak perusahaan yang menggunakan sistem asset tracking sebagai bentuk penjaminan aset mereka agar terjaga dengan baik. Modal untuk membuat aset yang baru tidak semakin murah tetapi justru sebaliknya, yang perusahaan butuhkan setelah aset mereka dikenali adalah menjaga nilai kualitas dari aset tersebut dengan menampilkan kembali perbandingan atau kondisi aset yang telah lampau.

Jika aset yang telah lampau ditampilkan kembali saat perusahaan telah mengenali aset-asetnya maka bisa perusahaan dapat menghemat. Intinya, asset tracking yaitu memaksimalkan sebuah aset perusahaan agar bernilai, aman dan terjaga. Perkembangan teknologi menjadi lebih praktis guna menghemat waktu dan maksimal keuntungan. temukan solusi untuk inventarisasi dan manajemen semua aset perusahaan Anda. Konsultasikan kebutuhan dan solusi Mobility Solutions dari Terralogiq

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments