Jasa Google Workspace Lengkap untuk Bisnis dan Perusahaan

28 Juli 2022

Google Workspace merupakan gabungan tools dari Google seperti Gmail tanpa iklan dan Cloud Penyimpanan dari Google (Google Drive) ditambah dengan berbagai fitur kolaborasi aplikasi andalan Google seperti Unlimited Google Drive, Google Docs, Google Sheet, Google Slide, Google Meet, Google Chat dan Google Calendar untuk kebutuhan bisnis Anda. Temukan jasa Google Workspace terlengkap pada artikel ini.

Jasa Google Workspace ilustrasi dengan vector

Terralogiq merupakan premier partner Google Workspace di Indoneisa. Sebagai premier partner Google, kami menawarkan harga terbaik dan layanan untuk setup serta migrasi perusahaan dan bisnis Anda dalam beralih ke Google Workspace Basic, Google Workspace Bisnis dan Google Workspace Enterprise.

Apa perbedaan antara Google Workspace dan email gratis dari Google?

Dengan Google Workspace, Anda akan menerima sejumlah layanan tingkat bisnis tambahan yang tidak disertakan dengan aplikasi dan email gratis Google. Layanan ini mencakup: domain email bisnis khusus @namaperusahaananda.com, storage hingga dua kali lipat untuk jumlah penyimpanan cloud di Gmail dan Drive, dukungan telepon dan email support 24/7, jaminan waktu aktif (uptime) 99,9% untuk email bisnis, interoperabilitas dengan Microsoft Outlook, opsi keamanan tambahan seperti autentikasi dua langkah dan SSO, serta kontrol administratif terdepan untuk akun pengguna.

Saat mendaftar ke Google Workspace, Anda akan mendapatkan akses ke serangkaian aplikasi yang terintegrasi dan bekerja sama secara mulus. Misalnya, Jika Anda menerima pesan di Gmail, Anda langsung dapat mengubahnya menjadi notes dan acara menggunakan fitur kalender (Google Calendar). Saat Anda membuat komentar di Dokumen (Google Docs), Spreadsheet, atau Slide, para kolaborator yang ada pada file tersebut secara otomatis akan dapat menerima notifikasi dan peringatan perubahan melalui email mereka masing-masing. Lalu dengan sekali klik, Anda dapat bergabung ke fitur rapat video yang tersedia di Google Meet baik langsung melalui kotak masuk (Gmail) atau kalender.

Terlebih jika Anda ingin menemukan cara kolaborasi tanpa menghilangkan produktifitas dalam mengandalkan Google Workspace untuk membuat berbagai jenis file, termasuk dokumen teks, spreadsheet, dan presentasi. Anda dapat mengerjakan file tersebut secara real time dengan orang lain dan menyimpannya di cloud dengan Google Drive. Aplikasi Google Workspace dapat berfungsi di semua perangkat. Tidak seperti aplikasi desktop tradisional, tidak ada perangkat lunak yang perlu untuk diinstal terlebih dahulu. Google Workspace juga kompatibel dengan file yang dibuat di program lain, seperti file import dari berbagai format Microsoft Office.

Jadi secara keseluruhan, pemanfaatan dari menggunakan alat ini bersama-sama dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan nilai tambah terbaik bagi bisnis Anda. Karyawan akan lebih produktif dalam berkolaborasi juga notifikasi dan perubahan semua akan berjalan secara real-time dan mudah.

Paket dan Jasa Google Workspace yang tersedia

Tersedia beragam paket yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan perusahaan Anda. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Google Workspace plan pricing yang tersedia:

1. Google Workspace Business Starter

Paket Google Workspace ini akan menjadi pilihan yang baik jika:

  • Anda seorang freelancer, solopreneur atau pemilik usaha kecil yang mengelola tim kecil (yaitu kurang dari 5 karyawan).
  • Anda ingin alamat email di domain Anda sendiri.
  • Anda ingin menjalankan alat kantor Anda dari Google (mis. sebagai lawan dari Microsoft Office).
  • Anda tidak bekerja dengan format file besar dan tidak memerlukan banyak ruang untuk menyimpan file dan email.
  • Anda tidak perlu mengarsipkan email dan pesan chat, atau admin tingkat lanjut dan kontrol keamanan.

Namun, jika Anda memiliki tim yang lebih besar dan/atau tidak berpikir bahwa penyimpanan pribadi sebesar 30 GB akan menguranginya, maka ada baiknya mempertimbangkan salah satu paket yang lebih tinggi.

2. Google Workspace Business Standard

Dengan perbedaan harga sekitar $5/pengguna/bulan antara Google Workspace Business Starter dan Business Standard, berarti menunjukan bahwa paket Standar mungkin bukan opsi yang cocok (realistis) untuk beberapa bisnis. Namun, paket ini direkomendasikan jika:

  • Anda mengelola tim berukuran sedang hingga besar.
  • Anda menginginkan akses ke semua fitur Google Workspace Business Starter, tetapi juga menginginkan pengarsipan email dan pesan (Google Vault).
  • Anda tidak ingin khawatir kehabisan ruang penyimpanan untuk file Anda (2 TB seharusnya cukup untuk sebagian besar bisnis kecil).
  • Menyinkronkan dan berbagi file dengan mudah di seluruh tim atau perusahaan penting bagi Anda.
  • Anda berencana menggunakan Google Meet untuk konferensi video dan akan memiliki kurang dari 150 peserta dalam panggilan apa pun.
  • Anda tidak memerlukan admin dan kontrol keamanan lanjutan (misalnya pencegahan kehilangan data, manajemen kunci keamanan).
  • Tentu saja, jika Anda memerlukan kontrol yang lebih besar dan fitur keamanan yang lebih canggih, maka Business Plus akan menjadi cara yang tepat.

3. Google Workspace Business Plus

Dengan $18/bulan/pengguna, paket ini ditujukan untuk bisnis yang lebih besar. Kami akan merekomendasikannya jika:

  • Anda membutuhkan fitur keamanan yang lebih canggih.
  • 2 TB per pengguna tidak cukup untuk Anda. Paket Business Plus memungkinkan 5 TB per pengguna.
  • Anda secara teratur menyelenggarakan konferensi video yang sangat besar dengan hingga 500 peserta.

4. Google Workspace Enterprise

Ini sangat ideal untuk bisnis dan perusahaan yang membutuhkan fitur yang ditawarkan oleh Google Workspace Business Plus, tetapi juga:

  • Memiliki tim yang lebih besar, dan karenanya memerlukan kontrol keamanan dan admin yang lebih besar atas aplikasi Google Workspace mereka.
  • Perlu fitur keamanan lanjutan seperti aturan pengelolaan perangkat, pengelolaan kunci keamanan, dan pencegahan kehilangan data.
  • Selain memiliki akses ke pengarsipan email melalui Google Vault, harus dapat berintegrasi dengan alat pengarsipan pihak ketiga seperti Barracuda atau Mailstore.

Hal baiknya adalah Anda dapat membeli paket yang berbeda untuk pengguna yang berbeda dalam bisnis Anda. Misalnya, jika Anda hanya menginginkan Enterprise untuk beberapa pengguna Anda, Anda tidak perlu mengkomit seluruh tim Anda untuk itu. Ini dapat membantu Anda mengurangi biaya bulanan secara signifikan dan juga mengatur billing sesuai kebutuhan.

Ada juga paket khusus yang tersedia untuk institusi pendidikan atau sekolah (Google Workspace for Education dan Google Workspace Enterprise for Education) serta lembaga nonprofit (Google Workspace for Nonprofits).

Paket dapat ditagih secara bulanan atau tahunan. Diskon mungkin juga berlaku untuk paket tahunan, tetapi umumnya hanya jika Anda mendaftar melalui perwakilan Google seperti Terralogiq.

Kesimpulan pada paket yang tersedia

Setelah mempelajari semua ini, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah Google Workspace sepadan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, terkait harga Google Workspace Business Starter dan Business Standard masih lebih terjangkau daripada paket yang sebanding untuk Microsoft Office 365.

Selain itu, Anda melihat rangkaian aplikasi dan email produktivitas kantor yang cukup lengkap, ditambah beberapa tunjangan penyimpanan yang besar (terutama di Google Workspace Business Standard). Seperti yang Anda lihat pada informasi diatas, ada berbagai paket yang memenuhi anggaran dan persyaratan yang berbeda, artinya Anda memiliki peluang untuk menemukan paket yang tepat untuk Anda.

Menggunakan Jasa Google Workspace bersama Premier Partner Google

Untuk menjamin produk Google Workspace yang ditawarkan, Terralogiq sebagai premier partner akan berbagi insight untuk Anda. Bekerjasama dan berlangganan Google Workspace bersama premier partner memiliki berbagai keuntungan dan kelebihan seperti:

  • Lisensi resmi partner premier Google Workspace di Indonesia.
  • Layanan local support yang siap membantu Anda.
  • Kemudahan dalam proses pembayaran (invoicing, pajak dan kurs rupiah)
  • Team konsultan dan admin tersertifikasi oleh Google.
  • Kemudahan dan bantuan layanan migrasi mail server.

Siap untuk menggunakan Jasa Google Workspace?

Kemampuan dan kemudahan kolaborasi tools untuk perusahaan menggunakan Google Workspace tidak perlu diragukan lagi. Untuk mengetahui bagaimana cara implementasi dan memuali onboarding Google Workspace pada perusahaan dan bisnis Anda, hubungi partner resmi Google Workspace Terralogiq.

Jika Anda membutuhkan solusi dan implementasi untuk penyedia Jasa Google for Education di Indonesia, Terralogiq siap membantu Anda. Hubungi kami disini untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai kebutuhan institusi atau lembaga Anda.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article