Kehadiran Google Data Center di Indonesia Tingkatkan Ekonomi Digital

Kehadiran Google Data Center di Indonesia Tingkatkan Ekonomi Digital

6 September 2021

Ada begitu banyak kemajuan teknologi yang terjadi akhir – akhir ini; terutama yang berkaitan dengan teknologi digital dan bagaimana kita semua dilibatkan dalam kemajuan – kemajuan tersebut. Teknologi nirkabel dan sistem informasi membawa perubahan besar tentang bagaimana manusia hidup dan menjalani kehidupan. Bagaimana kita begitu banyak terbantu oleh penggunaan smartphone dan teknologi internet merupakan bukti nyata dari dampak besar kemajuan teknologi tersebut.

Google data center

Perpaduan berbagai kemajuan teknologi ini membawa banyak perubahan dan kemudahan dalam kehidupan umat manusia. Selain itu juga mendatangkan begitu banyak peluang baru yang bisa dimanfaatkan untuk menjalani kehidupan dengan lebih optimis. Bahkan hal yang mungkin terkesan tidak begitu penting di tingkat pengguna akhir seperti hadirnya Google data center di Indonesia; ternyata membawa begitu banyak dampak dalam berbagai aspek kehidupan.

Google Telah Membuka Data Center di Indonesia

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa Google telah membuat pusat data atau data center di Jakarta pada pertengahan tahun 2020 lalu. Bahkan para pengguna layanan Google-pun mungkin tidak mengetahui hal tersebut. Hal ini sebenarnya menunjukkan bagaimana teknologi bekerja dan berkembang dengan pesat di luar kesadaran para penggunanya. Kehadiran Google Data Center Indonesia ini merupakan terobosan baru dalam perkembangan teknologi di kawasan Asia Tenggara.

Data center pertama yang dibangun di Jakarta tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara kedua di Asia Tenggara yang menjadi pilihan Google untuk menempatkan infrastruktur penting tersebut. Data center pertama milik Google yang berada di Asia Tenggara dibangun di Singapura. Data Center Google ini merupakan bagian dari platform Google Cloud yang berfungsi memberi layanan cloud computing atau komputasi awan. Platform komputasi awan yang dikelola Google ini juga berjalan pada infrastruktur teknologi yang sama dengan produk layanan Google yang lain seperti Google Search, Gmail ataupun layanan YouTube.

Keuntungan dari Kehadiran Data Center Google di Indonesia

Bagi pengguna biasa yang memanfaatkan layanan Google dalam format aplikasi smartphone; kehadiran Google Data Center server ini mungkin tidak begitu terasa. Akan tetapi bagi pelaku usaha yang secara langsung menjadi konsumen dari layanan komputasi awan milik Google; hadirnya pusat data ini menjadi sebuah berkah karena membawa banyak keuntungan. Hal ini juga membawa peluang baru untuk mengembangkan bisnis secara digital dengan memanfaatkan layanan teknologi Google yang hadir lebih dekat.

Salah satu keuntungan yang sebenarnya bisa dirasakan oleh semua pengguna layanan komputasi awan Google adalah jeda proses yang akan terpangkas. Hal ini disebabkan oleh jarak antara pengguna yang mengakses layanan dan pusat data yang lebih dekat. Bahkan ketika pengguna telah memakai layanan internet broadband yang berkecepatan tinggi; jeda proses atau latensi akan lebih terasa ketika pusat data yang diakses dan mengolah layanan berada di lokasi yang secara fisik lebih jauh.

Kehadiran Google Data Center di Jakarta menghadirkan setidaknya 5 layanan yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Kelima layanan Google tersebut adalah layanan jejaring atau networking, layanan basis data, kapasitas data yang semakin besar, keamanan dan ruang penyimpanan yang juga semakin besar serta layanan komputasi yang semakin cepat. Bagi pengguna layanan Google Cloud dalam skala besar; kehadiran pusat data di Indonesia ini bisa membantu percepatan penerapan teknologi digital dalam dunia usaha. Pelaku bisnis yang selama ini menjadi pengguna layanan Google akan memperoleh keuntungan yang semakin meningkat berkat efisiensi dan kualitas layanan yang juga meningkat karena kehadiran infrastruktur pusat data yang baru.

Baca juga: Keunggulan dan cara memanfaatkan Google Cloud yang Wajib Diketahui

Dampak Google Data Center Dalam Perekonomian

Kini transformasi digital bisa menjadi sebuah proyek internal untuk digulirkan sebuah perusahaan guna meningkatkan efisiensi. Layanan Google Cloud telah menyediakan infrastruktur, rangkaian solusi dan juga platform yang handal untuk dimanfaatkan dalam skala industri. Adanya lokasi Google Data Center di Indonesia ini meningkatkan efisiensi dalam aspek digital dan pengolahan data menjadi salah satu dampak yang bisa langsung dimanfaatkan dalam dunia usaha.

Google data center

Kehadiran pusat data Google di Indonesia ini juga jelas membuat lapangan pekerjaan baru. Ada begitu banyak tenaga kerja yang terserap oleh Google dalam rangka mengelola pusat data dan memberikan layanan bagi penggunanya. Google juga menyatakan telah membuat paket pelatihan langsung di sebanyak 150 ribu laboratorium. Pelatihan ini memberi kesempatan bagi begitu banyak orang untuk memiliki ketrampilan memanfaatkan Google Cloud serta beragam inisiatif untuk kesiapan karir dan bahkan kredit.

Kerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Teknologi Informatika juga memberikan beasiswa digital. Kerja sama tersebut memberi kesempatan mengikuti pelatihan untuk orientasi penggunaan teknologi cloud serta Program Juara Google Cloud Platform. Langkah ini merupakan bagian dari kebijakan pemerintah untuk mendorong akselerasi dan transformasi dunia digital di Indonesia.

Semakin banyaknya bisnis yang dikembangkan dalam platform digital menunjukkan iklim ekonomi modern yang berkembang pesat. Kini ada begitu banyak pelaku ekonomi yang menggantungkan layanan bisnis mereka pada layanan komputasi awan. Tanpa banyak disadari; layanan transaksi dan informasi dari marketplace hingga layanan ojek online telah menjadikan komputasi awan sebagai tulang punggung kinerja bisnis mereka.

Meningkatnya kualitas Layanan Google Data Center berkat infrastruktur yang berlokasi dekat juga turut mendorong peningkatan kualitas layanan dari pengguna jasa layanan komputasi awan ini. Artinya pengguna layanan marketplace hingga ojek online sebenarnya telah terbantu oleh fasilitas pusat data baru milik Google. Pada saat yang sama; pelaku bisnis yang menjadikan pusat data ini sebagai inti layanan digital juga akan memperoleh manfaat dari efisiensi hingga tingkat kepuasan pelanggan yang meningkat.

Kemitraan dengan berbagai pihak ini juga menjadi bagian dari menjadikan teknologi digital sebagai bagian dari cara hidup manusia modern yang semakin efisien dan praktis. Selain itu juga mendorong lebih banyak orang untuk menyadari potensi dan peluang dalam dunia digital yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan peradaban maupun untuk memperoleh keuntungan ekonomi.

Layanan Teknologi Handal dari Google Cloud Berkat Pusat Data Baru

Kehadiran infrastruktur Google Data Center bisa memberi begitu banyak kemudahan dan manfaat bagi para pengguna layanan. Keberadaan pusat data yang semakin banyak menjadi bagian penting dari pengembangan layanan Google yang juga membangun jaringan dengan bandwidth besar melalui beragam tipe jaringan. Jejaring ini dapat saling menghubungkan pusat data melalui koneksi satelit hingga kabel bawah laut. Hasilnya adalah layanan yang semakin cepat dan juga handal untuk dimanfaatkan konsumen Google.

Jejaring pusat data Google yang dibangun di seluruh penjuru dunia bertujuan untuk menghadirkan pusat data bagi komputasi awan dan beragam layanan lain yang mampu meningkatkan efisiensi sekaligus menjamin keamanan konsumen. Google membangun fasilitas pusat data ini dengan jaminan keamanan terkait data yang tersimpan dan juga informasi yang dilalu-lintaskan. Layanan 7 hari seminggu dan 24 jam setiap hari digulirkan dengan sistem keamanan bertingkat serta sistem yang menjaga agar kesalahan tidak terjadi. Untuk memberikan layanan dengan jaminan keamanan ini; Google bahkan menjadikan bagian infrastruktur pusat data sebagai area dengan akses terbatas bagi karyawan sekalipun. Kebijakan ini merupakan bagian dari komitmen Google untuk memberikan layanan terbaik dan jaminan keamanan yang tinggi.

Tujuan utama dari pengembangan fasilitas Google Data Center di banyak tempat adalah memberikan layanan jaringan yang handal dan penundaan atau latensi yang serendah mungkin. Hal ini memungkinkan Google memberi layanan yang nyaris real-time berkat infrastruktur teknologi komputasi yang handal serta jarak antara pengguna layanan dan pusat data yang semakin terpangkas. Peningkatan efisiensi dan kepuasan pengguna menjadi bagian utama dari tujuan pengembangan layanan Google berupa pusat data yang semakin banyak.

Pada saat ini pihak Google telah mengaktifkan layanan komputasi awan Google yang terbagi di 58 zona yang tersebar di 19 wilayah yang ada di seluruh dunia. Pengembangan untuk memperluas jaringan layanan dan menambah simpul – simpul Google Data Center menjadi sebuah kebutuhan dari Google untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus mengundang lebih banyak pihak untuk memanfaatkan layanan komputasi awan. Layanan komputasi awan mampu mengurangi workload di tingkat stasiun lokal berkat perangkat keras berkinerja tinggi yang dimiliki oleh Google. Hal ini akan meningkatkan kinerja pengguna layanan komputasi awan dan akan semakin memudahkan serta menguntungkan jika didukung jaringan cepat dengan latensi rendah.

Baca Juga: New Connected Consumer – Digital Commerce Opportunities in Indonesia

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments