Kenali Lebih Dalam Mengenai Healthcare Analytics

26 September 2022

Analisis data besar mengubah cara organisasi melakukan bisnis pada usinan industri. Tetapi dampaknya pada akhirnya mungkin paling mendalam ada di bidang kedokteran, di mana healthcare analytics tingkat lanjut memiliki potensi untuk merevolusi perawatan pasien.

Healthcare Analytics

Mari kita bahas secara detail mengenai healthcare analytics dan cara kerjanya dalam artkel berikut ini.

Key Take Points

  • Healthcare Analytics adalah proses menganalisis data industri saat ini dan historis untuk memprediksi tren, meningkatkan jangkauan, dan bahkan mengelola penyebaran penyakit dengan lebih baik. 
  • Menggunakan Healthcare Analytics dapat membantu penyedia layanan kesehatan dalam memanfaatkan data untuk wawasan di beberapa area operasi.
  • Terdapat beberapa tantangan yang perlu di hadapi industri ketika melakukan implementasi healtcare analytics
  • Memilih solusi healthcare analytics terbaik perlu memperhatikan adanya time-to-value 

Definisi Healthcare Analytics

Healthcare Analytics adalah proses menganalisis data industri saat ini dan historis untuk memprediksi tren, meningkatkan jangkauan, dan bahkan mengelola penyebaran penyakit dengan lebih baik. Bidang ini mencakup berbagai bisnis dan menawarkan wawasan baik di tingkat makro maupun mikro. Ini dapat mengungkapkan jalan menuju peningkatan kualitas perawatan pasien, data klinis, diagnosis, dan manajemen bisnis.

Ketika dikombinasikan dengan suite Business Intelligence dan alat visualisasi data, Healthcare Analytics membantu manajer beroperasi lebih baik dengan memberikan informasi waktu nyata yang dapat mendukung keputusan dan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti.

Healthcare Analytics memungkinkan profesional perawatan kesehatan menemukan peluang untuk meningkatkan operasi, keterlibatan pasien, pemberian perawatan, dan hasil klinis. Healthcare Analytics menggabungkan data real-time dan historis untuk memprediksi tren, mengungkapkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti, mencapai kemajuan medis, dan mendorong pertumbuhan jangka panjang.

Keuntungan menggunakan Healthcare Analytics

  • Memberikan hasil yang lebih cepat
  • Analytics dapat membantu memotong kumpulan data yang kompleks, memberikan informasi penting untuk memberikan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat.
  • Terapkan perubahan berkelanjutan
  • Analytics dapat membantu mengeksplorasi masalah dan menentukan metode terbaik untuk membuat kemajuan yang efektif.
  • Mengurangi risiko
  • Analytics dapat dengan cermat mengukur dan mengevaluasi data untuk mendorong peningkatan klinis dan operasional.

Cara Kerja Healthcare Analytics & Tantangannya

Menggunakan Healthcare Analytics dapat membantu penyedia layanan kesehatan dalam memanfaatkan data untuk wawasan di beberapa area operasi. Salah satu area utama di mana penggunaan analitik dapat mengoptimalkan upaya adalah pengelolaan donasi dan hibah rumah sakit dan yayasan.

Bagi banyak penyedia layanan kesehatan, donasi adalah dasar dari anggaran tahunan mereka, jadi mengatur dan melacak pengeluaran dan aktivitas sangat penting untuk menetapkan tujuan yang tepat. Selain itu, dapat membantu melacak keterlibatan donor, retensi, dan kontribusi sebelumnya.

Area lain di mana Healthcare Analytics bermanfaat adalah dalam memberikan informasi kepada administrator rumah sakit yang memungkinkan penjadwalan dokter yang optimal. Dalam situasi ini, Healthcare Analytics memberikan pandangan menyeluruh tentang catatan dokter, riwayat pasien, dan kebutuhan untuk memastikan dokter atau profesional yang tepat dikerahkan untuk pasien yang paling membutuhkan. Sistem ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan pasien dan mempercepat proses penyembuhan.

Untuk perusahaan asuransi, rangkaian Healthcare Analytics memberikan pendekatan yang lebih mudah dan lebih terperinci untuk melacak klaim, klien, dan premi yang ada. Dengan pengukuran real-time dan visualisasi historis yang lebih baik, perusahaan asuransi dapat menyesuaikan kebijakan, memantau klaim terbuka, dan memberikan harga layanan yang lebih baik.

Dalam implementasi healthcare analytics tentunya akan ada tantangan yang perlu dihadapi oleh industri kesehatan, berikut ini tantangan yang harus dihadapi industri, yaitu: 

  • Kualitas Data: Pastikan bahwa data yang ingin Anda kumpulkan bersih, lengkap, akurat, dan diformat dengan benar untuk digunakan di berbagai sistem. Memastikan EHR Anda dioptimalkan adalah cara yang bagus untuk mencegah masalah pengambilan data. Data perawatan kesehatan terutama tidak terstruktur dan tersedia dalam berbagai bentuk. Data tidak terstruktur ini biasanya berisi informasi paling penting tentang pasien, staf, dan kinerja secara keseluruhan.
  • Penyimpanan dan Berbagi Data: Selanjutnya, pertimbangkan silo data. Dengan menggabungkan data internal yang telah dibersihkan dan distandarisasi dengan data pihak ketiga lainnya di data lake atau repositori data serupa, Anda akan menemukan peluang pertumbuhan teratas dan menentukan tindakan terbaik berikutnya yang menciptakan nilai yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sama pentingnya, untuk mengembangkan inisiatif kesehatan yang efisien dan hasil pasien yang optimal, data klinis yang sesuai dengan HIPAA harus dibagikan dengan aman di beberapa organisasi seperti rumah sakit, praktik dokter, penyedia tambahan, pusat penelitian, dan banyak lagi. Sayangnya, dengan berbagi data muncul masalah dengan privasi data.
  • Ketersediaan Pengetahuan: Organisasi medis mengumpulkan sejumlah besar data setiap hari. Namun, ilmuwan data sangat diminati dan tidak terjangkau oleh banyak rumah sakit yang kekurangan sumber daya dan keahlian untuk mendapatkan hasil maksimal dari data mereka. Alat yang membuat analitik dapat diakses dengan memberikan wawasan dan menyarankan tindakan terbaik berikutnya membantu mengisi kesenjangan itu, seperti halnya layanan analitik tingkat lanjut dengan pakar perawatan kesehatan.

Memilih Healthcare Analytics Solutions Terbaik

Banyak organisasi perawatan kesehatan mulai memahami pentingnya solusi Healthcare Analytics yang kuat untuk memaksimalkan data pasien dan konsumen yang mereka kumpulkan. Saat mempertimbangkan penyedia analitik, time-to-value adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan oleh sistem kesehatan. Memilih solusi yang memberikan nilai waktu yang cepat membuat biaya implementasi tetap rendah dan menawarkan akses cepat ke data yang andal.

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan pengalaman penyedia analisis kesehatan dan kesuksesan yang terbukti. Karena peraturan terus berubah seputar pengumpulan data perawatan kesehatan, yang terbaik adalah bekerja dengan penyedia analisis perawatan kesehatan yang berpengalaman dan fleksibel yang dapat membantu organisasi Anda beradaptasi dengan perubahan.

Memilih Healthcare Analytics yang baik dan sesuai kebutuhan industri akan sangat membantu industri untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk itu Terralogiq merekomendasikan Healthcare Analytics dari CARTO. Carto adalah solusi Healthcare Analytics terbaik untuk industri Anda. Sebagai salah satu providerHealthcare Analytics terbaik, Anda akan mendapatkan berbagai analisis SHealthcare Analytics yang dapat membantu bisnis Anda. Terralogiq menawarkanHealthcare Analytics Carto untuk membantu industri Anda. Untuk informasi lebih lanjut terkait penerapan Healthcare Analytics, Anda dapat menghubungi kami melalui link ini.

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article