Jasa Google Cloud untuk Bisnis dan Perusahaan Anda

15 Juli 2022

Google Cloud Platform (GCP) adalah platform yang memberikan lebih dari 90 layanan teknologi informasi (produk), yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis, profesional IT, dan developers untuk bekerja secara lebih efisien, mendapatkan lebih banyak fleksibilitas, dan memungkinkan untuk meraih keunggulan strategis.

Jasa Google Cloud

Apa itu Google Cloud?

Komputasi dengan cloud (cloud computing) saat ini memungkinkan semua produk hardware dan software untuk hidup berdampingan secara remote (di pusat data) dengan skala besar. Bersama-sama produk ini bekerja untuk memberikan layanan tertentu. Pengguna biasanya dapat mengakses, mengelola, dan menggunakan alat yang mereka butuhkan melalui antarmuka web dan itu juga berlaku untuk layanan Google Cloud Platform.

Selain aksesibilitas layanan, Anda juga mendapatkan fleksibilitas dan berbagai pilihan saat bekerja dengan Google Cloud Platform: Setiap layanan tersedia, sehingga Anda dapat memanfaatkan sumber daya yang berbeda untuk mengembangkan infrastruktur yang dibutuhkan.

Setelah Anda mengidentifikasi layanan Google Cloud Platform yang akan menguntungkan, Anda cukup membuat “project” melalui GCP Console berbasis web yang intuitif. Lebih baik lagi, pemilik project ini dapat mengelola anggota tim atau admin mana saja yang memiliki akses ke layanan tertentu. Berikut kemampuan Google Cloud:

Infrastruktur canggih di ujung jari Anda

Hampir 200 layanan siap pakai yang dapat Anda jalankan sesuai permintaan melalui konsol intuitif. Virtual machine, app vault environment, database cloud, machine learning model, layanan text-to-speech, dan masih banyak lagi.

Skalabilitas instan

Buat dan kembangkan aplikasi tanpa biaya pemeliharaan pusat data Anda sendiri. Gunakan mesin virtual yang kuat, dengan sumber daya memori atau GPU dan TPU.

Sesuaikan cakupan dan skala dengan persyaratan saat ini atau bisa dibiarkan dengan penyesuaian secara otomatis – selama bertahun-tahun, seiring pertumbuhan produk, dan dalam hitungan detik, dalam situasi peningkatan atau penurunan beban.

Fleksibel dan hemat biaya

Harga bayar sesuai penggunaan Google Cloud atau sering disebut dengan “pay as you go” menawarkan penghematan otomatis berdasarkan penggunaan bulanan dan tarif diskon untuk sumber daya prabayar. Biaya dapat dibebankan per menit atau bahkan per detik.

Apa saja layanan dari Jasa Google Cloud?

Layanan Google Cloud Platform sangat tangguh. Salah satu cara untuk menavigasinya adalah dengan mempertimbangkan solusi mana yang tersedia berdasarkan kebutuhan komputasi Anda, dan semua ini bisa diharmonisasikan dengan kemampuan Google Cloud untuk:

  • Daya komputasi dan platform tanpa server
    Mesin virtual atau Virtual Mayang berjalan di pusat data dan platform Google untuk penerapan yang cepat
  • Mengorkestra kontainer (Container orchestration)
    Kubernetes di cloud dan lingkungan terkelola untuk menjalankan aplikasi dalam container
  • Penyimpanan dan basis data cloud
    Basis data relasional, NoSQL, nilai kunci, atau dalam memori yang dapat diskalakan yang sesuai dengan kebutuhan, dan layanan untuk penyimpanan data yang aman
  • Lingkungan hybrid dan multi-cloud
    Operasi infrastruktur yang konsisten di seluruh pusat data lokal dan beberapa cloud publik
  • Keamanan dan kontrol akses (security and access control)
    Otorisasi pengguna dan aplikasi, enkripsi data, firewall, serangan siber, dan pencegahan kehilangan data
  • Alat otomatisasi kerja (work automation tools)
    Optimalisasi proses pengujian, debugging, dan implementasi dengan alat pengembang

Jasa Google Cloud untuk penerapannya di industri

Setiap industri memiliki tantangan, kesulitan, dan persyaratannya sendiri. Bersama dengan layanan Google Cloud yang didedikasikan untuk segmen pasar tertentu, Jasa Google Cloud dibutuhkan untuk mendukung organisasi dalam memecahkan masalah atau menerapkan ide-ide inovatif. Berikut beberapa contoh penerapan Google Cloud di industri:

  • Ritel & e-niaga:
    Penskalaan sebagai respons terhadap lalu lintas, rekomendasi produk yang relevan, dukungan pelanggan melalui AI.
  • Pengobatan & perawatan kesehatan:
    penyimpanan data yang aman, data geolokasi dari Google Maps API, model AI yang sudah jadi.
  • Permainan:
    ketersediaan global dan kinerja maksimum, server game multi pemain yang dapat diskalakan, kemampuan analisis dengan waktu real time (nyata)

Jasa dan Layanan Google Cloud bersama Terralogiq

Setelah melihat semua kemampuan diatas apa Anda mempertimbangkan untuk bermigrasi ke Google Cloud? Terralogiq sebagai premier partner Google Cloud menyediakan:

  1. Konsultasi
    Setelah mengisi form di website atau live chat kami, spesialis bersertifikat dari Terralogiq akan menghubungi Anda. Bersama Anda kami akan menentukan solusi cloud mana yang tepat dan akan menjadi jawaban terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.
  2. Implementasi
    Kami akan menyiapkan lingkungan Google Cloud Platform untuk Anda atau membantu Anda menerapkan best practice nya ke environment yang sudah ada.
  3. Dukungan berkelanjutan
    Setelah implementasi dan migrasi data selesai, kami akan memulai fase dukungan dan pelatihan yang berkelanjutan agar bisnis Anda dapat mewujudkan potensi penuh dari Google Cloud dengan bantuan para ahli bersama Terralogiq.

Jika Anda memerlukan jasa Google Cloud terbaik Anda dapat menggunakan layanan Google Cloud Platform bersama Terralogiq. Dengan kemampuan untuk pembuatan Bukti Konsep, bantuan penuh migrasi cloud, atau additional voucher USD 500 untuk digunakan di Google Cloud Platform dan membantu Anda memulai serta membantu memangkas biaya. Layanan dan dukungan dalam bahasa lokal (Indonesia) tersedia untuk Anda, kami siap membantu meningkatkan efisiensi cloud yang Anda butuhkan. Hubungi kami di sini atau melalui email halo@terralogiq.com untuk mempelajari lebih lanjut

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments